cover
Contact Name
Satrio Wibowo
Contact Email
sugali.satrio@gmail.com
Phone
+6285731237009
Journal Mail Official
pgsd.stkip.pgri.sidoarjo@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kemiri, Sidoarjo
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Primary : Kajian Ilmu Pendidikan Dasar Dan Humaniora
ISSN : -     EISSN : 28072278     DOI : -
Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan, terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)" : 6 Documents clear
PENGARUH METODE NHT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUBTEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI RUMAH TERHADAP HASIL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR Endang Wahyu
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas II Sekolah Dasar. Siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari sehingga hasil dan keaktifan belajar masih kurang. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin menggunakan metode NHT dan pendekatan Saintifik yang akan menjadi solusi penyemangat siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini mencoba meneliti ada tidaknya hubungan sebab akibat. Penelitian eksperimen ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel X dan variabel Y. Yang dimana X adalah kualitas alat dan Y adalah Kualitas yang dihasilkan. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan dengan sistem BDR (Belajar Dari Rumah) yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik mendapat penilaian dari aspek kelayakan materi sebesar presentase 4,3 dengan kategori sangat valid yang artinya sudah layak untuk digunakan, dan penilaian keaktifan belajar siswa kelas kontrol presentase sebesar 76,6 yang memiliki kategori baik sedangkan penilaian keaktifan belajar siswa kelas eksperimen presentase sebesar 98,3 yang memiliki kategori sangat baik. Penilaian hasil wawancara pada siswa memperoleh presentase sebesar 0,95 yang memiliki kategori sangat baik. Nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 64,50 dengan standart deviasi adalah 5,368 sedangkan untuk nilai tes akhir (posttest) adalah 87,75 dengan standart deviasi adalah 7,967. Perbedaan nilai rata-rata hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa kelas II SD meningkat sebesar 23,25. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dan berpengaruh sangat baik
PENGARUH MODEL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS 1 SD Ery Rahmawati
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada sub tema tanaman di sekitarku. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah kelas 1 SDN Kebaron Tulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar mendapatkan nilai thitung sebesar 11,695 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2,093 sehingga thitung< ttabel maka H0 ditolak, maka H1 diterima. Hasil nilai signifikan yaitu nilai signifikannya kurang dari 0,05 yaitu Sig.(0,000) < 0,05 sehingga H0 ditolak, maka H1 diterima. Hasil penelitian terhadap efektivitas siswa berdasarkan perhitungan uji efektivitas atau N-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas 1 sebesar 74,6404 termasuk dalam kategori sudah efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 42,86 dan maksimal 100,00. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar menggunakan tes awal atau Pretest dan tes akhir Posttest terdapat pengaruh model berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa
PENGARUH TIPE TALKING CHIPS PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Rosyi Umami
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai keterampilan berpikir siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap keterampilan berpikir siswa, keaktifan belajar siswa, dan respon siswa pada pembelajaran tematik dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain control group pre-test and post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan tiga tahap yaitu pemberian tes pre-test, post-test, dan angket respon siswa dengan subjek berjumlah 8 siswa dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di era pandemi Covid-19. Teknik dan pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis yang terdiri dari pre-test dan post-test, serta angket. Teknik analisis data berupa analisis data observasi siswa pada kelas eksperimen yang diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan yaitu 85,41% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil rata-rata pada kelas kontrol secara keseluruhan yaitu 57,29 yang tergolong cukup aktif. Data hasil tes siswa dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan a = 0,05 sehingga hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 37,079 sehingga thitung (37,079) > ttabel (3,182) maka H1 ditolak dan H0 diterima. Selain itu didukung dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima. Sedangkan hasil rata-rata respon siswa yang diperoleh secara keseluruhan yaitu 3,57 yang termasuk dalam kategori sangat positif
PENGEMBANGAN MEDIA PAPIMU (PAPAN PIZZA ILMU) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA TEMA VI SUB TEMA II KELAS V SD Titik Rohmatin
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebuah pembelajaran yang dikemas dalam bentuk media pembelajaran tematik belum tersedia sehingga siswa sulit untuk mendapatkan sebuah pengetahuan dan informasi tentang materi yang telah diajarkan, maka dibutuhkan suatu pengembangan media pada pembelajaran tematik yang dapat digunakan sebagai komunikasi adalah media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PAPIMU (Papan Pizza Ilmu) berbasis saintifik terhadap motivasi dan keaktifan siswa. Salah satu permasalahan pendidikan adalah minimnya sarana dan prasarana, sehingga guru diminta kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas seperti mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dan mengatasi kebosanan siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan belajar sambil bermain, seperti penggunaan media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu). Penelitian ini mengembangkan media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu) terhadap motivasi dan keaktifan siswa SD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melalui validasi ahli, observasi dan angket. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa SD. Hasil implementasi media pembelajaran PAPIMU (Papan Pizza Ilmu) terhadap motivasi siswa sebanyak 79,68% - 86,87%, keaktifan siswa sebanyak 85% - 100% sedangkan respon siswa terhadap media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu) sebanyak 87,5% - 93%. Berdasarkan hasil uji tersebut, media PAPIMU (Papan Pizza Ilmu) sangat mempengaruhi motivasi dan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung
Analisis Penggunaan Metode Imajinatif dan Media Gambar Seri pada Keterampilan Menulis Subtema Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dian
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V dengan menggunakan media gambar seri dan metode imajinatif. Penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalidawir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2019/2020, yang berjumlah 5 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes, observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Lembar terdiri dari pre-test dan post-test. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi siswa, observasi aktivitas siswa, dan pedoman penilaian keterampilan menulis. Sedangkan lembar wawancara terdiri dari lembar wawancara siswa dan lembar wawancara guru. Berdasarkan hasil dari observasi siswa mendapatkan kategori baik. Hasil analisis data observasi siswa dari 10 aspek diperoleh 3 aspek kriteria sangat baik, 5 aspek kriteria baik, 2 aspek kriteria cukup dan 0 aspek kriteria kurang. Demikian pula dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 83. Lembar wawancara siswa dapat diketahui bahwa siswa menyukai pembelajaran menulis karangan. Dari 5 siswa yang menyatakan menyukai menulis karangan ada 4 orang dan yang menyatakan tidak menyukai 1 orang. Kemudian profil menulis karangan sebelum treatment mendapatkan nilai 57 dalam kategori cukup dan setelah treatment mendapat nilai 83 dalam kategori baik. Dengan demikian, maka dapat disumpulkan bahwa penggunaan metode imajinatif dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas V SDN Kalidawir
DAMPAK PENGUNAAN APLIKASI TIK TOK TERHADAP KARAKTER MAHASISWA PGMI STAI AL-AZHAR MENGANTI GRESIK Nurul Agustin
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Primary: (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Aplikasi tik tok merupakan aplikasi berupa video, foto serta video live. Video dan foto yang dapat memberikan efek cantik, mulus tanpa noda serta emotion yang lucu-lucu dan adapun yang menakutkan yang dapat digunakan pada pengguna aplikasi tik tok. Dengan adanya aplikasi ini dapat menciptakan suasana hati yang sedih menjadi ceria kembali, yang tadinya gembira menjadi marah dan bermacam-macam sikapnya. Bukan hanya sikap saja yang dapat mengubah seseorang dengan menggunakan aplikasi tik tok ini. Ada juga dengan menggunakan tik tok seseorang dapat menciptakan karya-karya yang indah melalui tarian-tarian ataupun gerakan-gerakan yang dapat meningkatkan karya seni yang indah. Serta dapat mengembangkan skill dalam editing video dan foto. Dengan adanya hal tersebut, perlu dipahami adanya dampak penggunaan aplikasi khususnya bagi orang tua agar dapat memantau anak dalam penggunaan aplikasi tik tok ini. Karena seorang anak yang mempunyai perkembangan yang baik akan menghasilkan anak yang mempunyai karakter baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dampak penggunaan aplikasi Tik-tok terhadap karaktermahasiswa STAI AL-AZHAR Menganti Gresik Prodi PGMI semester I,III dan V tahun ajaran 2020-2021. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang dosen wali di Prodi PGMI dosen wali semester I, III dan V dan 6 mahasiswa dari masing-maisng semester I,III dan V dari Prodi PGMI. Pada teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian dan penarikan data. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan aplikasi Tik Tok sangat membawa dampak yang negatif terhadap karakter siswa. Dari dampak negatif yang telah didapatkan yaitu perubahan suasana hati secara tiba-tiba setelah memutar video yang ada pada aplikasi tik tok. Dan perubahan sikap menjadi seorang anak menjadi tidak jujur dan tidak disiplin. Dengan adanya hal itu hasil dari penggunaan aplikasi tik tok sangatkah tidak sesuai dengan pendidikan karakter, serta dengan adanya karakter yang harus ditanamkan pada diri seseorang terutama seorang anak ataupun mahasiswa yang tergolong remaja serta beranjak dewasa yang harus memilikki karakter jujur, menghormati semua orang, disiplin dan mempunyai karakter baik. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi dan wawancara, dan sajikan hasil wawancara berupa deskriptif dari segi negatif dari penggunaan aplikasi tik tok dengan karakter mahasiswa semester I,III dan V PGMI STAI AL-AZHAR Menganti Gresik

Page 1 of 1 | Total Record : 6