cover
Contact Name
Edi Kurniawan
Contact Email
jurnal@poltekpelsumbar.ac.id
Phone
+62811662266
Journal Mail Official
edi@poltekpelsumbar.ac.id
Editorial Address
LPPM Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Jl. Syeh Burhanuddin No.1, Korong Tiram, Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, West Sumatra, Indonesia 25572
Location
Kab. padang pariaman,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Cakrawala Bahari
ISSN : 27211703     EISSN : 28094727     DOI : https://10.70031
Core Subject : Engineering,
Jurnal Cakrawala Bahari ISSN: 2809-4727 (Electornic) is a peer-reviewed scientific and open access journal published by Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. The journal is dedicated to disseminating the conceptual thoughts, ideas, and research results that have been achieved in the area of maritime. It brings together papers on the different topics that concern the maritime industry. It provides the latest findings and analyses. Emphasis is placed on the port, shipping business, logistics, ship electrical technology, ship operation technology, ship machining technology, shipping information and communication technology, marine environment, maritime HR development, shipping safety, and shipboard levels.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Cakrawala Bahari" : 5 Documents clear
Pengaruh perawatan pompa air pendingin laut terhadap kerja mesin induk di km. sinabung Mochamad Ely Ridwan
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v3i2.20

Abstract

Di dalam proses kerjanya, agar mesin penggerak utama dapat bekerja secara optimal dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah sistem pendingin air laut pada mesin penggerak utama. Dengan permasalahan yang ada yaitu faktor-faktor penyebab pompa pendingin tidak bekerja dengan optimal, dampak yang terjadi apabila pompa pendingin tidak dirawat dengan baik dan manfaat apa yang didapat dari perawatan pompa pendingin terhadap kerja mesin induk. Mengingat pentingnya mesin diesel penggerak utama di atas kapal, maka diperlukan metode yang tepat untuk mengetahui pengaruh perawatan pompa pendingin air laut terhadap kerja mesin induk. Dengan menggunakan metode fault tree analysis yaitu dengan metode membuat pohon kesalahan sebagai pencari penyebab terjadinya permasalahan, dan juga ditambah dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Dan juga menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui faktor penyebab, dampak, dan manfaat yang didapatkan. Dari hasil pembahasan didapat kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan pompa pendingin air laut tidak bekerja dengan optimal adalah kurangnya isapan dan tekanan pada pompa, menurunnya kerja pompa, mechanical seal bermasalah. Yang menimbulkan dampak pada mesin induk apabila pompa pendingin air laut tidak dirawat dengan baik yaitu Temperature mesin induk tinggi, putaran mesin induk turun secara otomatis, pemuaian bahan karena terkena panas yang berlebihan. Adapun manfaat yang didapat dari perawatan adalah Normalnya tekanan pompa, Pompa dapat bekerja dengan optimal, mengatasi kebocoran pada pompa.
Pengaruh kesalahan pedoman terhadap letak pedoman magnet di kapal serta hubungannya dengan gerakan kapal Faisal Saransi
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v3i2.21

Abstract

Deviasi yang terjadi pada kapal dapat berbeda-beda ini disebabkan oleh arah haluan kapal tersebut sewaktu berlayar. Deviasi dapat berubah secara periodik terhadap benda yang terbuat dari besi dan baja yang bergerak dari suatu tempat di kapal. Deviasi yang terjadi pada pedoman magnet tetap ada pada kapal tapi besarnya deviasi dapat dikurangi dengan cara penimbalan. Prinsip kerja dari pedoman magnet senantiasa bekerja dibawah pengaruh medan magnet bumi. Konstruksi kapal yang terbuat dari besi/baja akan menerima secara langsung kuat medan magnet bumi, adanya pengaruh dari medan magnet luar dapat menimbulkan penyimpangan penunjukan pedoman (deviasi). Untuk menghilangkan secara mutlak pengaruh medan magnet terhadap pedoman tidak mungkin dapat dilakukan. Cara untuk memperkecil pengaruh kuat medan ini terhadap pedoman dengan jalan dilakukannya penimbalan, pengaruh deviasi tersebut dapat diatur sekecil mungkin bahkan dapat diusahakan menjadi tidak ada tetapi tidak secara keseluruhan hanya pada tempat-tempat tertentu saja.Untuk mempermudah pengoperasiannya cara yang terbaik adalah memasang pedoman magnet, tepat di atas garis lunas kapal, posisi ini lebih praktis karena letak garis layar sama dengan kelurusan garis lunas, hal ini diambil untuk mempermudah melihat haluan kapal. Pedoman magnet atau standar Compas wajib dilakukan pengujian Compasseren (penimbalan untuk memperbaiki deviasi yang terjadi), hasil Compasseren dicacat dalam daftar deviasi. Daftar deviasi sangat penting untuk perhitungan haluan.
Analisa kinerja anak buah kapal untuk mengatasi keterlambatan penurunan sekoci di km. Sinabungandhika Kanishka Bintang Novi
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v3i2.22

Abstract

Pelatihan pengoperasian sekoci penolong sangat penting dalam dunia pelayaran, karena ini merupakan suatu penetahuan praktis bagi pelaut yang mengangkut bagaimana cara menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar para crew atau anak buah kapal dapat mengoperasikan dan menggunakan sekoci penolong di atas kapal. Penelitian ini dilaksanakan di atas KM. SINABUNG. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara obeservasi dan wawancara langsung dengan nakhoda, perwira dan anak buah kapal serta literatur-leteratur yang berkaitan dengan penelitain ini. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang pengoperasian atas penggunaan sekoci penolong di atas kapal masih kurang, untuk kedepannya disarankan kepada nakhoda yang merupakan pemegang komando tertinggi di atas kapal agar selalu mengadakan pelatihan sekcoi penolong bagi seluruh crew atau anak buah kapal.
Upaya Peningkatan Pelayanan Jasa Keagenan Kapal PT. Samudra Moda Selaras ADHI PRATISTHA SILENT
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v3i2.29

Abstract

Suatu kapal yang berlabuh dan bersandar disuatu pelabuhan membutuhkan pelayanan dan memiliki berbagai keperluan yang harus dipenuhi. Untuk melayani berbagai keperluan tersebut perusahaan pelayaran akan menunjuk sebuah agen kapal PT. Samudra Moda Selaras yang memberikan pelayanan terhadap kapal-kapal yang diageni. Pelayanan yang baik dari agen akan membawa keuntungan dan kemajuan dari perusahaan.Sumber daya manusia, sarana prasarana dan kurangnya koordinasi dengan pihak terkait di pelabuhan merupakan faktor yang mengakibatkan pelayanan jasa keagenan terhadap kedatangan dan keberangkatan kapal di PT. Samudra Moda Selaras belum optimal. akan menghambat dan memperlambat prosedur pelayanan kapal dalam melaksanakan kegiatan pelayanan jasa keagenan kapal sehingga menimbulkan tambahan biaya tambat yang harus dibayar perusahaan dan terlambatnya keberangkatan kapal. Melakukan pelatihan dan perekrutan pegawai operasional yang baru dengan lebih selektif adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu bersaing dan dapat meningkatkan mutu dari pelayanan terhadap kegiatan keluar masuknya kapal yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bertambahnya jumlah sarana dan prasarana akan sangat berpengaruh dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan jasakeagenan kapal. Sumber daya manusia yang berkualitas dan semakin banyaknya jumlah sarana dan prasarana serta meningkatnya koordinasi dan kerjasama yang baik dengan Instansi-instansi terkait dan sebagainya akan mempercepat proses keagenan dalam melaksanakan kegiatan pelayanan jasa keagenan kapal.
Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PT. Pelindo II Teluk Bayur Padang Jose Beno
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v3i2.30

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai PT. Pelindo II Teluk Bayur Padang dan untuk mengetahui dan menguji pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai PT. Pelindo II Teluk Bayur Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PT. Pelindo II Teluk Bayur Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidentals sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak semua jumlah populasi mendapat kesempatan yang sama. Sampel diambil sebanyak 100 orang. Data yang digunakan data primer dengan analisis data menggunakan regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai PT. Pelindo II Teluk Bayur Padang. Disiplin kerja berpengaruh positif8.pdf

Page 1 of 1 | Total Record : 5