cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 10 Documents clear
PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 4 PANDANSARI TAHUN AJARAN 2012/2013 Permono, Puji
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.301 KB)

Abstract

Abstract: The use of Model Contextual Teaching and Learning (CTL) for Improved Learning Addition Denomination in Class V Elementary School. The purpose of this study is to describe the implementation of the Contextual Model (CTL) in the improvement of mathematics instruction on the sum of fractions in fifth grade elementary school students and to determine the method of contextual constraints and solutions in improving math learning fractions in the sum Elementary School fifth grade students. This study uses classroom action research. Subjects in this study were fifth grade students of SDN 4 Pandansari who were 30 students consisted of 13 male students and 17 female students. The experiment was conducted in three cycles and each cycle two meetings. The results showed that the use of learning models Contextual Teaching and Learning (CTL), can increase the sum Denomination Learning in Class V. Selection of appropriate learning model is an alternative that can be taken.   Keywords: Models Contextual Teaching and Learning (CTL), Improved Learning, Addition Smithers   Abstrak: Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Peningkatan Pembelajaran Penjumlahan Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan model Kontekstual (CTL) dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang penjumlahan pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar dan untuk mengetahui kendala dan solusi metode Konstekstual dalam peningkatan pembelajaran matematika penjumlahan pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Pandansari yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan  dalam tiga siklus dan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dapat meningkatkan Pembelajaran Penjumlahan Pecahan pada Siswa Kelas V. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Peningkatan Pembelajaran, Penjumlahan Pecahan
PENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN PATEMON TAHUN AJARAN 2012/2013 nugraeni, dwi nuni
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.003 KB)

Abstract

Abstract: Application of CTL approach by Using Concrete Objects in Science Student Learning Improvement 5TH Grade SDN Patemon in Academic Year 2012/2013. This study aimed to describe:(1) the implementation of CTL approach with concrete objects in an increase in media science,(2) constraints and applications solutions CTL approach with concrete objects media in increasing students learning science. Fifth grade students of SDN Patemon consist of 30 students. This research is a classroom action research was conducted in three cycles, each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. Data collecting methods are collected through observation, interview, test, and documentation. The validity of data using the source triangulation. The data Analysis is used by this research in kuantitatif and kualitatif data analysis. Results of this study indicate that the application of this approach to media CTL concrete objects can improve science teaching fifth grade students of SDN Patemon Academic Year 2012/2013. Keywords: CTL Approach, Concrete Media Objects, Learning Science   Abstrak: Penerapan Pendekatan CTL dengan Media Benda Konkret Dalam Peningkatan   Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN Patemon Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pendekatan CTL dengan media benda konkret dalam peningkatan pembelajaran IPA, (2) kendala dan solusi penerapan pendekatan CTL dengan media benda konkret dalam peningkatan pembelajaran IPA. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Patemon sejumlah 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan CTL dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Patemon Tahun Ajaran 2012/2013.   Kata Kunci: Pendekatan CTL, Media Benda Konkret, Pembelajaran IPA
MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) DENGAN MEDIA KIT LISTRIK DAN ANIMASI KOMPUTER DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016 Susilo Eksan, Moh. Budi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.78 KB)

Abstract

Abstract: Learning Cycle (LC) Models with kit electrical and computer animation Over Viewed from Student Motivation at The sixth Grade Students of SDPlus Rahmat Kediri in The Academic Year of 2015/2016. The purposes of this research were to know : 1) the effect of student achievement between student who learnt using Learning Cycle (LC) Models with kit electrical and computer animation  methods, 2) the effect of student achievement between student who had high and low motivation, 3) the interaction between methods and motivation toward student achievement. From the data analysis can be concluded that : 1) there was an effect of student achievement between student who learnt using Learning Cycle (LC) Models with kit electrical and computer animation  methods (P= 0,20); 2) there was an effect of student achievement between student who had high and low motivation, (P= 0,23) 3) there was an  interaction between methods and motivation toward student achievement (P= 0,355)Keywords: Learning Cycle, motivation, student achievement.             Abstrak: Model pembelajaran Learning Cycle (LC) dengan kit animasi listrik dan komputer ditinjau dari Motivasi siswa di kelas enam SD Plus Rahmat kota  Kediri pada  Tahun Akademik 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh prestasi siswa antara siswa yang belajar menggunakan Learning Cycle (LC)  dengan metode kit listrik dan komputer animasi, 2) pengaruh prestasi siswa antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah , 3) interaksi antara metode dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh prestasi siswa antara siswa yang belajar menggunakan Learning Cycle (LC) dengan metode kit listrik dan komputer animasi (P = 0,20); 2) ada pengaruh prestasi siswa antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah, (P = 0,23) 3) ada interaksi antara metode dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa (P = 0,355)Kata Kunci: Siklus belajar, motivasi, prestasi siswa
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KUTOSARI Vitasari, Rizka
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.085 KB)

Abstract

Abstract: The Improvement Activity and Learning Result Mathematics through Problem Based Learning Model V Grade Students of State Elementary School 5 Kutosari. The purpose of this research are: (1) describing the application of Problem Based Learning models, (2) improving of activity, and (3) improving of learning result mathematics. This research is a Collaborative Classroom Action Research. Subject of this research is a students in V grade total 16 students. Procedure research are, action, observation, and reflection. There are in two cycle, each cycle three meeting. The data collection technique is testing the results of observation, interviews, questionnaires and tests. The validity of data using triangulation source and triangulation techniques. Data analysis using quantitative analysis techniques and qualitative analysis, including data reduction, presentation of data, and verification. The results show that the application of Problem Based Learning models can be improve the activity and learning result in mathematics elementary school fifth grade students. Keyword: Problem Based Learning, activity, learning result, Mathematics Abstrak: Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning, (2) meningkatkan keaktifan, dan (3) meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 16 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif, meliputi reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Leaning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar.   Kata Kunci: Problem Based Learning, keaktifan, hasil belajar, Matematika
PENGGUNAAN PAIRED STORYTELLING UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PROKLAMASI DAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESISA SISWA KELAS V SD Maemunah M, Siti
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.39 KB)

Abstract

Abstract: The use of Paired Storytelling for Improving Learning of Social Studies about Proclamation and Struggle Keep Independence of Indonesia on The Student of Fifth Grade State Elementary School. The purpose of this research is to: improve learning of social studies about proklamation and struggle keep independence of Indonesia on the student of fifth grade state elementary school. The research consist of three cycles. The subjects of this researh are all students in the fifth grade of state elementary school 1 Dorowati which consist of 22 students. Sources of data in this study are students, peers, researchers, and documents. Data collection techniques that use in collecting the data were observation, documentation, interview, and testing. The validity of the data using triangulation sources and method. Data analysis in this study is a descriptive analysis techniques which include data reduction, data display, and conclusion. The results showed that the use of tecnic of Paired Storytelling, can improve student learning of social studies about proklamation and struggle keep independence of Indonesia on the student of fifth grade state elementary school. Keywords: Paired Storytelling, Social Studies Learning.   Abstrak: Penggunaan Teknik Paired Storytelling untuk Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Proklamasi dan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan pembelajaran IPS tentang proklamasi dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Dorowati yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, teman sejawat, peneliti dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Bentuk analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik Paired Storytelling, dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang proklamasi dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa  kelas V SD.   Kata Kunci: Teknik Paired Storytelling, Pembelajaran IPS.
PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KARANGSARI kusuma wardani, andriani cahya
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.108 KB)

Abstract

Andriani Cahya Kusuma Wardani1, Suhartono2, M.Chamdani3 PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS 2 3 Dosen PGSD FKIP UNS Email: andricahya14@yahoo.co.id   Abstract: This study aims to: describe the process of learning and improving writing skills with media images. This research is a classroom action research was conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. Data source is the students, peers, documents, and researcher. Collecting data through observation, tests and interviews. The validity of the data using triangulation techniques. Analysis of the research is a descriptive analysis kualititif and descriptive statistical analysis. The results show that: the application of media images can improve writing skills with six steps: (1) interaction, (2) questions and answers, (3) A description of the material, (4) Write a story or a description based on media image, (5) Reading the writings and (6) Reflection. Keywords: Media Picture, Writing Skills   Abstrak: Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan menulis dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber datanya adalah siswa, teman sejawat, dokumen, dan peneliti. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis penelitian berupa analisis deskriptif kualititif dan analisis statistik deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa: penerapan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis dengan enam langkah yaitu: (1) Interaksi, (2) Tanya jawab, (3) Penjelasan materi, (4) Menulis cerita atau deskripsi berdasarkan media gambar, (5) Membacakan hasil tulisan, dan (6) Refleksi.   Kata Kunci: Media Gambar, Keterampilan Menulis
PENGGUNAAN TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR Sari, Evi Kartika
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.92 KB)

Abstract

  Abstract: Application of Type Number Head Together (NHT) By Using Figures Media in Improving Fraction Learning in Primary School. This Study aims to describe of using type NHT, knowing improved learning outcomes fractions fourth grade students elementary school ,and  to find problems with solutions the using of NHT. The subject of this study is Fourth grade students of SDN Kuwaru which consists of 30 Students. This study is conducted in three cycles, each cycle consists of planning, action, observation, and documentation. Data collection techniques are test, observation, and documentation. The validity of the data used is triangulation method. Data analysis uses qualitative and quantitative analysis. The result showed that the using of NHT appropriate with steps can to increase learning fractions the class IV grade students elementary school. Keywords: Number Head Together (NHT), Figures Media, Learning Fraction. Abstrak: Penggunaan Tipe Number Head Together (NHT) dengan Media Gambar dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan tipe NHT, mengetahui peningkatan hasil belajar pecahan siswa kelas IV SD,dan menemukan kendala serta solusi dari penggunaan tipe NHT. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kuwaru sejumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan NHT yang sesuai dengan langkah-langkah dapat meningkatkan pembelajaran pecahan siswa kelas IV SD.   Kata kunci: Number Head Together (NHT), Media Gambar, Pembelajaran Pecahan.
PENGARUH MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA Cahyono, Dani
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.129 KB)

Abstract

Dany Warih Cahyono1), Suwarto WA2), Djaelani3) PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Slamet Riyadi No. 449, Surakarta 57126 e-mail: danywarih@gmail.com   Abstract: The Influence Cooperative Model STAD Type Toward Learning Result of Social Studies About preparation of Indonesian independence. The purpose of this research to know the influence of cooperative model of Student Teams Achievement Divisions (STAD) type for social sciences learning result about preparation of Indonesian independence. This research is a experimental research. The research design used post tests only control group design. The sampling technique used was cluster random sampling. According to the result of hypothesis analysis in 5% significance got tcount > ttable (4,271 > 1,99). The conclution of this research  there are influence on the usage of cooperative model type Student Teams Achievement Divisions (STAD) to social science learning result about preparation of Indonesian independence. Key words: STAD, Social studies   Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu post test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (4,271 > 1,99). Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia.   Kata kunci: Student Teams Achievement Divisions, IPS
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA KELAS V SDN 1 WALUYOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Sulistiyowati, Eni
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.179 KB)

Abstract

Abstract: Implementation of Cooperative Learning Model Numbered Head Together (NHT) with Concrete Media in Improving Learning Fractions 5th Grade Student of SDN 1 Waluyorejo 1 in Year 2012/2013. The study aimed to (1) describe the application of learning models, (2) describing the increase of learning, (3) describe the problems and their solutions in the implementation of Cooperative Learning Model Numbered Head Together (NHT). This research subjects is five grade the thirdteen studen of first elementary school Waluyorejo. The experiment was conducted in three cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Data collection techniques with engineering tests, observations, interviews, and dokumentation. Test the validity of using triangulation. Data analytis with qualitative and quantitative. The result show the cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) with concrete media, so as to improve fractions 5th grade student. The percentage of completeness praexecuted new student reaches 30%, after executed action on cycles I increased to 81,3%, cycles II 88,5%, and cycles III 91,5%. Keywords: Numbered Head Together, Concrete Media, Fractions Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan Siswa Kelas V SDN 1 Waluyorejo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran, (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Waluyorejo sejumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji Validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran pecahan siswa kelas V SD. Pada pratindakan persentase ketuntasan siswa 30%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 81,3%, siklus II 88,5%, dan siklus III 91,5%.   Kata kunci: Numbered Head Together, Media Konkret, Pecahan.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS IV SDN 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 20012/2013 maisaroh, Dwi Rofi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.273 KB)

Abstract

Abstract: Application of Cooperative Learning Type NHT (Numbered Heads Together) with Images Media for Improved Learning Outcomes Smithers fourth Grade Students Elementary School Bandung 1 in Year 2012/2013. This study aimed to describe: (1) the application of cooperative learning with media images Numbered Heads Together for yield enhancement learn about fractions Elementary School fourth grade students. (2) the constraints and solutions application of cooperative learning type Numbered Heads Together with images media for yield enhancement learn about fractions Elementary School fourth grade students. The subjects were fourth grade students of Elementary School year 2012/2013 a total of 36 students. The experiment was conducted in three cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Techniques of collecting data through observation, interviews, test and documentation. The results show that application of cooperative learning with images media Numbered Heads Together can improve learning outcomes of fractions Elementary School fourth grade students. Keywords: NHT, image media, learning fraction outcomes.   Abstrak: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Media Gambar untuk Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Siswa Kelas IV SDN 1 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media gambar untuk peningkatan hasil belajar tentang pecahan siswa kelas IV SD. (2) kendala dan solusi penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media gambar untuk peningkatan hasil belajar tentang pecahan kelas IV SD. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Bandung TA 2012/2013 berjumlah 36 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar tentang pecahan siswa  kelas IV SD.   Kata Kunci: NHT, media gambar, hasil belajar pecahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue