cover
Contact Name
Cucut Susanto
Contact Email
cucut@undipa.ac.id
Phone
+628124150373
Journal Mail Official
cucut@undipa.ac.id
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9 Makassar , Telp.(0411) 587194
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
DIPANEGARA KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMATIKA (DIPAKOMTI)
ISSN : 19074410     EISSN : 29632854     DOI : -
Jurnal Penelitian Universitas Dipa Makassar yang khusus untuk penerbitan Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknik Informatika
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)" : 15 Documents clear
PROTOTYPE PENGHITUNG JUMLAH DAN KECEPATAN KENDARAAN OTOMATIS SECARA REAL TIME BERBASIS COMPUTER VISION MENGGUNAKAN METODE BACKGROUND SUBTRACTION Nuzul Muh. Ramadhan; Deril Krisyantho; Irsal Irsal; Muhammad Rizal
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemacetan bukan lagi menjadi sebuah permasalahan yang asing bagi pengendara di tiap kota-kota besar. Kendaraan adalah mesin transportasi untuk mengangkut baik orang maupun barang. Oleh karena itu saat ini kendaraan merupakan salah satu hal wajib bagi manusia dalam urusan berpergian, tidak heran jumlah kendaraan dari tahun ke tahun terus meningkat hal tersebut menyebabkan kepadatan kendaraan di jalan raya meningkat karena tidak selarasnya pertumbuhan antara kendaraan dan jalan raya. Berdasarkan masalah tersebut, konsentrasi kami pada penelitian ini adalah dengan menitik beratkan pada perancangan prototype penghitung jumlah kendaraan otomatis yang sekaligus dapat mendeteksi kecepatan dari tiap kendaraan. Dengan maksud menyediakan data kepadatan arus lalu lintas yang lebih efisien kepada pihak pengembang jalan tanpa harus menambah petugas di lapangan. Pengujian perangkat keras yang diambil dari beberapa sampel data dengan melakukan proses deteksi secara langsung di jalan raya dengan dua hardware utama yaitu raspberry dan laptop. Dari rangkuman hasil pengujian menggunakan raspberry pi dan laptop memiliki perbedaan hasil yang berbeda karena spesifikasi dari raspberry dan kamera yang digunakan masih di bawah dari spesifikasi laptop dan kamera smartphone yang digunakan.
Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Pemrograman Java Menggunakan Pygame Wa Ode Dwiki Bella Avista; Michael Gibran Yusuf Dani; Komang Aryasa; Ardimansyah Ardimansyah
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan game edukasi yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan juga merangsang hormon neurotransmitter dopamine untuk menguatkan daya pikir pemainnya. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana merancang media berupa game edukasi agar dapat memotivasi para pemula dan juga membuat penyajian materi dari bahasa pemrograman Java menjadi lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media berupa game edukasi yang dapat meningkatkan motivasi pemula dalam mempelajari materi dasar bahasa pemrograman Java dengan lebih mudah. Aplikasi yang dibuat pada penelitian ini memanfaatkan library Pygame yang ada pada bahasa pemrograman Python. Pengujian perangkat lunak secara fungsional pada aplikasi Game Edukasi Bahasa Pemrograman Java ini menggunakan metode Black-Box. Aplikasi yang dihasilkan dari penelitian ini dapat membantu para pemula dalam mempelajari materi-materi dasar bahasa pemrograman Java dengan penyajiannya yang cukup menarik untuk dipelajari.
PERANCANGAN ALAT MONITORING KARBON DIOKSIDA (CO2) PADA RUANGAN BERBASIS ARDUINO Jamiltree Satria Lisudai; Mira Palulun; Amirah Amirah; Nirwana Nirwana
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Alat monitoring karbon dioksida (CO2) merupakan suatu alat yang dirancang untuk mendeteksi karbon dioksida pada suatu ruangan dan alat monitoring suhu merupakan suatu alat monitoring yang dirancang untuk mendeteksi suhu pada suatu ruangan. Pembuatan Perancangan Alat Monitoring Karbon Dioksida(CO2) Pada Ruangan Berbasis Arduino menggunakan NodeMCU sebagai koneksi internet (WiFi) yang akan terhubung ke Android serta beberapa sensor pendukung yaitu sensor MQ-135 dan Sensor DHT- 11 serta motor servo yang digunakan untuk membuka jendela secara otomatis dan LED sebagai penanda bahwa kadar CO2 dan suhu dalam ruangan tersebut bertambah dan berkurang. Sensor MQ-135 dan sensor DHT-11 akan mendeteksi CO2 dan suhu lalu kemudian akan memberitahukan kepada kita melalui LED yang akan menyala sesuai dengan kandungan CO2 dan suhu yang dideteksi kemudian pada layar LCD akan tampil informasi seputar kandungan CO2 dan suhu yang dideteksi lalu kemudian informasi tersebut akan terkirim ke motor servo dan akan membuka jendela apabila kadar CO2 ataupun suhu dalam ruangan tersebut berlebih dan juga NodeMCU akan mengirimkan informasi yang ditampilkan LCD ke Android untuk menampilkan informasi seputar CO2 dan suhu dalam ruangan tersebut dan sebagai notifikasi. Semakin banyak orang di dalam ruangan 3x4 meter maka akan semakin tinggi pula konsentrasi CO2 dan suhu di dalam ruangan tersebut dari tabel kita juga dapat melihat bahwa asap rokok, obat nyamuk, korek gas, pembakaran sampah, pintu dan Ac berpengaruh terhadap konsentrasi CO2 dan suhu. Dari alat juga kita dapat melihat bahwa keakuratan alat belum bisa dikatakan baik karena masih memiliki selisi
PERANCANGAN INFORMATION RETRIEVAL(IR) UNTUK PENCARIAN CERPEN MENGGUNAKAN METODE GENERALIZED VECTOR SPACE MODEL (VSM) Nurdin Nurdin; Nur Hayni; Rahmi Rahmi; Rima Ruktiari
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Information retrieval merupakan suatu sistem untuk menemukan kembali dokumen tidak terstruktur yang tersimpan pada sekumpulan dokumen mengenai subjek-subjek yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informan. Salah satu masalah yang dihadapi oleh informan dalam mencari suatu informasik hususnya cerpen adalah terlalu banyaknya hasil yang muncul dari aplikasi cerpen yang ada namun belum relevan atau tidak sesuai yang diinginkan dari database/kumpulan dokumen sehingga menyulitkan informan untuk memilihcerpen yang relevan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancang sistem information retrieval menggunakan metode Generalized Vector Space Model (VSM). Hasil dari penelitian dengan metode Generalized Vector Space Model (VSM) diperoleh hasil proses pencarian yang relevan dengan melakukan pembobotan tiap dokumen yang ada pada database sehingga antara dokumen memiliki bobot yang berbeda untuk menentukan dokumen mana yang paling mirip (similar) dengan query, dokumen dengan bobot tertinggi menempati ranking teratas dalam hasil pencarian sehingga menjadikan dokumen tersebut yang paling relevan dari pencarian.
Perancangan Sistem Informasi Geografis Area Penyandang Disabilitas Di Kota Makassar Berbasis Web Dhimas Andy Prayogo; Arlan Putera Alamsyah Umar; Indra Samsie; Magfirah Magfirah
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini area ramah bagi penyandang disabilitas fisik masih belum sepenuhnya ada pada semua fasilitas khususnya yang menggunakan kursi roda, sehingga diperlukannya informasi lengkap mengenai area mana saja yang sudah menunjang. Penerapan Sistem Informasi Geografis area penyandang disabilitas dalam mendukung penyediaan informasi menjadi penting yaitu sebagai pusat atau sarana pengelola komunikasi dan informasi berbasis sistem informasi geografis. Sejumlah titik yang menjadi informasi tempat yang mendukung penyandang disabilitas khususnya pengguna kursi roda yaitu meliputi tempat belanja, tempat makan, kantor, teman dan tempat ibadah. Sistem berbasis web dapat diakses oleh umum sehingga setiap informasi yang ditampilkan juga dapat bermanfaat bagi setiap pengguna pada web. Web menggunakan pengujian black box dengan menggunakan 7 tahapan pengujian maka dapat disimpulkan bahwa web dapat berjalan sesuai dengan fungsionalitas dan sesuai dengan yang diharapkan.
Simulasi Penggunaan Metode K-Nearset Neighbor Dalam Pemilihan Peminatan/Konsentrasi: Studi Kasus DI Universitas Dipa Makassar Fikran Saapaty; Abdul Wahid Bin Idrus; Marsellus Oton Kadang; Asrul Syam
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat memasuki semester lima, mahasiswaakandihadapkan pada pemilihan matakuliah konsentrasi atau peminatan. Pada dua tahunt erakhir, mahasiswa saat pemilihan konsentrasi, mahasiswamemilih konsentrasi tanpa melakukan pertimbangan yang tepat seperti lebih dominan mengikuti pilihan teman dekatnya serta tidak berkonsultasi pada dosen pembimbing akademiknya. Pemilihan konsentrasi yang tidak tepat dapat mempersulit mahasiswa saat penelitian karya ilmiah(skripsi). Penelitian ini merancangan sebuah aplikasi pemilihan konsentrasi berbasis web, metode yang digunakanyaitu K-nearest neighbour. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pemilihan konsentrasi berbasis web untuk membantu mahasiswa dalam menentukan konsentrasi.
AplikasiPenyimpanan Dan Pencarian Berkas Menggunakan Algoritma KMP Berbasis Web (Studi Kasus :Dinas Pariwisata Kota Makassar) Yosep Yosep; Rifky Prirendi; Komang Arysasa; Rudy Donny Likliwatil
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Pariwisata Kota Makassar adalahsebuahinstansipemerintahkota Makassar, dimana sistem pengarsipan pada suatukantor sangat penting, karena jika suatu berkas dari suatu kantor hilang atau tercecer pekerjaan akan terganggu. Sementara sistem yang saat ini digunakan oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar masih manual sehingga pencarian berkas membutuhkanwaktucukup lama. Dengan adanya sistem pencarian berkas secara digital ini kiranya dapat menghemat waktu pencarian sistem ini di rancang berbasis website dengan menerapkan algoritma Knuth Morris Pratt. Dari hasil penelitian ini didapatkan waktu perbadingan antara pencarian manual dan pencarian algoritma knuth morris pratt yaitu pada proses pencarian kata rapat, undangan, pariwisata, file, penelitian, promosi, daftar hadir, surat, pengembangan, data, magang diperoleh waktu eksekusi untuk pencarian manual 0.00513 detik, 0.00504 detik, 0.00527 detik, 0.00526 detik, 0.00176 detik, 0.00557 detik,0.00529 detik, 0.00417 detik, 0.00397 detik, 0.0039 detik sedangkan untuk pencarian dengan algoritma knuthmorrispratt diperoleh waktu eksekusi 0.00188 detik, 0.00307 detik, 0.0018 detik, 0.00286 detik, 0.0033 detik,0.00192 detik, 0.00304 detik, 0.00174 detik,0.00183 detik, 0.00182 detik sehingga didapatkan jumlah waktu untuk pencarian manual 0.42714 detik dan untuk algoritma knuth morris pratt 0.20709 detik dengan rata-rata untuk pencarian manual 0.00427 detik dan 0.00207 detik.
Analisis Faktor Pemilihan Aplikasi Media Sosial Pada Kalangan Remaja Dengan Metode Fuzzy AHP Afrianto Palullu; Windayanti Patandean; Wilem Musu; Syafruddin Muhtamar
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era sekarang ini hampir semua kalangan masyarakat menggunakan media sosial, terutama pada kalanganremaja. Penggunaan media sosial oleh para remaja memiliki keterbatasan yaitu dampak positif dan dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang membuat para remaja memilih menggunakanaplikasi media sosialyaitu facebook, instagram, twitter, youtube, dan tiktokdenganmenerapkanalgoritma Fuzzy AHP. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil perangkingan factor pemilihan aplikasi media sosial oleh remaja yang diurutkan dari peringkat pertama sampai kelima. Peringkatpertamayaitufitur search dengan nilai preferensi 0,08275, peringkat kedua yaitu fitur nonton video dengannilaipreferensi 0,080466, peringkat ketiga yaitu fitur bookmark dengan nilai preferensi 0,073346, peringkat keempat yaitu fitur direct message dengan nilai preferensi 0,072381, dan peringkat kelima yaitu fitur mute account dengan nilai preferensi 0,071063. Hal ini mengindikasikan bahwa kelima faktor tersebut yang paling memengaruhi para remaja dalam memilih aplikasi media sosial. Dalam penggunaan media sosial oleh remaja, terdapat keterbatasan yaitu dampak positif dan negative dari media sosial. Dari 769 respondenremaja, sebanyak 422 orang (54,9%) setuju bahwa mereka murid yang berprestasi di sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika media sosial digunakan dengan baik dan benar maka dampak yang diterimapositif, begitupun sebaliknya
PERANCANGAN GAME SEBAGAI ALTERNATIF TERAPI PADA PENYANDANG DEPRESI Fhadli A. Nawir; Matheus E. B. Kafiar; Marsellus Oton Kadang; Annah Annah
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Depresi bukanlah suatu hal yang tidak mungkin dialami setiap orang, baik usia anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia. Salah satu terapi perilaku kognitif (CBT) yang dilakukan adalah terapi musik. Namun, pada proses terapi musik yang terjadi saat ini, adalah beberapa pasien tidak tahu menggunakan alat musik sehingga kebanyakan dari pasien hanya bisa mendengarkan. Penelitian ini mencoba mencari alternatif lain dalam proses terapi penyandang Depresi yaitu melalui game. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Pre Post Test di mana pasien akan diuji menggunakan alat peraga terlebih dahulu, setelah itu menggunakan aplikasi game. Pengujian dilakukan menggunakan metode Mann-Withney yang menunjukkan hasil bahwa menggunakan aplikasi alternatif terapi pada pasien membuat pasien merasa lebih mudah melakukan terapi dan pasien merasa lebih senang menjalani terapi
Implementasi Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Mata Kuliah Berbasis Web Andika Andika; Muhammad Salsabil; Husain T Husain T; Nur Salman Nur Salman
Dipanegara Komputer Teknologi Informatika Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)
Publisher : Dipanegara Komputer Teknologi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penjadwalan mata kuliah merupakan hal wajib yang ada di setiap perguruan tinggi. Penjadwalan mata kuliah dilakukan untuk kebutuhan perguruan tinggi dan bertujuan agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik tanpa kendala. Dalam penelitian, proses penjadwalan mata kuliah dan praktikum dilakukan dengan menggunakan Algoritma Genetika yang terdiri dari proses inisialisasi populasi, seleksi, crossover, dan mutasi. Terdapat beberapa kendala atau kendala dalam membuat penjadwalan mata kuliah yaitu penjadwalan yang membutuhkan proses waktu dan sering bertabrakan mata kuliah dengan ruangan atau waktu. Sama halnya dengan yang terjadi, seperti jadwal dosen mengajar mata kuliah yang sama dengan kelas lain, sehingga terjadi tabrakan dengan dosen dan mahasiswa. Masalah penjadwalan kuliah pada penanganan jadwal perkuliahan menggunakan metode algoritma (GA) dengan harapan sistem penjadwalan dapat bermanfaat dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada jadwal kuliah di sekolah maka jadwal mengajar tidak terkendala dengan hal-hal lain

Page 1 of 2 | Total Record : 15