cover
Contact Name
Diyah Indiyati
Contact Email
dewi.indi@unram.ac.id
Phone
+6282339044651
Journal Mail Official
jimakom@unram.ac.id
Editorial Address
JL Majapahit No 62 Mataram Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi
Published by Universitas Mataram
ISSN : -     EISSN : 27749371     DOI : https://doi.org/10.29303/jimakom.v5i1
Jimakom is a special scientific journal for communication students published by the Communication Science Study Program, University of Mataram. This journal is an effort to improve the quantity and quality of Communication Science research in various fields. This journal accepts manuscripts from the scopes of journalism, public relations, media and cultural studies, digital communication, environmental communication, organizational communication, crisis communication, and multicultural communication
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023): Komunikasi Bisnis, Humas, dan Cultural Studies" : 7 Documents clear
Analisis Respons Masyarakat Terkait Kelalaian Yang Terjadi Saat Menggunakan Jasa Ekspedisi Raihanna Azhar Raihanna Azhar
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 4 No. 1 (2023): Komunikasi Bisnis, Humas, dan Cultural Studies
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jasa ekspedisi adalah jasa yang menyediakan layanan pengiriman barang. Kebutuhan masyrakat akan jasa tersebut semakin meningkat seiring dengan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja online (online shopping). Meskipun begitu pada kenyataannya masih ada beberapa kendala dalam proses pengirimannya. Kendala yang berupa keterlambatan waktu pengiriman, rusaknya barang, hingga hilangnya barang konsumen. Dengan demikian, kepuasan pelanggan seharusnya menjadi tolak ukur utama dalam keberlangsungan suatu perusahaan ekspedisi. Untuk itu, diperlukan suatu analisis terhadap respon masyarakat terkait dengan kendala-kendala yang terjadi dalam menggunakan jasa ekspedisi. Dalam analisis ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan tabel yang berisi data persentase tingkatan kepuasan masyarakat terhadap jasa ekspedisi. Dari hasil penelitian tersebut didapati kepuasan dari pelayanan jasa ekspedisi bukanlah hal yang amat sangat buruk, meskipun terdapat beberapa faktor yang menyebabkan turunnya penilaian masyarakat terhadap pelayanan jasa ekspedisi.
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS SCARLETT WHITENING DALAM MEMBANGUN CITRA MELALUI ENDORSEMENT Sarah Sonya
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 4 No. 1 (2023): Komunikasi Bisnis, Humas, dan Cultural Studies
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Marketing Public Relations Scarlett Whitening uses endorsement methods on social media to promote its products through influencers and public figures. Influencers must review the entire range of products starting from body care, hair care, and skin care. Apart from that, you have to be able to promote the series as attractively as possible so that the influencer's followers are even more interested in trying and buying it. Reviewing Scarlett Whitening products must match what the influencer said so that there is no conflict with the influencer's followers just because the influencer's review did not match the expectations when the public reviewed it. With current endorsement services, the company's production is increasing because of the interesting talent from an influencer's review. Keywords: Endorsement, Marketing Public Relations, Review
Peran Divisi Humas Polda DIY Dalam Membangun Citra Positif Muhammad Faishal Arif Arif
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 4 No. 1 (2023): Komunikasi Bisnis, Humas, dan Cultural Studies
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal ini mengulas tentang bagaimana strategi divisi humas Polda DIY dalam membangun citra positif di mata masyarakat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi divisi humas Polda DIY dalam membangun citra positif di mata masyarakat. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan Polda DIY dalam merespon pengaduan masyarakat. Ditambah penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana Divisi humas Polda DIY dalam menyampaikan transparansi terkait kasus yang sedang ditangani. Jenis penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data library research yaitu penelitian dengan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan dengan metode pengumpulan data Pustaka. Jenis penelitian ini berbeda dengan teknik penggumpulan data lainnya yang mengharuskan melakukan observasi atau wawancara dalam perolehan data. Objek kajiannya menggunakan data Pustaka berupa buku-buku , jurnal ilmiah, majalah, koran, sebagai sumber datanya. Strategi yang dilakukan adalah menjadi media komunikasi yang baik, dan juga mengadakan kerja sama dengan berbagai media massa. Tanggapan Polda DIY dalam merespon pengaduan dari masyarakat selama ini juga cukup baik karena masyarakat bisa langsung bisa melakukan pengaduan melalui call center 110. Selain itu juga terdapat beberapa nomor langsung menuju beberapa polres yang ada di Yogyakarta. Selain itu institusi seperti Polda DIY dalam melakukan transparansi terhadap kasus yang sedang ditangani itu sudah cukup baik. Hal ini dibuktukan dengan keterbukaan Polda DIY saat sedang menangani kasus peredaran narkotika jenis ganja.
Pola Komunikasi dalam Pelestarian Adat dan Budaya di Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara Himayatin Nufus; Eka Putri Paramita; Dian Lestari Miharja
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 4 No. 1 (2023): Komunikasi Bisnis, Humas, dan Cultural Studies
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Zaman yang semakin canggih membuat pengenalan budaya-budaya dapat dilakukan dengan mudah. Terdapat dampak negatif juga yakni tergerus budaya lokal. Tapi di Desa Bayan, kecamatan Lombok Utara masih sangat memegang teguh kepercayaan serta adat dan budaya lokalnya. Secara turun temurun, budaya yang ada tetap dijaga dan dilestarikan. Masyarakat Bayan memiliki cara sehingga adat dan budaya yang ada dapat dipertahankan di tengah era kemajuan IT. Diketahui bahawa komunikasi merupakan proses interaksi dengan menggunakan informasi atau bertukar informasi dari seseorag kepada orang lain, kelompok, organisasi, atau masyarakat lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan masyarakat Bayan lingkup keluarga maupun masyarakat. Hasil yang diperoleh adalah Pola Komunikasi dalam Pelestarian Adat dan Budaya di Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara terdapat dua bentuk pola komunikasi yang meliputi pola komunikasi lingkungan keluarga membentuk Pola Komunikasi Primer dan lingkungan masyarakat yang merujuk pada Pola Komunikasi Sirkular. Selain itu, pola komunikasi sirkular juga merujuk pada Pola Komunikasi Jaring Bintang yakni komunikator dengan komunikan dapat berinteraksi satu sama lain secara langsung dengan komunikator.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NTB MALL DALAM MEMASARKAN PRODUK UMKM LOKAL NTB Zahratul Hayati; Eka Putri Paramita; Yulanda Trisula Sidarta Yohanes
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 4 No. 1 (2023): Komunikasi Bisnis, Humas, dan Cultural Studies
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the NTB Mall marketing communication strategy in promoting NTB local MSMe products. This study uses descriptive qualitative methods. Data collection is done through non-participan observation, semi-structure interviews, and documentation. Data analysis techniques are guided by Miles and Huberman consisting of merging data, data reduction, data presentation and conclusion drawing. Data analysis technique using triangulation technique. This study focuses on offline marketing communication strategy. The results of research planning activities of the NTB Mall by analyzing problems, identify audiences, formulating communication goals, and choosing media & communication channels. In the implementation activities namely through advertising, sales promotion, public relations & publicity, personal selling, direct marketing, event & experiences, mouth to mouth. Evaluation activities by measuring work and program evaluation. Keywords: Fundamental Stages of Marketing Communication Strategy, Marketing communication strategy, MSMe
STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PLAYGROUND HAPPY FAMILY (PT. HAPPY KIDNESIA SINERGI) DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PADA MASA PEMULIHAN PANDEMI COVID-19 Alfin Abdillah; Dian Lestari Miharja; Hartin Nur Khusnia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 4 No. 1 (2023): Komunikasi Bisnis, Humas, dan Cultural Studies
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada tahun 2019 dunia dilanda pandemi Covid-19 termasuk Indonesia, Salah satu sektor yang berdampak adalah pada sektor perekonomian, termasuk pada penurunan jumlah pengunjung Playground Happy Family yang cukup signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi bisnis Playground Happy Family (PT. Happy Kidnesia Sinergi) dalam meningkatkan kunjungan pada masa pemulihan pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil dan pembahasan, Menunjukkan bahwa strategi komunikasi bisnis dari unsur komunikasi dalam penelitian ini peneliti mengelompokkan menjadi dua kategori yaitu (1) Komunikasi internal, Komunikasi Manajer dan karyawan dengan memberi kebebasan karyawan untuk berpendapat, berinovasi dan saling bertukar pikiran serta memberi pengarahan pada karyawan (Coaching); Memberikan reward untuk mengapresiasi kinerja karyawan baik dalam bentuk ucapan dan bonus insentif (mencapai target), supaya karyawan semangat dalam bekerja dan memberikan kontribusi terbaik bagiperusahaan. (2) Komunikasi eksternal upaya mengajak calon konsumen agar tertarik untukdatang ke Playground Happy Family dengan melakukan promosi ke sekol ah Taman kanak-kanak menggunakan pendekatan persuasif kepada murid, guru, dan orang tua, serta promosi melalui media sosial Insragram “happyfamily”, media online website https://happyfamilygroup.com/ dan Promosi melalui pusat informasi Lombok Epicentrum Mall. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Bisnis, Peningkatan jumlah pengunjung  
PRO KONTRA PROGRAM VAKSINASI DI DESA RARANG (STUDI KASUS MENGENAI MASALAH KOMUNIKASI PROGRAM VAKSINASI DI DESA RARANG, KECAMATAN TERARA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR) Novi Suprianti; Yulanda trisula Sidarta Yohanes; Muhammad Jamiluddin Nur
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 4 No. 1 (2023): Komunikasi Bisnis, Humas, dan Cultural Studies
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana masalah komunikasi dalam pro kontra program vaksinasi di Desa Rarang, dengan mendeskripsikan kegiatan komunikasi tersebut menggunakan unsur komunikasi seperti komunikator, pesan, media, komunikan dan efek komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 10 informan. Peneliti menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Cresswell. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi sumber. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa, pelaksanaan sosialisasi mengenai program vaksinasi di Desa Rarang berjalan kurang baik, dalam satu tim vaksinasi terdapat dua komunikator yang memiliki perbedaan tujuan dan perspektif yang bertentangan mengenai program vaksinasi tersebut, yakni komunikator pro dan kontra : 1) Komunikator pro yakni Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Komunikator kontra yakni Kader Posyandu yang merupakan bagian dari tim vaksinasi 2) Pesan pro yang disampaikan bersifatinformatif, persuasif, edukatif dan bersifat menakut-nakuti. Pesan kontra yang disampaikan hanya bersifat menakut-nakuti 3) Media pro yang digunakan yakni media sosial, media cetak, media internet dan juga menggunakan teknik penyuluhan keliling. Media kontra disini tidak menggunakan media, melainkan hanya dilakukan secara langsung (face to face) 4) Khalayak sasaran komunikasi yang dituju yakni seluruh masyarakat Desa Rarang 5) Efek komunikasi yang ditimbulkan yakni adanya masyarakat yang pro dan kontra, karena perbedaan informasi yang di terima mengenai program vaksinasi. Selain itu, terdapat hamabatan komunikasi dalam mensosialisasikan program vaksinasi di masyarakat yakni hambatan psikologis, hambatan semantik dan hambatan teknis. Kata Kunci : Pro Kontra Program Vaksinasi, Masalah Komunikasi,Hambatan Komunikasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7