cover
Contact Name
Elis Suryani Nani Sumarlina
Contact Email
elis.suryani@unpad.ac.id
Phone
+6282216552522
Journal Mail Official
lintasbudayanusantara@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.lintasbudayanusantara.net/index.php/jkbh/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH)
ISSN : 26567156     EISSN : 2830697X     DOI : 10.61296/jkbh
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH) adalah Jurnal yang menyajikan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dan hasil kajian di bidang adat, aksara, bahasa, filologi, sejarah, sastra, tradisi, sosiohumaniora, dan budaya secara multidisiplin. Terbit 3 kali dalam setahun, setiap Februari, Juni, dan Oktober.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024" : 15 Documents clear
PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM PEMASARAN PRODUK KULINER DI PRIANGAN TIMUR: PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM PEMASARAN PRODUK KULINER DI PRIANGAN TIMUR Santi Susanti; Iwan Koswara
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.229

Abstract

COVID-19 has had a significant impact on aspects of human life in the world. The economic sector is among those affected. Many business people are forced to close their businesses because they cannot produce, due to the lack of purchasing power, including MSMEs. The existence of the internet is a solution to keep the economy running. Many entrepreneurs then utilize social media, as a channel for promoting and marketing their products so that they remain known by potential buyers until the transaction process occurs. This study aims to reveal the efforts of MSME culinary business actors in the East Priangan region, utilizing social media as a promotional and marketing medium, to maintain their business in the COVID-19 pandemic situation. The research methods used are interviews with culinary MSME players in East Priangan, observation, and the use of online data sources obtained through social media. The results showed that social media helped MSME players in the East Priangan region in running their businesses in the COVID-19 situation. Instagram and Whatsapp are most widely used in online sales. Sales through social media are almost equivalent to direct sales. The conclusion of this study is that social media is a solution in increasing the sluggishness of product sales during the COVID-19 pandemic.
PENGEMBANGAN WISATA BAHARI-RELIGI TERINTEGRASI KONSEP AGRO ECO-EDU WISATA DI DESA MEKARASIH, JATIGEDE SUMEDANG: PENGEMBANGAN WISATA BAHARI-RELIGI TERINTEGRASI KONSEP AGRO ECO-EDU WISATA DI DESA MEKARASIH, JATIGEDE SUMEDANG Ade Ismail; Fajar Maulana Wijaya Kusumah; Alviera Zulfiana Saprudin; Cecep Odim; Yuli Sintanawati
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.230

Abstract

Desa Mekarasih memiliki potensi untuk menjadi destinasi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alam yang memadukan lansekap pegunungan dan keindahan waduk Jatigede dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata yang memadukan agrowisata dan wisata perairan. Agro-Eco-Edu-Tourism (AEET) adalah kegiatan pariwisata yang didasarkan pada agriculture (Agro), environment (Eco) dan education (Edu) sebagai objek utama dalam perencanaan pariwisata. Secara umum, kegiatan AEET bertujuan untuk memperkenalkan wawasan tentang pertanian, lingkungan dan pendidikan dan diharapkan untuk memberikan kesan atau pengalaman wisatawan saat mereka bepergian. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi keunggulan, kelemahan, peluang yang mempengaruhi perkembangan wisata dan ancaman yang terdapat pada lingkungan eksternal dan mempengaruhi perkembangan aktifitas pariwisata di Desa Mekarasih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model terintegrasi yang dapat menggabungkan wisata perairan dengan agro eco edu tourism secara berkelanjutan untuk memaksimalkan potensi wisata di Desa Mekarasih.
PERSPEKTIF MEDIA SOSIAL TENTANG KEBAHAGIAAN: PERSPEKTIF MEDIA SOSIAL TENTANG KEBAHAGIAAN Agus Setiaman; Nabila Putri Zasa; Kismiyati El Karimah
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.231

Abstract

Pada era sekarang adalah era dimana teknologi canggih sudah bisa didapatkan dalam genggaman dan berbagai informasi dapat diakses dalam satu waktu dari berbagai macam sumber. Informasi apapun dengan mudah bisa diakases juga dalam satu waktu, Kesedihan, kegembiraan, kelucuan, ketololan juga bisa dengan cepat ditemukan dalam kurun waktu yang sangat cepat. Apa yang ditampilkan di sosial media bisa berubah-ubah dari satu peristiwa ke peristiwa dari kesedihan ke kegembiraan, dari kesenangan menjadi kegetiran bahkan dari kengeriaan menjadi kelucuaan yang luar biasa. Perubahan-perubahan yang cepat dan mendadak itu merupakanbagian gaya hidup zaman sekarang. Media sosial sudah menjadi gaya hidup untuk menunjukan eksistensinya di dunia maya. Apa yang ditampilkan di media sosial, entah itu kegembiraan, kesedihan, kesenangan, merupakan ekspresi yang bersifat semu, yang mungkin ditampilkan dalam waktu sesaat, yang bersifat instan dan hanya ekspresi yang mungkin hanya semu.
IMPLEMENTASI METODE JOYFUL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA RUSIA: SUATU KAJIAN PSIKOLINGUISTIK: IMPLEMENTASI METODE JOYFUL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA RUSIA: SUATU KAJIAN PSIKOLINGUISTIK Anggraeni Purnama Dewi; Aulia Hanafitri
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.232

Abstract

Bahasa Rusia merupakan salah satu bahasa asing yang sangat menarik namun cukup rumit untuk dipelajari. Ada kalanya mahasiswa merasa bosan untuk mempelajari tata bahasa Rusia yang begitu majemuk. Metode joyful learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mempelajari bahasa Rusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak dari implementasi joyful learning terhadap pembelajaran bahasa Rusia. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikolinguistik. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah mahasiswa Sastra Rusia Universitas Padjadjaran yang masih aktif belajar pada semester 2 dan 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang tepat dan efektif dalam mempelajari bahasa Rusia diantaranya dengan metode joyful learning. Dampak dari implementasi joyful learning terhadap pembelajaran bahasa Rusia adalah adanya peningkatan kualitas mahasiswa baik dalam hal Slushat’ ‘mendengar’, govorit’ ‘berbicara’, chitat’ ‘membaca’, maupun pisat’ ‘menulis’. Dengan adanya peningkatan kualitas, maka sangat berdampak pada rasa percaya diri yang dimiliki mahasiswa, khususnya dalam berbicara menggunakan bahasa Rusia.
KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM FARHA KARYA DARIN J. SALLAM (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA): KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM FARHA KARYA DARIN J. SALLAM (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA) Eka Kurnia Firmansyah; Aulia Yolan Huzafa
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.233

Abstract

Setiap orang mengalami beragam konflik batin dalam hidupnya yang membuat mereka melakukan mekanisme pertahanan ego dalam menghadapinya. Salah satu media untuk melihat bagaimana konflik batin serta mekanisme pertahanan ego dalam diri seseorang yaitu melalui film. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian yang berjudul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Film Farha Karya Darin J. Sallam (Kajian Psikologi Sastra)” dengan tujuan mengidentifikasi struktur guna mengungkapkan konflik batin serta mekanisme pertahanan ego yang dialami oleh tokoh utama film Farha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Analisis struktur film menggunakan teori skema aktan dan struktur fungsional Algirdas Julien Greimas selanjutnya analisis psikologi sastra menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menemukan konflik batin yang dialami Farha menggunakan analisis unsur kepribadian id, ego, dan superego. Unsur ego Farha lebih dominan dalam pertarungan id, ego, dan superego. Tokoh utama mengatasi konflik batin yang dialami dengan mekanisme pertahanan ego.
BENGKULU; SEBELUM DAN SESUDAH TRAKTAT LONDON: BENGKULU; SEBELUM DAN SESUDAH TRAKTAT LONDON Nina Herlina
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.234

Abstract

Wilayah Bengkulu memiliki dinamika sejarah yang berbeda dengan wilayah Nusantara lainnya. Semula seperti daerah-daerah lain di Nusantara, di Bengkulu ada beberapa kerajaan yang tersebar di berbagai bagian Bengkulu yaitu Manjuto (di Muko Muko), Pinang Berlapis (di Ketahun), Serdang (di Lais), Sungai Lemau (di daerah Pondok kelapa), Sungai Serut (di Bengkulu), Selebar (di daerah Selebar), Empat Petuali (di Rejang Lebong), dan Serawai (di Manna & Bintuhan, Bengkulu Slatan)..Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana perubahan terjadi terutama setelah Bengkulu jatuh ke tangan Inggris (EIC), sejak 1685 hingga th 1824 lahir Traktat London. Traktat ini intinya adalah tukar guling wilayah jajahan kedua negara. Inggris menyerahkan Fort Marlborough di Bengkulu dan semua kepemilikannya di Sumatera kepada Belanda dan Belanda menyerahkan semua perusahaan di India yang telah berdiri sejak 1609. Belanda juga menyerahkan Kota dan Benteng Malaka kepada Inggris dan Inggris menarik pasukannya dari daerah Belitung dan menyerahkan Belitung kepada Belanda. Selain itu, Belanda menarik pasukannya dari Singapura dan menyerahkan wilayah tersebut kepada Inggris. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode sejarah yang terdiri atas empat tahap yaitu heuristic, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa dengan lahirnya traktat ini, Bengkulu jatuh ke tangan Pemerintah Hindia Belanda sehingga kondisi Bengkulu mengalami perubahan besar di berbagai bidang, kondisi ekonomi memburuk. Dan lebih jauh lagi ketika Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Bengkulu menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bila Traktat London tidak pernah ada, mungkin Bengkulu menjadi bagian dari negara Persemakmuran Inggris.
STRATEGI BERKOMUNIKASI VERBAL ORANG SUNDA MENGGUNAKAN VOKATIF KEKERABATAN DAN VOKATIF NAMA DIRI DISERTAI TINGKAT TUTUR: STRATEGI BERKOMUNIKASI VERBAL ORANG SUNDA MENGGUNAKAN VOKATIF KEKERABATAN DAN VOKATIF NAMA DIRI DISERTAI TINGKAT TUTUR Wahya Wahya
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.235

Abstract

Bahasa Sunda sebagai bahasa alamiah masih digunakan sebagai alat komunikasi, baik dalam ranah keluarga maupun dalam ranah di luar keluarga oleh etnik Sunda di Indonesia. Sebagai sarana komunikasi, bahasa ini kaya dengan vokatif, di antaranya vokatif kekerabatan, vokatif nama diri, dan vokatif kombinasi kekerbatan dan nama diri. Tulisan ini membahas ketiga jenis vokatif tersebut dikaitkan dengan penggunaan tingkat tutur dalam bahasa Sunda sebagai strategi komunikasi verbal orang Sunda. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik cakap. Penganalisisan data menggunakan metode padan pragmatik dengan pendekatan sosiolinguistik. Berdasarkan kriteria data yang telah ditetapkan dari sumber data yang layak, terpilih 39 data yang memuat vokatif kekerabatan, vokatif nama diri, dan vokatif kombinasi kekerabatan dan nama diri. Dari data sejumlah itu, ditemukan sebanyak 13 data memuat vokatif kekerabatan saja, 10 data memuat vokatif nama diri saja, dan 16 data memuat vokatif kombinasi kekerabatan dan nama diri. Sejalan dengan kriteria data tersebut disertai penggunaan tingkat tutur, kemudian dikaitkan dengan strategi berkomunikasi verbal orang Sunda, sebanyak 13 data berkaitan dengan strategi kesantunan berkomunikasi orang Sunda, 10 data berkaitan dengan strategi keakraban berkomunikasi verbal orang Sunda, dan 16 data berkaitan dengan strategi kesantunan sekaligus keakraban berkomunikasi verbal orang Sunda. Berdasarkan wujud data vokatif kekerabatan dan jenis kode tingkat tutur yang menyertainya, strategi kesantunan berkomunikasi verbal orang Sunda terdiri atas (1) menciptakan hubungan agak santun, (2) menciptakan hubungan santun, (3) menciptakan hubungan lebih santun, dan (4) menciptakan hubungan sangat santun, baik dalam ranah keluarga maupun di luar ranah keluarga. Berdasarkan wujud vokatif nama diri dan jenis kode tingkat tutur yang menyertainya, strategi keakraban berkomunikai verbal orang Sunda terdiri atas (1) menciptakan hubungan lebih akrab, dan (2) menciptakan hubungan akrab, baik dalam ranah keluarga maupun di luar ranah keluarga. Selanjutnya, berdasarkan wujud vokatif kombinasi kekerabatan dan nama diri serta jenis kode tingkat tutur yang menyertainya, strategi kesantunan sekaligus keakraban berkomunikai verbal orang Sunda terdiri atas (1) menciptakan hubungan santun sekaligus akrab, (2) menciptakan hubungan lebih santun sekaligus lebih akrab, (3) menciptakan hubungan lebih santun sekaligus akrab, dan (4) menciptakan hubungan sangatsantun sekaligus akrab.
IMPLEMENTASI & PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) KANEKES BADUY BERBASIS MANUSKRIP TATAMBA: IMPLEMENTASI & PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) KANEKES BADUY BERBASIS MANUSKRIP TATAMBA Elis Suryani Nani Sumarlina; Undang Ahmad Darsa; Wina Erwina
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.236

Abstract

Di era milenial yang serba modern ini, kearifan lokal budaya tinggalan karuhun orang Sunda yang terpendam dalam manuskrip, selayaknya digali, dikaji, dan dikembangkan secara berkesinambungan. Sebagai dokumen budaya, manuskrip memberikan informasi beragam pengetahuan yang masih relevan untuk diimplementasikan dan dimanfaatkan saat ini. Salah satunya teks manuskrip Tatamba, yang berisi seluk beluk Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan pengobatan tradisional, yang masih diimplementasikan terutama di masyarakat adat Kanekes Baduy, yang pada saat Pandemi Covid-19 hampir tidak ada yang terkena wabah tersebut. Hal ini dimungkinkan, karena mereka memanfaatkan TOGA dalam kesehariannya. Tanaman obat keluarga merupakan tanaman hasil budidaya yang berkhasiat sebagai obat, yang bisa ditanam di pekarangan rumah, kebun atau ladang, yang terdiri atas enam kelompok, yakni tanaman liar, umbi-umbian, tanaman pagar hidup, tanaman hias merambat, tanaman hias perdu, dan tanaman pohon peneduh. TOGA yang ditemukan di masyarakat adat Baduy dideskripsi, diinventarisasi, dibandingkan dengan Teks Naskah Tatamba melalui metode deskriptif analisis komparatif, melibatkan metode kajian kualitatif, melalui kajian filologis, yang meliputi kajian kodikologis dan tekstologis, serta kajian budaya secara umum secara multidisiplin. Hasil yang dicapai, selain terkumpulnya berbagai jenis TOGA, yang berguna bagi masyarakat, juga agar masyarakat dapat memanfaatkan TOGA lebih efektif dalam mengobati berbagai penyakit, melalui jenis, fungsi, dosis, cara pengolahan, dan tindak pengobatan yang benar.
PEMANFAATAN SISTEM DIGITALISASI ZOHO FORMS DAN ASANA DALAM PENYAJIAN DATA PADA BAGIAN SEKRETARIAT PT BIO FARMA (PERSERO): PEMANFAATAN SISTEM DIGITALISASI ZOHO FORMS DAN ASANA DALAM PENYAJIAN DATA PADA BAGIAN SEKRETARIAT PT BIO FARMA (PERSERO) Joeliaty Joeliaty; Salma Dhianita
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.237

Abstract

Transformasi Perusahaan Farmasi menuju digitalisasi dan pengembangan teknologi merupakan hal yang tidak terhindarkan agar dapat terus bertahan dan berkembang secara kontinyu dalam menghadapi dinamika industri dan lingkungan yang kian kompleks. Akselerasi pertumbuhan industri farmasi harus didukung oleh teknologi dan digitalisasi. Hal ini diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan proses operasi yang berkelanjutan, membantu meningkatkan kualitas produk, mendukung performa yang lebih efektif dan efisien, meningkatkan proses distribusi dan layanan konsumen, serta memperkuat jaringan kesehatan. Dengan terus bertransformasi menuju digitalisasi dan perkembangan teknologi, PT Bio Farma (Persero) optimis menjadi perusahaan Life Science terdepan dalam skala nasional maupun global. Dengan adanya tuntutan digitalisasi, salah satu departemen perusahaan yakni Sekretariat mulai beradaptasi dengan digitalisasi dengan menggunakan aplikasi Zoho Forms dan Asana yang membantu kegiatan pekerjaan di setiap harinya. Dengan adanya digitalisasi ini tentunya membantu dan memudahkan para staf sekretariat dalam membutuhkan data yang diperlukan. Sehingga dengan digitalisasi ini penyajian data yang dibutuhkan lebih cepat dan rapih dalam penyajian data yang sudah otomatis.
STRATEGI PROMOSI ON-AIR PROGRAM GARUDA MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Rangga Permana; Syifa Amatillah
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2024
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v6i2.238

Abstract

Rapid technological advancements influence how humans communicate and socialise, including through social media platforms such as Instagram. Instagram, which offers photo and video sharing tools, is becoming more accessible as technology and smart device capabilities progress. Television, being a mass medium, must adapt to the existence of digital media. NET., a private television channel, uses social media to attract viewers and promote its programmes. Instagram is used as an on-air promotional medium by Garuda's NET. television programme. This documentary tries to instill love for the country by highlighting the humanitarian aspect and pride to the Indonesian National Army (TNI). The goal of this research is to determine the Garuda program's promotional strategy and purpose for using Instagram, and it employs qualitative descriptive methods such as observation, interviews, and recording. According to the research findings, the on-air promotion strategy is carried out in stages, including composing scripts for social media material, seeking and editing photo and video content, and content approval by reporters. After this stage, the content is posted at the given time frame. Since November 28, 2016, the Garuda programme has actively used Instagram to promote its programme. The @garuda_net account is used to convey information about the TNI, including leaks and bits of coverage from reporters' live actions, which boosts soldiers' enthusiasm and cooperation while shooting. This account also serves as a platform for interaction and information gathering from Instagram followers who are dedicated to military and TNI material, particularly Garuda viewers.

Page 1 of 2 | Total Record : 15