cover
Contact Name
Arwan Wiratman
Contact Email
arwan.wiratman17@gmail.com
Phone
+6285343748580
Journal Mail Official
redaksi.josse@gmail.com
Editorial Address
Jl. Makkarani Komp. Green Riyousa Blok E. No 12. A Gowa Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Social and Scientific Education
ISSN : 30470684     EISSN : 30470684     DOI : https://doi.org/10.58230/josse.v1i1.30
Core Subject : Education, Social,
JOSSE: Journal of Social and Scientific Education is a scientific publication media managed and published by South Sulawesi Education Development (SSED) (Deed of Establishment of the Institution No. 32 dated July 17, 2009, by Notary Ina Kartika Sari S.H. - Decree of the Minister of Law and Human Rights of the Republic of Indonesia Number C-58.HT.03.01 Year 2003). JOSSE: Journal of Social and Scientific Education is a scientific publication media that plays an important role in presenting research results and theoretical studies in the field of education. This journal is not only a valuable reference source, but also a useful publication tool for various parties, such as teachers, lecturers, students, school supervisors, policymakers, and education observers. By accepting articles in English and Indonesian, JOSSE seeks to bridge collaboration and knowledge exchange at the national and international levels, with the following scope of study: Learning Material Development Measurement, Assessment, and Evaluation of Education Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Educational Facilities and Infrastructure
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Issue 2 June 2024" : 2 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Strategi Reading Guide pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Arika Rifdha Aqilah; Aco Karumpa; Nur Khadijah Razak
Journal of Social and Scientific Education Volume 1 Issue 2 June 2024
Publisher : South Sulawesi Education Development (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58230/josse.v1i2.119

Abstract

Mengandalkan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran dapat membuat pengalaman belajar menjadi monoton bagi siswa, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan penurunan kemampuan membaca permulaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui strategi reading guide pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kalukuang IV. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 sampai 4 pertemuan dan setiap pertemuan terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 17 siswa kelas I. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan tes. Aalisis data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi reading guide dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Kalukuang IV dari segi proses maupun hasil pembelajaran keterampilan membaca permulaan. Peningkatan hasil ditunjukkan dari pencapaian nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa pada pra siklus awalnya sebesar 63,06, lalu meningkat pada siklus I menjadi 70,41, dan di siklus II nilai yang diperoleh sebesar 79,24 yang berarti telah memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu >75. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pra siklus sebesar 29% menjadi 53% pada siklus I dan di siklus II mengalami kenaikan yang signifikan dengan persentase 82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi reading guide dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar.
Penggunaan Whatsapp dan Youtube dalam Pembelajaran Matematika Nurwahida Nurwahida
Journal of Social and Scientific Education Volume 1 Issue 2 June 2024
Publisher : South Sulawesi Education Development (SSED)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58230/josse.v1i2.120

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi whatsapp dan youtube dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, yakni meriew tulisan atau jurnal – jurnal yang relevan dengan judul penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa dokumen jurnal hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Whatsapp dan youtube berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan aplikasi Whatsapp dan Youtube sebagai alat bantu dalam pembelajaran di era teknologi saat ini, untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika pada saat pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dinilai efektif karena pengunaan aplikasi ini yang mudah serta fitur-fiturnya yang mendukung, penggunakan video pembelajaran yang ada di aplikasi youtube, dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dibandingan kelas yang menggunakan media pembelajaran papan tulis. penggunaan whatsapp dan youtube  juga memiliki efek positif dan dampak negatif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 2