cover
Contact Name
Dessy Anggraini
Contact Email
margin@uinjambi.ac.id
Phone
+6282176566844
Journal Mail Official
margin@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi-Ma. Bulian KM. 16 Simpang Sungai Duren Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi.
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Margin : Journal of Islamic Banking
ISSN : -     EISSN : 29880238     DOI : https://doi.org/10.30631/margin.v4i1
Core Subject : Economy,
Margin: Journal of Islamic Banking E-ISSN: - P-ISSN: - is the journal that publishing the research result in the area of Islamic Banking . Margin: Journal of Islamic Banking cordially invites the academician, researchers, and others to submit their research article that in line with our focus and scope. Margin: Journal of Islamic Banking specializes on Islamic Banking , research, and is intended to communicate original research and current issues on the research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in the field of Economics and Islamic Business, including: Islamic Banking, Islamic Bank Information System, Islamic Bank Audit, Islamic Bank Management, Islamic Banking Risk Management, Islamic Banking Marketing Management, Islamic Bank Liquidity Management, Ethics of Islamic Banking, Legal drafting of Islamic Bank, Analysis of Islamic Bank Financial Reports
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING" : 5 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN UKT PADA BANK SYARIAH MANDIRI TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN STS JAMBI) Sellin Fidia Oktafiani
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 2 No 1 (2022): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v2i1.842

Abstract

Kepuasan nasabah merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan. Kepuasan nasabah sangat mempengaruhi citra dimata masyarakat luas. Untuk mencapai kepuasan nasabah perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah. Kualitas pelayanan adalah sebuah bentuk pelayanan yang dilakukan secara konsisten oleh pelaku penyedia layanan jasa secara maksimal terhadap para nasabah, agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan nasabahnya. Seperti halnya BSM yang diberi amanah untuk menerima transaksi akademik termasuk pembayaran UKT mahasiswa UIN STS Jambi. Dalam kegiatan tersebut, BSM haruslah memberikan pelayanan serta menyediakan prasarana yang terbaik untuk nasabahnya. Kualitas pelayanan yang diberikan tentu akan mempengaruhi kepuasan yang dirasakan oleh nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan saat pembayaran UKT di BSM terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi. Adapun menggunakan lima dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hasil dari analisis uji-F terhadap seluruh variabel menunjukkan bahwa kelima dimensi secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI UIN STS Jambi. Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mampu menjelaskan kepuasan nasabah sebesar 74,1%. Adapun hasil analisis uji-t diperoleh bahwa masing-masing dari dimensi yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan mahasiswa FEBI UIN STS Jambi.
PENGARUH PEMAHAMAN DAN PERSEPSI MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UIN STS JAMBI TERHADAP PRODUK PENGHIMPUNAN DANA PERBANKAN SYARIAH Puja Safitri; Rafidah Rafidah; Mellya Embun Baining
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 2 No 1 (2022): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v2i1.1121

Abstract

Skripsi ini merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman dan persepsi mahasiswa Perbankan Syariah UIN STS Jambi terhadap produk penghimpunan dana perbankan syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif melalui kuesioner dengan instrument skala likert. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Perbankan Syariah UIN STS Jambi Tahun Angkatan 2017-2020 sebanyak 78 responden. Pengambilan sampel meggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan uji reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Kemudian uji hipotesis berdasarkan (uji t) variabel Pemahaman (X1) berpengaruh secara parsial terhadap produk penghimpunan dana perbankan syariah. Variabel Persepsi (X2) berpengaruh secara parsial terhadap produk penghimpunan dana perbankan syariah dengan nilai. Dari hasil uji f (simultan) Pemahaman (X1) dan Persepsi (X2) secara simultan atau secara bersama-sama berpengaruh terhadap Produk Penghimpunan Dana Perbankan Syariah.      
PENGARUH DANA SIMPANAN GIRO DAN TABUNGAN TERHADAP PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP MUARA BULIAN TAHUN 2017-2019 Nur Hidayah
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 2 No 1 (2022): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v2i1.1124

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh giro dan tabungan terhadap pembiayaan musyarakah pada Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif serta metode pengumpulan data  dengan  wawancara  dan dokumentasi melalui jenis data sekunder berupa data time series yaitu laporan keuangan bulanan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifikan 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana simpanan giro berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan musyarakah Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian tahun 2017-2019 dengan nilai koefisien pada uji regresi sebesar 1.504 dan nilai signifikan pada uji  t  sebesar 0.000.  Dana simpanan tabungan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan musyarakah Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian tahun 2017-2019 dengan nilai koefisien sebesar -0.061 dan nilai signifikan pada uji t sebesar 0.002. Sementara pada uji F menunjukkan dana simpanan giro dan tabungan berpengaruh secara  bersama  terhadap pembiayaan musyarakah pada Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian tahun 2017-2019 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 dikarenakan fungsi utama bank syariah ialah sebagai lembaga intermediasi (perantara) yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk giro dan tabungan lalu menyalurkan dana tersebut dalam bentuk pembiayaan salah satunya ialah pembiayaan musyarakah. Serta salah satu faktor yang mempengaruhi pembiayaan ialah dana pihak ketiga. Kemampuan bank dalam  menyalurkan dana sangat dipengaruhi oleh dana pihak ketiga yang dihimpun oleh bank.        
PENGARUH PEMAHAMAN BAGI HASIL DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT KECAMATAN ALAM BARAJO Dewi Lestari; Rafidah Rafidah; Mellya Embun Baining
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 2 No 1 (2022): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v2i1.1162

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Pemahaman Bagi Hasil dan Lokasi berpengaruh terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui kuesioner dengan instrumen skala likert. Subjek dalam penelitian ini merupakan masyarakat Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Sampling Insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil uji t (parsial) variabel Pemahaman Bagi Hasil (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Variabel Lokasi (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Sedangkan dari hasil uji f (simultan) Pemahaman Bagi Hasil (X1) dan Lokasi (X2) secara simultan atau secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah.Kata Kunci :Pemahaman Bagi Hasil, Lokasi, Minat Menjadi Nasabah
MODEL PERILAKU KEUANGAN KARYAWAN BANK BRI KANTOR CABANG SIPIN JAMBI Dewi Sartika; Edward Edward; Tona Aurora Lubis
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 2 No 1 (2022): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v2i1.1192

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perilaku keuangan karyawan Bank BRI Kantor Cabang Sipin Jambi dalam keputusan berinvestasi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif etik dan emik. Hasil penelitian menunjukkan karyawan Bank BRI memiliki pendapatan diluar gaji karyawan bank yaitu sebanyak 18 responden dan hasil pendapatan diluar gaji karyawan bank tersebut untuk ditabung dan dibelanjakan tidak digabungkan dengan gaji sebagai karyawan bank. Sebagian besar responden membelanjakan gaji dari Bank untuk membeli sembako atau kebutuhan rumah tangga, sementara pendapatan dari usaha sampingan sebagian besar digunakan untuk modal usaha dan investasi. Seluruh responden saat membeli sesuatu harus dipertimbangkan terlebih dahulu dan responden dalam membeli sesuatu selalu mempertimbangkan dengan menggunakan pikiran, logika, perasaan, dan alasan lainnya. Sebagian besar responden lebih banyak menggunakan pendapatannya untuk konsumsi seperti sembako dibanding investasi. Investasi yang banyak dilakukan responden yaitu investasi dalam bentuk tanah atau kebun. Sebagian besar responden menggunakan modal sendiri dalam membeli produk investasi. Seluruh responden dalam menggunakan uang yaitu berbelanja secukupnya dan menyisihkan sejumlah uang untuk keperluan di akhir bulan. Sebagian besar responden mengerti tentang ilmu manajemen keuangan. Model perilaku keuangan para karyawan Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) KC Sipin Jambi melakukan pemisahan pada sumber dan penggunaan dana. Serta lebih banyak menggunakan logika daripada perasaan. Model perilaku keuangan yang memilih investasi yang dilakukan karyawan Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) KC Sipin Jambi yang berinvestasi yang dipilih responden diantaranya yaitu kendaraan, tanah, kebun, perumahan, hewan ternak, dan emas. Perilaku keuangan karyawan Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) KC Sipin Jambi menunjukkan bahwa responden setuju dengan nilai total skor paling besar dan kategori baik yaitu pada pernyataan membayar tagihan tepat waktu. Sedangkan jawaban responden dengan nilai total skor terkecil yaitu pada indikator kurang baik pada pernyataan menabung secara periodik atau rutin.

Page 1 of 1 | Total Record : 5