cover
Contact Name
Miftah Rakhmadian
Contact Email
ecoducation.journal@gmail.com
Phone
+6285649935787
Journal Mail Official
ecoducation.journal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Citandui, No.46, Kota Malang, Jawa Timur, INDONESIA
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Economic and Education Journal (Ecoducation)
ISSN : 26846993     EISSN : 26565234     DOI : https://doi.org/10.33503/ecoducation.v6i1
Core Subject : Economy, Education,
Economic and Education Journal (Ecoducation): an open access journal to publish research results in the fields of economics and education. Managed and published by the Economic Education Study Program, Insan Budi Utomo University, with ISSN Numbers: P-ISSN 2684-9663 and E-ISSN 2656-5234. This journal is published three times a year; in April, August and December. The scope of this journal: Economic Education, Economics, Accounting, Management, and Entrepreneurship.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019): Economic and Education Journal (Ecoducation)" : 5 Documents clear
PENGARUH PENDIDIKAN WIRAUSAHA DALAM KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA STKIP PGRI LUMAJANG Roni Wiranata; Gati Ayu Likasari
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.547

Abstract

Semakin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik, dan banyak pula orang yang menganggur karena sempitnya lapangan pekerjaan. Hal ini menunjukkan semakin pentingnya dunia entrepreneur di dalam perekonomian suatu negara. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh para entrepreneur yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan pemerintah sangat terbatas.. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan wirausaha dalam keluarga terhadap minat wirausaha mahasiswa angkatan 2015 STKIP PGRI Lumajang. Teknik pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Ada pengaruh pendidikan wirausaha dalam Keluarga terhadap minat wirausaha mahasiswa angkatan 2015 STKIP PGRI lumajang, dari hasil perhitungan SPSS nilai signifikansi X terhadap Y (Asym Sig.) = 0.000<0,05; diketahui Pendidikan wirausaha dalam Keluarga memiliki pengaruh terhadap Minat Wirausaha hal ini ditunjukkan dengan peran keluarga dalam memberikan dorongan untuk kreatif dan akan berdampak sikap minat berwirausaha.
PENGARUH FASILITAS BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG FUNGSI PAJAK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAMBOYA Matius Matti Nunu; Deni Nugroho Setyabudi
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.548

Abstract

Pengetahuan terhadap materi pelajaran sangat penting dimiliki oleh setiap siswa, karena dengan demikian maka proses belajar siswa membuahkan hasil yaitu perubahan aspek kognitif dari belum paham menjadi lebih paham setelah siswa belajar. Namun, ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pengetahuan siswa tentang materi pelajaran, antara lain faktor fasilitas belajar, motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (3) mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (4) mengetahui pengaruh fasilitas belajar, motivasi belajar, dan kedisiplinan secara simultan terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018, yang berjumlah 55 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi tersebut ditetapkan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kuesioner (untuk mengevaluasi variabel fasilitas belajar, motivasi belajar dan kedisiplinan), serta teknik tes tulis (untuk mengevaluasi pengetahuan siswa tentang fungsi pajak). Data-data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan teknik analisis multiple regressions dengan bantuan program komputer (SPSS). Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,028) < 0,05, sehingga semakin lengkap fasilitas belajar yang ada di sekolah maka pengetahuan siswa tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,043) < 0,05, sehingga semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa maka pengetahuannya tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (3) kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,000) < 0,05, sehingga tinggi tingkat kedisiplinan siswa dalam belajar maka pengetahuannya tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (4) fasilitas belajar, motivasi belajar, dan kedisiplinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,000) < 0,05.
ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI PEDESAAN Novi Eko Prasetyo; Hendra Setiawan; Miftah Rakhmadian
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.551

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis terkait pertumbuhan ekonomi pedesaan. Penelitian ini termasuk penelitian deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian; Pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan selalu mengalami peningkatan. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah pusat dan daerah berupa program dan kebijakan yang bersinergi dengan kebutuhan masyarakat.
PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR DIKELAS PADA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN BENGKAYANG Ressi Nata Sumanda; Yulita Pujiharti
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.554

Abstract

Guru sebagai pekerjaan professional dengan disahkannya Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada tanggal 15 Desember 2005. Menurut Undang-Undang tersubut, guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi guru dalam mengimplementasikan ketarampilan mengajar didalam kelas pada Sekolah Dasar se-Kecamatan Sungai Raya. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan alat, media maupun bahan pelajaran di SD yang ada di Kecamatan Sungai Raya. Objek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar yang telah tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang. Dari berbagai permasalahan yang ada, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut : 1.Bagaimana implementasi keterampilan mengajar guru bersertifikasi dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang?. 2.Bagaimana implementasi keterampilan mengajar guru yang tidak bersertifikasi dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang?. 3.Apakah ada pengaruh sertifikasi guru terhadap implementasi keterampilan mengajar dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang? .Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui implementasi keterampilan mengajar guru bersertifikasi dikelas. 2.Untuk mengetahui implementasi keterampilan mengajar guru tidak bersertifikasi dikelas. 3.Untuk mengetahui apakah ada pengaruh sertifikasi guru terhadap implementasi keterampilan mengajar guru dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitaf komparatif. Penelitian kuantitaf bermakna data yang dihimpun dalam bentuk konsep pengolahan data langsung dan membandingkanya antara satu kelompok sampel dengan kelompok lain, dikerjakan dilapangan dengan mencatat dan mengidentifikasi masalah yang diolah menggunakan menggunakan SPSS16.0 for Windows. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dilapangan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1.Guru bersertifikasi dalam mengimplementasikan keterampilan mengajar berada pada kriteria terampil dengan rata-rata 76,79562. 2. Guru yang belum tersertifikasi dalam mengimplementasikan keterampilan mengajar berada pada kriteria terampil dengan rata-rata 76,42745. 3.Terdapat pengaruh sertifikasi guru terhadap implementasi keterampilan mengajar dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang dengan level signifikansi 0,000.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DESA GIRIPURNO KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU Dwi Handoko; Titik Purwati
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja terhadap Pendapatan Masyarakat di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, sampel yang jadi responden dalam penelitian ini adalah 39 jiwa dari populasi yang berjumlah 433 kemudian diambil 10% dari setiap jumlah jenis pekerjaan maka diperoleh 433 populasi jiwa. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis mengguanakan teknik deskripsif dan teknik analisis Uji Dummy regresi berganda dengan bantuan aplikasi Eviews6. Dari hasil analisis tingkat pendidikan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat secara signifikan. Hal ini ditunjukkan olah nilai probabilitas 0,000 < α 0,05. Nilai ini menjelaskan bahwa antara tingkat pendidikan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung (12,75) > F tabel (3,26). Dari hasil penelitian diperoleh Rsquare sebesar 0,74 atau 74% dipengaruhi oleh variabel yang diteliti sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti yang juga merupakan mempengaruhi pendapatan masyarakat yang bekerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 5