cover
Contact Name
Faisal Ahmadi
Contact Email
hkistaimaarif@gmail.com
Phone
+6285157977133
Journal Mail Official
hkistaimaarif@gmail.com
Editorial Address
Jln. KH.Abdurrahman Wahid Kelurahan Talang Bakung Kecamatan Paal Merah Kota Jambi. Jambi-Indonesia
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27233037     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Mikraf adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif, Jambi. Jurnal Mikraf merupakan wadah para akademisi dan praktisi pendidikan untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan pendidikan ke masyarakat luas dalam sebuah referensi pendidikan, bidang kajian dalam jurnal Mikraf meliputi berbagai cabang ilmu pendidikan diantaranya Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, dan lain-lain. Jurnal Mikraf adalah sebuah pra-review double-blind tentang Pendidikan yang diterbitkan dengan dasar menyampaikan prinsip-prinsip Ahlusunnah Waljama’ah. Jurnal Mikraf menyambut dan menerima hasil penelitian asli yang berkualitas tentang pendidikan yang ditulis oleh para peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh dunia. Silahkan rujuk pedoman penulisan dengan cermat. Penulis yang tertarik dapat menyerahkan naskah mereka ke kantor redaksi Jurnal Mikraf dan harus mematuhi pedoman penulisan. Naskah yang diserahkan memiliki format berbeda dengan pedoman akan ditolak oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan.
Articles 49 Documents
Pendidikan dan Dakwah: Implementasi Dakwah Dalam Menanam Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Masyarakat Suku Anak Dalam Muhammad Hatta
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah banyak penelitian terdahulu yang membahas tema dakwah dan pendidikan, namun perbedaan dari penelitian ini adalah masyarakat yang diteliti berada dalam wilayah mayoritas masyarakat Suku Anak Dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kegiatan dakwah yang diprogramkan pemerintah untuk Suku Anak Dalam dalam rangka untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dan mengubah pola fikir mereka dari suatu situasi yang buruk ke situasi yang lebih baik. Keterasingan kehidupan mereka ditandai dengan masih rendahnya tingkat pendidikan dan tingkat buta huruf yang cukup tinggi. Perubahan zaman dan perkembangan masyarakat merubah paradigma berfikir sebagian masyarakat Suku Anak Dalam. Perubahan tersebut dapat dilihat dari cara berpakaian, pendidikan dan agama pada Suku Anak Dalam. Mereka sudah mulai beradaptasi dengan masyarakat luar (orang Desa). Akhir-akhir ini Suku Anak Dalam sudah banyak yang berangsur meninggalkan keyakinan leluhurnya dan memeluk agama Islam.
PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA SENI: INTI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN Dewi Suryani
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pedidikan anak usia dini merupakan suatu pembinaan yang diselanggarakan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Supaya anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, dunia pendidikan senantiasa diarahkan pada peningkatan mutu sumber daya manusia dengan meningkatkan berbagai aspek perkembangan terutama anak usia dini. Aspek Perkembangan motorik halus sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Anak usia taman kanak-kanak masih sering mengalami kesulitan dalam menggerakkan jari-jarinya untuk kegiatan seperti menggunting, menggambar, merobek, melipat, menyusun dan mengisi pola dengan menempelkan benda-benda kecil. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriftif analisis. Melihat fenomena tersebut penulis mencoba untuk menawarkan sebuah konsep, implementasi pengembangan ketarampilan motorik halus anak usia dini dalam bingkai pembelajaran berbasis sentra seni dengan tujuan dalam proses pengembangan perkembangan anak usia dini dapat terlaksana dengan optimal melalui pembelajaran berbasis sentra seni.
PSIKOLOGI AGAMA SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Suprihatin Suprihatin
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Psikologi agama digunakan sebagai salah satu pendekatan dalam pelaksanaan pendidikan Islam. Hidup manusia di dunia ini ibarat kapal yang berlayar di tengah lautan luas. Kapal itu memerlukan kompas yang dapat menunjukkan arah. Manusia memerlukan kompas dan pedoman moral, yaitu alqur’an dan sunnah nabi. Agama memberikan sebuah kerangka moral, sehingga membuat seseorang mampu membandingkan tingkah lakunya. Agama dapat menstabilkan tingkah laku. Pada industri 4.0, ditandai dengan revolusi digitalisasi. Pada era milenial ini manusia harus memiliki kemampuan skill. Globalisasi, modernisasi, telah menimbulkan dampak yang cukup pelik bagi kehidupan manusia. Sebagai upaya untuk menciptakan generasi muda yang Islami maka harus dimulai dengan penanaman pemahaman aqidah Islam.
Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Melukis Dengan Media Pasir Di PAUD Permata Hati Muara Jambi Siti Marwah
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Berkaitan dengan observasi yang dilakukan di sekolah PAUD PERMATA HATI di Desa Sido Mukti Kecamatan Sungai gelam ditemukan beberapa permasalahan yaitu: Tidak pernah melakukan kegiatan melukis dengan menggunakan pasir hanya fokus pada finger painting, Anak mudah bosan ketika belajar dengan ditunjukkan tidak semangat ketika kegiatan dilakukan, Anak kurang imajinasi untuk membuat gambar, Anak-anak banyak yang termenung, Anak-anak lebih memilih kegiatan main yang lain, Anak-anak tidak menyiapkan tugas bermainnnya. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dimana dalam proses penelitian menggunakan 2 siklus untuk mengukur keberhasilan dari yang di terapkan di lapangan. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa Peningkatan kreativitas melaui melukis menggunakan media pasir dapat meningkatkan kreativitas pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kreativitas dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan kreativitas anak sebesar 18,18% atau 4 anak, peningkatan kreativitas siklus I mencapai 63, % atau 14 anak dan peningkatan kreativitas pada siklus II mencapai 86.00 % atau 19 anak. Oleh karena itu pasir merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini dalam hal melukis. Hal ini karena pasir dapat merangsang anak untuk berpikir kreatif, perhatian anak terhadap proses pembelajaran makin panjang, anak mampu mengorganisasikan kemampuan diri atau melatih kepercayaan diripada anak, merangsang imajinasi anak, menambah perbendaharaan kata sehingga menghasilkan hasil karya lukis yang baik. Metode pendukung mempunyai peranan sangat penting dalam peningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan media pasir. Dalam hal ini metode pendukung yakni pemberian waktu untuk mengeksplor kemampuan diri dan pemberian rewads “wah luar biasa” membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran serta memotivasi anak untuk aktif dalam proses pembelajaran.
Pengaruh Relasi Guru Dengan Siswa Dan Disiplin Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kutorejo Mojokerto Achmad Faisol Haq
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yang diangkat adalah mengenai relasi guru dengan siswa, disiplin sekolah yang berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Kutorejo Mojokerto. Metode penelitian dalam tulisan ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kutorejo Mojokerto. Pengumpulan data penelitia dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini juga merujuk pada pendapat-pendapat para ahli pendidikan tentang pengertian relasi guru dengan siswa, disiplin sekolah dan prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hasil peningkatan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaranpendidikan agama Islam terhadap sisiwa yang terjalin relasi dengan guru, seta juga ada peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa yang mempunyai keaktifan disiplin sekolah.
PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SOSIALISASI KEBUDAYAAN muhamad toyib kifli
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbincangan tentang pendidikan tidak akan pernah mengalami titik final. Karena pendidikan merupakan permasalahan besar kemanusiaan yang senantiasa aktual dibicarakan pada setiap ruang dan waktu. Pendidikan Islam sesungguhnya adalah wahana untuk “perubahan? bagi terbentuknya pribadi-pribadi muslim sehingga nilai-nilai Islam terefleksikan dalam perilaku sehari-hari. Melalui internalisasi nilai-nilai keislaman, sesungguhnya pendidikan agama Islam berorientasi pada proses pembentukan moral masyarakat yang Islami. Dalam konteks ini sesungguhnya pendidikan agama Islam mengarah pada pembentukan kebudayaan yang islami. Dengan kata lain sesungguhnya pendidikan Islam merupakan “sosialisasi kebudayaan? untuk membangun suatu tata kehidupan masyarakat berdasarkan nilai-nilai Islam. Kata kunci: Pendidikan Islam, sosialisasi, kebudayaan
PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 1 MERANGIN Rika Ariyani Ika
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Merangin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MAN 1 Merangin dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru-guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi langsung, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pendidikan berupa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti elektronik power point, LCD proyektor, dan juga buku paket elektronik. Hambatan penerapan teknologi informasi diantaranya kurangnya sarana dan prasarana pendukung, kurangnya kompetensi guru dalam memanfaatkan berbagai fasilitas IT, keterbatasan biaya dan juga tenaga operasional. Beberapa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah meliputi: melengkapi sarana dan prasarana, memberikan motivasi kepada guru-guru, dan mengikutsertakan guru-guru dalam workshop maupun pelatihan-pelatihan. Kata kunci: teknologi informasi, mutu, mutu pendidikan
PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA: Studi Komparasi Pemikiran Jamal Abdurrahman dan Ramayulis Warisuddin Warisuddin
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan anak dalam keluarga adalah salah satu pengetahuan mendasar bagi setiap orang tua. Orang tua yang mendambakan generasi yang cerdas dan berkualitas harus faham bagaimana cara mendidik anak dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan salah satu alternatif konsep pendidikan anak dalam keluarga. Penelitian ini akan mengkomparasikan pemikiran dua tokoh pendidikan Islam, yaitu Jamal Abdurrahman dan Ramayulis. Hasil penelitian menjelaskan urgensi pendidikan anak dalam keluarga. Al-Qur’an dan Sunnah sebagai dasar utama pendidikan anak. Metode terbaik dalam mendidik anak adalah sintesis metode keteladanan, pembiasaan, latihan, dan ceramah. Kaifiat mendidik anak secara bertahap dan disesuaikan dengan usia, daya pikir, dan emosi anak.
PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN: Studi Kasus di Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang Kota Jambi Tamsir Tamsir
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kitab kuning adalah sumber ilmu pengetahuan agama merupakan warisan mahal para ulama masa kejayaan Islam. Pembelajaran kitab kuning merupakan ciri khas pondok pesantren, karena memang di pesantrenlah diajarkan berbagai kitab kuning tersebut dan tidak ditemukan di lembaga pendidikan umum. Pondok pesantren telah menjadi kekayaan nusantara yang mana kontribusinya terhadap pencerdasan bangsa tidak dapat diragukan. Pondok Pesantren As’ad Jambi adalah salah satu pesantren yang tetap mempertahankan budaya salafy meskipun Pesantren As’ad sendiri telah mengadaptasi perkembangan zaman dalam kurikulumnya. Dengan demikian Pesantren As’ad semi salafy/semi modern. Seperti halnya di berbagai pesantren di nusantara, pelestarian pembelajaran kitab kuning di pesantren ini merupakan cita-cita pendirinya KH. Abdul Qodir Ibrahim. Pembelajaran kitab kuning di pesantren ini telah mengikuti prosedur dan langkah-langkah pembelajaran yang baik, seperti; persiapan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Namun demikian tetapsaja ada kendala yang dihadapi, seperti; menerapkan metode dan teknik pembelajaran yang tepat merupakan problem tersendiri dikarenakan pengetahuan dan kemampuan santri yang beragam. Maka pesantren ini berusaha meningkatkan kompetensi gurunya dengan memberikan pelatihan dan ada pula yang dikirim untuk belajar khusus di pondok pesantren di jawa.
PENANAMAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL AL-AZAN KOTA JAMBI Indrawati Indrawati
Mikraf: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Publisher : STAI Ma'arif Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat bagaina penanaman nilai moral pada Anak Usia Dini di Raudatul Athfal Al-Azan Kota Jambi. Teknik analisis yang digunakan dalam peneltian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis domain, taksonomi dan komponensial dengan menggunakan serta tri anggulasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahawa dalam penenamaman nilai moral agama pada anak usia dini dilakukan dengan penerapan kurikulum K13 dimana penanaman nilai moral ini diaplikasikan melalui kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir.