cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 12 Documents clear
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 2 BANDUNG rofingatun, rofingatun
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.197 KB)

Abstract

Abstrak:  Penggunaan Model Pembelajaran Word Square dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN 2 Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris dengan model word square dan menemukan kendala dan solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan  dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas  IV SDN 2 Bandung  semester 2 sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV SDN 2 Bandung.Kata Kunci: word square, pembelajaran, bahasa Inggris.
PENERAPAN METODE PERMAINAN DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS V SD N 2 JATINEGORO TAHUN AJARAN 2013/2014 Rizcha Pratiwi, Fertina
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Application Of Game Method In Improving Civics Education Learning  Fifth Graders Of SDN 2 Jatinegoro In The Academic Year 2013/2014. This research aims to describe: (1) application steps of game method in improving civics education learning to fifth grades students, (2) application of game method in increase learning result civics education to fifth graders students, (3) obstacles and solutions application of game method in improving civics education learning to fifth graders students. This research include CAR. The result show that: (1) steps of game method can be run according to the scenario, (2) game method can increase learning result of Civics Education fifth grade student, (3) game method in increasing Civics Education learning to fifth graders in encountered four problems and four solutions. Keywords: game method, learning, civics education Abstrak: Penerapan Metode Permainan Dalam Peningkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN 2 Jatinegoro Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan: (1) langkah-langkah penerapan metode permainan dalam peningkatan pembelajaran PKn kelas V SD, (2) penerapan metode permainan dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SD, (3) kendala dan solusi penerapan metode permainan dalam peningkatan pembelajaran PKn kelas V SD. Penelitian ini menggunakan PTK Kolaboratif. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah metode permainan dapat berjalan sesuai dengan skenario, (2) metode permainan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD. (3) metode permainan dalam peningkatan pembelajaran PKn siswa kelas V  terdapat empat kendala yang dialami dan empat solusi yang telah dilakukan dari siklus I sampai siklus III. Kata kunci: metode permainan, pembelajaran, PKn
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DONDONG 02 TAHUN AJARAN 2013 / 2014 astrini, femilla
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penerapan  Model  Kooperatif Tipe Snowball Throwing   dengan Media  Audio Visual dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Dondong 02 Tahun Ajaran 2013 / 2014. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing   dengan media  audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan  model  kooperatif tipe snowball throwing   dengan media  audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Dondong 02 tahun ajaran 2013 / 2014. Kata kunci: kooperatif, snowball throwing, audio visual, IPS
PENGGUNAAN METODE SAS DENGAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I arsih, widi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.254 KB)

Abstract

Abstract: Method of use SAS with Media Card Capacity Letter in Reading Beginnings in Class I SDN 1 Banjareja. This study aims to improve the reading skills through methods beginning with media card SAS letters. This study uses action research conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The research subject of this class action is the first graders of SDN 1 Banjarej totaling 22 students consisted of 10 boys and 12 girls. The results show the application of the method to the SAS card media can increase the ability to read letters at the beginning of first grade elementary school students.Keys: SAS, Card Letters, Literacy Starters. Abstrak: Penggunaan Metode SAS dengan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 1 Banjareja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS dengan media kartu huruf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas I SDN 1 Banjarej yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode SAS dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD.Kata kunci: SAS, Kartu Huruf, Membaca Permulaan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN KALIMAT PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PANJER NINGTYAS, MURDA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.874 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam meningkatkan keterampilan menyusun kalimat dan menemukan kendala serta solusi. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Panjer yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 5 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dapat meningkatkan keterampilan menyusun kalimat di kelas IV SDN 4 Panjer dan menemukan kendala serta solusi. Kata Kunci: Kooperatif, Scramble, Keterampilan, Menyusun Kalimat
PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SDN 2 PANGENJURUTENGAH TAHUN AJARAN 2013/2014 syah, swara alam
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN 2 Pangenjurutengah Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan penggunaan langkah-langkah Model Kooperatif tipe Snowball Throwing; meningkatkan pembelajaran PKn; dan menemukan kendala dan solusi penggunaan Model Kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran PKn siswa kelas IV SDN 2 Pangenjurutengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 2 Pangenjurutengah yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa model kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan pembelajaran PKn.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT MELALUI METODE THE LEARNING CELL DAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SDN 2 GIRIPURNO Wijiningsih, R.A
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.308 KB)

Abstract

Abstract: Improving Writing Ability by way of The Learning Cell Methode and Series Image Media OF THE 2TH Grade Student Of State Elementary School 2 Giripurno  Academid Year 2013/2014. The purpose of this study is to describe the application of the the learning cell methode and series image media in increasing the ability to write a sentence and find problems and solutions. This research used Classroom Action Research technique and implemented in three cycles. The results show that: the application of the learning methods and mediacell image series can improve students' ability to write sentences class II. The obstaclesare: shy student sask, some passive students in learning, and less confident when making inquiries and answer questions. The solutionis: motivating students.  Keywords: TheLearningCell,  ImageSeries, SentenceWriting  Abstrak: Peningkatan Kemampuan Menulis kalmat Melalui Metode The Learning Cell dan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas II SDN 2 Giripurno. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode the learning cell dan media gambar seri dalam peningkatan kemampuan menulis kalimat dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan metode the learning cell dan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat siswa kelas II. Kendalanya yaitu: siswa malu bertanya, beberapa siswa pasif dalam pembelajaran, dan kurang percaya diri saat membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan. Solusinya ialah: memotiva siswa. Kata kunci: The Learning Cell, Gambar Seri, Menulis Kalimat
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN 2 ABEAN TAHUN AJARAN 2013/2014. SUNARYO, AGUS
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.266 KB)

Abstract

Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang masalah sosial pada Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus ada dua pertemuan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS tentang masalah sosial pada siswa kelas IV. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa tiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 57, siklus II meningkat menjadi 70 dan pada siklus III mencapai 78. Kata Kunci: Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Hasil Belajar, IPS.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 1 SELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 astuti, ria puji
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.184 KB)

Abstract

Abstrak. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Selang Tahun Ajaran 2013/2014.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching dan peningkatan proses dan hasil pembelajaran IPS di kelas V SDN 1 Selang  serta kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)kolaborasi dengan guru kelas, dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan  tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN 1 Selang  yang berjumlah 24 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching yang dilaksanakan sesuai  langkah-langkah dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN I Selang tahun ajaran 2013/2014 
PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SD lutfi, faisal
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.48 KB)

Abstract

Oleh:Faisal Rahman Luthfi1, Suripto2, Harun Setyo Budi3FKIP, PGSD Universitas Sebelas MaretE-mail: luthfifaisal@ymail.com1 Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNS2, 3 Dosen S1 PGSD FKIP UNS Abstract:  The Using of Role Playing Method in Improve Social Studies Learning Outcomes Fifth Grade Elementary School. The purpose of this research is to improve learning outcome of social studies through Role Playing method on the fivth grade students of SD Negeri 5 Selomoyo in academic year 2013/2014. The research is Collaborative-Classroom Action Research in three cycles and each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The results showed that the use of Role Playing method can improve learning outcomes social studies fifth grade students at SDN Selomoyo academic year 2013/2014.Key word: Role Playing, Learning outcome, social studiesAbstrak: Penggunaan Metode Role Playing dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS di Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan metode Role Playing pada siswa kelas V SD Negeri Selomoyo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Selomoyo tahun ajaran 2013/2014.Kata Kunci: Role Playing, Hasil Belajar IPS

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue