cover
Contact Name
Zaenal Arifin
Contact Email
zae.may@gmail.com
Phone
+6281333334325
Journal Mail Official
zaenal@uit-tribakti.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Abdul Karim Gang III No. 2 Kel. Lirboyo Kec. mojoroto
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman
ISSN : 14119919     EISSN : 25023047     DOI : https://doi.org/10.33367/tribakti
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman aims to promote scientific publication on Islam and Muslim culture in its broadest sense covering textual, historical and empirical aspects, both classical/medieval, modern and contemporary periods in the Islamic World and beyond. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman aims to promote scientific publication on Islam and Muslim culture in its broadest sense covering textual, historical and empirical aspects, both classical/medieval, modern and contemporary periods in the Islamic World and beyond. This journal encompasses original research articles based on library and/or empirical research in the field of Islamic studies especially on, but not limited to, eight main topics: (1) the Qur’an and hadith (2) Islamic Law (3) Islamic Theology (Kalam) (4) Islamic Philosophy (5) Islamic Mysticism (Tasawwuf) (6) Islamic Education (7) Islamic Communication and Propogation (Dakwa) and (8) Islamic Politics. It encourages articles that employ a multi-disciplinary approach to those topics. Scholars from any countries and region that are concerned with Islam and its manifestation throughout Muslim history and geography in the Islamic World and beyond can submit their article to Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman and use this open access journal.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti" : 8 Documents clear
PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH Turmudzi Abror
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti
Publisher : Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/tribakti.v22i2.71

Abstract

Perlunya pendidikan karakter disebabkan ada beberapa permasalahan yang terjadi di masayarakat yang menyangkut pelanggaran moralitas yang dilakukan di seluruh aspek kehidupan. Untuk mengataasi hal yang berhubungan dengan problematika masyarakat, maka diwacanakan untukuntuk melaksanakan pendidikan karakter di sekolah.Hal ini dite-mukan pengaruh sekolah terhadap perkembangan anak, ada empat hal utama (input, output) yang saling mempengaruhi. Antara lainiklim atau budaya sekolah. Jika suasana sekolah penuh kedisiplinan, kejujuran, kasih sayang, maka hal ini akan menghasilkan output yang diinginkan berupa karakter yang baik.
KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM TEORI DAN PRAKTIK Hamam Syamsuri
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti
Publisher : Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/tribakti.v22i2.76

Abstract

Peningkatan pembelajaran di sekolah banyak ditentukan oleh kreatifitas pendidik, karena pendidik merupakan ujung tombak dalam upaya mencetak  sumber daya manusia berkualitas dan berdedikasi tinggi, oleh sebab itu guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang perlu diterapkan adalah pembelajaran kontekstual. Penerapan pembelajaran kontekstual disebabkan ole h: (1) sebagian  besar waktu  belajar  sehari-hari di sekolah masih didominasi kegiatan penyampaian pengetahuan oleh guru, sementara siswa ”dipaksa” memperhatikan dan menerimanya, (2) materi   pembelajaran  bersifat abstrak-teoritis-akademis, tidak terkait dengan masalah-masalah yang dihadapi siswa sehari-hari di lingkungan keluarga, masyarakat, alam sekitar dan dunia kerja.(3)  penilaian hanya dilakukan dengan tes yang menekankan pengetahuan, tidak menilai kualitas dan kemampuan belajar siswa yang autentik pada situasi yang autentik. (4) sumber belajar masih terfokus pada guru dan buku, lingkungan sekitar belum dimanfaatkan secara optimal
STUDI MA’ANI AL-HADITS (Hadis-Hadis Tentang Laba Perdagangan) Ma'ani Rahmad
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti
Publisher : Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/tribakti.v22i2.80

Abstract

Salah satu hadis yang perlu dikaji adalah hadis yang secara tekstual membolehkan mengambil laba perdagangan lebih dari seratus persen. Setelah dikaji dengan menggunakan metode Ma'ani al-Hadis\, hadis tentang laba perdagangan tidak hanya dipahami secara tekstual, tetapi bisa dipahami secara kontekstual, faktor historis pada saat disabdakannya hadis ini sangat membantu dalam memahami hadis secara benar. Dengan menggunakan metode Ma'ani al-Hadis\, a hadis tentang laba perdagangan tidak hanya bisa dipahami secara tekstual tetapi juga dapat dipahami secara kontekstual. Faktor historis pada saat disabdakan hadis ini, sangat membantu dalam memahami hadis secara benar. b. Islam tidak memberikan batasan tertentu terhadap laba dalam perdagangan. Hal ini diserahkan kepada masing-masing  pedagang dan tradisi masyarakat sekitar, dengan tetap memelihara kaidah-kaidah keadilan dan kebijakan serta larangan memberikan mad}arat terhadap diri sendiri ataupun terhadap orang lain.
FILOSOFI EKONOMI SYARI’AH SEBAGAI LANDASAN PERBANKAN SYARI’AH Jamaluddin Bukhori
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti
Publisher : Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/tribakti.v22i2.84

Abstract

Sistem perbankan syari’ah dalam kerangka “dual banking system” (sistem perbankan ganda) antara konvensional dan syari’ah. perbankan konvensional dengan perbankan syari’ah adalah adanya larangan untuk membayar dan menerima bunga pada perbankan syari’ah. Secara filosofis dan prinsipil perbedaan keduanya sangat jelas. Bank syari’ah mengumpulkan pendapatanya melalui bagi hasil. Sedangkan Bank Konvensional menggantungkan pada bunga yang diperolehnya
PERGURUAN TINGGI DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Jauhar Fuad
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti
Publisher : Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/tribakti.v22i2.88

Abstract

Indonesia adalah Negara multikultural terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dari kondisi soso-kultural mau pun geografis yang begitu luas dan beragam. Maka PAI diarahkan untuk mencegah munculnya berbagai benturan dan kompetisi berdasarkan pluralisme budaya, agama, suku, dan ras. Pendidikan multikultural, pada PAI berkenaan dengan konsep keragaman etnis dan pengaruhnya, dimana dapat ditarik kesimpulan bahwa; perbedaan itu tidak menjadi masalah dan berjalan dengan baik dan rukun. Pengembangan pendidikan multikultural dapat dilakukan secara makro dan secara mikro. Secara keseluruhan materi PAI dapat diarahkan untuk menumbuhkan sikap saling menghargai, toleransi antar etnis antar agama dan lain sebagainya. Metode diskusi dimaksudkan untuk melatih berbicara, melatih berpendapat, mengungkapkan isi hatinya dan mampu mengembangkan dialektika secara kritis. Ada keberimbangan antara ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.
KONTRIBUSI ILMU PENGETAHUAN, FILSAFAT DAN AGAMA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA Moh. Badrus
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti
Publisher : Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/tribakti.v22i2.92

Abstract

Ilmu pengetahuan, filsafat dan agama merupakan tiga unsur yang mengarahkan manusia dalam mencapai tujuan hidup. Sejarah  ilmu pengetahuan manusia dari masa ke masa terus mengalami perubahan dan perkembangan. Filsafat bersama-sama dengan seni, kepercayaan dan ilmu membentuk eksistensi manusiawi, sebagai suatu sistem yang saling berinteraksi. Agama menjadi pegangan umat manusia. Filsafat, sains dan agama mempunyai wilayah yang berbeda, namun ketiganya memberikan kontribusi yang besar terhadap kehidupan manusia.
AKUNTANSI DALAM PERSPEKTIF SYARI’AH Asra Maksum
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti
Publisher : Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/tribakti.v22i2.96

Abstract

Akuntansi meiliki persamaan dengan kata muhasabah berasal dari kata hasaba, dan bisa juga diucap dengan kata hisab, hasibah, muhasabah dan hisabah, kata kerja hasaba ini termasuk kata kerja yang menunjukkan adanya interaksi seseorang dengan orang lain, dalam masalah ekonomi. Aktivitas perekonomian menjadi obyek akutansi dan sangat menarik dalam kajian keislaman. Banyak dilakukan kajian-kajian keagamaan maupun ilmiyah (dalam wacana ekonomi Islam) tentang bagaimana aplikasi mudārabah dalam bisnis shari’ah sebagai produk unggulan dalam perbankan shari’ah sekaligus sistem dan pola akuntansinya
Teori Mas}lah}ah Najm al-Din al-T{ufi: Telaah Kita>b al-Ta’yi>n fi Sharh} al-Arba’i>n dan Sharh} Mukhtas}ar al-Rawd}ah Halil Thahir
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 22 No. 2 (2011): Jurnal Tribakti
Publisher : Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33367/tribakti.v22i2.98

Abstract

Salah satu konsep penting dan fundamental yang menjadi pokok bahasan dalam studi yurisprudensi Islam adalah konsep maslahah sebagai tujuan penetapan hukum Islam. Betapa urgennya kedudukan maslahah sebagai tujuan – kalau tidak malah merupakan inti dari seluruh konstruksi legislasi Islam. Hal ini dapat dipahami dari buku-buku ushul al-fiqh yang ditulis baik sejak masa-masa awal pertumbuhan dan perkembangan hukum Islam, masa-masa pertengahan maupun pada masa akhir-akhir ini dapat dipastikan buku-buku tersebut memuat pembahasan tentang maslahah sebagai tujuan tasyri’ sekalipun porsi pembahasannya sangat bervariasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8