cover
Contact Name
Estu Niana Syamiya
Contact Email
ensyamiya@unis.ac.id
Phone
+628112419286
Journal Mail Official
ensyamiya@unis.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Jl. Maulana Syekh Yusuf Kota Tangerang No. 10 Babakan-Banten
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
JBES
ISSN : -     EISSN : 27216284     DOI : -
JBES adalah Journal yang kami dedikasikan sebagai media Publikasi Karya Imiah Dosen, Mahasiswa dan Akademisi serta Praktisi bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi, dan Kewirausahaan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social" : 8 Documents clear
KEDISIPLINAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 KOTA SOLOK Devika Fera Dinda; M Ilyas; Desi Armi Eka Putri
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah dimana saat belajar sebagian siswa terlambat masuk kelas, dan bahkan ada yang keluar kelas sebelum berakhir jam pelajaran. Saat proses pembelajaran berlangsung terlihat masih kurangnya ketaatan siswa terhadap proses pembelajaran di sekolah dimana siswa tidak menyerahkan tugas tepat waktu. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis kedisiplinan siswa serta mengungkapkan upaya sekolah meningkatkan disiplin belajar siswa di masa pandemi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian masih kurangnya ketaatan siswa terhadap proses pembelajaran di sekolah dimana siswa menjadi bosan dalam mengerjakan tugas ditambah lagi terganggu dengan jaringan internet dan kuota internet sehingga siswa keluar kelas pada saat proses pembelajaran belum berakhir dan melanggar protokol kesehatan, kurangnya tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan guru dimana siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu; dan kurangnya disiplin siswa dalam belajar di rumah, dimana siswa tidak mengikuti proses pembelajaran tepat waktu dan tidak disiplin dalam mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas. Upaya yang dilakukan untuk membangun kedisiplinan siswa di era pandemi Covid-19 di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok adalah bekerja sama dengan wali kelas membentuk whatsApp group orang tua dan wali kelas serta guru mata pelajaran, dimana guru dapat menginformasikan permasalahan siswa dan tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa serta mengajak seluruh komponen sekolah mulai dari kepala sekolah, wakil kesiswaan, guru BK, guru mata pelajaran, wali kelas hingga orang tua siswa untuk saling bekerjasama dalam menghadapi adanya perubahan pembelajaran yang terjadi, diharapkan seluruh komponen dapat ikut andil dalam membimbing siswa-siswinya.
Pengaruh Disiplin Siswa Selama Pandemic Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti Salmayeni Asmara; M Ilyas; Desi Armi Eka Putri
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin siswa dan rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar selama pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti yang berjumlah 100 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik slovin, yang diambil dari seluruh siswa kelas VII-IX SMP Negeri 2 Hiliran Gumanti, yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan pengujian uji-t pada taraf signifikansi α = 5%. Regresi Linear Sederhana adalah metode Statistik yang berfungsi untuk menguji sejauh mana hubungan sebab akibat antara Variabel Faktor Penyebab (X) terhadap Variabel Akibat (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh disiplin siswa yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi linear sederhana Y= 0,767 + 0,601X. Dari hasil statistik menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 61% yang dapat diperoleh hasil uji t yaitu diperoleh nilai thitung sebesar 11,049 sedangkan ttabel sebesar 1,664. Sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Variabel bebas lain tersebut diantaranya, motivasi, minat, kemampuan atau intelegensi, dan perlengkapan belajar lainnya.
PENGARUH SUMBERDAYA MANUSIA DAN INFRASTRUKTUR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DI MEDIASI LITERASI DIGITAL SISWA/I SMAN 5 KABUPATEN TANGERANG Debi Wulandari; Khusaini Khusaini; Estu Niana Syamiya
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan antara sumber daya manusia, infrastruktur sekolah terhadap prestasi belajar yang dimediasi literasi digital dan variabel kontrol sosio ekonomi siswa/i di SMAN 5 Kab. Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis path. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh terhadap 134 siswa/i.Adapun hipotesis pertama dari hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sumber daya manusia dan infrastruktur terhadap literasi digital secara simultan dengan nilai signifikasinya sebesar 0,00<0,05. uji F hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh sumber daya manusia dan infrastruktur terhadap prestasi belajar secara simultan dengan nilai signifikasi sebesar 0,218 > 0,05. uji F hipotesis ketiga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh literasi digital terhadap prestasi belajar secara parsial dengan nilai signifikasi sebesar 0,811>0,05. Uji F hipotesis keempat menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara sumberdaya manusia dan infrastruktur terhadap prestasi akademik yang dimediasi oleh literasi digital siswa dengan variable kontrol sosio ekonomi keluarga dengan nilai signifikasi sebesar 0,173 > 0,05. Kata Kunci: Sumber daya manusia, Infrastruktur, literasi digital, Prestasi belajar, Sosio ekonomi keluarga.
PENGARUH PENGGUNAAN PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK CAFE HAZEY Fiqih Zhaqyah Utami; Ace Suryadi; Aniek Widiarti
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Strategi marketing perlu dilakukan sebagai cara dalam memaksimalkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan promosi media sosial dan harga terhadap minat beli konsumen cafe hazey yang dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam penerapan strategi marketing. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen cafe hazey. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 67 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IMB SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian dan pembahasan adalah 1) Secara parsial promosi media sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. 2) Secara parsial harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen 3) Sedangkan secara simultan promosi media sosial dan harga memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen. Kata kunci : promosi media sosial, harga, minat beli konsumen
PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMA NEGERI 5 KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2018/2019 Weliani Mustikandari Utami; Dadang Saepuloh; Femi Handayani
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pengaruh literasi keuangan, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif siswa di SMA Negeri 5 kabupaten Tangerang.” Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh ada atau tidaknya pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif memilih SMA Negeri 5 kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan jumlah populasi 191 dengan sempel sebanyak 100 siswa. Teknik dalam pengambilan sempel menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini dengan menggunakan metode analisis regresi berganda dengan hasil literasi keuangan berpengaruh negarif terhadap perilaku konsumtif, dan pengendalian diri terdapat pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, Kemudian literasi keuangan dan pegendalian diri besama-sama berkontribusi positif terhadap perilaku konsumtif. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, Perilaku Konsumtif
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI, GENDER, BUDAYA TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK DI KECAMATAN LEGOK (STUDI PADA SMK PGRI 31 LEGOK DAN SMKN 12 KAB. TANGERANG) Afifah Azzahrah; Khusaini Khusaini; Sri Lestari
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was conducted with the aim of knowing the effect of factors of socioeconomic status, gender, culture on the entrepreneurial intentions of SMK students in Legok District. The population in this study were grade 12 students at SMK PGRI 31 Legok and SMKN 12 Kab. Tangerang, totaling 530 students. Sampling was carried out using the Simple Random Sampling technique with a total sample of 84 students. Data collection techniques using online questionnaires (google form) multiple regression analysis. The results of the study show that partially, socioeconomic status and gender have no effect on entrepreneurial intentions, while culture has a significant influence on entrepreneurial intentions. Meanwhile, it simultaneously shows that socio-economic status, gender, and culture have a significant effect on students' entrepreneurial intentions. Keywords: Socio-Economic Status, Gender, Culture, Entrepreneurial Intention
PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PERSAINGAN GLOBAL (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2019/2020) Muhammad Muslim Rofi’i; Hudaya Latuconsina; Sri Lestari
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Perubahan zaman yang cepat ialah sebagai salah satu hasil dari modernisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan karakter yang baik diperlukan untuk melewati rintangan teknologi yang semakin maju, untuk mempunyai daya saing dan berketerampilan dalam menghadapi masa yang akan datang. Pendidikan karakter adalah salah satu kewajiban yang perlu dilakukan terhadap siswa agar tidak mudah dipengaruhi oleh zaman globalisasi yang membuat sikap dan perilaku menjadi yang buruk.Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis atau mengetahui model penerapan pendidikan karakter, faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan karakter, dan mencari model atau cara penerapan pendidikan karakter agar sesuai dengan tujuan sekolah di SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder yang diperoleh dari informan serta dokumen mengenai jenis data-data yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Sekolah SMAN 3 Kabupaten Tangerang telah menerapkan program pemerintah tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk menjalankan 5 nilai utama karakter prioritas yang berisikan karakter religius,integritas, nasionalis, mandiri, dan gotong royong. 2) Dalam menerapkan pendidikan karakter di era persaingan global pada siswa kelas 11 IPS SMAN 3 Kabupaten Tangerang, pihak sekolah memiliki beberapa faktor pendukung dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan karakter seperti melakukan perjanjian dengan orang tua siswa saat sebelum diterima sekolah, menggunakan sifat keteladanan para guru, melalui perantara wali kelas saat terjadi masalah pada siswa, dan membuat kegiatan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. 3) Pihak sekolah memiliki beberapa model atau cara supaya dalam penerapan pendidikan karakter agar sesuai dengan tujuan sekolah yaitu dengan cara membuat SOP PBM (Standar Operasional Proses Belajar Mengajar) untuk para guru yang disampaikan setiap awal tahun pelajaran, membuat peraturan kepada siswa tentang saat masuk gerbang sekolah sampai hal yang dilakukan saat istirahat, melakukan treatment dengan memanggil orang tua siswa, hingga menggunakan layanan BK agar menjadi penyelenggara yang komprehensif. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Globalisasi
HUBUNGAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. DUNIA BANGUNAN 1 DAAN MOGOT KOTA TANGERANG FAJAR AGUS PRATAMA; Femi Handayani; Estu Niana Syamiya
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Dunia Bangunan I Daan Mogot Kota Tangerang dengan jumlah 106 karyawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesionar atau angket untuk pelatihan, kinerja dan dokumentasi. Uji validitas pada penelitian ini dilakukan dengan tingkat keyakinan sebesar 95% yang dimana df = n-2, maka R tabel bernilai 0.268 Variabel yang layak digunakan untuk penelitian selanjutnya adalah variabel yang memiliki nilai R Hitung di atas nilai R tabel yang dalam kasus ini bernilai 0.268. Pada uji validitas ditemukan 14 instrumen untuk variabel sikap berdistribusi valid dan 12 instrumen untuk variabel pelatihan berdistribusi valid. Reliabilitas dihitung menggunakan Cronbach’s Alpha yang lebih besar dari 0.60. Uji prasyarat analisis pada penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Pada penelitiian menggunakan uji korelasi rank speraman. Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan pelatihan terhadap kinerja. Kata Kunci : Pelatihan dan Kinerja

Page 1 of 1 | Total Record : 8