cover
Contact Name
Tegar Roli
Contact Email
journalelhamra@gmail.com
Phone
+6285647771424
Journal Mail Official
journalelhamra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kenanga VII, Tegalmulya, Ledug, Kec. Kembaran Purwokerto 53182, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. purbalingga,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Published by CV Amerta Media
ISSN : 25283650     EISSN : 27216047     DOI : https://doi.org/10.62630/elhamra
Core Subject : Education, Social,
Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan berfokus pada penerbitan artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan orisinal dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan meliputi: Kurikulum dan penilaian, Teknologi pendidikan, Kepemimpinan pendidikan, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar dan menengah, Pendidikan tinggi, Pendidikan profesi, Sosiologi, Perencanaan dan Pembangunan Masyarakat, Gender dan Pembangunan, Hak Asasi Manusia, Keberlanjutan dan Lingkungan, Budaya dan Masyarakat.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan" : 5 Documents clear
DIALEKTIKA PENAFSIRAN AYAT PLURALISME AGAMA NURCHOLISH MADJID DAN MUHAMMAD MUTAWALLI AL-SYA’RAWI Mokhamad Sukron
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hidup di era sekarang seakan tidak ada lagi batasan baik bersifat geografis maupun territorial sehingga memunculkan masyarakat yang plural dan heterogen. Dalam masyarakat yang plural dan heterogen inilah muncul pelbagai problem masyarakat terutama tentang pemahaman teks keagamaan yang menjadi pemicu tidak harmonisnya tatanan sosial. Artikel ini bertujuan menguak pemikiran dua tokoh Islam kontemporer dalam pemahaman teks agama Islam (penafisran al-Qur’an) yang berkaitan dengan pluralism untuk mencari pemahaman teks yang komprehensif dalam mewujudkan masyarakat yang pluralistik dan harmonis.Kata Kunci: pluralisme, tafsir, al-Qur’an, masyarakat plural
PENGGUNAAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN KELAS VI Karunia Mukti Sari; Ulpah Maspupah
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teaching materials are an important part that can affect the process of running a learning. A teacher requires materials or materials that are systematically arranged based on the competencies that students must master so that learning becomes directed at the learning objectivites to be achieved. At this time the curriculum being implemented is Curriculum 13 with a thematic learning approach. Thematic learning is learning that integrates several subjects into one discussion theme. With this integration, it causes difficulties for students in gaining understanding because the material is incomplete so that use of supporting teaching materials is needed to support the learning process. The implementation of this study aims to determine the types of teaching materials used and the use of these types of teaching materials in the thematic learning of the sub-theme of Amazing Order in Class VI. The type od research used in this research is field research which is descriptive qualitative. From the research that has beeb done, the results of the research show that the use of teaching materials in the thematic learning of the sub-theme of Amazing Order in Class VI use thematic books, worksheets, pictures, models, videos, audio, and interactive teaching materials in the form of power point slides. And in its use adjusted to the materials. Thematic books are the main teaching materials, worksheets are for evaluation, while pictures, models, videos, audio and power point slides are used in certain materials only.Keywords: teaching materials, thematic learning
PENGELOLAAN AKTIVITAS MEDIA SOSIAL PONDOK PESANTREN Aan Herdiana
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengelolaan media sosial Pondok Pesantren Miftahul Huda Rawalo Banyumas sebagai media dakwah kepada khalayak di era virtual. Dalam rangka penguatan dakwah virtual, Pondok Pesantren Miftahul Huda Rawalo Banyumas memanfaatkan media sosial sebagai sarana dakwahnya. Dalam mengkaji pengelolaan aktivitas media sosial, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus dengan konsep teori yang digunakan adalah new media theory yang berhubungan dengan media sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukka bahwa pengelolaan aktivitas media sosial pondok pesantren Miftahul HudaRawalo Banyumas bertujuan sebagai sebagai media komunikasi dan informasi dan dawuh guru (nasehat, petuah Kiai). Sementara itu, dalam pengelolaan media sosial pondok pesantren melalui beberapa tahapan yaitu: tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan dan komunikasi, dan tahapan evaluasi.Kata kunci: pengelolaan, media sosial, pondok pesantren
STRATEGI, PERAN DAN FUNGSI KEHUMASAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Viktori Aziz; Rohmat
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One of the important aspects of educational institutions is managing public relations (PR), because educational institutions are in the midst of society and are always in touch in establishing pedagogical and sociological cooperation so that it benefits both parties. Likewise with Islamic Educational Institutions (pesantren) which inevitably have to start shifting from their previous understanding by paying attention to the public relations strategy with all its requirements. One of the strategies to introduce the institution is to create and introduce a central icon (the figure of the kyai) which must be packaged in such a way that in addition to the kyai having qualified religious abilities, the kyai figure is also required to have high integrity. In addition to the competence and integrity of the kyai, Islamic educational institutions must also begin to develop a more professional institutional management system. Keywords: strategy, role, function of public relations, Islamic educational institutions
PERAN KONSELOR DAN PEKERJA SOSIAL TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI LEMBAGA REHABIILITASI SENTRA SATRIA BATURADEN Zidan Abid Maulana; Fadila Elma Ramadhani
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang menjadi salah satu problem terbesar yang ada di Indonesia yang sampai saat ini belum bisa terselesaikan sepenuhnya. Kita ketahui bersama bahwa seseorang yang sudah pernah ketergantungan narkoba dan zat adiktif tidak lagi bisa benar-benar sembuh seratus persen seperti sebelumnya, mereka hanya akan bisa pulih dan sewaktu-waktu masih ada kemungkinan untuk relapse dan mengonsumsi atau ketergantungan narkoba dan zat adiktif kembali. Penelitian ini mencoba menjawab permasalahan ini, dengan menggali peran konselor atau pembimbing klien rehabilitasi dan pekerja sosial dalam memberikan pemahaman agar mereka bisa terjaga dan tidak kembali relapse. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan untuk mengadakan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari kajian ini adalah bahwa konselor dan pekerja sosial memiliki peran yang cukup kompleks dalam penanganan residen yang menjalani rehabilitasi narkoba di lembaga rehabilitasi “Sentra Satria Baturaden” terutama dalam pemulihan keberfungsian sosial mereka. Kata Kunci: Konselor;Pekerja Sosial;Konseling;Rehabilitasi

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 3 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 3 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 1 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 3 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan More Issue