cover
Contact Name
Syahdatul Maulida
Contact Email
syahdatulmaulida3@gmail.com
Phone
+6285891338499
Journal Mail Official
eruseffendi@tazkia.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda No. 78 Sentul City Bogor
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Komunikan Jurnal Komunikasi dan Dakwah
ISSN : -     EISSN : 30248663     DOI : https://doi.org/10.30993/jurnalkomunikan.v3i1.352
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Komunikan is a journal that concentrates on research on communication science and dakwah, specifically articles in Jurnal Komunikan must raise questions about the diversity and complexity of Islamic communication and dakwah issues with a strong emphasis on theory based, development of new theoretical models and development of innovative methods to observe and measure the reality of communication and dakwah. The main topic areas for Jurnal Komunikan include Islamic communication studies, marketing communications, public communications, mass communications, dakwah methodology, Islamic dakwah strategies, and the relationship between dakwah and socio culture.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): Komunikan: Jurnal Komunikasi dan Dakwah" : 5 Documents clear
Pengaruh Faktor-Faktor Komunikasi dalam Minat Berwisata Sutopo
Jurnal komunikan Vol. 1 No. 1 (2022): Komunikan: Jurnal Komunikasi dan Dakwah
Publisher : Departemen Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor komunikasi penentu Instagram, Youtube, dan Pariwisata terhdaap minat wisatawan di kabupaten Belitung. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan studi kasus pariwisata di Kabupaten Belitung, dan data diolah menggunakan software SPSS dari jumlah responden yang berkunjungke Kabupaten Belitung. Penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwisata di Kabupaten Belitung, Youtube berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat berwisata di Kabupaten Belitung, dan Promosi Pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dalam berwisata di Kabupaten Belitung. Peneliti menggabungkan tiga variabel penting dalam satu objek penelitian untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan Kabupaten Belitung sebagai destinasi wisata. Kata kunci: Instagram, Youtube dan Promosi Pariwisata, Kabupaten Belitung
Manajemen Dakwah Masjid Al Barakah PCA Cibeunying Kaler Dalam Membina Keluarga Sakinah (Studi Deskripsi Dakwah di PCA Cibeunying Kaler) Ahmad Rifai; Euis Evipuspitasai
Jurnal komunikan Vol. 1 No. 1 (2022): Komunikan: Jurnal Komunikasi dan Dakwah
Publisher : Departemen Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30993/jurnalkomunikan.v1i1.289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep keluarga sakinan yang menjadi tujuan utama dakwah Pimpinan Pusat Aisyiaht, dan bagaimana implementasi keluarga sakinah di tingkat akar rumput. Pimpinan Cabang Aisyiah Cibeunying Kaler adalah salah satu cabang Aisyiah di Kota Bandung yang dalam pola dakwahnya merujuk pada Pimpinan Pusat Aisyiah yakni menuju keluarga sakinah. Konsep keluarga sakinah menurut 'Aisyiyah adalah bangunan keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan tercatat di Kantor Urusan Agama yang dilandaskan pada kondisi mawaddah wa rahmah, sehingga masing-masing anggota keluarga dapat berkembang dan menjalankan peran sesuai fungsinya, dalam menghadirkan suasana kedamaian, ketentraman, keharmonisan, kekompakan, kehangatan, keadilan, kejujuran dan keterbukaan, untuk terwujudnya kebaikan hidup di dunia dan akhirat yang diridhai Allat SWT. Maka dari itu manajemen dakwah yang diterapkan oleh Pimpinan Cabang Aisyiah Cibeunying Kaler dengan menjadikan masjid sebagai pusat gerakan dakwah keluarga sakinah menarik untuk dikaji. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemahaman pola gerakan dakwah yang bermuara pada pembentukan keluarga sakinah bisa difahami dengan baik oleh Aisyiah Cibeunying Kaler. Kajian keluaga sakinah memerlukan narasumber yang faham dibidang komuniaksi keluarga, psikologi keluarga, sehingga kajian keluarga sakinahnya tidak didominasi oleh para ustad saja. Kata kunci: Aisyiah, Keluarga Sakinah, Manajemen Dakwah, Masjid
Penyebaran Hoax Politik Pada Media Sosial Doddy Suryadi; Fajar Nugraha; Tsalsa Mausyila Misbach
Jurnal komunikan Vol. 1 No. 1 (2022): Komunikan: Jurnal Komunikasi dan Dakwah
Publisher : Departemen Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30993/jurnalkomunikan.v1i1.290

Abstract

Perkembangan era digital membawa warna baru dalam dunia politik. Kehadiran media sosial telah mengubah perilaku dan kultur masyarakat dalam berkomunikasi dan mengkonsumsi berita. Permasalahan dari pengguna media sosial saat ini adalah banyaknya hoax yang menyebar luas, termasuk dalam dunia politik. Penelitian ini membahas bagaimana informasi hoax dimainkan dalam kampanye politik di era media sosial dan bagaimana bentuk informasi hoax politik yang beredar di media sosial selama masa kampanye pemilihan umum 2019. Metode yang digunakan kualitatif dengan penedekatan analisis konten memetika dari Shifman, dengan paradigma konstruktivistik. Penelitian ini menganalisis konten hoax di media sosial pada periode Agustus 2018 sampai dengan Januari 2019. Database hoax diperoleh dari rilis yang dikeluarkan Kemenkominfo yang dikonfimasi sebagai hoax melalui web turnbackhoax.id. Gagasan yang dibangun dalam hoax politik pada pemilu 2019 adalah kebencian kepada lawan politik. fitnah-fitnah yang ditujukan kepada lawan politik menjadi konten utama untuk menebar kebencian. Dalam hal bentuk, hoax yang disebarkan dalam gambar yang diedit dan dimanipulasi, foto tidak sesuai konteksnya, bersifat profokatif, judul baru lebih menjatuhkan seseorang, dan komentar buruk dari pengguna. Sementara sudut pandang gambar dan pesan yang diunggah menyarankan untuk tidak memilih salah satu kandidat, ajakan untuk para fans tokoh untuk mendukung salah satu kandidat, menyarankan untuk membenci salah satu kandidat serta tidak memilihnya dalam pemilu 2019. Kata kunci: Hoax, Media Sosial, Komunikasi Politik
Pengaruh Terpaan Pemberitaan Aksi Gangster Di Kota Tangerang Melalui Instagram Terhadap Sikap dan Kecemasan Warga Muhamad Riswan Zaelany; Ade Irfan Abdurahman; Aulian Khairani
Jurnal komunikan Vol. 1 No. 1 (2022): Komunikan: Jurnal Komunikasi dan Dakwah
Publisher : Departemen Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30993/jurnalkomunikan.v1i1.291

Abstract

Berita kriminal merupakan salah satu jenis berita yang tersebar di media sosial Instagram. Salah satu pemberitaan kriminal yang pernah tersorot yaitu pemberitaan aksi gangster di Kota Tangerang. Maraknya pemberitaan aksi kriminal dikhawatirkan membuat kecemasan bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh terpaan pemberitaan aksi gangster di Kota Tangerang melalui Instagram terhadap kecemasan warga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Stimulus-Organism-Respons (SOR). Penelitian ini bersifat eksplanatif yang akan menjelaskan mengenai sebab dan akibat antar variabel dalam penelitian. Sampel dari penelitian ini adalah warga perumahan Villa Tangerang Indah RW 10, aktif menggunakan Instagram serta mengetahui pemberitaan aksi gangster yang terjadi di Kota Tangerang. Analisis data menggunakan Smart PLS 3.0. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan pemberitaan aksi gangster di Kota Tangerang melalui Instagram terhadap sikap warga sebesar 57%. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sikap penerimaan terhadap kecemasan warga sebesar 51,4%. Kata kunci: Terpaan berita, Gangster, Instagram
Gaya Komunikasi Politik Karna Sobahi Atas Kemenangan Pemilihan Bupati Majalengka Periode 2018-2023 (Studi Kasus Gaya Komunikasi Bupati Majalengka Karna Sobahi) Adi Junadi; Atie Rachmiatie; Dedeh Fardiah
Jurnal komunikan Vol. 1 No. 1 (2022): Komunikan: Jurnal Komunikasi dan Dakwah
Publisher : Departemen Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30993/jurnalkomunikan.v1i1.292

Abstract

Gaya komunikasi politik seseorang dalam konteks pemilihan kepala daerah merupakan aspek penting, karena gaya komunikasi politik yang efektif akan membuat masyarakat percaya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah. Permasalahan yang seringkali terjadi dalam kajian gaya komunikasi politik, yakni sulit nya mendapatkan ciri khas gaya komunikasi dari aktor politik untuk menjadi pembeda dari aktor politik lainnya. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang menjelaskan bahwa Karna Sobahi yang berasal dari kalangan Birokrat,kemudian sukses menjadi Bupati Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi gaya komunikasi politik Karna Sobahi didasarkan pada kajian kebutuhan masyarakat, sehingga pesan komunikasi politik yang disampaikan Karna Sobahi sangat sesuai dengan keadaan masyarakat. Tipe gaya komunikasi politik Karna Sobahi, peneliti sebut sebagai “Komunikasi Empati-Homophily” karena pembawaan komunikasi yang rapi, sopan, dan penuh kharisma menjadi pembeda Karna Sobahi dengan aktor politik lainnya dalam konteks gaya komunikasi. Metode penerapan gaya komunikasi Karna Sobahi fokus pada kegiatan bertemu langsung dengan masyarakat, hal ini dikarenakan Karna Sobahi mampu mengangkat secara langsung permasalahan yang terjadi di Kabupaten Majalengka. Ketiga hal itu merupakan aspek penting dalam penelitian ini, kemudian yang menjadi saran bagi Karna Sobahi yakni lebih aktif dalam menggunakan sosial media, karena terdapat pergeseran kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat yang mulai masuk pada ranah digitalisasi. Kata Kunci: Gaya Komunikasi; Politik; Karna Sobahi

Page 1 of 1 | Total Record : 5