cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)" : 16 Documents clear
PENERAPAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG DAUR AIR KELAS V SD Kusuma, Hanung Purwari; Kusuma, Hanung Purwari
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.192 KB)

Abstract

Abstract: The Application Of Team Assisted Individualization (TAI) Type By Multimedia In Improving Natural Science Learning About Hydrology Cycle At The Fifth Grade Student Elementry School. The purpose of this study to describe and improve natural science learning about hydrology cycle fifth grade students in the elementary school, and find barriers and solutions in the application of Team Assisted Individualization (TAI) type by multimedia. This study is a collaborative classroom action research which was conducted in two cycles with 5 meetings. Each meetings consists of planning, observation, implementation, and reflection. The subject of this study is the fifth grade students. The data comes from the fifth grade students, fifth grade teacher, observer, and documents. The validity of the data source uses a technique of triangulation and the sources of data triangulation. Learning has increased from cycle I to cycle II. Evidenced from mastery learning students reached 86.90% in the 1st cycle and 100% in the 2nd cycle. The conclusion of this study is the application of TAI type with multimedia can improve natural science learning about hydrology cycle fifth grade students elementary school. Keywords: Team Asissted Individualization (TAI), Multimedia, Natural Science  Abstrak: Penerapan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Daur Air Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan pembelajaran IPA tentang daur air siswa kelas V di SD, serta menemukan kendala dan solusi dalam penerapan tipe TAI dengan multimedia. Penelitian ini merupakan  penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 5 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Data berasal dari siswa kelas V, guru kelas V, observer dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi data dan sumber data. Pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus  I hingga siklus II. Dibuktikan dari ketuntasan belajar siswa mencapai 86,90% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan tipe TAI  dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang daur air siswa kelas V SD.Kata Kunci: Team Asissted Individualization (TAI), Multimedia, IPA
PENGGUNAAN MODEL OPEN ENDED LEARNING DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KRANDEGAN TAHUN AJARAN 2014/2015 FEBRIANTO, MUKTI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.901 KB)

Abstract

Mukti Febrianto. PENGGUNAAN MODEL OPEN ENDED LEARNING DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KRANDEGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2015.Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Krandegan tahun ajaran 2014/2015, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusinya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Krandegan berjumlah 24 siswa. Data berasal dari siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes hasil belajar, observasi, wawancara, dan dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia yaitu: (a) orientasi dengan multimedia, (b) penyajian masalah terbuka dengan multimedia, (c) pengerjaan masalah terbuka secara individu dengan multimedia, (d) diskusi kelompok tentang masalah terbuka dengan multimedia, (e) presentasi hasil diskusi kelompok dengan multimedia, dan (f) penutup dengan multimedia, (2) penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Krandegan tahun ajaran 2014/2015. Terbukti dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I = 66,7%, siklus II = 70,83%, dan siklus III = 91,7%, (3) kendala yang ditemui dalam pembelajaran yaitu: (a) penjelasan guru terlalu sedikit pada soal terbuka, (b) siswa tidak paham soal LKS sama dengan soal terbuka, (c) sedikit siswa yang menanggapi kelompok yang presentasi, (d) siswa kurang percaya diri dalam mengerjakan soal, dan (e) siswa pasif dalam kelompok. Adapun solusinya yaitu: (a) guru lebih memperbanyak penjelasan soal terbuka, (b) guru menjelaskan agar siswa saling bertukar pikiran dan menyimpulkan, (c) guru mengajak siswa agar menanggapi presentasi, (d) guru memotivasi siswa agar mengerjakan soal secara mandiri, dan (e) guru memberikan motivasi kepada siswa yang pasif.Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Krandegan tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Open Ended Learning, multimedia, Matematika Mukti Febrianto. THE USE OF OPEN ENDED LEARNING MODEL USING MULTIMEDIA IN IMPROVING MATHEMATICS LEARNING ABOUT GEOMETRY FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 KRANDEGAN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2014/2015. Thesis, Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University. May 2015. The objectives of this research are: (1) to describe the steps of the use of Open Ended Learning using Multimedia, (2) to improve Mathematics learning about geometry for the fifth grade of SD Negeri 1 Krandegan in the academic year of 2014/2015, and (3) to describe problems and solutions.This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, acting, observing, and reflecting. Subjects of the research were 24 students of the fifth grade of SD Negeri 1 Krandegan. Source of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and document. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative analysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification.The results of this research show that: (1) the steps of Open Ended Learning model using multimedia, namely: (a) orientation using multimedia, (b) providing open problem using multimedia, (c) solving the open problem using multimedia individually, (d) solving the open problem using multimedia in group discussion, (e) presentation of discussion result using multimedia, and (f) closing using multimedia, (2) the use of Open Ended Learning using multimedia can improve Mathematics learning about geometry for the fifth grade of SD Negeri 1 Krandegan in the academic year of 2014/2015. That results was proved by the increase of learning outcomes in the first cycle 66.7%, in the second cycle 70.83%, and in the third cycle 91.7%, (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) the teacher explained less explanation for open question, (b) the students didn?t understand that questions in worksheet were the same with open questions, (c) less students responded to group presentating materials, and (e) the students of the group were passive. Solutions for these problems are: the teacher should explain more explanation of open question, (b) the teacher asks the students to share opinions and draw conclusion, (c) the teacher asks the students to respons the presentation, (d) the teacher motivates the students to do task individually, and (e) the teacher motivates passive students.The conclusion of this research is the use of Open Ended Learning model using multimedia can improve Mathematics learning about geometry for the fifth grade students of SD Negeri 1 Krandegan in the academic year of 2014/2015. Keywords: Open Ended Learning, multimedia, Mathematics
THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL USING MULTIMEDIA IN IMPROVING NATURAL SCIENCE LEARNING ABOUT ENERGY FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS Wibowo, Ades Edi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.977 KB)

Abstract

Abstract: The Implementation of Problem Based Learning (PBL) Model Using Multimedia in Improving Natural Science Learning About Energy for The Fourth Grade Students. The purpose of this studys to describe and improve natural science learning about energy fourth grade students in the elementary school, and find barriers and solutions in the Implementationof using PBL models with multimedia. This study is a collaborative action research conducted in three cycles. Each cycle consists of two meetings of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the study is the fourth grade students. The data comes from fourth grade students, fourth grade teacher, observer and documents.The validity of the data using triangulation of data and data sources. Learning has increased from cycle I to cycle III. The conclusions of this research is the application of PBL with the type of multimedia can enhance science teaching about energy fourth grade students.Keywords: Problem Based Learning (PBL), Multimedia, natural Science
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SDN TANUHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015 ANNISA OKTAVIYANA, RIFQA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.99 KB)

Abstract

Absract : The implementation of Cooperative Script Cooperative Learning model using picture media in improving speaking skills for the fourth grade students of SDN tanuharjo in academic year 2014/2015. The purpose of the research is improving speaking skills by using Cooperative Script Cooperative Learning model using picture media at the fourth grade students. This research belong to class action research (CAR) conducted within three cycles or six meetings. Subjects in this research were 26 students of fourth grade in SDN Tanuharjo. Data were obtained from test, observation, and interview. The result of this research is the increasing speaking skill of students. Conclusion of this research is the implementation of Cooperative Script Cooperative Learning model using picture media conducted through appropriate steps can improve speaking skills for the fourth grade students of SDN Tanuharjo in the academic year 2014/2015.Keyword : cooperative script, picture media, speaking skill Abstrak : Penerapan model kooperatif tipe Cooperative Script dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Tanuharjo tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbicara kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dan media gambar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 3 siklus atau 6 pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Data akan diperoleh dari tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu meningkatnya keterampilan berbicara siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Cooperative Script dengan media gambar dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Tanuharjo tahun ajaran 2014/2015.Kata kunci : cooperative script, media gambar, keterampilan berbicara
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG MASALAH SOSIAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Lusnanto, Sigit
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.107 KB)

Abstract

ABSTRAKSigit Lusnanto. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG MASALAH SOSIAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2015.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang masalah sosial untuk siswa kelas IV SDN 1 Pejagoan, (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS tentang masalah sosial melalui penerapan model Problem Based Learning untuk siswa kelas IV SDN 1 Pejagoan, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang masalah sosial untuk siswa kelas IV SDN 1 Pejagoan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Pejagoan yang berjumlah 32 siswa. Data berasal dari siswa, teman sejawat, guru kelas IV, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes hasil belajar, wawancara, observasi, dan dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Langkah model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang masalah sosial kelas IV SDN 1 Pejagoan yang tepat yaitu: (a) orientasi masalah, (b) pengorganisasian belajar, (c) pembimbingan individual maupun kelompok, (d) penyajian hasil kerja atau diskusi, dan (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah; (2) Adanya peningkatan hasil belajar IPS tentang masalah sosial siswa kelas IV SDN 1 Pejagoan. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah 60,93%, Siklus II menjadi 76,56%, dan siklus III menjadi 90,62%; dan (3) Kendala yang ditemui pada penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah yaitu: (a) guru kurang menertibkan siswa, (b) guru kurang memotivasi siswa, (c) guru kurang aktif memandu siswa, (d) siswa kurang aktif dalam diskusi, (e) siswa kurang aktif dalam tanya jawab, dan (f) siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut (a) guru lebih menertibkan siswa, (b) guru memotivasi belajar siswa, (c) guru lebih aktif memandu kerja sama siswa, (d) guru membagi tugas diskusi kelompok, (e) guru memancing siswa untuk mengungkapkan pendapat, dan (f) guru melibatkan siswa dalam pembahasan materi. Kata kunci: Problem Based Learning, IPS, masalah sosial  ABSTRACTSigit Lusnanto. THE APPLICATION OF PROBLEM BASED LEARNING IN IMPROVING SOCIAL SCIENCE LEARNING ABOUT SOCIAL PROBLEM FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SDN 1 PEJAGOAN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2014/2015. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. May 2015.The objectives for this research are (1) to describe the steps of the application of Problem Based Learning model to improve social science learning about social problem for the fourth grade students of SDN 1 Pejagoan, (2) to describe the improvement of social science learning about social problem by using Problem Based Learning model for the fourth grade students of SDN 1 Pejagoan, and (3) to describe problems and solutions in the application of Problem Based Learning model in improving social science learning about social problem for the fourth grade students of SDN 1 Pejagoan.This research is collaborative Classroom Action Research (CAR). This research implemented within three cycles and each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of this research were 32 students in the fourth grade of SDN 1 Pejagoan. Sources of data were derived from students, classmates, teachers, and documents. Techniques of collecting data were test, interview, observation, and document. Validity of data used triangulation of technique and sources. Data were analyzed using qualitative and quantitative data, namely data reduction, data display, and drawing conclusion or verification.The results of this research show that (1) the steps of Problem Based Learning model can improve social science learning outcomes about social problem for the fourth grade students of SDN 1 Pejagoan if implemented by appropriate steps, namely: (a) problem orientation, (b) study organization, (c) guidance in individual or team, (d) presenting result or discussion, and (e) analyzing and evaluating of problem solving process; (2) the application of Problem Based Learning model can improve social science learning outcomes for the fourth grade students of SDN 1 Pejagoan. It was proved by the increase of learning outcomes in each cycles. Passing grade percentage of students result in the first cycle was 60.93%, in the second cycle was 75.56%, and in the third cycles was 90.62%; and (3) the problems found in the application of Problem Based Learning model, namely: (a) the teacher did not ask the students to be discipline, (b) the teacher lack in motivating the students, (c) the teacher did not lead students, (d) the students were passive in discussion, (e) the students were passive in question and answer, and (f) the students did not concern in teacher?s explanation. Solutions to solve these problems, namely: (a) the teacher ask the students to be discipline, (b) the teacher have to motivate the students to study, (c) the teacher should be more active in leading students? team work, (d) the teacher provides tasks for team discussion, (e) the teacher asks students to reveal their opinion, and (f) the teacher involves students in material discussion.  Keywords: Problem Based Learning, social science, social problem
PENERAPAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WATUAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 khaq, fatkhul
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.703 KB)

Abstract

Abstract: The Application of Two Stay Two Stray Technique with Multimedia in Improving Social Learning at The Fifth Grade Student of SD N Watuagung in Academic Year of 2014/2015. This research are aims to describe the application of two stay two stray technique with multimedia and improve social learning at the fifth grade student. This research is a Classroom Action Research (CAR) collaborative was implemented in three cycles. Each cycle includes the stages of planning, action, observation and reflection. The subjects were fifth grade students of SD N Watuagung totaling 33 students. Data collection techniques used tests, observations, interviews, and documentation. The validity of data using triangulation techniques and triangulation of data sources. The results showed that the application of two stay two stray technique with multimedia in accordance appropriate steps can improve sosial learning at the fifth grade student of SD N Watuagung. Keywords: Two stay two stray, multimedia, Social learning, SD Abstrak: Penerapan Teknik Two Stay Two Stray dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Watuagung Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik two stay two stray dengan multimedia serta meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Watuagung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Watuagung yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik two stay two stray dengan multimedia sesuai dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Watuagung. Kata Kunci: Two stay two stray, multimedia, pembelajaran, IPS, SD.
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING LEARNING (PSL) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 PANJER TAHUN AJARAN 2014/2015 Irianti, Novia
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.679 KB)

Abstract

Abstract: The Implementation of Problem Solving Learning (PSL) Methods Using Concrete Media in Improving Mathematics Learning for the 5th Grade Students of SDN 3 Panjer In The Academic Year of 2014/2015. The objectives of this study are to (1) describe the steps of the implementation of Problem Solving Learning (PSL) Methods using concrete media; (2) improving Mathematics learning about properties two-dimensional shape; (3) to describe problems and solutions in the implementation of Problem Solving Learning (PSL) Methods using concrete media. This study is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Subjects in this study were all students of 5th grade in SDN 3 Panjer in the academic year of 2014/2015, totaling 24 students. The conclusion of this study are the implementation of Problem Solving Learning Methods using concrete media can be improve Mathematics learning for the 5th grade students of SDN 3 Panjer. Keyword: Problem Solving Learning (PSL), concrete media, mathematics Abstrak: Penerapan Metode Problem Solving Learning (PSL) dengan media benda konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 3 Panjer Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikam langkah-langkah penerapan metode Problem Solving Learning (PSL) dengan media konkret, meningkatkan pembelajaran Matematika tentang sifat-sifat bangun datar, dan mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode Problem Solving Learning (PSL) dengan media konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilakukan selama 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Panjer berjumlah 24 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Problem Solving Learning (PSL) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN 3 Panjer. Kata Kunci: Problem Solving Learning (PSL), media konkret, Matematika
THE APPLICATION OF SAINTIFIK APPROACH USING CONCRETE OBJECT MEDIA IN IMPROVING OF MATHEMATICS LEARNING ABOUT ADDITION AND SUBTRACTION OF FRACTIONS FOR THE FIFTHGRADE STUDENTS OF SD NEGERI SRUSUHJURUTENGAH IN THE ACADEMIC YEAR OF 2014/2015 Tama, Firman Adi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.303 KB)

Abstract

Abstract: The Application of Saintifik Approach Using Concrete Object Media in Improving of Mathematics Learning about Addition And Subtraction of Fractions for the FifthGrade Students of Elementary School. The objectives of the research are: (1) to describe the steps of Saintifik approach using concrete object media, (2) to describe the improvement of Mathematics learning about operations of addition and subtraction of fractions for the fifth grade students of SD Negeri Srusuhjurutengah in the academic year of 2014/2015, and (3) to describe the problems and solutions. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycle. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection.  The subjects of this research were 23 students of SD Negeri Srusuhjurutengah in the academic year of 2014/2015. The results of the research show that the application of Scientific approach with concrete object media that implemented with appropriate procedure can improve mathematics learning about operations of addition and subtraction of fractions for the fifth grade students of  SD N Srusuhjurutengah. Keywords: Scientifik, concrete object media, Mathematics
PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Widianti, Purno
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.787 KB)

Abstract

PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Purno Widianti 1), Suhartono 2), Imam Suyanto 3) 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2, 3 Dosen PGSD FKIP UNS FKIP, PGSD UNS Surakarta Jl Kepodang 67 A Panjer Kebumen e-mail: shandyanzari@gmail.com Abstract: Model Implementation of Think Talk Write with Graphics Media In The Improvement of Essay Writing Skills on Fourth Grader at The Fifth Bumirejo Elementary School. The purpose of this research is to improve the essay writing skills. This research is a collaborative classroom action research which is conducted in three cycles, each cycle consists of planning, acting, observation, and reflection. The subjects of the research were the 38 students at the fourth grader. Source of data in this study consisted of teachers, students, observers, and documents. Data collection techniques used test, observation, and interviews. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Analysis of data applied qualitative analysis technique, namely data reduction, data display, and drawing conclusion. The conclussion of research is the model implementation of Think Talk Write with graphics media can improve the skills of writing essay on fourth grader at the Fifth Bumirejo Elementary School 2014/2015 academic year. Keywords: think talk write, graphic media, writing Abstrak: Penerapan Model Think Talk Write dengan Media Grafis dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan di Kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru, siswa, observer, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Think Talk Write dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci: think talk write, media grafis, menulis PENDAHULUAN Keterampilan menulis meru-pakan kegiatan yang tidak ter-pisahkan dari proses pembelajaran. Proses belajar berbahasa selalu dimulai dengan urutan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menurut Tarigan (2008: 3), menulis merupakan suatu keterampilan ber-bahasa yang digunakan untuk ber-komunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan peneliti terhadap guru kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo pada tanggal 21 Januari 2015 menyatakan bahwa keterampilan menulis siswa khusus-nya dalam hal menulis karangan dapat dikatakan masih rendah. Hal tersebut didukung dengan daftar nilai keterampilan menulis siswa dari 38 siswa hanya 18 siswa atau 47,37% yang memenuhi KKM= 70. Banyak faktor yang menye-babkan rendahnya nilai keterampilan menulis karangan pada siswa, salah satunya guru cenderung melakukan pembelajaran yang bersifat satu arah, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif, pembelajaran terkesan mem-bosankan dan kurang bermakna. Berdasarkan hasil pra-tindakan yang dilakukan peneliti pada tanggal 9 April 2015 tentang menulis karangan narasi, rerata hasil belajar masih di bawah KKM (75) yaitu 53,95, dan ketuntasannya hanya mencapai 10,53%. Hal tersebut merupakan sebuah masalah yang harus dicari jalan keluarnya. Guru seharusnya menggunakan model serta media yang inovatif agar pembelajaran lebih bermakna dan siswa menjadi aktif. Salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya tentang keterampilan menulis karangan adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Alasan peng-gunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) ini didasarkan pada pertimbangan bahwa model pembelajaran ini mencakup tiga keterampilan berbahasa yang saling berkaitan satu sama lain yakni menyimak, berbicara, dan menulis. Hal ini didukung dengan pendapat Huda (2013: 218) yang menye-butkan, "Think Talk Write (TTW) adalah strategi yang memfasilitasi latihan berbahasa lisan dan menulis bahasa tersebut dengan lancar". Media pembelajaran yang cocok digunakan untuk mendukung model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan sesuai dengan pembelajaran bahasa Indonesia adalah media grafis. Hal tersebut dikarenakan media grafis dapat menarik perhatian siswa, memper-jelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat terlupakan bila tidak digrafiskan (Suwarna, 2006: 134). Yamin dan Ansari membagi langkah pembelajaran Think Talk Write (TTW) menjadi empat, yaitu: (1) guru memberikan masalah ber-sifat open-ended dan petunjuk serta prosedur pelaksanaannya, (2) siswa mulai memerhatikan gambar dan membuat catatan secara individu untuk dibawa ke forum diskusi (think), (3) siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman untuk membahas isi catatan (talk), (4) siswa mengonstruksi sendiri penge-tahuan sebagai hasil kolaborasi (write) (2008: 90). Pada penelitian ini penerapan model Think Talk Write dengan media grafis meliputi tujuh langkah, yaitu (1) guru menyampaikan materi pelajaran menggunakan media grafis, (2) siswa berpikir (think) dan mem-buat catatan kecil menggunakan media grafis, (3) siswa berkelompok secara heterogen, (4) siswa ber-diskusi (talk) membahas isi catatan menggunakan media grafis, (5) pre-sentasi kelompok, (6) siswa me-ngembangkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan (write) menggunakan media grafis, (7) guru memberikan evaluasi. Adapun media grafis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, gambar, gambar seri, poster, dan komik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah pene-rapan model Think Talk Write (TTW) dengan media grafis dapat mening-katkan keterampilan menulis kara-ngan di kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015? Berdasarkan rumusan ma-salah tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu, meningkatkan keterampilan menulis karangan melalui penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media grafis di kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015. METODE PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen pada semester II tahun ajaran 2014/2015, yakni dari bulan Januari sampai bulan Juni 2015 Subjek penelitian ini 38 siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Alat pengumpulan data yaitu instrumen tes berupa soal evaluasi, dan instrumen nontes berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Pelaksana tindakan ialah guru kelas IV. Observer dalam penelitian ini yaitu peneliti dan dua orang teman sejawat. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa tentang menulis karangan yang diperoleh dari tes tertulis, serta data kualitatif berupa gambaran pelaksanaan model TTW dengan media grafis yang diperoleh melalui observasi, wawan-cara, dan video. Penelitian ini meng-gunakan teknik triangulasi sumber yang berasal dari siswa kelas IV, teman sejawat, dan dokumen. Triangulasi teknik dengan observasi, wawancara, dan tes. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. HASIL DAN PEMBAHASAN Penelitian terhadap kete-rampilan menulis karangan siswa kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo dilaksanakan dengan menerapkan model TTW dengan media grafis yang sesuai dengan langkah-langkah penerapannya. Penelitian ini di-laksanakan dalam tiga siklus. Setiap sikus terdiri dari dua pertemuan, dengan alokasi waktu 2 x 35 menit tiap pertemuan. Data hasil observasi dari 3 observer terkait penerapan model TTW dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan menulis karangan oleh guru dan siswa pada siklus I, II, dan III sebagai berikut: Tabel 1. Perbandingan Penerapan Model TTW dengan Media Grafis Penerapan model TTW dengan media grafis Guru Siswa Rerata % Rerata % Siklus I Siklus II Siklus II 2,57 3,50 4,00 64,30 87,55 100 2,57 3,50 4,00 64,30 87,54 4,00 Berdasarkan tabel 1, dapat disimpulkan bahwa skor rerata penerapan model TTW dengan media grafis oleh guru mengalami pening-katan 23,25% dari siklus I 2,57 men-jadi 3,50 pada siklus II, meningkat kembali sebesar 12,45% dari siklus II 3,50 menjadi 4,00 pada siklus III, sedangkan pembelajaran yang di-laksanakan siswa terkait penerapan model TTW dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan menulis karangan mengalami pe-ningkatan pada siklus I, II, dan III sebesar 23,24% dari siklus I 2,57 menjadi 3,50 pada siklus II, mening-kat kembali sebesar 12,46% dari siklus I
PENGGUNAAN MODEL MURDER DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SELANG TAHUN AJARAN 2014/2015 Permatahati, Diyan Riski
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.708 KB)

Abstract

Abstract: The Application of MURDER Model Using Image Media in Improving Natural Science Learning at The Fourth Grade Students of SDN 1 Selang in the Academic Year of 2014/2015. The objectives of this study are: learning improvement of natural science learning by implementing MURDER model using image media, describe the steps of application MURDER model using image media, and to describe problems and solutions in the application of MURDER model using image media. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles, consisting of planning, implementation, observation, and reflection on each cycle. The subject of this research was 23 students. The conclusion of this research is the application of MURDER model using image media can improve natural science learning outcomes for the fourth grade students of SDN 1 Selang in the academic year of 2014/2015.Keywords: MURDER Models, Image Media, Science Abstrak: Penggunaan Model MURDER dengan Media Gambar dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Selang Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan pembelajaran IPA menggunakan model MURDER dengan media gambar, mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model MURDER dengan media gambar, dan mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model MURDER dengan media gambar. Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek pada penelitian ini berjumlah 23 siswa. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model MURDER dengan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 1 Selang tahun ajaran 2014/2015.Kata Kunci : Model MURDER, Media Gambar, IPA

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue