cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 9 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Muji Rahayu, Okmi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.786 KB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 4 Karangduwur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Karangduwur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, sumber, metode dan alat. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD N 4 Karangduwur Tahun Ajaran 2012/2013.
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN 3 PANJER Puspitawarti, Dien
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.728 KB)

Abstract

Abstract: The Applying of CTL and Concrete Object media in Improving of Natural Science Learning in III SDN  3 Panjer. The aims of this research is discribing applying of CTL and Concrete Object media in Natural Science learning and improve Science Learning in III grade of Elementary School. Subject of this research is a students in III grade by consist of 26 students. This research is a Collaborative Classroom Action Research. Procedure research are planning, action, observation, and reflection. This research in two cycle, each cycle three meeting. The result of research indicate that applying of CTL  and Concrete Object media can improve Natural Science Learning in III grade Elementary School. Keyword: CTL, Concrete Object media, Natural Science learning. Abstrak: Penerapan Model Contextual Teachinag and Learning (CTL) dan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Panjer. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model  CTL dan Media Benda Konkret dalam pembelajaran IPA dan meningkatkan pembelajaran IPA pada kelas III Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus tiga pertemuan. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model  CTL dan Media Benda Konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas III Sekolah Dasar.   Kata Kunci: model CTL, Benda Konkret, IPA.
PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING DENGAN BENDA NYATA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR sutarmi, sutarmi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.51 KB)

Abstract

Abstract: Application of guide inquiry method with real things in increase peaces learning of fourth grade students elementary school. This Research aimed is describe applied of guide inquiry with real things in increase peaces learning of fourth grade elementary school. This research is a collaborative action research with conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research were the fourth grade students of SDN 2 Waluyorejo which consist of 27 students, .The results show that The Application of Guide Inquiry Method with Real Things can  Increase Peaces Learning   of Fourth Grade Students. Keywords: Guide Inquiry Method, Increase Learning, Pieces Number Abstrak: Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing dengan Benda Nyata dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan  penelitian ini adalah medeskripsikan penerapan metode inkuiri terbimbing dengan benda nyata dalam peningkatan pembelajaran pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Waluyorejo yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing dengan benda nyata dapat meningkatkan pembelajaran Pecahan bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar.   Kata Kunci : Metode Inkuiri Terbimbing, Peningkatan Pembelajaran, Bilangan   Pecahan
PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SEKOLAH DASAR Retnosari, Rita
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Graphic Media with Contextual Teaching Learning in Improving English Learning Grade IV State Elementary School 3 Panjer. The purpose of research to describe model procedures graphic media with contextual teaching learning in improving English in state elementary school 3 Panjer. This research is Classroom Action Research (CAR) using a research design cycle. Subject this research Elementary School students in grade IV state elementary school 3 Panjer amounting to 24 students, consisting of 12 males and 12 female. This study was conducted in 3 (three) cycles. Each cycle consists of four elements, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results showed The Contextual Teaching Learning Aplication with Graphic Media in Improving English Skills. The improvement could be proved by the fact that the learning process of English was above the criteria of succes(90%) and  80% students whose learning result were above criteria minimum scores (70). Keyword: Contextual Teaching Learning, Graphic Media, English.Abstrak: Penggunaan Media Grafis dengan Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Panjer. Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan prosedur penggunaan media grafis dengan pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di sekolah dasar Negeri 3 Panjer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD N 3 Panjer yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media grafis dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Hal tersebut dibuktikan dengan proses pembelajaran bahasa Inggris melebihi indikator kinerja (90%) dan hasil belajar siswa mencapai nilai minimal KKM (70) lebih dari 80%. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Media Grafis, Bahasa Inggris 
PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ROHMAH, ULFATUN
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The application of inquiry method in science learning fourth grade students at Mangli elementary school. This research aims to: (1) improve science learning fourth grade students at Mangli elementary school, (2) describe an increase in science learning fourth grade students at elementary school Mangli. This research was a collaborative classroom action research was conducted in two cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The subjects were fourth grade students at elementary school. The results showed that: (1) by applying inquiry method science learning fourth grade students at elementary school be increased, (2) inquiry method can increase the science learning fourth grade students at elementary school with steps which include orientation, formulate problems, formulate hypotheses, collecting data, testing hypotheses, and making conclusions. Keywords: Inquiry Method, Science Learning.   Abstrak: Penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Mangli, (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Mangli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus 1 siklus terdiri dari 3 pertemuan, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mangli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dengan menerapkan metode inkuiri, pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Mangli dapat meningkat, (2) metode inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Mangli dengan langkah-langkah yang meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Kata Kunci: Metode Inkuiri, Pembelajaran IPA.
PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGSARI PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 sari, maretna
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The use of Method Make a Match in Fraction Learning Improvement In Fourth Grade Elementary School Students Kedungsari APurworedjo Academic Year 2012/2013. This study aims to: describe the use of the method make a match and find obstacles and solutions. This research method is Classroom Action Research (CAR) consists of three cycles with 19 student subjects. Constraints in this study is in the early preparatory meeting is not maximized, students do not pay attention to the learning activities, as well as in the distribution of the group is still difficult. Results showed that: the use of the method make a match can enhance learning fractions.   Keywords: Make a Match;  Fractions; Learning   Abstrak: Penggunaan Metode Make a Match dalam  Peningkatan Pembelajaran Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kedungsari Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan : mendeskripsikan penggunaan metode make a match dan menemukan kendala beserta solusi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus dengan subyek 19 siswa. Kendala dalam penelitian ini yaitu pada awal pertemuan persiapan belum maksimal, siswa tidak memperhatikan kegiatan pembelajaran, serta dalam pembagian kelompok masih kesulitan. Hasil menunjukkan bahwa: penggunaan metode make a match dapat meningkatkan pembelajaran bilangan pecahan.   Kata Kunci: Make a Match;  Bilangan Pecahan; Pembelajaran
PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 4 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2012/2013 sulistyowatiningsih, diyan
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrack: Usage Model Make a Match within Matemtaika Improved Student Learning Elementary School 4th Grade II Pejagoan Academic Year 2012/2013. The purpose of this study is to describe the steps using models Make a Match in improving mathematics learning. This study uses classroom action research was conducted in three cycles comprising the steps of planning, action, observation and reflection. Subjects were grade II SD. Data collection technique uses observation, testing, and documentation. Data validation using triangulation techniques. Data analysis using descriptive statistics and qualitative analysis. The results showed that the use of the model right Make a Match can improve the learning of mathematics. Keyword: Make a Match, Improved Learning Mathematics Abstrak: Penggunaan Model Make a Match dalam Peningkatan Pembelajaran Matemtaika Siswa Kelas II SD Negeri 4 Pejagoan Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Make a Match dalam peningkatan pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD. Teknik pengumpulan data menggunaan observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Make a Match yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran matematika. Kata kunci : Model Make a Match, Peningkatan Pembelajaran Matematika
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN PANJATAN estiningtyas, woro rukmi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Application Cooperative Learning Model of CIRC Type in Increasing of Comprehension Reading Skills on 4th Grade SDN Panjatan. The purpose research to describe model procedures cooperative learning model of CIRC type increasing reading comprehension skills in SDN Panjatan. This research utilize Classroom Action Research (CAR). Actions observational procedure consists of planning, action, observation, and reflection. Action performing is performed in two cycles. The subjects were 4th grade in SDN Panjatan with total 31 students. The data collection technique using observation, questionnaires, interview, and test. The conclusion of this study is the application CIRC type of a cooperative learning model can increasing the comprehension reading skills on 4th grade SDN Panjatan. Keyword: CIRC, Reading Comprehension   Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Panjatan. Tujuan penelitian adalah  mendeskripsikan prosedur penggunaan model kooperatif tipe CIRC yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman di SDN Panjatan. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Panjatan sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan datanya observasi, kuesioner, wawancara, dan tes. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Panjatan.   Kata Kunci: CIRC, Membaca Pemahaman
PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR prasetyo, anggriawan nova
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Use of Contextual Approach in Improving Poem Writing Ability at The Fifth Grade Elementary School. The purposes of this research was to improve poem writing ability the fifth graders elementary school by using contextual approach. This research was conducted in three cycles consisting of planning, acting, observing, and reflecting. The research subjects were students and teacher. The source data were the teacher, students, observers. Data collection techniques using test, observation, and interviews. Validity data using triangulation techniques and triangulation sources. Analysis of the data used in this research was interactive descriptive. The results of this research showed that the use of contextual approach can improve poem writing ability the fifth graders elementary school. Keyword: approach, contextual, poem writing ability Abstrak: Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V sekolah dasar dengan pendekatan Kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru. Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan deskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V sekolah dasar.   Kata kunci: pendekatan, kontekstual, kemampuan menulis puisi

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue