cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 10 Documents clear
PENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN JEMUR LUKMAN, BUDI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Implementation of Constektual Phenomenological in Improving Science of Natural Resources State Class IV SD Jemur. The purpose of this study is to describe the procedures for using a Pendekatan Konstektual that can enhance science learning and describe the constraints and their solutions from the use of a Pendekatan Konstektual. This research is Classroom Action Research (CAR) conducted in 3 cycles with each cycle consisting of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques are observation, interview and test. The validity of the data sources and using triangulation techniques. The results showed that the Pendekatan Konstektual can enhance science learning. Keywords: Pendekatan Konstektual, learning sains Abstrak: Penerapan Pendekatan Konstektual dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jemur. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA dan mendeskripsikan kendala beserta solusi dari penerapan pendekatan konstektual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstektual dapat meningkatkan pembelajaran IPA.   Kata kunci: pendekatan konstektual, pembelajaran IPA
PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD khasanah, nur
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.036 KB)

Abstract

Nur Khasanah 1, Suhartono 2, Ngatman 3 1 Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen 2 3 Dosen FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen Jalan Kepodang 67 A Telp (0287) 381169 Kebumen 54312 e-mail : gondallique@yahoo.co.id Abstract: The Used of Numbered Heads Together (NHT) Model On Science Learning at  The Fifth Grade of State Elementary School. The purpose of this research is to improve the learning of science learning at the fifth grade of elementary school with Numbered Heads Together (NHT) model. This research was collaborative classroom action research was conducted in two cycles and each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The objects of this research were students at the fifth grade of elementary school. The techniques collecting data used observation, interviews, and tests. The validity of the data used triangulation. The result of this research is the use of Numbered Heads Together (NHT) learning model could improve the learning of science learning at the fifth grade state elementary school. Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Science Learning, fifth grade   Abstrak: Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SD dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SD. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), pembelajaran IPA, kelas V
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PAGUBUGAN KULON 04 TAHUN AJARAN 2012/2013 kurniawan, adi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: THE USE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE ?TAI? INIMPROVING STUDENT MATH LEARNING OUTCOMES IN THE FIFTH GRADERS OF SDN PAGUBUGAN KULON 04 IN THE ACADEMIC YEAR 2012/2013. The purpose of this research is to improve the learning outcomes of mathematics with material fraction arithmetic operations fifth grade elementary school students to use learning model type TAI. This study was conducted in three cycles. Each cycle consists of the planning, execution, observation, and reflection. The subjects were fifth grade elementary school students. Data sources of this study are students, teachers, and observers. Data was collected with tests and non-test techniques. The validity of the data using triangulation techniques and triangulation of data collection sources. Conclusion of this study is the use of TAI cooperative learning model to improve learning outcomes in mathematics fifth grade elementary school students. Keywords: TAI (Team Assisted Individualization), increase math learning outcomes   Abstrak: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN PAGUBUGAN KULON 04 TAHUN AJARAN 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan materi operasi hitung pecahan  siswa kelas V SD dengan penggunaan model pembelajaran tipe TAI. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi pengumpulan sumber. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD.   Kata kunci: TAI (Team Assisted Individualization), Peningkatan hasil belajar matematika
PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD septi, niken
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.965 KB)

Abstract

Niken Septiasih1, Suhartono2, Tri Saptuti Susiani3 1 Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen 2 3 Dosen FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen Jalan Kepodang 67 A Telp (0287) 381169 Kebumen 54312 e-mail : niken_septiasih@yahoo.com Abstract: The Use of Guided discovery Method in Improving The Learning Science at The Fourth Grade of State Elementary School. Purposes of this research to the improve the learning of science at the fourth grade of elementary school with guided discovery method. This research was collaborative classroom action research. The experiment was conducted in two cycles and each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of research were students at the fourth grade of elementary school The tech-niques collecting data used observation, interviews, and tests. The validity of using tri-angulation of data sources and techniques. The result of research could concluded that the use of the guided discovery method could improve the learning of science at the fourth grade state elementary school. Keywords: discovery, guided discovery, Science learning Abstrak: Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SD dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ko-laborasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data meng-gunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan me-tode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SD. Kata Kunci: penemuan, penemuan terbimbing, pembelajaran IPA  
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DALAM PENINGKATAN MEMBACA KALIMAT DENGAN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KENOYOJAYAN TAHUN AJARAN 2012/2013 subadriyah, subadriyah
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.942 KB)

Abstract

Oleh: Subadriyah1, Triyono2, Joharman3 FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret e-mail: ncup_upye@yahoo.com Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran literasi dalam peningkatkan membaca kalimat dengan aksara jawa siswa kelas IV SDN Kenoyojayan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Simpulan penelitian ini Penerapan model pembelajaran literasi dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat dengan aksara jawa siswa kelas IV   Kata Kunci: Model pembelajaran literasi, membaca kalimat, aksara jawa. Abstract: The purpose of this study To describe the application of the model in improving read sentences with java script fourth grade students of SDN Kenoyojayan Academic Year 2012/2013. This research is a classroom action research and implemented in three cycles with each cycle consisting of two meetings. Each meeting consists of planning, action, observation, and reflection. Source data came from students, peers, teachers, and documents. Data collection techniques are observation, interviews, and tests. The validity of the data using triangulation techniques and sources. Analysis of the data in this study is qualitative and quantitative data analysis. Conclusions: The application of research literacy learning model can improve the ability to read a sentence with java script Keywords: literacy learning of models, sentences reading, java script.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV nurkhayati, asih
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan hasil belajar matematika; (2) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan hasil belajar matematika.  Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi waktu. Data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini: (1) penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan proses hasil belajar matematika; (2) kendala yang muncul yaitu guru kurang mengembangkan materi, sedangkan solusinya guru sudah mengembangkan materi.   Kata kunci: Tipe STAD, Peningkatan Hasil Belajar, Matematika   Abstract. COOPERATIVE MODEL APPLICATION TYPE STAD (STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION TEAMS) INCREASE IN LEARNING MATHEMATICS IN CLASS IV. This study aims to: (1) to describe the application of the model STAD cooperative in improving mathematics learning outcomes, (2) describe the challenges and solutions STAD cooperative implementation of the model in improving math learning outcomes. Data sources of this study are students, teachers, and documents. Data collection techniques used observation, interviews, and tests. The validity of the data using triangulation of data sources and triangulation time. Data in the form of qualitative data and quantitative data. Conclusions of this study: (1) the application of STAD cooperative models can improve the process of mathematics learning outcomes, (2) problems were encountered less developed material that teachers, while teachers have developed a material solution.
PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA aji pamungkas, weka
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : The UseModel Of Contextual Teaching And Learning In Improving SainsLearning In Fourth Grade Student.This study aims to: describe the process of learning and increase learning Sains.Fourth grade students study subjects SDN 5 Kebumen. Based on theresults of the research studyquality increased from the firstcycle, second cycle and third cycle. I suklusstudent activity 68,82%, the second cycle is 80,15% can be concludedin the first cycle showed an increase compared to the prior action. Beforethe action of students scoring above the KKM (75)is 18 students or46,15% with anaverage value of 63. In the first cycle of students who scored above KKM(75) is 25students or 64,10%with an average of 72,69% in the second cycle 71,79% and third cycle reaches100%.Keywords: contextual teaching and learning, Sains, ImprovedLearning Abstrak:: Penggunaan Model Contextual TeachingAnd Learning dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan : mendeskripsikan proses pembelajaran dan peningkatan pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalahdengan menggunakan pendekatan ContextualTeaching and Learning. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 5 Kebumen.Berdasarkan hasil penelitian kualitas pembelajaran mengalami peningkatan darisiklus I, siklus II, dan siklus III. Hal ini dapat dibuktikan dengan presentasepenilaian proses pada siklus I sebesar 63,3 % menjadi 79,8 % pada siklus II danmeningkat menjadi 83,6 pada siklus III. Perbandingan persentase ketuntasan belajar dari kondisi awal hanya 41,18%,meningkat menjadi 82,35 % pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,23% dan padasiklus III memperoleh 94,12 %.  Kata Kunci: Contextual TeachingAnd Learning, IPA, PeningkatanPembelajaran
PELAKSANAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PERAGA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA Astuti, Dwi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.139 KB)

Abstract

Oleh: Dwi Astuti 1, Suhartono 2, Warsiti 3 FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret 1 Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNS 2, 3 Dosen S1 PGSD FKIP UNS e-mail: dwiastuti.setiyawan@ymail.com Abstrak. PELAKSANAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PERAGA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dengan peraga konkret dalam pembelajaran IPA; (2) meningkatkan pembelajaran IPA dengan peraga konkret.  Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi waktu. Data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini: (1) pelaksanaan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dengan peraga konkret dapat meningkatan pembelajaran IPA; (2) peningkatan pembelajaran IPA pada siklus I dengan ketuntasan 90,63%, siklus  II 93,75%,  siklus III  98,88%. Kata kunci: STAD, Peraga Konkret, Peningkatan Pembelajaran,IPA   Abstract. COOPERATIVE MODEL TYPE OF STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION TEAMS (STAD) FIGURE WITH CONCRETE IN ENHANCING LEARNING IPA. This study aims to: (1) describe the implementation of student teams achievement division (STAD) cooperative models with concrete props in science teaching, (2). improving science teaching with the teaching of concrete. Data sources of this study are students, teachers, and documents. Data collection techniques using observation, testing, interviews, questionnaires, and documentation. The validity of the data using triangulation of data sources and triangulation time. Data in the form of qualitative data and quantitative data. Conclusions of this study: (1) the implementation of student teams achievement division (STAD) cooperative models with concrete props can improve science learning, (2) an increase in learning science in the first cycle with a mastery 90.63%, 93.75% second cycle, third cycle 98.88%. Key words: STAD, Figure Concrete, Improved Learning, Science
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 CILANGKAP TAHUN AJARAN 2012/2013 Dwijatmiko, Evik
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.157 KB)

Abstract

Abstrak: Contextual Learning Model Application In Improving Student Learning Outcomes In Class IV IPS SD 3 Cilangkap State Academic Year 2012/2013. This research aims to raise the SDN 3 Cilangkap students result learn of Sains of society at odd semester 2012/2013. Subyek from this research is student of class four.This research was done with three cycles with two meeting times for each. There are four step in each cycle. The step are: preparation, do the action, observation, and reflection. The research is making contextual model learning whose seven step, there are constructivism, inkuiry, community learning, modeling, questioning, reflection, and autehentic assessment. The result of this research is that contextual model learning make students active at learn, make students spirit in learning, and train responsibility. So contextual model learning can raise te students result learn. Studies is low as the value of thoroughness last sikus has reached 80%.Keywords: contextual model learning, result, sains of society. Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Cilangkap Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Cilangkap tahun Ajaran 2012/2013. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan tiga siklus dengan masing-masing dua pertemuan di setiap siklusnya. Ada empat langkah disetiap siklusnya. Langkah tersebut yaitu:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran kontekstual memiliki tujuh tahapan yaitu kontruktivisme, inkuiri, masyarakat belajar, permodelan, bertanya, refleksi, dan penilaian autentik. Hasil penerapan model ini dapat meningkatkan keaktifan siswa, membuat siswa bersemangat, dan siswa semakin bertanggungjawab. Sehingga model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian dinyatakan berhasil karena nilai ketuntasan sikus terakhir telah mencapai 80%. Kata Kunci: Model pembelajaran kontekstual, hasil, IPS
PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD wahyuni, dian
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.345 KB)

Abstract

Dian Wahyuni1, Suhartono2, Tri Saptuti Susiani3 1 Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen 2 3 Dosen FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen Jalan Kepodang 67 A Telp (0287) 381169 Kebumen 54312 e-mail : dianahmad001@gmail.com   Abstract: The Used of Cooperative Model Think Pair Share Type in Improving The Mathematics Learning For The Fifth Grade of State Elementary School. The purposes of this research are to improve the Mathematics learning for the fifth grade of elementary school with the use of cooperative model Think Pair Share type. This research was collaborative classroom action research. The experiment was conducted in three cycles and each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of research were students at the fifth grade of elementary school. The techniques collecting data used observation, interviews, and tests. The validity of the data used triangulation. The result of research could concluded that the use of the cooperative model of Think Pair Share type could improve the learning of Mathematics Learning at the fifth grade state elementary school. Keywords: cooperative model, think pair share, mathematics Abstrak: Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V SD dengan penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran Matematika kelas V SD. Kata Kunci: model kooperatif, think pair share, matematika

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue