cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 15 Documents clear
PENERAPAN TEKNIK INFO BERANTAI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2012/2013 Lembayung, Anjar
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.024 KB)

Abstract

Anjar Lembayung1, Wahyudi2, Kartika Chrysti3 PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen Email : lembayung_wayhu@yahoo.com 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS 2 3 Dosen PGSD FKIP UNS   Abstract: The application of information chain technique in increasing English Learning 4th Grade SD Negeri 2 Karangsari 2012/2013 Academic Year. The purpose of this research to describe the application of information chain technique in increasing English Learning and find problems with solution. This research is used Classroom Action Research method and implemented in three cycles and the subjects of research were 31 students 4th grade. The results showed that: the application of information chain technique can improve English Learning 4th Grade Student. Keywords: Information Chain Technique, English, Learning   Abstrak: Penerapan Teknik Info Berantai dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karangsari Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran teknik info berantai dalam peningkatan  pembelajaran Bahasa Inggris dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa: penerapan teknik info berantai dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV. Kata Kunci: Teknik Info Berantai, Bahasa Inggris, Pembelajaran
PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN 2 KARANGGADUNG TAHUN AJARAN 2012/2013 UTAMI, RESTI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.009 KB)

Abstract

Abstract: The use of Flip Media Capacity Chart in Figure Series Writing Essay Based On Student Class III 2 Karanggadung SDN Academic Year 2012/2013. The purpose of this study is to describe the use of media in improving the ability of a flip chart to write essays based on image series. This study uses classroom action research was conducted in three cycles including planning, implementation, observation, and reflection. Penelitianya subject is class III SD. Data collection techniques using observation, testing, interviews and documentation. The validity of the data using triangulation techniques and triangulation of sources. Analysis of data using qualitative descriptive analysis. The results showed that the use of media appropriate flip chart that can improve the ability to write essays based on image series.   Keywords: media flip chart, writing authorship upgrades   Abstrak: Penggunaan Media Flip Chart dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Berdasarkan Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN 2 Karanggadung Tahun Ajaran 2012/2013.  Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan media flip chart dalam peningkatan kemampuan menulis karangan berdasarkan gambar seri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitianya adalah siswa kelas III SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara serta dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media flip chart yang tepat dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan berdasarkan gambar seri.   Kata Kunci: media flip chart, peningkatan kemampuan, menulis karangan
METODE PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS KELAS IV SD Nur, Fitroh
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.184 KB)

Abstract

Fitroh Ida Nuriyah 1, Imam Suyanto 2, M. Chamdani 3 1  Mahasiswa PGDS FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus IV Kebumen 2 3 Dosen PGDS FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus IV Kebumen Jalan Kepodang 67 A Telp.(0287) 381169 Kebumen 54312 Email: idafitroh@yahoo.com Abstract: Crossword Puzzle Game Method In Improving Student?s Vocabulary Mastery Of Fourth Grade Student at Elementary School. The aim of this research  to know the steps of crossword puzzle game method that can increase student?s English vocabulary acquisition. This research was used Classroom Action Research (CAR) which was done in three circles, each circle explained preparation, action, observation and reflection step. Data sources are students, peers, researchers, documents. The results crossword puzzle game with method steps: (1) prepare a crossword puzzle, (2) Game rules, (3) Divide the group, (4) Division of crossword puzzles, (5) the time restriction, (6) Doing crossword puzzles, (7) Correcting the work, (8) giving evalution, (9) reword. In the assessment of learning outcomes increased 100%. Key Word:  crossword puzzle game, acquisition, vocabulary.   Abstrak: Metode Permainan Crossword Puzzle dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan metode permainan crossword puzzle, serta mengetahui  metode permainan crossword puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data adalah siswa, teman sejawat, peneliti, dokumen. Hasil penelitian metode permainan crossword puzzle dengan langkah-langkah: (1) menyiapkan crossword puzzle, (2) Peraturan permainan, (3) Membagi kelompok, (4) Pembagian crossword puzzle, (5) Pembatasan waktu, (6) Mengerjakan crossword puzzle, (7) Mengoreksi hasil pekerjaan, (8) Penilaian, (9) Pemberian Hadiah. Dalam penilaian ini hasil pembelajaran meningkat 100%. Kata Kunci: metode permainan Crossword Puzzle, penguasaan kosa kata
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 GONDANGLEGI KECAMATAN AMBAL TAHUN AJARAN 2010/2011 MUNAWAROH, SITI HIKMATUL
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penerapan Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran Matematika di Kelas II SDN 1 Gondanglegi Kecamatan Ambal Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching  dalam pembelajaran Matematika; untuk meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas II. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Validitas menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: langkah-langkah penerapan model quantum teaching dalam pembelajaran Matematika yaitu mengatur lingkungan belajar, menghadirkan musik, dan menerapkan metode tandur; penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa di  kelas II SDN 1 Gondanglegi.Kata Kunci: Quantum Teaching, pembelajaran Matematika, bangun datarAbstract: The Implement Quantum Teaching Model  in Mathematics Learning at Second Grade SDN 1 Gondanglegi Ambal Academic Year 2010/ 2011. This reseach aims to: describe the steps of  Quantum   Teaching Model  in Mathematics learning; to increase Mathematics studying result at second grade. This reseach was conducted in two cycles. Data collection techniques using observation and testing. Validation of data use techniques triangulation and source triangulation . Results of this research : the steps of quantum teaching models in Matematic learning are manages environmentally studying, presenting music, and applied method tandur; the implement of  quantum teaching model can increase Mathematics studying result student at second grade  SDN 1 Gondanglegi.Key word: Quantum Teaching, Mathematics learning, monotonic build
PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU KATA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KLIRONG TAHUN AJARAN 2012/2013 Widyaningrum, Ika
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.561 KB)

Abstract

Abstract: The use of Model Make a Match with Media Card Improved Learning Vocabulary Words in the English Language for Fifth Grade Elementary Students. This study aims to: improve learning English vocabulary in class V by using a learning model Make a Match. The experiment was conducted in three cycles. The subjects were all students of class V SD Negeri 2 Klirong totaling 18 students. Source data comes from the students, teachers and peers. Data collection techniques using observation, testing and documentation. The validity of the source data using triangulation techniques. Data analysis with qualitative and quantitative analysis. The results showed that the use of models Make a Match, can enhance learning English vocabulary for fifth grade students of SD Negeri 2 Klirong. Keywords: Make a Match, word cards, English.  Abstrak: Penggunaan Model Make a Match dengan Media Kartu Kata dalam Peningkatan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Klirong yang berjumlah 18 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model Make a Match, dapat meningkatkan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris  bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Klirong.   Kata Kunci: Make a Match, kartu kata, Bahasa Inggris.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BRECONG Wahid, Alamin
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.159 KB)

Abstract

Oleh: Al?amin Wachid1, Joharman2, H. Setyo Budi3 FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret 1 Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNS 2, 3 Dosen S1 PGSD FKIP UNS email: mtpagi@gmail.com Abstract: The Application of Cooperative Model Team Assisted Individualization (TAI) Type in Increasing Mathematics Learning About Fraction Number VI Grade Student SDN 2 Brecong. The purpose of this researh was increasing fraction number learning in 6th grade of state elementary school. This research uses classroom action research techniques. This research conducted in three cycles consist of planning, action, observation, and reflection. The Subjects is 6th grade of SD Negeri 2 Brecong that total 38 students. Data sources are teachers, students, and colleagues. Techniques of collecting data through observation, interviews, and tests. The validity of the data using triangulation techniques and techniques of data sources. The results showed that the application of the TAI can increasing fraction number learning in 6th grade students of state elementary school.   Keywords: Team Assisted Individualization, learning, mathematics.   Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas VI SD. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas VI SD. Penelitian  ini  menggunakan Penelitian  Tindakan  Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Brecong yang berjumlah 38 siswa. Sumber data adalah guru, siswa, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model TAI dapat meningkatkan  pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas VI SD.   Kata kunci: Team Assisted Individualization, pembelajaran, matematika
PENGGUNAAN MODEL JIGSAW DISERTAI MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN 2 WONOYOSO TAHUN AJARAN 2012/2013 Sri Mulyati, Isrina
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.017 KB)

Abstract

Abstract: The use of Model Jigsaw With Picture Media in Increasing English Learning Students in Grades V SDN 2 Wonoyoso. The experiment aims to improve English learning in class V by using Jigsaw model with media picture. The experiment was conducted in three cycles. The subjects were 28 students of class V SDN 2 Wonoyoso. Source data came from students, peers and documents. Data collection techniques used observation, tests, and documents. The validity of the data using triangulation of data sources and methods. The data analysis technique use is quantitative and qualitative analysis. The results showed that the use of jigsaw model with media picture can improve English learning fifth grade students SDN 2 Wonoyoso.Keywords: Model Jigsaw, Picture Media, Learning, English.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD SEKECAMATAN AMBAL TAHUN AJARAN 2011/2012 Ambarwati, Siti
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.022 KB)

Abstract

Abstrak: Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Sekecamatan Ambal Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian untuk mengetahui: (1) pengaruh hasil belajar dari pola asuh demokratis dan non demokratis; dan (2) pengaruh hasil belajar dari lingkungan belajar kondusif dan non kondusif. Teknik pengumpulan data tes dan angket. Teknik analisis anava dua jalur dengan simple random sampling. Penelitian dari bulan Juni 2011 sampai bulan Juli 2012.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh hasil belajar dari pola asuh demokratis; dan (2) ada pengaruh hasil belajar dari lingkungan belajar kondusif. Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Abstract. The Influence of Parenting Style and Environmental Learning on Social Studies?s Learning Outcomes on Fifth Grade 0f Ambal State Elementary School Academic Year 2011/2012. This research to know:  (1) influence of learning outcomes from democratic style?s and non democratic style?s, and (2) influence of learning outcomes from conducife environmental learning and non conducife environmental learning. Data collection techniques using by questionnaires. To analyze used the anava analysis with simple random sampling. The research starting at June of 2011 until July of 2012. Conclusions of this study showed there is influence of learning outcome in: (1) there is influence of learning outcomes from democratic style?s, and (2) there is influence of learning outcomes from conducife environmental learning. Key Word: Parenting Style, Environmental Learning, Learning Outcomes
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT DENGAN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV Irawan, Dwi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.038 KB)

Abstract

Dwi Irawan1, Triyono2, Warsiti3 1 Mahasiswa PGDS FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus VI Kebumen 2 3 Dosen PGDS FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus VI Kebumen Jalan Kepodang 67 A Telp.(0287) 381169 Kebumen 54312 Email irawaning@gmail.com       Abstract: Jigsaw Learning to Increase Writing Sentences with Java Alphabets In 4th Grade Elementary. The purpose of this research were  to kindergarten based of Jigsaw approach at increasing writing sentences skills of java in IV grade students SDN 1 Gebangsari. This research belongs to action research. The research was three cycle, which consisted of planning, acting, observing and reflecting. The technique of data collecting was observation, test and interview. The data validity used triangulation method. The result of this research showed that Jigsaw approach can increase the student?s writing sentences skills with Java alphabets. Abstrak: Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Dengan Aksara Jawa Siswa Kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan keberhasilan model pembelajaran tipe Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasil dari tindakan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa pada siswa kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: Jigsaw, Menulis, Keterampilan, Aksara Jawa    
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BAGI SISWA KELAS V SD syah, imam
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.148 KB)

Abstract

Oleh: Imam Syah H.R.1), Suhartono2), Warsiti3) e-mail: imamsyah12@gmail.com Abstract: The using of Series Picture Media for Improving Essay Writing Skills 5th grade Elementary School Student. This study aims to: increase essay writing skills students of 5th grade Elementary School. The research was conducted in three cycles. The subjects were all students of 5th grade Elementary School Sampang 2 with total 22 students. Data sources in this research is students, peers, researcher and document. Data collection techniques used observation, documentation and testing. The validity of data used triangulation techniques and the sources. The qualitative and quantitative analysis were used to analyst the data. The results showed that the use of the Series Picture Media can improve 5th grade student essay writing skills. Keywords: Series Picture, Skills , Essay, Writing.   Abstrak: Penggunaan Media Gambar Seri dalam Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan bagi Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan keterampilan menulis karangan bagi siswa kelas V SD. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sampang yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, peneliti dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dalam peningkatan keterampilan menulis karangan bagi siswa di kelas V.   Kata Kunci: Media Gambar Seri, Keterampilan, Menulis Karangan.  

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue