cover
Contact Name
Haniah
Contact Email
haniah@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6285250385270
Journal Mail Official
jael@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Gedung Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Kab. Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, 92118
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Arabic Education and Linguistics
ISSN : -     EISSN : 29878349     DOI : 10.24252/jael
Core Subject : Education,
Journal of Arabic Education and Linguistics adalah jurnal ilmiah yang mulai menerbitkan artikel semi-online pada tahun 2021 dan seluruhnya online pada tahun 2022. Jurnal ini disediakan untuk ahli linguistik Arab, peneliti dan praktisi Pendidikan bahsa Arab di seluruh dunia, dan arsiparis yang membutuhkan atau tertarik untuk mengikuti perkembangan dan isu-isu pendidikan bahasa Arab terkini. Jurnal ini diterbitkan dan dibiayai oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, dan secara teratur menerbitkan nomor isu pada bulan Juni dan Desember. Semua artikel yang dikirimkan akan diperiksa dengan tepat oleh editor jurnal dan dikirim ke peer reviewer kami. Kami hanya menerima karya ilmiah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab" : 5 Documents clear
Desain Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik pada Pembelajaran Bahasa Arab Berti Arsyad; Sriwahyuningsih R. Saleh
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 2 No 2 (2022): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v2i2.29747

Abstract

Characteristics of psychomotor skills in the form of sensory skills, alertness, and the ability to act in a complex manner. Psychomotor skills of students in learning Arabic can be seen in the skills of students in carrying out language expressions. This study aims to describe how to design and design assessments in the psychomotor domain in learning Arabic. The method used in this research is descriptive qualitative with the type of research (library research), based on the method and type of research, the data sources are books and scientific articles that intersect with the subject matter. The results showed that the design and design of the psychomotor domain assessment instrument in Arabic learning could be done in the form of tests and non-tests. Test assessment instruments can be carried out when the learning process has taken place, and non-test instruments can be carried out during the process, namely when students practice.
Pemerolehan Bahasa Asing Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pemerolehan Bahasa Arab) Baso Pallawagau; Rasna Rasna
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 2 No 2 (2022): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v2i2.31151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan maksud dari pemerolehan bahasa kedua, mengungkap perbedaan proses pemerolehan bahasa pertama dan kedua, menerangkan tahapan pemerolehan bahasa kedua, dan teori pemerolehan bahasa kedua. Tujuan ini dibuktikan melalui analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dari sumber data primer dan dianalisis secara logis berdasarkan penalaran logika induktif. Hasil penelitian menunjukkan Pakar bahasa berbeda pandangan dalam membedakan antara bahasa kedua (second language) dan bahasa asing (foreign language). Ada yang membedakan antara keduanya dan ada yang berpendapat bahwa kedua istilah tersebut tidak memiliki perbedaan. Perbedaan proses pemerolehan bahasa pertama dan kedua dapat dilihat dari karakteristik masing-masing baik secara natural maupun secara terstruktur dan terorganisir. Tahapan pemerolehan bahasa kedua melalui lima tahapan diantaranya: preproduksi, produksi awal, bicara awal, fasih menengah, dan mahir. Teori pemerolehan bahasa kedua terdiri dari Teori Behaviorisme, Teori Innatenes/ Nativisme, Teori Akulturasi, Teori Akomodasi, Teori Wacana (Discourse), Teori Monitor, Teori Kompetensi Variabel, Teori Hipotesis Universal, Teori Neurofungsional, Teori Interbahasa (Interlanguage). Tentunya tulisan ini dapat berkontribusi dalam memudahkan pemerolehan bahasa asing terutama bahasa Arab di lembaga pendidikan.
Prosedur Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Hamka Ilyas; Sulkifli Sulkifli
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 2 No 2 (2022): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v2i2.32484

Abstract

Kebutuhan terhadap bahan ajar bahasa Arab sangatlah penting dalam ketercapaian tujuan pembelajaran. Seorang guru, siswa dan materi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk keberhasilan dalam sebuah proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang definisi, karakteristik strategi dan langkah-langkah dalam menyusun dan mengembangkan bahan ajar bahasa Arab. Jenis penelitian pustaka atau library research, yang mengambil sumber data dari teori-teori secara kepustakaan. Implikasi kajian ini memiliki kontribusi terhadap kemudahan seorang guru untuk mengembangkan bahan ajar yang akan diterapkan kepada siswanya.
Teori-teori Kontemporer dalam Penerjemahan Nur Azaliah Mar; St Kuraedah; Haniah Haniah
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 2 No 2 (2022): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v2i2.32507

Abstract

Abstract: Translation as an interesting field of study for language teaching and as a means of communication media, mastery of translation theory as the basis for learning translation also needs to be researched. This study will describe the study of theories used in translation. This research is a literature study that uses descriptive qualitative research methods. The literature study method is used because this research is a theoretical study by collecting data from references and other scientific studies related to translation theories. There are 3 theories in various translation analyzes that are still often used: 1. Translation shift theory from J.C. Catford, 2. The Literal-Idiomatic Theory from Mildred L. Larson, and 3. The Literal-Idiomatic (Freely) Theory from Peter Newmark, of the three theories starting with translating words to free translation. Keywords: Contemporary, Theory, Translation
تحليل التعلم السريع بتطبيق طريقة التعلم القائم على الدماغ في تعليم اللغة العربية Abdul Rahim; Amrah Kasim; Adinda Fitrah Nirwana; Muhammad Zakir Husain
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 2 No 2 (2022): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v2i2.33962

Abstract

هناك عديد من الأساليب والاستراتيجيات التي تم إعدادها من قبل الخبراء في تعلم اللغة، وخاصة في تعلم اللغة العربية كمواد تعليمية أو مرجع للمرشحين في تدريس اللغة العربية. يندرج هذا البحث تحت نوع البحث المكتبي. البحث المكتبي هو مراجعة الأدبيات في المصادر المتنوعة وينظر إلى نتائج البحوث السابقة التي يجب متابعتها أو إعطاء تعليقات حول بحث، وذالك لإنتاج نظرية الحل أو التطوير حول طريقة البحث المراد تطويرها. يحتوي البحث المكتبي على العديد من الأفكار أو النظريات المترابطة والتي تدعمها البيانات من مصادر مكتبية ويمكن أن تكون المصادر المكتبية كمواد دراسية في شكل مجلات بحث علمي وأطروحات ومقالات وكتب مدرسية. يهدف هذا البحث في الجانب المكتبي إلى تزويد أعضاء هيئة التدريس بصورة دقيقة للتعرف على المزيد حول طرق التدريس القائمة على الدماغ في شكل القراءة. حتى يتسنى لهذا إعداد الجودة المهنية لأعضاء هيئة التدريس في المدراس الإسلامية. تسريع التعلم القائم على الدماغ مما يساعد الطلاب والمعلمين على فهم بعضهم البعض لأهمية عملية نقل المعرفة. ومما يشير إلى ذالك، هو أن المعلم يولي اهتماما كبيرا للاستعداد البدني والعقلي والعاطفي، وكذالك تخصصات فهم علاقة التعلم بحيث يؤدي ذالك إلى راحة الطلاب في تلقي المعرفة. يمكن استخدام الأساليب القائمة على الدماغ والتي هي عالمية في اجتماعات مختلفة في كل فصول.

Page 1 of 1 | Total Record : 5