cover
Contact Name
Ike Betria
Contact Email
jurnalbakoba@gmail.com
Phone
+6281270889797
Journal Mail Official
jurnalbakoba@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan IPS, Universtias Pasir Pengaraian Jl. Tuanku Tambusai, Rambah. Kabupaten Rokan Hulu, Riau. 28558
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
Bakoba: Journal of Social Science Education
ISSN : -     EISSN : 27978036     DOI : -
Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat bukan cerminan sikap dan /atau pandang redaksi. Seluruh isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): BAKOBA : Jurnal social scient education" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP N 2 LEMBANG JAYA
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 3 No. 1 (2023): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan pembaruan terkini, didorong oleh teknologi yang semakin maju dan kebutuhan untuk menggunakannya di masa pemulihan pandemi Covid-19. Hal ini membutuhkan berbagai unsur pendidikan untuk beradaptasi dengan hal tersebut, sehingga lahirlah kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk melihat bagaiamana penerapan/implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa di SMP N 2 Lembang Jaya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat seberapa jauh penerapan kumer yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga dapat diketahui seberapa efektif implementasi/penerapan kurikulum merdeka dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Lembang Jaya. Sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pelaksanaan dari kurikulum merdeka. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Lembang Jaya dipersiapkan dengan baik seperti bahan ajar, fasilitas, dan pembentukan komite agar terciptanya suasana belajar yang menyenangkan serta diminati siswa.
Analysis Of Teacher Readiness And Provision Of Infrastructure In Implementing The Independent Curriculum At SMA Negeri 1 Lembang Jaya
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 3 No. 1 (2023): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i1.1579

Abstract

The background of this research is the readiness of schools and teachers in implementing the independent curriculum, so that learning objectives can be achieved effectively and efficiently. The purpose of this research is to see what schools, teachers and in terms of the facilities and infrastructure available at SMA Negeri Lembang Jaya have to prepare to support the learning process. In addition, this study also aims to assess how far the implementation of the independent curriculum has been implemented by SMA Negeri 1 Lembang Jaya. The method used in this research is descriptive qualitative method. The results of this study indicate that readiness in implementing the independent learning curriculum is not only seen from the readiness of teachers and students, but also by looking at the readiness of schools and facilities and infrastructure that will support the implementation of fun learning. So it can be concluded that SMA Negeri 1 Lembang Jaya is a school that implements a level 2 independent curriculum, namely independent change. Schools and teachers make changes independently without financial assistance from the government. Teachers conduct training on the independent teaching platform independently so that teachers better understand how the independent curriculum is implemented in schools and what the teacher's assessment process is.
Faktor Penyebab Pernikahan Dini Pada Remaja Di Desa Serombou Indah Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu.
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 3 No. 1 (2023): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu tentang pernikahan usia dini yang di lakukan masyarakat di DesaSerombou Indah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab pernikahan usia dinidi Desa Serombou Indah Kecamatan Rambah Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang mengalami pernikahan diusia dini. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakanteknik purposive sampling. Dalam penyajian data peneliti mengunakan triangulasi data, dimulai darireduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwapernikahan usaha dini pada remaja di Desa Serombou Indah terjadi di sebabkan oleh beberapa faktoryaitu (1)Pergaulan bebas dikalangan remaja,( 2) Faktor ekonomi (3) Perjodohan.Kata kunci : Pernikahan dini, Remaja, Desa Serombou Indah
KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PETANI KELAPA SAWIT DI DESA RANTAU SAKTI KECAMATAN TAMBUSAI UTARA
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 3 No. 1 (2023): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i1.1793

Abstract

Kehidupan sosial petani sawit tergantung dari pendapatan perkebunansawitnya, rendahnya harga sawit dapat menyebabkan kondisi ekonomi petanisawit di Desa Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten RokanHulu harus berhadapan dengan berbagai tekanan hidup, terutama dalam halpemenuhan kebutuhan pokok hidup dan pendidikan. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah “Bagaimana Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Petani SawitDi Desa Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu?”.Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui Kondisi Sosial Ekonomi KeluargaPetani Sawit Di Desa Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara kabupaten RokanHulu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjekpenelitian ialah keluarga petani sawit di Desa Rantau Sakti.Kata Kunci: Kondisi Sosial, Kondisi Ekonomi, petani sawit
TRADISI MANAMPUANG DAGIANG PADA HARI RAYA IDHUL ADHA DI DESA SITINGKAI
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 3 No. 1 (2023): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena tradisi manampuang dagiang merupakan satu satunya tradisi berqurban di hari raya idul adha yang unik di Indonesia. Tujuanya untuk memberikan ide kepada seluruh masyarakat muslim dalam tata cara pembagian hewan qurban yang bersifat adil. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan populasi masyarakat nagarai sitingkai dan menggunakan purposive sampling. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang terkandung pada tradisi manampuang dagiang adalah nilai social, budaya dan agama. Dimana nilai social seperti keadilan, kebersamaan, gotong royong. Pada nilai budaya yaitu kebiasaan menghias sapi, menggunakan acsesories pada hewan qurban , memakaikan bedak, bunga dan menyisir sapi serta memberikan cermin kepada sapi qurban. Nilai agama yatu keteladan dari nabi Ibrahim tentang patuh kepada orang tua.
FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA TAMBUSAI BARAT KECAMATAN TAMBUSAI KABUPATEN ROKAN HULU
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 3 No. 1 (2023): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i1.2195

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Tambusai Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Subjek dari penelitian ini adalah masyarakat Desa Tambusai Barat. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala Desa Tambusai Barat, anak yang putus sekolah, orangtua anak yang putus sekolah. Teknik pengambilan informan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat enam faktor penyebab anak putus sekolah yaitu karena faktor rendahnya ekonomi orangtua, faktor kurangnya perhatian orangtua, faktor fasilitas belajar, faktor minat belajar yang rendah dan faktor lokasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6