cover
Contact Name
Basthoumi Muslih
Contact Email
dseptifauzi@gmail.com
Phone
+6285648737266
Journal Mail Official
simanis@unpkdr.ac.id
Editorial Address
JL.KH AHMAD DAHLAN NO.76 KEDIRI
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 29622050     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, Enterpreneur, Ekonomi, Etika Bisnis, Perilaku Organisasi, dan paradigma lain yang berfokus pada masalah.
Articles 167 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis" : 167 Documents clear
MENCIPTAKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA SERVIS MOTOR BERDASARKAN PERSEPSI PELANGGAN BENGKEL SUGENG JAYA MOTOR Mahdun Rahmad; Ema Nurzainul Hakimah; Sigit Ratnanto
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji kualitas pelayanan di Bengkel Sugeng Jaya Motor dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, pertemuan, dan dokumentasi. Sumber data melibatkan pemilik, 3 pegawai, dan pelanggan. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap: pengumpulan informasi, analisis, dan temuan, dengan validitas informasi diverifikasi melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kehandalan pelayanan yang masih rendah akibat kurangnya keahlian mekanik dalam menggunakan peralatan servis. Namun, bengkel ini responsif dengan layanan cepat, akurat, dan tepat, serta mekanisme penyampaian yang menjamin waktu, biaya, dan kualitas produk yang memadai. Kualitas pelayanan yang baik tercermin dalam kenyamanan ruang tunggu, peralatan yang memadai untuk memperbaiki sepeda motor pelanggan, serta keramahan karyawan yang meningkatkan kepuasan. Bengkel Sugeng Jaya Motor juga memberikan pelayanan empatik melalui informasi personal kepada pelanggan dan akses yang memuaskan.
ANALISA PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAOS SABLON MENGGUNAKAN METODE EOQ PADA GOOD JOB SCREEN PRINTING Mochammad Agus Syifaudin Al Maghribi; Sugiono Sugiono; Hery Purnomo
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menghitung persediaan bahan baku yang lebih optimal dan efisien pada Good Job Screen Printing menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Data yang digunakan dalam penelitian ini pada bulan Mei 2022 hingga April 2023 dengan pendekatan Deskriptif kuantitatif. Untuk pengolahan datanya dibantu dengan aplikasi POM QM. Hasil penelitian ini diperoleh 1.938 unit dengan menggunakan metode EOQ sedangkan menggunakan kebijakan perusahaan diperoleh 5.525 unit. Dengan frekuensi pemesanan 48 kali sebelumnya sesudah menggunakan metode EOQ menjadi 3 kali pemesanan dan total biaya perusahaan Rp. 5.780.297,5 setelah menggunakan metode EOQ menjadi Rp. 684.057. Dan safety stock diperoleh 34 unit dan reorder point sebesar 68 unit.
ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN PADA BISNIS JASA LAUNDRY DIDASARKAN PADA HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN Aprelya Kumaladewi; Bambang Agus Sumantri; Sigit Ratnanto
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis harga, lokasi, dan kualitas pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa laundry. Jumlah sampel yang digunakan 40 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat pengumpulan data survey menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPPS for windows versi 23. Hasil ini menunjukkan bahwa harga, lokasi dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Jaya Laundry Tanjungtani.
ANALISIS PENERAPAN EMPLOYEE ENGAGEMENT (KETERIKATAN KARYAWAN) PADA UMKM DONAT DYAH AYU Andini Irga Listasari; Restin Meilina
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan employee engagement (keterikatan karyawan) pada UMKM Donat Dyah Ayu dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi tingkat keterikatan karyawan di perusahaan tersebut. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggabungkan data dari berbagai sumber dan metode penelitian. Pemilihan informan dilakukan secara relevance, recommendation, raport, readiness, reasurance dengan melibatkan pemilik dan karyawan UMKM Donat Dyah Ayu. Data yang terkumpul dianalisis dan direduksi, di mana temuan dari wawancara, observasi, dan analisis dokumen saling dikonfirmasi dan diperkuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat keterikatan karyawan di UMKM Donat Dyah Ayu. Faktor-faktor tersebut meliputi lingungan kerja yang baik, komunikasi organisasi yang efektif, kepemimpinan yang inspiratif, hubungan tim dan rekan kerja, kesempatan pengembangan karir, kesejahteraan di tempat kerja dan budaya kerja yang inklusif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman tentang pentingnya employee engagement dalam konteks UMKM.
ANALISIS KOHESIVITAS KELOMPOK GUNA MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI KSPM GALERI INVESTASI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Lia Damayanti; Restin Meilina
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kohesivitas kelompok, peningkatan kinerja melalui kohesivitas kelompok, serta peran pemimpin dalam menciptakan kohesivitas kelompok pada KSPM. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi serta pengujian data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian yaitu adanya kohesivitas kelompok yang terjadi di KSPM karena adanya dukungan serta motivasi untuk anggota yang ada di galeri investasi agar tetap bertahan dan tidak keluar dari kelompok. Peningkatan kinerja juga terlihat dengan adanya kohesivitas kelompok yang terjadi di KSPM, hal ini dibuktikan dengan tercapainya tujuan dari organisasi. Pemimpin dalam kelompok ini juga berperan penting dalam menciptakan kohesivitas kelompok di galeri investasi.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN GO THE CHIPZ PADA GEMORA MULTI SOLUTION Alif Okky Fadilah; Basthoumi Muslih
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah dijalankan Gemora Multi Solution dalam upaya untuk meningkatkan volume penjualan produk Go The Chipz. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang secara rinci menggambarkan keadaan perusahaan dalam aktivitas usahanya melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber dalam penelitian ini meliputi pemilik, karyawan Gemora Multi Solution dan konsumen sebagai narasumber, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Gemora Multi Solution menggunakan 4P (product, price, place dan promotion) sudah baik. Produk yang dijual dengan kualitas yang bagus dan kemasan yang modern (kekinian). Harga yang diterapkan terjangkau. Tempat atau lokasi yang digunakan masih berada di daerah yang kurang strategis tergolong jauh dari perkotaan. Promosi yang masih menggunakan whatsapp dan instagram. Bagi Gemora Multi Solution, sebaiknya lebih memperhatikan lokasi yang mudah dijangkau dan bisa memafaatkan platform e-commerce / aplikasi media sosial yang lebih banyak dalam melakukan promosi penjualan.
ANALISA MANAJEMEN RISIKO DENGAN PENDEKATAN METODE ERM PADA JNE AGEN CAMPUREJO Muhammad Bayu Andaresa; Diah Ayu Septi Fauji; Hery Purnomo
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menganalisis manajemen risiko dengan pendekatan metode ERM JNE Agen Campurejo yang difokuskan pada manajemen risiko operasional. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis berupa metode kualitatif yang lebih cenderung terhadap sifat data penelitian yang didapatkan ialah berupa penelitian kualitatif. Hasil analisis risiko operasional pada JNE Agen Campurejo didapatkan hasil bahwa dalam melakukan analisis risiko operasional perusahaan harus menggunakan langkah-langkah yang telah diterapkan pada metode ERM. Terdapat 8 kejadian risiko yang terjadi pada operasional perusahaan yakni kecelakaan kerja, kerusakan barang pelanggan, kesalahan mengentri data, penumpukan barang, kesalahan pengiriman barang, kurangnya pelayanan pelanggan, hilangnya barang pelanggan dan pencurian barang.
MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI DISIPLIN KERJA, GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA Ardi Shina Toya Sahara; Itot Bian Raharjo
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan variabel disiplin kerja, gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja para karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kediri. Jenis dan pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kausalitas, dengan sampel semua karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kediri sebanyak 40 karyawan. Analisis data menggunakan uji asumsi, regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Temuan penelitian menyatakan bahwa disiplin kerja dan motivasi berpengaruh pada kinerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kediri, baik secara parsial maupun secara simultan.
PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT POS INDONESIA KOTA KEDIRI Martha Yogi Pratama; Sugiono Sugiono; Hery Purnomo
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Maksud studi ialah guna mengungkap dampak motivasi, kompetensi serta disiplin kerja pada hasil kerja pegawai PT. Pos Indonesia, kota Kediri. Metode kuantitatif kausal dimanfaatkan pada studi ini. Penguji menerapkan sampel acak dari 52 karyawan, dan analisis statistik diterapkan dengan memanfaatkan program SPSS versi 23. Ini termasuk analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t (parsial) dan uji F (simultan). Menurut temuan studi ini, disiplin kerja serta motivasi keduanya berpengaruh parsial pada kinerja karyawan. Variabel kompetensi pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh pada kinerja pegawai secara keseluruhan. Selain itu, pengaruh signifikan terjadi antara gabungan dari motivasi, keterampilan, serta disiplin kerja pada kinerja pegawai dengan simultan.
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA E-MARKETING BARU OLEH PT MASBRO7 Zuliani; Subagyo Subagyo; Hery Purnomo
Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang telah menciptakan perubahan besar dalam penggunaan internet, termasuk penggunaan media sosial Tiktok sebagai sarana marketing yang efektif. Pengguna media sosial Tiktok yang semakin naik telah menciptakan pesaing baru bagi PT Masbro7, sehingga PT Masbro7 perlu mengoptimalkan pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai sarana marketing. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penggunaan media sosial Tiktok sebagai sarana pemasaran baru oleh PT Masbro7. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan dalam proses penyusunannya, serta menggunakan penelitian kepustakaan sebagai metode pendukung. Berdasarkan hasil yang diperoleh, PT Masbro7 memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di media sosial Tiktok, seperti konten, iklan dan Tiktokshop, dengan tujuan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran di media sosial Tiktok.

Page 1 of 17 | Total Record : 167