cover
Contact Name
Muhammad Dadi Priadi
Contact Email
dadi23priadi@gmail.com
Phone
+6281219997579
Journal Mail Official
jurnal.dimmensi@usbypkp.ac.id
Editorial Address
Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP Office: Gedung C Lantai 1 Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP Jln. PHH. Mustofa Nomor 68 Kota Bandung Kodepos 40124 Telepon 022-7202233 Fax 022-7202233
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis
ISSN : 28076478     EISSN : 28076524     DOI : https://doi.org/10.32897/dimmensi.vxix
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmens) is a biannual scientific journal in the field of business administration, published by Business Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Sangga Buana University – YPKP in Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis is issued two (2) times a year, every February and August. This publication contains a variety of scientific writings in the form of research results, theoretical studies and conceptual, and practical applications both from academic and business. Published writings have been through the editing process without changing the substance of the original. Content writing is the responsibility of the author and not necessarily reflect the opinion of the publisher. The scope of writing includes: Business Digital (Digital Bisnis) Human Capital (Modal Manusia) Marketing Entrepreneurship Finance (Keuangan) Business Strategy
Articles 36 Documents
Pengaruh Social Influence Terhadap Behavioral Intention Penggunaan Marketplace Pada UMKM Di Kota Bandung Nurhalimah Nurhalimah
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v1i1.771

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social influence (Pengaruh Sosial) terhadap behavioral intentions (minat pemanfaatan) pengguna Marketplace di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori Model Unified Theory of Acceptance and use of Technology (UTAUT). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada 400 orang UMKM yang telah menggunakan  aplikasi Marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan medote asosiatif kasual yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, teknik analisis data menggunakan Metode statistic Multivariate Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan penelitian ini variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen. Hasil penelitian ini menunjukan Pengaruh Social Influence terhadap Behavioral Intention penggunaan Marketplace pada UMKM di Kota Bandung yaitu sebesar 0.897 dan dari semua variabel independen mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen sebesar 173.596. Pengguna Marketplace perlu lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat khususnya UMKM dan memberikan pemahaman bahwa dengan menggunakn Marketplace dapat lebih meningkatkan bisnis mereka.
Analisis Implementasi E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Facebook Di Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu) Mohamad Jakariah; Hersusetiyati Hersusetiyati
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v1i1.772

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh mereka paham dengan E-Commerce dan bagaimana mereka bisa bersaing di dunia E-Commerce dengan segala keterbatasan. Metodologi menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaku E-Commerce di Desa Jatimulya cenderung menjalankan bisnisnya tanpa rencana dan strategi yang matang. Tidak memiliki visi dan misi yang jelas. Strategi yang dijalankan hanya sebatas memfoto barang dagangan, mengunggahnya di media sosial kemudian menunggu respon dari konsumen. Pembayaran, masih mengunakan metode manual bayar ditempat, metode ini banyak mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen. Konsumen masih belum begitu percaya dengan pelaku E-Commerce karena masih sering ditemui kecurangan yang dilakukan penjual. Konsumen merasa sangat terbantu dengan kehadiran E-Commerce. Konsumen merekomendasikan pengalaman berbelanja online, yang menguntungkan dalam meningkatkan penjualan produknya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah rata-rata pelaku E-Commerce di Desa Jatimulya masih belum mengimplementasikan E-Commerce dengan maksimal, disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai E-Commerce, sehingga implementasi E-Commerce di Desa Jatimulya terkesan apa adanya dan tanpa rencana yang baik.
Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Keputusan Pembelian Di Harvard English Course Bandung Nurlela Nurlela; Fauzan Aziz
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v1i1.773

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah faktor situasional terhadap keputusan pembelian di Harvard English Course Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana faktor situasional terhadap keputusan pembelian konsumen, serta besarnya pengaruh faktor situasional secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Harvard English Course Bandung. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling jenis random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial, method of succesisive interval (MSI) dan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, faktor situasional berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Harvard English Course Bandung. Faktor situasional di Harvard English Course Bandung sudah masuk kedalam kategori cukup baik, namun ada beberapa item yang perlu diperbaiki seperti adanya pengajar asing, dan mengatur jadwal kursus yang flexible.
Pengaruh Working Capital Management Terhadap Profitabilitas Perusahaan : Literatur Review Dedi Supiyadi; Diah Dianti Rohani; Dodi Dodi; Rini Kurniawati
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v1i1.774

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mereview penelitian tentang pengruh working capital management (WCM) terhadap profitabilitas perusahaan. Metode yang digunakan yaitu traditional review, dengan mereview 25 jurnal intenasional yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi. Dari ulasan yang dilakukan diketahui bahwa sebagian besar peneliti menggunakan metode empiris dalam menganalisis pengaruh working capital management dengan profitabilitas. Hasil yang diperoleh dari sebagian besar penelitian mengungkapkan bahwa  WCM memiliki peranan penting bagi profitabilitas perusahaan.
Persepsi Manajemen Kualitas Di Perguruan Tinggi (Studi pada Universitas Sangga Buana YPKP) Hayun Setiawan
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v1i1.775

Abstract

Kerangka kerja Malcom Baldridge memberdayakan lembaga pendidikan untuk mencapai Visi, meningkatkan keluaran, dan menjadi lebih kompetitif. Kerangka kerja terdiri dari Kriteria, nilai-nilai inti dan konsep, dan pedoman penilaian. Kuesioner disusun didasarkan pada tujuh Kriteria Baldrige untuk kategori Kinerja Unggul, yang merupakan bagian dari kerangka kerja Malcom Baldridge. Kuisioner ini mengidentifikasi peluang untuk perbaikan untuk melakukan perbaikan dan mengenali peluang untuk inovasi. Kuisioner mengidentifikasi persepsi para pemimpin senior dan tenaga kerja. Hasilnya  akan menantang lembaga pendidikan untuk mengatasi masalah penting bagi keberhasilan lembaga pendidikan.
Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung Tahun 2019) Hersusetiyati Hersusetiyati; Agus Sopyan
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v1i1.776

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan karier mempengaruhi produktivitas yang terjadi pada tenaga kerja, serta besarnya pengaruh pengembangan karier terhadap produktivitas di Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan jenis Asosiatif-kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportionate stratified random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 110 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pengembangan karier berpengaruh positif terhadap produktivitas tenaga kerja pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung. Pengujian hipotesis membuktikan pengembangan karier berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung. Pengembangan karier pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung sudah masuk kedalam kategori cukup baik, namun ada beberapa item yang perlu diperbaiki seperti perbaikan progam perencanaan sumber daya manusia, perbaikan program pendidikan dan pelatihan untuk tenaga kerja serta perbaikan sistem jaminan sosial dan penghasilan.
Pengaruh Market Orientation Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Industri Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion di Social Commerce Kota Bandung) Meidy Nurindah Hasri; Sri Widiyanesti
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 2 No 1 (2022): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v2i1.1152

Abstract

Industri social commerce Indonesia memiliki hambatan dalam melakukan segmentasi pasar dan inovasi terutama dalam segi teknologi. Kota Bandung sebagai pelopor social commerce yang maju dan banyak bergerak di bidang fashion, maka kota dan sector tersebut dijadikan objek penelitian dalam penelitian ini. Dalam rangka untuk meningkatkan kinerja perusahaan, perusahaan perlu meningkatkan kemampuan orientasi terhadap pasar dan kemampuan inovasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketorientation terhadap kinerja perusahaan melalui inovasi sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kuantitatif. Responden dalampenelitian ini adalah setiap orang yang bekerja di dalam industri social commerce di Bandung dengan sector fashion sebanyak 121 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan minimum pengambilan sampel untuk penelitian SEM. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa marketorientation baik secara simultan dan parsial serta inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan pada industri social commerce sub sector fashion di Bandung.
Analisis Efektivitas Penerapan Mobile Application di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Benny Agustian; Deni Nurdyana Hadimin
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 2 No 1 (2022): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v2i1.1159

Abstract

A company will try to improve the quality of service for the community. A company that has developed several innovations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) by creating the KAI Access mobile application, which is an application that is used to buy tickets online without having to queue at the station counter. Therefore, the purpose of this research is to determine the effectiveness of the application of the KAI Access mobile application at PT. Kereta Api Indonesia (Persero) which refers to four evaluation variables, namely information quality, service quality, usage, and user satisfaction. This research is qualitative descriptive research that aims to determine the quality of information, service quality, usage, and user satisfaction without making a comparison or linking with other variables. The data used in this research are interviews with key informants from PT. Kereta Api Indonesia (Persero), interviews with five users of the KAI Access application, and a questionnaire were conducted with a total of 42 respondents as supporting data for this research. The results showed the effectiveness of the application of the KAI Access mobile application at PT. Kereta Api Indonesia (Persero) can be said to be very effective. This can be seen from the research results of each evaluation variable, namely the quality of information that is accurate, relevant, and complete, the quality of service that is responsive and empathetic, easy use for daily use, and efficient, effective, and satisfied user satisfaction. Keywords: Effectiveness, Mobile Application KAI Access
Pemasaran Media Sosial dan Ekuitas Merek Portal Beasiswa pada PT. Integra Solusi Teknotama Bandung Puspa Wulandari; Farida Yuliaty
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 2 No 1 (2022): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v2i1.1165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pemasaran media sosial (X), ekuitas merek (Y), dan besar pengaruh pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling berupa simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak tujuh puluh delapan orang. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial, Method of Succesive Interval, uji hipotesis simultan, uji hipotesis parsial, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan kedua variabel berada pada kategori yang baik. Hasil uji F dan uji t menyatakan bahwa pemasaran media sosial berpengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pemasaran media sosial memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa sebesar tiga puluh koma dua persen dan sebesar enam puluh sembilan koma delapan persen dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa pemasaran media sosial berpengaruh terhadap ekuitas merek Portal Beasiswa sebesar tiga puluh koma dua persen dan sebesar enam puluh sembilan koma delapan persen dipengaruhi oleh faktor lain, serta kedua variabel ini dianggap sudah berada dalam kategori yang baik dimata audiens.Kata Kunci : Pemasaran Media Sosial, Ekuitas Merek, Instagram.
Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Pola Belajar Mahasiswa Hayun Setiawan; Hermalia Oktaviana; Fannya Di Derdya Andawas; Muchamad Noval Zulkarnaen; Winni Saripah
Administrasi Bisnis Indonesia Vol 2 No 1 (2022): JURNAL DIMMENSI
Publisher : Prodi S1 Administrasi Bisnis Universitas Sangga Buana YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/dimmensi.v2i1.1181

Abstract

Perkembangan sosial media dari waktu ke waktu terus menjadi sorotan terhadap khalayak dalam dan luar negeri, itu selaras dengan perkembangan zaman yang terus melesat karena terciptanya hal-hal baru tak terkecuali dalam sosial media. Perkembangan sosial media terus menjadi hal penting dalam sosial manusia untuk perkembangan perubahan dari sebelum-sebelumnya dan menjadi asumsi publik itu sendiri. Sosial media saat ini dikuasi oleh para remaja-remaja yang mengikuti trend terbaru perihal sosial media dan salah satu sosial media yang saat ini sedang menjadi sorotan dan digemari banyak orang terutama oleh remaja adalah Sosial media tiktok yang sedang menjadi santapan oleh semua orang, terutama oleh para remaja mahasiswa yang mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan tiktok yang masuk ke semua belahan dunia tak terkecuali Indonesia. Saat ini pengguna tiktok sudah mencapai 100 jt+ dan mendapatkan 4,4 bintang serta 9 juta ulasan di aplikasi playstore ataupun appstore. Banyak nya penggunaan tiktok saat ini membuat perubahan pengaruh terhadap mahasiswa itu sendiri. Tiktok sendiri salah satu platform media sosial yang perkembangan nya paling cepat di dunia, dalam aplikasi tiktok terdapat animasi-animasi ataupun editing yang digunakan penggunanya untuk mendeskripsikan hal-hal yang ada di sekitaran mereka dengan membuat beragam vidio dan foto. Di kalangan mahasiswa tiktok sudah sangat tidak asing dan sudah menjadi konsumsi guna membuat konten-konten tertentu, pria dan wanita sama-sama menggunakan tiktok dalam kehidupan sehari-harinya, tentu ini menjadi pengaruh yang sangat serius terhadap pola belajar yang dilaksanakan.

Page 1 of 4 | Total Record : 36