cover
Contact Name
Elis Suryani Nani Sumarlina
Contact Email
elis.suryani@unpad.ac.id
Phone
+6282216552522
Journal Mail Official
lintasbudayanusantara@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.lintasbudayanusantara.net/index.php/jkbh/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH)
ISSN : 26567156     EISSN : 2830697X     DOI : 10.61296/jkbh
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH) adalah Jurnal yang menyajikan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dan hasil kajian di bidang adat, aksara, bahasa, filologi, sejarah, sastra, tradisi, sosiohumaniora, dan budaya secara multidisiplin. Terbit 3 kali dalam setahun, setiap Februari, Juni, dan Oktober.
Articles 103 Documents
REBRANDING UMKM “PEMPEK RENDY” GUNA MENARIK PASAR YANG LEBIH LUAS: REBRANDING UMKM “PEMPEK RENDY” GUNA MENARIK PASAR YANG LEBIH LUAS Agus Setiaman; Manayra Aisha Putri I; Masagus Muhammad; Shadina Al Wainy; Dara Rizqi Khoerunnisa; Nisrina Maudy Rahayu
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.3

Abstract

Kuliah Kerja Nyata atau disingkat KKN adalah mata kuliah wajib di kampus Universitas Padjadjaran, dimana mahasiswa dituntut untuk bergabung dan berkontribusi dengan masyarakat untuk melakukan perubahan yang lebih maju. Melalui KKN PPM terpadu, mahasiswa dapat mengabdi pada rakyat pada tengah pandemi Covid19. Tema yg dipilih KKN merupakan “Pemberdayaan Perempuan pada Usaha Berbasis Rumah Tangga”. KKN PPM terpadu ini dibentuk oleh mahasiswa buat membantu & berkontribusi dalam bisnis tempat tinggal usaha tangga yg dipimpin oleh perempuan. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas perekonomian Indonesia, menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia merupakan menaikkan pendapatan bagi rakyat itu sendiri. Pempek Rendy adalah UMKM produksi beraneka ragam pempek yang terdapat di Jatinangor. Namun, UMKM Pempek Rendy mengalami kesulitan terhadap melakukan inovasi pada produk misalnya permasalahan dan kesulitan UMKM umumnya. Sedangkan UMKM yang ada di Indonesia terbukti mempunyai potensi yang besar untuk dapat berkembang & memperbaiki perekonomian negara. Maka menurut hal tersebut, adapun beberapa program kerja yang akan dibawa diantaranya adalah, Pembuatan Buku Panduan terkait Pendaftaran Usaha dan Pendaftaran Produk ke dalam suatu marketplace dengan potensi produk, selera target audience, dan peluangnya di pasar. Hal ini dilakukan agar UMKM Pempek Rendy dapat belajar dan mengetahui cara melakukan inovasi terhadap produknya, sehingga dapat meningkatkan nilai produk dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas atau lebih berpotensi.
FENOMENA TOGA BERBASIS NASKAH PENGOBATAN SEBAGAI PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT PENYERTA DI MASA PANDEMI COVID-19: FENOMENA TOGA BERBASIS NASKAH PENGOBATAN SEBAGAI PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT PENYERTA DI MASA PANDEMI COVID-19 Elis Suryani Nani Sumarlina; Undang Ahmad Darsa; Ike Rostikawati Husen
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.4

Abstract

Naskah Sunda kuno sebagai warisan masa silam, belum begitu dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Padahal teks atau isinya penting untuk diinformasikan keberadaannya di masa kini, terutama yang berkaitan dengan tanaman obat keluarga (TOGA), manfaat, dosis, rahasia tatacara pemgolahan, dan tindak pengobatannya. Tugas filolog untuk menginformasikan kepada masyarakat, agar dapat dimanfaatkan oleh disiplin ilmu lain secara multidisiplin, khususnya naskah pengobatan yang berguna untuk mencegah dan menanggulangi penyakit penyerta yang dialami pasien Covid-19. Metode yang digunakan, deskriptif komparatif, dan metode kajian filologis, baik secara kodikologis maupun tekstologis dan kajian sosial budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beragam tanaman obat atau TOGA bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh, dan mengobati penyakit penyerta penderita. Hasil kajian ini berguna untuk bidang kedokteran, farmasi, kesehatan masyarakat, kedokteran gigi, keperawatan, pertanian, antropologi, dan leksikografi.
REBRANDING UMKM "PEMPEK RENDY" GUNA MENARIK PASAR YANG LEBIH LUAS: REBRANDING UMKM "PEMPEK RENDY" GUNA MENARIK PASAR YANG LEBIH LUAS Agus Setiaman; Manayra Aisha Putri I; Masagus Muhammad; Shadina Al Wainy; Dara Rizqi Khoerunnisa; Nisrina Maudy Rahayu
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.5

Abstract

Kuliah Kerja Nyata atau disingkat KKN adalah mata kuliah wajib di kampus Universitas Padjadjaran, dimana mahasiswa dituntut untuk bergabung dan berkontribusi dengan masyarakat untuk melakukan perubahan yang lebih maju. Melalui KKN PPM terpadu, mahasiswa dapat mengabdi pada rakyat pada tengah pandemi Covid19. Tema yg dipilih KKN merupakan “Pemberdayaan Perempuan pada Usaha Berbasis Rumah Tangga”. KKN PPM terpadu ini dibentuk oleh mahasiswa buat membantu & berkontribusi dalam bisnis tempat tinggal usaha tangga yg dipimpin oleh perempuan. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas perekonomian Indonesia, menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia merupakan menaikkan pendapatan bagi rakyat itu sendiri. Pempek Rendy adalah UMKM produksi beraneka ragam pempek yang terdapat di Jatinangor. Namun, UMKM Pempek Rendy mengalami kesulitan terhadap melakukan inovasi pada produk misalnya permasalahan dan kesulitan UMKM umumnya. Sedangkan UMKM yang ada di Indonesia terbukti mempunyai potensi yang besar untuk dapat berkembang & memperbaiki perekonomian negara. Maka menurut hal tersebut, adapun beberapa program kerja yang akan dibawa diantaranya adalah, Pembuatan Buku Panduan terkait Pendaftaran Usaha dan Pendaftaran Produk ke dalam suatu marketplace dengan potensi produk, selera target audience, dan peluangnya di pasar. Hal ini dilakukan agar UMKM Pempek Rendy dapat belajar dan mengetahui cara melakukan inovasi terhadap produknya, sehingga dapat meningkatkan nilai produk dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas atau lebih berpotensi.
KAJIAN YURIDIS BIAYA KESEHATAN PEREMPUAN UNTUK KESEJAHTERAAN KELUARGA: STUDI KASUS EFEKTIVITAS JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP URGENSI KESEHATAN IBU: KAJIAN YURIDIS BIAYA KESEHATAN PEREMPUAN UNTUK KESEJAHTERAAN KELUARGA: STUDI KASUS EFEKTIVITAS JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP URGENSI KESEHATAN IBU Amelia Hayati; Cut Hasri Nabila; Tsaltsa Kamila; Vanny Fiandra; Shafira Nadya; Sheren Dyaz
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.6

Abstract

Kesehatan Reproduksi adalah suatu keadaan dimana fisik, mental dan sosial ada di dalam keadaan yang sejahtera serta utuh tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan sistem reproduksinya, isu tentang kesehatan reproduksi menjadi salah satu permasalahan utama di Indonesia walaupun kesehatan reproduksi perempuan sudah dijamin dalam Undang-undang 1945 dan hak asasi manusia, hal ini dikarenakan kurangnya literasi atau edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan reproduksi. Salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan pelayanan kesehatan termasuk kesehatan reproduksi diwujudkan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program yang dibentuk sebagai komitmen pemerintah untuk memberikan suatu kepastian jaminan hak kesehatan bagi masyarakat Indonesia agar dapat hidup sehat dan sejahtera. Adanya Jaminan Kesehatan Nasional ini merupakan perwujudan dari Pasal 34 ayat (2) Undang-Undang Tahun 1945 bahwa negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus dengan pendekatan kombinasi antara kualitatif (observasi dan wawancara) dan kuantitatif (analisis dokumen). Lokus penelitian kami adalah wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor di 11 Puskesmas, yaitu Puskesmas Cibungbulang, Cigombong, Cigudeg, Leuwiliang, Ciomas, Jasinga, Rumpin, Parung, Ciseeng, Kemuning, dan Dramaga. Analisis data kuantitatif dengan melakukan analisis isi menggunakan matrix hasil wawancara Hasil wawancara ini juga dibatasi untuk memperdalam dan mendukung pembahasan hasil penelitian.
SURVEI AWAL PEMINATAN MASYARAKAT MENGENAI FACE MIST ALAMI BERBAHAN BUNGA TELANG: SURVEI AWAL PEMINATAN MASYARAKAT MENGENAI FACE MIST ALAMI BERBAHAN BUNGA TELANG Asri Widyasanti; Rizka Fauziyah
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.7

Abstract

Protokol kesehatan mengharuskan masyarakat menggunakan masker dalam segala aktivitas. Salah satu gangguan kulit yang muncul adalah mask-acne karena pemakaian masker secara terus-menerus. Salah satu cara untuk mengatasi mask-acne adalah melakukan penyegaran kulit dengan penyemprotan face mist. Face mist adalah produk perawatan berbentuk spray yang berfungsi untuk meningkatkan hidrasi lapisan terluar kulit. Pemakaian face mist juga menjadi salah satu trend di masa kini. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat penggunaan face mist. Bunga telang merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang sangat kuat, berdasarkan kandungan bioaktifnya bunga telang berpotensi sebagai bahan dasar face mist. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan data awal mengenai pengetahuan dan minat masyarakat terhadap face mist bunga telang di masa pandemi Covid-19. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan metode survei online melalui kuesioner google form. Hasil survei dari 156 responden menunjukkan 49,4% responden didominasi oleh masyarakat yang berusia 15 – 20 tahun, dan 69,9% responden mengetahui manfaat face mist adalah untuk melembabkan kulit wajah. Terdapat 36,5% responden menyatakan sangat setuju face mist bunga telang dapat menjaga kelembaban wajah di saat pandemi setelah kita menggunakan masker wajah. Namun masih terdapat 51,9% responden yang menyatakan hal yang membuat kurang suka ketika menggunakan face mist adalah tidak praktis. Survei intensitas penggunaan face mist menunjukkan 38,5% responden menjawab tidak pernah menggunakan face mist. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait produk dan manfaat face mist berbahan bunga telang melalui media sosial instagram.
PELATIHAN PENGGUNAAN PESTISIDA YANG BAIK DAN BERKELANJUTAN UNTUK PERSIAPAN TANAM JAGUNG PADA SISTEM TANPA OLAH TANAH (TOT) DI DESA NAGREK KENDAN, KECAMATAN NAGREK, KABUPATEN BANDUNG: PELATIHAN PENGGUNAAN PESTISIDA YANG BAIK DAN BERKELANJUTAN UNTUK PERSIAPAN TANAM JAGUNG PADA SISTEM TANPA OLAH TANAH (TOT) DI DESA NAGREK KENDAN, KECAMATAN NAGREK, KABUPATEN BANDUNG Denny Kurniadie; Yayan Sumekar; Ichsan Bari
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.8

Abstract

Desa Nagrek Kendan adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Nagrek, Kabupaten Bandung. Sebagian wilayah terdiri dari dari lahan pertanian (sawah, tadah hujan dan lahan kering) serta fasilitas umum/perumahan penduduk. Sebanyak 31% dari warga yang bekerja adalah buruh tani, dan sisanya adalah petani, pegawai swasta, dan pedagang. Salah satu masalah pertanian di Desa Nagrek Kendan adalah pengendalian organisme pengganggu ynag berlebihan serta pengaplikasian pestisida yang tidak sesuai anjuran dan penggunaan. Petani yang selama ini masih bertani dengan sistem konvensional, sehingga perlu sosialilasi dan praktek pertanian efektif dan efisien serta berkelanjutan yaitu dengan pengelolaan hama, penyakit serta gulma. Bagi petani hama, penyakit dan gulma merupakan salah satu aspek penting dalam proses budidaya padi sawah dan tanaman jagung mulai dari pembibitan hingga usia panen. Penggunaan pestisida di lapangan bukan lagi menjadi rahasia, namun ternyata tidak semua petani menguasai teknik penggunaan pestisida yang efektif dan efisien. Penggunaan yang tepat kadar, jenis dan waktu aplikasi sangat mempengaruhi biaya terutama pada budidaya padi sawah dan jagung skala besar. Aplikasi pestisida yang berlebihan juga dapat memberikan dampak negatif jangka panjang yang mengancam keberlanjutan usaha di masa depan. Budidaya tanaman jagung secara tanpa olah tanah (TOT) merupakan teknologi budidaya pada tanaman jagung yang merupakan teknologi baru bagi masyarakat Desa Nagrek Kendan. Waktu pelaksanaan dari bulan Januari hingga Pebruari 2022. Metode yang diterapkan adalah metode persuasif kepada masyarakatnya dengan melakukan metode role play dari para ahli di bidangnya, serta memberikan suatu konsep dan pemahaman mendasar akan pentingnya penggunaan pestisida yang baik dan benar serta aplikasi herbisida pada budidaya jagung secara TOT (tanpa olah tanah).
KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENANGANAN PENYEBARAN KONTEN HOAX KESEHATAN DI MASA NEW NORMAL DESA CIMENYAN: KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENANGANAN PENYEBARAN KONTEN HOAX KESEHATAN DI MASA NEW NORMAL DESA CIMENYAN Diah Fatma Sjoraida; Iriana Bakti; Aat Ruchiat Nugraha
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.9

Abstract

Pandemi covid 19 merupakan wabah yang melanda seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia sampai ke semua wilayah, yang salah satunya adalah Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Beberapa warganya ada yang terpapar virus covid, sehingga diperlukan penanganan pandemi ini terutama yang berkaitan dengan berita hoax tentang covid 19 yang meresahkan masyarakat. Untuk itu diperlukan “Pelatihan Komunikasi Efektif dalam Pengelolaan Informasi Kesehatan pada Masa New Normal”. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menggambarkan komunikasi efektif, dan kohesivitas yang anggota kelompok yang tergabung dalam forum RT/RW Desa Cimenyan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini d alah deskriptif. Hasil yang dicapai dalam pelatihan ini adalah, komunikasi yang efektif adalah komunikasi partisipatif yang didasarkan pada keberagaman, interaksi dan dialog, keterbukaan dan kejelasan, serta prosesnya yang informal. Kohesivitas yang terbangun di antara anggota kelompok didasarkan pada kesamaan perasaan, pandangan, dan kepentingan. Keanggotaan, kualitas interaksi, kerjasama, kemampuan dalam mencapai keberhasilan, dan kemampuan dalam menghadapi tantangan.
FENOMENA TOGA BERBASIS NASKAH PENGOBATAN SEBAGAI PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT PENYERTA DI MASA PANDEMI COVID-19: FENOMENA TOGA BERBASIS NASKAH PENGOBATAN SEBAGAI PENGOBATAN ALTERNATIF PENYAKIT PENYERTA DI MASA PANDEMI COVID-19 Elis Suryani Nani Sumarlina; Undang Ahmad Darsa; Ike Rostikawati Husen
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.10

Abstract

Naskah Sunda kuno sebagai warisan masa silam, belum begitu dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Padahal teks atau isinya penting untuk diinformasikan keberadaannya di masa kini, terutama yang berkaitan dengan tanaman obat keluarga (TOGA), manfaat, dosis, rahasia tatacara pemgolahan, dan tindak pengobatannya. Tugas filolog untuk menginformasikan kepada masyarakat, agar dapat dimanfaatkan oleh disiplin ilmu lain secara multidisiplin, khususnya naskah pengobatan yang berguna untuk mencegah dan menanggulangi penyakit penyerta yang dialami pasien Covid-19. Metode yang digunakan, deskriptif komparatif, dan metode kajian filologis, baik secara kodikologis maupun tekstologis dan kajian sosial budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beragam tanaman obat atau TOGA bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh, dan mengobati penyakit penyerta penderita. Hasil kajian ini berguna untuk bidang kedokteran, farmasi, kesehatan masyarakat, kedokteran gigi, keperawatan, pertanian, antropologi, dan leksikografi.
PENDAMPINGAN KEGIATAN BISNIS ONLINE PADA UMKM DI DESA CIBURIAL-KECAMATAN CIMENYAN-KABUPATEN BANDUNG: PENDAMPINGAN KEGIATAN BISNIS ONLINE PADA UMKM DI DESA CIBURIAL-KECAMATAN CIMENYAN-KABUPATEN BANDUNG Enni Soerjati Priowirjanto
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.12

Abstract

Peningkatan penggunaan sosial media untuk kegiatan bisnis secara online oleh masyarakat di masa Pandemi COVID-19 menimbulkan harapan baru bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini dirasakan juga oleh anggota UMKM di Desa Ciburial yang mempunyai minat untuk menjalankan bisnis online, meskipun pemahaman mereka mengenai bisnis online masih sangat kurang. Pendampingan yang dilakukan oleh Mahasiswa Unpad dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai pemahaaman tentang bisnis online melalui media sosial. Pada pendampingan tersebut diberikan pembekalan pembuatan akun Instagram dan Facebook sebagai sarana promosi bisnis online untuk efektivitas penjualan bagi anggota UMKM, serta cara pembuatan akun di Shopee. Upaya yang dilakukan Mahasiswa telah memberikan dampak terhadap perubahan pola pikir pelaku usaha UMKM di Desa Ciburial, Hal tersebut ditunjukan melalui semangat dan usaha mereka dalam membuat akun Facebook dan Instagram untuk mempromosikan produk yang dijual. Karena keterbatasan waktu pelaksanaan KKN masih belum dapat dilakukan praktik langusng penggunaan marketplace Shopee, sehingga masih diperlukan upaya pendampingan lanjutan kepada pelaku usaha UMKM Desa Ciburial.
MANAJEMEN USAHA DAN TEKNIK PEMASARAN UNTUK WIRAUSAHA PANGAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS: MANAJEMEN USAHA DAN TEKNIK PEMASARAN UNTUK WIRAUSAHA PANGAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS Fetriyuna Fetriyuna
Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora (JKBH), Juni 2022
Publisher : PT. RANESS MEDIA RANCAGE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61296/jkbh.v4i2.13

Abstract

Usaha pangan membutuhkan manajemen usaha dan teknik pemasaran yang responsif terhadap perubahan khususnya menghadapi pandemi Covid-19. Tak bisa dipungkiri kondisi pandemi covid 19 yang telah berlangsung kurang lebih 2 tahun ini memberikan berbagai macam dampak khususnya bagi wirausaha pangan. Pembatasan aktivitas sosial memaksa pelaku usaha untuk mengatur manajemen bisnis dan pemasarannya agar mampu merespon perubahan supaya bisa bertahan dan mengembangkan usahanya. Program pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan 40 mitra usaha pangan dengan produk makanan yang beragam. Berdasarkan hasil survey, lebih dari setengah mitra yang terlibat dalam program ini mengaku mengalami permasalahan dalam memasarkan produk secara langsung disaat pandemi serta mengalami kesulitan untuk mengembangkan usahanya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan informasi serta meningkatkan wawasan mitra usaha terkait dengan pemasaran yang baik dan benar melalui berbagai macam platform digital serta upaya meningkatkan manajemen usaha. Tahapan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat meliputi kegiatan edukasi, pendampingan, serta pemberdayaan pemasaran produk mitra melalui platform daring. Beberapa capaian dari kegiatan ini adalah: wawasan mitra usaha terkait dengan pemasaran bertambah, mitra memiliki akun sosial media/marketplace sebagai media dalam menjual produk usahanya, pemahaman mitra terkait pembuatan konten yang menarik dapat meningkatkan ketertarikam konsumen kepada produk mitra serta mitra dapat merancang manajemen usahanya agar dapat lebih berkembang.

Page 1 of 11 | Total Record : 103