cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN" : 12 Documents clear
PENGGUNAAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 1 MULYOSRI WIDAYANTI, RORO SRI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penggunaan Teknik Berkirim Salam dan Soal dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Mulyosri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan Teknik Berkirim Salam dan Soal dalam meningkatkan pembelajaran IPS dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Mulyosri yang berjumlah 11 siswa terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Hasil menunjukkan bahwa: penggunaan Teknik Berkirim Salam dan Soal dapat meningkatkan pembelajaran IPS di kelas V SDN 1 Mulyosri dan menemukan kendala serta solusi.
PENGGUNAAN MEDIA PROGRAM POWER POINT UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PENJUMLAHAN SISWA KELAS II SEMESTER 1 SD NEGERI 2 PANJER nur rokhmah, laely
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.656 KB)

Abstract

Abstrak: Penggunaan media program power point untuk peningkatan pembelajaran matematika pada penjumlahan Siswa Kelas II ASD Negeri 2 Panjer Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran Matematika melalui media program power point pada siswa kelas II A SD Negeri 2 Panjer. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II A SD Negeri Panjer yang berjumlah 21 siswa. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media program power point dapat meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas IIA. Kata Kunci: Penerapan, Media Power point, pembelajaran Matematika. 
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 1 PATUKGAWEMULYO Priyanto, Eko
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Application of  Demonstration Method with Konkret's Media in Increase Science Learning at V SDN 1 Patukgawemulyo. To the effect research is describe demonstarsi's method implement with konkret's media to increase IPA'S learning brazes v, know do with demonstration method with media konkret can increase IPA'S learning brazes v, and knows constraint and solution on implemented demonstration method with konkret's media to increase IPA'S learning brazes V. This research constitute Action Research brazes that executed deep three cycles. Every cycling range planning phase, performing, observation and reflection. Its result points out that implement methodics experiment with media konkret can increase IPA'S learning brazes V.  Key words : demonstration method, konkret's media, science learning Abstrak: Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 1 Patukgawemulyo. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan metode demonstarsi dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V, mengetahui apakah dengan metode demonstrasi dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas V, dan mengetahui kendala dan solusi pada penerapan metode demonstrasi dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas V.                                                                                              Kata Kunci: metode demonstrasi, media konkret, pembelajaran IPA
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KUTOWINANGUN Lestari, Nurdiana
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.636 KB)

Abstract

Abstrak: Penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan Media Gambar dalam Peningkatan Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan  model kooperatif pada tipe Two Stay Two Stray dengan media gambar, meningkatkan pembelajaran Matematika, dan mendeskripsikan kendala serta solusinya. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kutowinangun yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe  Two Stay Two Stray dengan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V SD. 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V SDN 1 KEDUNGWINANGUN TAHUN AJARAN 2013/2014 MEI UTAMI, ANGGUN
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam peningkatan keterampilan membaca siswa kelas V SDN 1 Kedungwinangun tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SDN 1 Kedungwinangun tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: kooperatif, CIRC, keterampilan membaca 
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 2 SIDOGEDE prasanah, prasanah
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Effort the Increase of Learning Social Studies Pass Through Make A Match Technique At The Fifth Grade Students Of SDN 2 Sidogede. The purpose of this study are to describe the steps in effort the increase of learning social studies, find out the increase of learning social studies, and to find constraint and solution in the increase of learning social studies pass through make a match technique. The research was conducted in three cycles with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects are  students from the fifth grade of elementary school. Sources of data used in this study were students, teachers, and observers . The validity of the data using triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. The conclusion of this study is  learning social studies at the fifth grade students of SDN 2 Sidogede in the academic year 2013/2014 can improve pass through cooperative learning make a match technique. Key words : make a match, learning, social studies Abstrak: Upaya Peningkatan Pembelajaran IPS melalui Teknik Make A Match  pada Siswa Kelas V SDN 2 Sidogede. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah dalam upaya peningkatan pembelajaran IPS, mengetahui peningkatan pembelajaran IPS, dan untuk menemukan kendala dan solusi dalam upaya peningkatan pembelajaran IPS melalui model kooperatif teknik make a match. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sidogede tahun pelajaran 2013/2014 dapat ditingkatkan melalui model kooperatif teknik make a match. Kata kunci: pembelajaran, IPS, make a match
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 2 KERTODESO masruroh, laeli
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.793 KB)

Abstract

Abstract: Application of Experiment Method with Konkret's Media in Increase Science Learning at V SDN 2 Kertodeso. The purpose of the research are know do with experiment method with konkret?s media can increase science learning at V grade student.  This research constitute Action Research brazes that executed deep three cycles. Every cycling range planning phase, performing, observation and reflection. Subjek is this research is participant teach to braze V SD Country 2 kertodeso Mirit's districts by totals 28 participant be taught which is males 15 and female 12. Its result points out that implement methodics experiment with konkret?s media can increase science learning at V grade student. Key words : experiment method, konkret's media, science learning Abstrak: Penerapan Metode Eksperimen dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 2 Kertodeso. Tujuan penelitian adalah meningkatkan pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 2 Kertodeso tahun ajaran 2013/2014 melalui metode demonstrasi dengan media konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kertodeso kecamatan Mirit dengan jumlah 28 peserta didik yaitu laki-laki 15 dan perempuan 12. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas V.                                                                                              Kata Kunci: metode eksperimen, media konkret, pembelajaran IPA
PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 5 GOMBONG TAHUN AJARAN 2013/2014 Suainingrum, Atandira
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. The Use Of Cooperative Tipe Round Table Model tipe Round Table with Picture Series Media In Improving Indonesian Learning At Fourth Grade Of SDN 5 Gombong Academic Year 2013/2014. The purpose of this research to improve the indonesian learning of 4th grade of SDN 5 Gombong in academic year 2013/2014. This research is collaborative classroom action research (CAR). The experiment was conducted in three cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, measures, observation, and reflection. The research subjects of fourth grade students Of SDN 5 Gombong  amounting to 36 students. The result of this research indicate that the use of cooperative model  tipe round table by picture series media can inprove indonesian learning student of fourth grade of SDN 5 Gombong academic year 2013/2014. Keywords:  Round Table, Picture series, Indonesian learning Abstrak. Penggunaan Model Koperatif  Tipe Round Table dengan  Media Gambar Seri lalam Peningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 5 Gombong Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 5 Gombong tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Gombong yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe Round Table dengan media gambar seri dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Gombong 5 tahun akademik 2013/2014. Kata Kunci: Round Table, gambar seri, pembelajaran Bahasa Indonesia.
PENGGUNAAN MODEL VAK DENGAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN JOMBANG TAHUN AJARAN 2013/2014 Pratomo, Tejo
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Use of VAK Model with Multimedia in Improving Natural Science Learning Result of 4th Graders Of SDN Jombang in The Academic Year 2013/2014. The purpose of this research to describe the use of VAK (Visualization, Auditory, and Kinestic) model with multimedia in Natural Science learning. This study is classroom action research (CAR) conducted in three cycles with 18 students research subject. Data analysis with qualitative and quantitative analysis. The results showed that: The use of VAK with multimedia successfully improved Natural Science learning result to fourth graders. The problems were: the clever students more dominate than other students and presentation was not well. The solution are: the teacher give spirite to passif students for believe theirself in group disccussion and the teacher give instruction to the students for attention to presentation.  Keywords: VAK, multimedia, natural science learning result Abstrak: Penggunaan Model VAK dengan Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar  IPA Siswa Kelas IV SDN Jombang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, and Kinestic) dengan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan jumlah subjek 18 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa: Penggunaan model VAK dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Kendala yang dihadapi adalah: siswa pandai lebih mendominasi diskusi dan persentasi belum berjalan baik. Solusinya adalah: guru memotivasi siswa untuk percaya diri dalam diskusi kelompok dan guru memberikan arahan agar siswa memperhatikan kegiatan persentasi. Kata kunci: VAK, multimedia, hasil belajar IPA
PENGGUNAAN METODE TALKING STICK DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN PETARANGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Fathurrohmah, Naelatun
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.553 KB)

Abstract

Abstrak: Penggunaan Metode Talking Stick dengan Media Grafis dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Petarangan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Petarangan tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Petarangan yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri atas 2 pertemuan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode talking stick dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Petarangan tahun ajaran 2013/2014.Kata Kunci: Talking Stick, media grafis, IPS

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue