cover
Contact Name
Hermawati Putri Dian Insani
Contact Email
hermawatiputridi@gmail.com
Phone
+6281334465426
Journal Mail Official
ziswaf.asfa@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ilmu Budaya, Jl. Sosiohumaniora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Ziswaf Asfa Journal
Published by Asfa Foundation
ISSN : 29880599     EISSN : 29880602     DOI : https://doi.org/10.69948/ziswaf
Core Subject : Religion, Economy,
Ziswaf Asfa Journal is an open access peer reviewed research journal that is published by the Asfa Foundation. Ziswaf Asfa Journal is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews and book reviews on Zakat, Infaq, Shadaqah, and Waqf. Ziswaf Asfa Journal encourages scholars worldwide to submit their excellent articles on the scope afore-mentioned to contribute in the discourse of the fields. Ziswaf Asfa Journal is published twice a year [May and October].
Articles 19 Documents
Peran Kebijakan Zakat Umar bin Abdul Aziz Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia Annisa Silvi Kusumastuti
ZISWAF ASFA Vol 1 No 1 (2023): Edisi 1
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran kebijakan zakat Umar bin Abdul Aziz sebagai upaya penanggulangan kemiskinan di negara Indonesia. Pada zaman Khalifah Umar bin Abdil Aziz, kebijakan pemerintahannya berhasil dalam hal sistem zakat dan pajak. Hal tersebut menunjukkan bahwa zakat dapat meningkatkan pendapatan nasional suatu negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan literature review yang diambil dari beberapa buku, jurnal, dan beberapa sumber bacaan yang relevan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan Umar bin Abdul Aziz memberikan peran terhadap realisasi pengelolaan zakat, walaupun belum semua dilaksanakan di Indonesia. Adanya Baitul Mal atau Badan Amil Zakat yang berkewajiban menindak pelaksanaan aktivitas zakat menjadi langkah awal yang baik untuk menjadikan pengelolaan zakat yang baik dan merata. Selain itu, distribusi zakat kepada Mustahiq (Fakir dan Miskin, Musafir, Ibnu Sabil) telah terlaksana. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya bantuan korban bencana alam, bantuan sosial bagi warga tidak mampu, subsidi biaya sekolah dan lain sebagainya Badan Amil Zakat dalam perannya di wilayah kepemerintahan perlu mengupayakan sistem baru dalam pengelolaan zakat. Lembaga ini, harus dengan cepat dan strategis menyalurkan kepada para mustahiq sesuai dengan skala prioritas yang telah disusun dalam program kerja.
Peran Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Indonesia Khurun’in Zahro'
ZISWAF ASFA Vol 1 No 1 (2023): Edisi 1
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.3

Abstract

Wakaf merupakan salah satu pilar ekonomi Islam untuk memajukan kesejahteraan umum yang memiliki fleksibilitas dalam pengembangannya. Hal ini dapat terealisasikan dengan pemberdayaan dan pemanfaatan wakaf produktif diiringi regulasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran wakaf produktif dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian Indonesia. Penelitian ini  Dengan menggunakan metode kualitatif berdasarkan studi kepustakaan, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wakaf produktif berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian seperti menyediakan fasilitas umum, sarana dan kegiatan ibadah, adanya bantuan modal, memberikan lapangan pekerjaan, mengatasi kemiskinan, mengurangi beban anggaran Negara bahkan untuk segala lini kehidupan di Negara Indonesia.
Mewujudkan Zero Kemiskinan di Indonesia melalui Pemberdayaan Zakat, Infaq dan Sedekah Aqidah Halimatus Sa'adah
ZISWAF ASFA Vol 1 No 1 (2023): Edisi 1
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.4

Abstract

Cita-cita akan terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur mutlak akan terwujud apabila kebutuhan masyarakat di dalamnya tercukupi secara keseluruhan. Perihal kemiskinan memang selalu saja menjadi persoalan yang runyam. Meskipun begitu, bukan berarti pemerintah tidak berusaha untuk menangani. Banyaknya strategi untuk mengurangi kemiskinan belum sepenuhnya sesuai dengan harapan yang dituju oleh pemerintah. Sehingga diperlukan solusi alternatif yang dianggap memiliki potensi yang kuat dalam mengurangi kasus kemiskinan. Artikel ini mencoba untuk melakukan pendekatan terhadap potensi infaq dan sedekah dalam mengatasi kasus kemiskinan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu metode dengan cara berfikir induktif. Akhirnya dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa infaq dan sedekah adalah satu kesatuan yang saling mempunyai keterkaitan dengan zakat. Dengan pemberdayaan yang maksimal, yang mana didonaturi oleh muzakki, munfiq, dan mutashaddiq, kemudian di koordinir oleh ‘amil dan diawasi oleh pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan potensi zakat, infaq dan sedekah sangat kuat untuk mengurangi kemiskinan, khususnya di Indonesia.
Kajian Zakat Kontemporer dan Manajemen Lembaga di Indonesia Muhammad Fakhur Rasyid
ZISWAF ASFA Vol 1 No 1 (2023): Edisi 1
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan jenis zakat kontemporer, lembaga dan proses manajemen zakat di Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan teori zakat serta metode studi pustaka dan analisis dokumen yang memuat informasi yang berkaitan dengan tema kajian. Lembaga-lembaga zakat berkembang mengikuti peradaban modern. Berdasarkan analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa zakat kontemporer tidak berbeda dengan zakat klasik, yaitu fardhu 'ain dan merupakan kewajiban "ta'abbudi" yang terikat oleh syarat dan rukun. Beberapa contoh zakat kontemporer adalah zakat binatang ternak, zakat emas dan perak yang juga meliputi uang, zakat kekayaan dagang, zakat hasil pertanian, zakat madu dan produksi hewani, zakat barang tambang dan hasil laut, zakat investasi pabrik, Gedung, jasa dan profesi serta zakat saham dan obligasi. Lembaga-lembaga zakat di Indonesia perlu dikelola dengan baik agar zakat bisa menjadi sumber dana potensial yang dapat diberdayagunakan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan umat Islam.  Kehadiran lembaga manajemen zakat diharapkan mampu mewujudkan tercapainya tujuan zakat dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan serta pengendalian sumber daya organisasi yang efektif dan efisien.
Masjid Syuhada Yogyakarta's Development in Zakat, Infaq, and Shadaqah from 2015 to 2019 Sekar Mayang
ZISWAF ASFA Vol 1 No 1 (2023): Edisi 1
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.6

Abstract

The majority religion in Yogyakarta is Islam, which is practiced by most of the population. With a significant Muslim population, Yogyakarta's masjid development rate is also documented. As a result, the masjid is the site for several activities, including an Islamic religious education center, a community dedicated to empowering women economically, zakat management, infaq with shadaqah, recitation, and other events. To learn more about the history of zakat, infaq, and shadaqah, the writers of this study focused on the Masjid Syuhada in Yogyakarta. These programs include collecting, utilizing, and distributing zakat, infaq, and shadaqah monies to those who need them. This study will be beneficial to the growth and maximization of  LAZIS Syuhada as zakat, infaq, and sadaqah are developed through deliberate initiatives. Furthermore, the program is transparent to the community so that members of the general public can learn about the development of zakat, infaq, and shadaqah at the Masjid Syuhada Yogyakarta
Wakaf Klasik dan Implementasi Wakaf di Indonesia Prihadi Anas
ZISWAF ASFA Vol 1 No 1 (2023): Edisi 1
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan wakaf klasik dan implementasinya di Indonesia. Beberapa institusi di Indonesia sudah menerapkan wakaf namun wakaf belum bisa optimal untuk mengurangi angka kemiskinan dan ketimpangan sosial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan kajian wakaf dan metode deskripstif kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa pandangan wakaf klasik yang berbeda-beda menurut para ulama menjadikan wakaf dalam era modern lebih fleksibel dan dinamis. Wakaf harus dikelola terlebih dahulu agar menghasilkan manfaat yang diberikan kepada mauquf alaih sehingga pemerataan kekayaan dapat terjadi serta sebagai wujud kekuatan ekonomi umat Islam khususnya di Indonesia. Karena wakaf akan terus menghasilkan dengan tidak menghilangkan harta pokoknya sebagai wakaf. Penerapan wakaf di Indonesia sudah tertuang dalam undang-undang negara dengan adanya mekanisme alur tata cara berwakaf yang diatur oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI). Hal ini menandakan secara perwakafan di Indonesia sudah berjalan sistematis sehingga perwakafaan di Indonesia dapat tercatat secara administrasi dan dapat dipertanggungjawabkan.
أولويات الإنفاق في حفظ الضروريات الخمس Muhammad Azhar Muttaqin
ZISWAF ASFA Vol 1 No 1 (2023): Edisi 1
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.8

Abstract

قد وضع الشريعة الإسلامية الأمور الكثيرة حسب مكانها و ذلك بطريقة ترتيب الأولويات بين تلك الأمور. فمن بين تلك الأمور التي لها دور كبير في حفظ الضروريات الخمس هي إنفاق المال الذي يعد عصب الحياة و وسيلة المعيشة، فإن الأموال العامة هي عصب حياة الدولة ومواطينها والوسيلة العملية في إدارة دفة الحكم، وتتمثل الأموال العامة في الإيرادات والنفقات. و النفقة هي التي ينفقها شخص عام كالدولة و الهيئات و المؤسسات العامة التابعة للدولة لتحقيق مصلحة عامة. و من فوائد مراعاة الأولويات سيؤدي إلى رفع مستوى التفكير لدى المسلم بأسلوب مرن يتكيف مع الواقع، و بعقل نيّر وفق منهجية واضحة، وبالتالي سيساعد في تمكين الأمة الإسلامية من القدرة على مواجهة المتغيرات بحكمة، دون المعاناة من التعميمات والمتناقضات، وغير ذلك من انعكاسات سلبية على تربية الجيل. و أولويات الإنفاق في حفظ ضرورية الخمس تكون بمراعاة ثلاثة أقسام مرتبة ترتيبًا حسب الأهم فالمهم. فيجب أن يكون الإنفاق أولاً لتوفية الضروريات ثم الحاجيات ثم التحسينيات ويجب الإلتزام بهذا الترتيب وإلا خرج الإنفاق العام على مساره الصحيح وعدّ مخالفاً للشريعة.
إدارة الوقف في تنمية المؤسسة التربوية الإسلامية (دراسة حالة بمعهد دار السلام كونتور فونوروكو سنة 2019) Achmad Arif; Fadhila Tianti Mudi Awalia; Dodik Gilang
ZISWAF ASFA Vol 1 No 2 (2023): Edisi 2
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.9

Abstract

يهدف هذا البحث إلى تحديد طريقة إدارة الوقف في معهد دار السلام كونتور، وتأثير هذه الإدارة في تحسين التعليم في معهد دار السلام ا كونتور. يستخدم هذا البحث طريقة البحث الوصفي النوعي. لمعرفة والحصول على صورة عامة وبيانات عن المؤسسة قيد الدراسة، أجرى الباحثون الملاحظات والدراسات التوثيقية والمقابلات. باستخدام طريقة التحليل النوعي الوصفي، يحاول الباحث تحليل إدارة الوقفل لتحسين المؤسسات التعليمية الإسلامية في بمعهد دار السلام كونتور فونوروكو. تظهر نتائج هذا البحث أن إدارة أصول الوقف يتم تنسيقها من قبل مؤسسة توسيع وصيانة الوقف بمعهد (YPPWPM) بمساعدة المعلمين والطلاب والعمال. ومن هذه الإدارة تنتج دور المهم في تحسين المؤسسات التعليمية الإسلامية في بمعهد دار السلام  كونتور ب فونوروكو، وخاصة في القطاع التعليمي بما في ذلك بناء مساكن الطلاب وغرف التدريس والتعلم وفي القطاع الاقتصادي بما في ذلك توسيع الوقف. الأرض وتحسين رفاهية أسر بمعهد.
The Influence of Knowledge, Religiosity, Company Image, and Trust on Customer Interest in Saving at KSPPS BMT Tazakka Bojong Wina Awalia; Muhammad Shultoni; Hendri Hermawan Adinugraha
ZISWAF ASFA Vol 1 No 2 (2023): Edisi 2
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.10

Abstract

This research was motivated by the knowledge of BMT Tazakka Bojong KSSPPS customers who did not know much about Sharia financial institutions, even though there are many services at BMT Tazakka KSPPS that customers can use, one of which is a high-cost and popular savings product. A financial interest is a person's interest in a particular financial product.  Interest will arise from a visual or conceptual view of the product so that the group's plans can determine their investment decision. This study used statistical methods using SPSS software.  The population of this study was the management of KSPP BMT Tazakka Bojong, with a sample of 94 respondents.  The sampling method uses purposive sampling, and the data collection method uses questionnaires.  The results showed that diversity of knowledge, religion, and beliefs had a positive effect, while the company's image variable did not have a significant effect. The diversity of religious knowledge, company image, and beliefs positively and significantly influences interest.
The Effect of Trust, Product Quality, and Mobile Banking Services on Customer Satisfaction at Bank Syariah Indonesia Pekalongan Kajen Risma Novia Dwi Astuti; Husni Awali
ZISWAF ASFA Vol 1 No 2 (2023): Edisi 2
Publisher : ASFA Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69948/ziswaf.11

Abstract

This research aims to determine the influence of the level of trust, product quality, and quality of mobile banking services on customer satisfaction at Bank Syariah Indonesia Pekalongan Kajen Branch. This research is quantitative research with sample data collection techniques based on field research on all customers who save and use m-banking at Bank Syariah Indonesia Pekalongan Kajen Branch. The sampling technique in this research used an accidental sampling technique based on the Lemeshow formula with a total sample size of 97 respondents. The data obtained from the questionnaire distribution was then processed with the help of the SPSS 26.0 program through research data instrument testing, classical assumption testing, regression testing, and hypothesis testing. This research shows that the variables of trust level, product quality, and mobile banking service quality significantly influence customer satisfaction at Bank Syariah Indonesia Pekalongan Kajen Branch, both simultaneously and partially.

Page 1 of 2 | Total Record : 19