cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2012)" : 10 Documents clear
PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN PEMEGANG HPH/HPHTI YANG TERDAFTAR DI BEI Gunawan Wibisono, Adi
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1670.735 KB)

Abstract

PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTALDISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE PADAPERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN PEMEGANGHPH/HPHTI YANG TERDAFTAR DI BEIAdi Gunawan Wibisono05412144005ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh environmentalperformance terhadap economic performance, pengaruh environmental disclosureterhadap economic performance dan pengaruh environmental performance danenvironmental disclosure terhadap economic performance secara simultan.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian inimenggunakan metode purposive sampling, yaitu perusahaan yang bergerak di bidangpertambangan umum dan pemegang HPH/HPHTI yang go public dan terdaftar diBursa Efek Indonesia dan menerbitkan laporan keuangan pada tahun 2005-2008 sertatelah mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan. Jenis data yangdigunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Alatanalisis yang digunakan adalah regresi linier.Hasil penelitian menunjukkan bahwa environmental performanceberpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap variabel economic performanceyang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,168 > 0,05, dan environmental disclosureberpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap variabel economic performanceyang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,925 > 0,05 serta secara simultan,environmental performance dan variabel environmental disclosure tidak berpengaruhsignifikan terhadap variabel economic performance yang ditunjukkan oleh nilai sig Fsebesar 0,319 > 0,05.Kata kunci: Environmental Performance, Environmental Disclosure, EconomicPerformance
HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Setya Rini, Esti
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1112.934 KB)

Abstract

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DANPRESTASI BELAJAR SISWA DENGANMINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGIPADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASANTAHUN AJARAN 2011/2012Oleh:Esti Setya Rini08403241004ABSTRAKPenelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) mengetahui hubungan antara TingkatPendidikan Orang Tua dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggipada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012, (2)mengetahui hubungan antara Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Siswa MelanjutkanStudi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan TahunAjaran 2011/2012 dan (3) mengetahui hubungan antara Tingkat Pendidikan OrangTua dan Prestasi Belajar Siswa secara bersama-sama dengan Minat SiswaMelanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 KalasanTahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatankuantitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kalasan. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik uji coba instrumen dilakukankepada 35 responden. Uji validitas instrument menggunakan rumus product momentsedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Uji prasyarat analisisterdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolonieritas. Uji hipotesismenggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Tingkatsignifikansi ditentukan 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat hubungan yang positifdan signifikan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Melanjutkan Studi kePerguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran2011/2012. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,388( sebesar 0,388>rtabel 5% sebesar 0,195). Kedua, terdapat hubungan positif dansignifikan antara Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Melanjutkan Studi kePerguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran2011/2012. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,618( sebesar 0,618>rtabel 5% sebesar 0,195). Ketiga, terdapat hubungan positif dansignifikan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa secara bersamasamadengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XISMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan analisis diperolehkoefisien korelasi (R) 0,683, koefisien determinasi sebesar 0,457 dan Fhitungsebesar 48,152 (Fhitung sebesar 48,152 > Ftabel 5% sebesar 4,82).
AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI KEPERAWATAN PADA RUMAH SAKIT RAJAWALI CITRA YOGYAKARTA Oktafia, Verida
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.051 KB)

Abstract

AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI KEPERAWATAN PADA RUMAHSAKIT RAJAWALI CITRA YOGYAKARTAOleh:Verida OktafiaNIM.08412147013ABSTRAKTujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pemberianpelatihan dan pengembangan pada fungsi keperawatan, 2) mengetahui efektivitaspada fungsi keperawatan di Rumah Sakit Rajawali Citra. Fungsi manajemenkeperawatan di Rumah Sakit Rajawali Citra sering disebut dengan fungsikeperawatan yang memfokuskan pada fungsi perencanaan keperawatan, motivasikaryawan, pengarahan, pengembangan staf, penilaian kinerja, mutu pelayanan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatanstudi kasus dan melakukan observasi secara mendalam terhadap Rumah Sakit RajawaliCitra Yogyakarta. Pengumpulan data yang digunakan dalam adalah wawancara,dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data dengan menggunakan penetapansuatu criteria (criteria), penentuan penyebab (causes) dan selanjutnya menentukanakibat (effects). Proses ini diakhiri dengan pemberian rekomendasi untuk perbaikankepada manajemen.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) pemberian pelatihandan pengembangan pada fungsi keperawatan belum berjalan dengan baik, dilakukansecara berkala setiap 1 tahun sekali selama 20 jam, tetapi anggaran dan tempatpelatihan masih terbatas 2) Efektivitas pada beberapa fungsi keperawatan di RumahSakit Rajawali Citra masih kurang, karena ada beberapa fungsi yang memilikikelemahan dan belum semua sesuai dengan sasaran atau tujuanya yaitu: a)Perencanaan Keperawatan sudah berjalan dengan baik; b) Motivasi Kerja yangdiberikan kepada perawat sudah berjalan baik melalui pendekatan personal, namunmemiliki kelemahan belum ada peraturan tertulis; c) Pengarahan dengan melakukanpembagian tugas berupa pendelegasian dari kepala ruang kepada perawat bawahanya.d) Penilaian kinerja sudah cukup baik, unsur-unsur yang akan dinilai sangatterperinci, tetapi kelemahannya hasil penilaian tidak transparan e) Sasaran mutupelayanan belum sesuai sasaran karena fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkanmasih terbatas.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2011/2012 Risdiawati, Yania Risdiawati
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3758.563 KB)

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD)UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSISISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 IMOGIRITAHUN AJARAN 2011/2012Oleh:Yania RisdiawatiNIM. 08403241045ABSTRAKMotivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiritergolong masih rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masihkurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar akuntansi siswa pun rendah.Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang lebihvariatif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasidan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri serta mengetahuirespon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untukmeningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam duasiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatandan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjekpenelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 32 siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalambentuk soal uraian, instrumen untuk mengetahui motivasi belajar siswa berupa lembarobservasi, serta instrumen angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadappeningkatan motivasi belajar dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapatmeningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat 5 siswa yang belum mencapaiKriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat sejumlah 100% siswa telahmencapai KKM. Pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan motivasibelajar siswa, persentase motivasi belajar siswa dari siklus I sebesar 67% meningkatmenjadi 86,5% pada siklus II dan berada pada rentang skor sangat tinggi. Hasil responsiswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untukmeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa juga mendapat respon positi dari siswa, halini dibuktikan dari hasil distribusi angket pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatansebesar 13%.Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, hasil belajarakuntansi.
PENERAPAN ACTIVITY-BASED COSTING SYSTEM UNTUK MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA UNIT PATAL SECANG WIJAYANTI, RATNA
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8095.018 KB)

Abstract

PENERAPAN ACTIVITY-BASED COSTING SYSTEM UNTUK MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA UNIT PATAL SECANG Oleh: RATNA WIJAYANTI 06412144015 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan utama. Pertama, bertujuan untuk mengetahui perhitungan Harga Pokok Produksi dengan metode tradisional yang digunakan oleh perusahaan. Kedua, untuk mengetahui perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Activity-Based Costing System. Ketiga, untuk mengetahui perbedaan besarnya Harga Pokok Produksi pada perusahaan dengan menggunakan metode tradisional dan Activity-Based Costing System. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Dokumentasi yaitu teknik dengan cara mengumpulkan data melalui dokumen-dokumen perusahaan mengenai data yang terkait dengan Harga Pokok Produksi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Harga Pokok Produksi pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah data-data yang berhubungan dengan penentuan Harga Pokok Produksi. Harga Pokok Produksi dengan metode tradisional diperoleh hasil untuk Cotton 30/1 adalah sebesar Rp1.496.491,00 dan untuk Cotton 40/1 sebesar Rp1.011.107,00 sedangkan untuk Rayon 30/1 sebesar Rp1.148.254,00. Harga Pokok Produksi menggunakan Activity-Based Costing System diperoleh hasil Harga Pokok Produksi untuk Cotton 30/1 adalah sebesar Rp1.519.713,00, untuk Cotton 40/1 sebesar Rp1.131.135,00 dan untuk Rayon 30/1 sebesar Rp908.139,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Activity-Based Costing System apabila dibandingkan dengan metode tradisional maka memberikan hasil yang lebih besar kecuali pada Rayon 30/1. Perbedaan yang terjadi disebabkan karena pembebanan biaya overhead pada masing-masing produk. Pada metode tradisional biaya overhead pada masing-masing produk hanya dibebankan pada satu cost driver saja yaitu jumlah unit produksi. Pada Activity-Based Costing System biaya overhead pada masing-masing produk dibebankan pada beberapa cost driver sehingga Activity-Based Costing System mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap produk secara tepat berdasar konsumsi masing-masing aktivitas.
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR, DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008 DAN 2009 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Setyani Putri, Ery
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12467.396 KB)

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR, DANPERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSENTERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWAPROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008 DAN 2009FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAOleh:Ery Setyani Putri08403241002ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Keluargaterhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiAngkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (2) Pengaruh Prestasi Belajar terhadap MinatMenjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008dan 2009 FE UNY; (3) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Gurudan Dosen terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi PendidikanAkuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (4) Pengaruh Lingkungan Keluarga,Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosensecara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program StudiPendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY.Penelitian kausal komparatif ini menggunakan subjek penelitian mahasiswaPendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY berjumlah 208 mahasiswadan diambil sampel sejumlah 137 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada30 responden. Pengumpulan data Lingkungan Keluarga, Persepsi Mahasiswa tentangUndang-undang Guru dan Dosen, dan Minat Menjadi Guru dengan teknik angket,sedangkan data Prestasi Belajar diperoleh dari teknik dokumentasi. Teknik analisisdata yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisisregresi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratananalisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positifdan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada MahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY dengan nilairx1y (0,658), r2x1y (0,433) dan thitung (10,158) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%;(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Prestasi Belajar terhadap Minat MenjadiGuru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009FE UNY dengan nilai rx2y (0,881) , nilai r2x2y (0,775) dan thitung (21,588) > ttabel(1,658) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikanPersepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen terhadap MinatMenjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008dan 2009 FE UNY dengan nilai rx3y (0,629), nilai r2x3y (0,395) dan thitung (9,391) >ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikanLingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang UndangundangGuru dan Dosen secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru padaMahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNYdengan nilai R(1,2,3) (0,919), R2(1,2,3) (0,844) dan Fhitung (240,178) > Ftabel (2,68).
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSISMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Veronika Revani, Deshi
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.29 KB)

Abstract

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSISMK YPKK 2 SLEMANTAHUN AJARAN 2011/2012Oleh:Deshi Veronika Revani07403244010ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 , (2) mengetahui pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012, dan (3) mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 174 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 114 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Sebelum melakukan analisis data diadakan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan = 0,214 dan r2x1y= 0,046, thitung = 2,230 dan ttabel sebesar 2,00 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan = 0,211 dan r2x2y= 0,045, thitung= 2,290 dan ttabel sebesar 2,00 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan R(1,2)y = 0,275, R2(1,2)y= 0,075, Fhitung = 4,529 > Ftabel sebesar 3,09. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 7,50% di mana sumbangan efektif Perhatian Orang Tua sebesar 3,79% dan Motivasi Belajar sebesar 3,71%.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012 Adiningsih, Dyahnita
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2153.144 KB)

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DANKEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSISISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSISMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012Oleh:Dyahnita Adiningsih08403244025ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentangMetode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X ProgramKeahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. 2)mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswakelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran2011/2012. 3) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru danKemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X ProgramKeahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 89 siswa. Teknikpengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket/kuisioner. Metodedokumentasi untuk mengungkap data Prestasi Belajar Akuntansi, metode angketdigunakan untuk mengungkap variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Gurudan Kemandirian Belajar. Uji coba instrumen dilaksankan di SMK Kristen PenaburPurworejo dengan N= 30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi ProductMoment, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisisterdiri dari uji liniearitas dan uji multikoliniearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresisederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif.Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentangMetode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X ProgramKeahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan rx1y= 0,639; r2x1y = 0,409; dan thitung sebesar 7,754 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. 2)Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi BelajarAkuntansi siswa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik PerbaikPurworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan rx2y = 0,645; r2x2y = 0,416; dan thitung sebesar7,874 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikanPersepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar secara bersamasamaterhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan Ry(1,2) = 0,693; R2y(1,2) =0,480; dan Fhitung sebesar 39.672 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,72. Penelitian inimenunjukkan sumbangan relatif variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Gurusebesar 48,07% dan variabel Kemandirian Belajar sebesar 51,93%. Sumbangan efektifvaribel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 23,07% dan variabelKemandirian Belajar sebesar 24,93%.Kata kunci: persepsi siswa tentang metode mengajar guru, kemandirian belajar, prestasibelajar.
ANALISIS BREAK EVEN TERHADAP PERENCANAAN LABA PR. KREATIFA HASTA MANDIRI YOGYAKARTA PUSPITA K D, AULIA
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (992.934 KB)

Abstract

ANALISIS BREAK EVEN TERHADAP PERENCANAAN LABAPR. KREATIFA HASTA MANDIRIYOGYAKARTAOleh:AULIA PUSPITA K D06412144049ABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui tingkat penjualanyang harus dipertahankan PR. Kreatifa Hasta Mandiri agar tidak menderita rugi(2) mengetahui jumlah penjualan minimal yang harus dicapai pada jumlah labayang direncanakan PR. Kreatifa Hasta Mandiri (3) mengetahui akibat perubahanelemen penentu break even tehadap perencanaan laba PR. Kreatifa Hasta Mandiri.Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus pada PR.Kreatifa Hasta Mandiri Yogyakarta. Metode pada penelitian ini menggunakanpendekatan expost facto karena variabel yang diteliti tidak dikenai suatu tindakan,perlakuan atau manipulasi, melainkan hanya meneliti dan mengungkapkan faktorfaktoryang diteliti berdasarkan keadaan yang sudah ada. Data diperoleh denganmenggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakanrumus break even point dan margin of safety.PR. Kreatifa Hasta mandiri adalah perusahaan yang memproduksi rokok.Jenis produksinya yaitu rokok Rush dan rokok Exo. Hasil analisis sebagai berikut:(1) Break even point total tahun 2009 yaitu Rp.14.517.416.341,00, untuk rokokRush Rp.9.920.234.500,00, untuk rokok Exo Rp.4.960.117.250,00. Break evenpoint total tahun 2010 yaitu Rp.21.618.352.500,00, untuk rokok RushRP.12.917.011.500,00, untuk rokok Exo Rp.8.385.300.364,00. Break even pointtotal tahun 2011 yaitu Rp. 8.706,410.182,00, untuk rokok RushRP.5.130.563.143,00, untuk rokok Exo Rp.3.482.564.073,00.(2) Margin of safetytotal tahun 2009 yaitu 34%, untuk rokok Rush 22%, untuk rokok Exo 46%.Margin of safety total tahun 2010 yaitu 31%, untuk rokok Rush 28%, untuk rokokexo 35%. Margin of safety total tahun 2011 yaitu 53%, untuk rokok Rush 51%,untuk rokok Exo 56%. (3) Perubahan elemen penentu break even berpengaruhterhadap perencanaan laba yaitu bila harga jual naik mengakibatkan break evenpoint naik dan laba turun. Perubahan biaya variabel dan biaya tetap apabila naikmengakibatkan break even point naik dan laba turun sedangkan bila biaya turunbreak even point akan turun dan laba naik. Perusahaan menetapkan profit margintahun 2009 sebesar 25% tingkat penjualan minimal yang harus dicapai sebesarRp.37.200.879.375,00. Profit margin tahun 2010 sebesar 20% tingkat penjualanminimal yang harus dicapai sebasar Rp.57.648.940.000,00. Profit margin tahun2011 sebesar 35% tingkat penjualan minimal yang harus dicapai sebesarRp.23.942.628,00.Kata kunci: break even point, perencanaan laba
PENGARUH PERSEPSI NASABAH DAN MARGIN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT BUMI SEKAR MADANI SETIYARINI, ALIMA
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.921 KB)

Abstract

PENGARUH PERSEPSI NASABAH DAN MARGIN TERHADAPKEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAHDI BMT BUMI SEKAR MADANIOleh :ALIMA SETIYARINI08412141009ABSTRAKPenelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh Persepsi Nasabahterhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah, (2) untuk mengetahuipengaruh Margin terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah (3)untuk mengetahui Persepsi Nasabah dan Margin terhadap Keputusan PengambilanPembiayaan Murabahah di BMT Bumi Sekar Madani.Penelitian ini merupakan penelitian kasual komparatif dengan unit analisisyang diteliti adalah nasabah BMT Bumi Sekar Madani. Penelitian ini mengunakanteknik pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling dengan sampelsebanyak 96 nasabah yang mengambil pembiayaan murabahah. Kuesioner diujivaliditas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Alat ujiyang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji prasyaratanalisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji asumsi klasik yangmeliputi uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yangdigunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi Nasabah berpengaruhpositif dan signifikan terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahahyang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,429, koefisiendeterminasi (R2) sebesar 0,184 dan nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5%yaitu sebesar 4,599 > 1,980, (2) Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadapKeputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah yang ditunjukkan dengan nilaikoefisien korelasi (R) sebesar 0,262, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,068 dannilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,628> 1,980,(3) Persepsi Nasabah dan Margin secara bersama-sama berpengaruh positif dansignifikan terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah yangditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,481, koefisien determinasi(R2) sebesar 0,231 dan nilai F hitung > F tabel pada taraf signifikansi 5% yaitusebesar 13,976 > 3,09.

Page 1 of 1 | Total Record : 10