cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS SECARA TERKOMPUTERISASI PADA SUKAKU BACA MEDIA YOGYAKARTA WULAN SARI, PUTRI WULAN SARI
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 3 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11124.123 KB)

Abstract

PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS SECARATERKOMPUTERISASI PADA SUKAKU BACA MEDIA YOGYAKARTAOleh:PUTRI WULAN SARI07412144026ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk: (1)Mengetahui sistem akuntansi penerimaan kasyang telah diterapkan pada Sukaku Baca Media Yogyakarta (2)Merancang danmengimplementasi sistem akuntansi penerimaan kas secara terkomputerisasi yangsesuai dan layak pada Sukaku Baca Media Yogyakarta.Subjek penelitian adalah Sukaku Baca Media dan objek penelitian adalah sistemakuntansi penerimaan kas secara terkomputerisasi. Metode pengembangan sistem yangdipakai adalah metode SDLC (System Development Life Cycle). Teknik pengumpulandata meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknis analisis yang digunakanadalah analisis PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efisien, andServices). Analisis kelayakan ekonomi dihitung dengan tiga cara, yaitu PP (paybackperiod), NPV(Net Present Value), dan IRR (Internal Rate of Return). Tahapperancangan sistem, dilakukan perancangan logika program, basis data, input danoutput. Pada tahap implementasi sistem dilakukan pemilihan dan pelatihan personil,pengujian sistem dan konversi sistem.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Sistem akuntansi penerimaan kas padaSukaku Baca Media Yogyakarta masih manual terdiri dari (a)Dokumen dan catatanberupa nota pembayaran, catatan penjualan tunai, catatan persediaan majalah, dancatatan laporan; (b)prosedur penerimaan kas berupa prosedur pencatatan penjualan,prosedur pencatatan persediaan majalah, dan prosedur penerimaan kas; (c)belum adanyapembagian atau pemisahan fungsi yang terkait pada sistem akuntansi penerimaan kasSukaku Baca Media; (d)bagan alir sistem akuntansi penerimaan kas tersusun atas fungsipenjualan saja.(2)Perancangan sistem akuntansi penerimaan kas secara terkomputerisasimenunjukkan bahwa: (a)berdasarkan analisis kelayakan teknik, operasional, ekonomi,hukum, dan lingkungan sosial menyatakan bahwa sistem akuntansi penerimaan kassecara terkomputerisasi adalah layak; (b)hasil desain sistem berupa form input dan editdata majalah, form input dan edit data pelanggan, form transaksi penjualan, formtransaksi pembayaran piutang, laporan penjualan tunai, laporan penerimaan kas, laporanpiutang, laporan data majalah yang dikembangkan menggunakan Microsoft officeaccess 2007; (3)implementasi sistem meliputi (a)mempersiapkan rencana implementasidengan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan; (b)melakukan kegiatanimplementasi yang terbagi dalam dua tahap selama satu hari yaitu melatih pemilikSukaku Baca Media melalui pelatihan prosedural dimana pemilik diberi penjelasanterkait prosedur-prosedur pengoperasian aplikasi sistem terkomputerisasi selama 60menit, dilanjutkan dengan pelatihan langsung pengoperasian aplikasi sistem. Kendalaproses implementasi yaitu terjadinya sistem error yang menjadikan pengoperasiansistem menjadi tidak lancar sehingga harus dilakukan perbaikan sistem terlebih dahulu.
PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN PEMEGANG HPH/HPHTI YANG TERDAFTAR DI BEI Gunawan Wibisono, Adi
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1670.735 KB)

Abstract

PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTALDISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE PADAPERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN PEMEGANGHPH/HPHTI YANG TERDAFTAR DI BEIAdi Gunawan Wibisono05412144005ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh environmentalperformance terhadap economic performance, pengaruh environmental disclosureterhadap economic performance dan pengaruh environmental performance danenvironmental disclosure terhadap economic performance secara simultan.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian inimenggunakan metode purposive sampling, yaitu perusahaan yang bergerak di bidangpertambangan umum dan pemegang HPH/HPHTI yang go public dan terdaftar diBursa Efek Indonesia dan menerbitkan laporan keuangan pada tahun 2005-2008 sertatelah mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan. Jenis data yangdigunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Alatanalisis yang digunakan adalah regresi linier.Hasil penelitian menunjukkan bahwa environmental performanceberpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap variabel economic performanceyang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,168 > 0,05, dan environmental disclosureberpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap variabel economic performanceyang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,925 > 0,05 serta secara simultan,environmental performance dan variabel environmental disclosure tidak berpengaruhsignifikan terhadap variabel economic performance yang ditunjukkan oleh nilai sig Fsebesar 0,319 > 0,05.Kata kunci: Environmental Performance, Environmental Disclosure, EconomicPerformance
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PADA PD. BPR BANK KLATEN Ruwaida, Fitri
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 3 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2344.869 KB)

Abstract

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI TINGKATKESEHATAN KEUANGAN PADA PD. BPR BANK KLATENOleh:Fitri Ruwaida07412144030ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tingkat kesehatan keuanganbank dan untuk mengetahui perkembangan tingkat kesehatan keuangan bank pada PDBPR Bank Klaten dari tahun 2007-2009.Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan PD BPR Bank Klaten, bagianaccounting dan bagian humas. Objek penelitian adalah menganalisa LaporanKeuangan Laba-Rugi, dan Neraca pada PD BPR Bank Klaten selama periode 2007-2009. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan data yang digunakanadalah laporan keuangan.Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Analisisdata yang digunakan adalah analisis CAMEL yang digunakan untuk menilai tingkatkesehatan keuangan bank berdasarkan permodalan, kualitas aktiva produktif (KAP),manajemen, rentabilitas, dan likuiditas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, tingkat kesehatankeuangan bank dilihat dari faktor permodalan (CAR) tahun 2007, 2008, dan 2009masing-masing sebesar 50,08%; 41,49% dan 40,96%, rasio ini termasuk dalamkategori sehat. Rasio aktiva produktif yang diklasifikasikan terhadap aktiva produktifpada tahun 2007, 2008, dan 2009 masing-masing sebesar 9,62%; 5,95% dan 8,26%,rasio ini termasuk kategori sehat, sedangkan PPAPYD (Penyisihan PenghapusanAktiva Produktif yang Dibentuk) tahun 2007, 2008 dan 2009 masing-masing sebesar59,50%; 61,71% dan 52,55%, rasio ini termasuk kategori kurang sehat. Faktormanajemen untuk manajemen umum pada tahun 2007, 2008 dan 2009 masing-masingsebesar 34 poin, 35 poin dan 37 poin, nilai ini termasuk kategori sehat, sedangkanmanajemen resiko tahun 2007, 2008 dan 2009 masing-masing sebesar 50, 52 dan 55,termasuk kategori sehat. Faktor rentabilitas berdasarkan ROA pada tahun 2007,2008 dan 2009 masing-masing sebesar 2,64%; 3,22% dan 2,29%, nilai ini termasukkategori sehat, sedangkan BOPO pada tahun 2007, 2008 dan 2009 masing-masingsebesar 79,45%; 79,57% dan 85,18%, nilai ini termasuk dalam kategori sehat. Faktorlikuiditas berdasarkan LDR tahun 2007, 2008 dan 2009 masing-masing sebesar65,85%; 76,46% dan 88,19%, nilai ini termasuk kategori sehat, sedangkan cash ratiopada tahun 2007, 2008 dan 2009 masing-masing sebesar 5,03%; 10,65% dan 9,73%,nilai ini termasuk kategori sehat. Kedua, perkembangan tingkat kesehatan keuanganbank pada PD BPR Bank Klaten pada tahun 2007, 2008 dan 2009 masing-masingsebesar 91,25; 95,38 dan 95,09, nilai TKS ini termasuk kategori sehat karena nilaiTKS lebih dari 81.
PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 Sulastri, Susi Sri; Setiawan, Ngadirin
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.379 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Akuntansi, (2) pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi, (3) pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Akuntansi.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan pada saat pra penelitian untuk mendapatkan informasi mengenai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diberlakukan dan sejarah sekolah. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai Hasil Belajar Akuntansi. Uji validitas menggunakan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyarat analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1). Konsep Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 16,645 + 0,704 X1 dengan koefisien korelasi (rx1y) = 0,496, koefisien determinasi (r2) = 0,246 dengan thitung sebesar 4,604 dan ttabel 2,000. (2). Kebiasaan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 32,397 + 0.301 X2 dengan koefisien korelasi (rx1y) = 0, 455, koefisien determinasi (r2) 0,207 dan thitung sebesar 4,121 dan ttabel sebesar 2,000. (3). Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 11,561 + 0,507 X1 + 0,182 X2 dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,550, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,302. Fhitung sebesar 13,868 dan Ftabel sebesar 3,14. Sumbangan Efektif pada variabel Konsep Diri sebesar 17,7% dan variabel Kebiasaan Belajar sebesar 12,5%.Kata kunci: Konsep Diri, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Akuntansi.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI RPL 2 DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011 DITA SUKIRNA, PUTRI
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti, dan melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi (mata pelajaran akuntansi untuk perusahaan jasa) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakaan tes. Desain tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: (1) penyajian data dan (2) penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut tampak dari indikator sebagai berikut: adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 7,61%, dari nilai ratarata evaluasi siklus 1 sebesar 79,47 menjadi 85,52 pada siklus 2. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT).
HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Setya Rini, Esti
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1112.934 KB)

Abstract

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DANPRESTASI BELAJAR SISWA DENGANMINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGIPADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASANTAHUN AJARAN 2011/2012Oleh:Esti Setya Rini08403241004ABSTRAKPenelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) mengetahui hubungan antara TingkatPendidikan Orang Tua dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggipada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012, (2)mengetahui hubungan antara Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Siswa MelanjutkanStudi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan TahunAjaran 2011/2012 dan (3) mengetahui hubungan antara Tingkat Pendidikan OrangTua dan Prestasi Belajar Siswa secara bersama-sama dengan Minat SiswaMelanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 KalasanTahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatankuantitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kalasan. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik uji coba instrumen dilakukankepada 35 responden. Uji validitas instrument menggunakan rumus product momentsedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Uji prasyarat analisisterdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolonieritas. Uji hipotesismenggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Tingkatsignifikansi ditentukan 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat hubungan yang positifdan signifikan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Melanjutkan Studi kePerguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran2011/2012. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,388( sebesar 0,388>rtabel 5% sebesar 0,195). Kedua, terdapat hubungan positif dansignifikan antara Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Melanjutkan Studi kePerguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran2011/2012. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,618( sebesar 0,618>rtabel 5% sebesar 0,195). Ketiga, terdapat hubungan positif dansignifikan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa secara bersamasamadengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XISMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan analisis diperolehkoefisien korelasi (R) 0,683, koefisien determinasi sebesar 0,457 dan Fhitungsebesar 48,152 (Fhitung sebesar 48,152 > Ftabel 5% sebesar 4,82).
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Pranowo, Hari; Sari, Annisa Ratna
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.891 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dan (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Jumlah populasi sebesar 65 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi.Uji validitas dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.Uji persyaratan analisis data menggunakan uji linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Analisis Regresi Sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan Analisis Regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, hal tersebut ditunjukkan dari harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,497, koefisien determinan (r2)sebesar 0,247, dan harga ttabel lebih besar dari thitung dengan N = 65 pada taraf signifikansi 5% (4,545>1,671), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, hal tersebut ditunjukkan dari harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,380, koefisien determinan (r²)sebesar 0,145,dan harga thitung lebih besar dari ttabel dengan N = 65 pada taraf signifikansi 5% (3,263>1,671), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Gurudan Kebiasaan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansihal tersebut ditunjukkan dari harga koefisienkorelasi ganda (R) sebesar 0,543, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,295, dan Fhitung 12,954 lebih besar dari harga Ftabel3,14. Sumbangan Efektif pada variable Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru sebesar 20,6% dan variable Kebiasaan Belajar Siswa sebesar 8,9%.Kata kunci: Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Kebiasaan Belajar Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi
AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BANTUL) PRASTITY ANGGRAINI, DWI
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk (1) mengetahui penerapan pengendalian internal di Disnakertrans terhadap fungsi sumber daya manusia, (2) mengetahui penerapan kebijakan dan peraturan yang diterapkan kepada sumber daya manusia di Disnakertrans, (3) mengetahui pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang terdapat di Disnakertrans, dan kemudian memberikan saran atau rekomendasi untuk pengelolaan fungsi sumber daya manusia yang lebih baik. Fungsi sumber daya manusia difokuskan antara lain pada fungsi : perencanaan sumber daya manusia, penilaian kinerja, peraturan dan kebijakan kompensasi dan gaji, motivasi kerja, pelatihan dan pengembangan karyawan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif yang.diawali dengan penetapan suatu kriteria (criteria). Langkah selanjutnya adalah dengan penentuan penyebab (causes). Selanjutnya menentukan akibat (effects) yang merupakan hasil pengukuran atau perbandingan antara penyebab dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Proses ini diakhiri dengan pemberian rekomendasi untuk perbaikan kepada manajemen.Berdasarkan hasil penelitian fungsi SDM pada Disnakertrans masih ditemukan beberapa kelemahan pengelolaan fungsi SDM dalam Disnakertrans. Berdasarkan lima fungsi yang diaudit yaitu : perencanaan sumber daya manusia, penilaian kinerja, peraturan dan kebijakan kompensasi dan gaji, motivasi kerja, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, maka dapat disimpulkan (1) penerapan pengendalian internal sudah berjalan dengan baik dan efektif, (2) penerapan peraturan dan kebijakan yang diterapkan di Disnakertrans sudah efektif, dan untuk (3) pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di Disnakertrans belum berjalan secara efektif.
PENGARUH MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI I TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Dwi Sulistyarini, Emi Prabawati
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 3 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4049.169 KB)

Abstract

PENGARUH MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA DANPENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAPKESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XIIPROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSISMK NEGERI I TEMPELTAHUN PELAJARAN 2011/2012Oleh:Emi Prabawati Dwi Sulistyarini08403241027ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi MemasukiDunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja peserta didik kelas XII Program KeahlianAkuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) PengaruhPengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja peserta didik kelasXII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran2011/2012, (3) Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan PengalamanPraktik Kerja Industri secara bersama-sama terhadap Kesiapan Kerja peserta didikkelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran2011/2012.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII programkeahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel sebanyak 107 peserta didik.Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Uji cobainstrumen penelitian dilakukan terhadap peserta didik SMK YPKK 2 Slemansebanyak 27 peserta didik kelas XII Program Keahlian Akuntansi. Pengujianprasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisisdata yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesispertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga.Hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi Memasuki Dunia Kerja berpengaruhpositif dan signifikan terhadap Kesiapan Kerja peserta didik kelas XII SMK N 1Tempel tahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar0,448 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 5,133 > 1,658, koefisiendeterminasi sebesar 0,201 yang artinya sebesar 20,10% variabel inimempengaruhi Kesiapan Kerja, (2) Pengalaman Praktik Kerja Industriberpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Kerja peserta didik kelasXII SMK N 1 Tempel tahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilairhitung sebesar 0,582 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 7,729 > 1,658,koefisien determinasi sebesar 0,338 yang artinya sebesar 33,80% variabel inimempengaruhi Kesiapan Kerja, (3) Motivasi Memasuki Dunia Kerja danPengalaman Praktik Kerja Industri secara bersama-sama berpengaruh positif dansignifikan terhadap Kesiapan Kerja peserta didik kelas XII SMK N 1 Tempeltahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai Rhitung sebesar 0,624 dannilai Fhitung lebih besar dari Ftabel sebesar 33,123 > 3,090, koefisien determinasisebesar 0,389 yang artinya sebesar 38,90% kedua variabel ini secara bersamasamamempengaruhi Kesiapan Kerja.
AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI KEPERAWATAN PADA RUMAH SAKIT RAJAWALI CITRA YOGYAKARTA Oktafia, Verida
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.051 KB)

Abstract

AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI KEPERAWATAN PADA RUMAHSAKIT RAJAWALI CITRA YOGYAKARTAOleh:Verida OktafiaNIM.08412147013ABSTRAKTujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pemberianpelatihan dan pengembangan pada fungsi keperawatan, 2) mengetahui efektivitaspada fungsi keperawatan di Rumah Sakit Rajawali Citra. Fungsi manajemenkeperawatan di Rumah Sakit Rajawali Citra sering disebut dengan fungsikeperawatan yang memfokuskan pada fungsi perencanaan keperawatan, motivasikaryawan, pengarahan, pengembangan staf, penilaian kinerja, mutu pelayanan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatanstudi kasus dan melakukan observasi secara mendalam terhadap Rumah Sakit RajawaliCitra Yogyakarta. Pengumpulan data yang digunakan dalam adalah wawancara,dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data dengan menggunakan penetapansuatu criteria (criteria), penentuan penyebab (causes) dan selanjutnya menentukanakibat (effects). Proses ini diakhiri dengan pemberian rekomendasi untuk perbaikankepada manajemen.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) pemberian pelatihandan pengembangan pada fungsi keperawatan belum berjalan dengan baik, dilakukansecara berkala setiap 1 tahun sekali selama 20 jam, tetapi anggaran dan tempatpelatihan masih terbatas 2) Efektivitas pada beberapa fungsi keperawatan di RumahSakit Rajawali Citra masih kurang, karena ada beberapa fungsi yang memilikikelemahan dan belum semua sesuai dengan sasaran atau tujuanya yaitu: a)Perencanaan Keperawatan sudah berjalan dengan baik; b) Motivasi Kerja yangdiberikan kepada perawat sudah berjalan baik melalui pendekatan personal, namunmemiliki kelemahan belum ada peraturan tertulis; c) Pengarahan dengan melakukanpembagian tugas berupa pendelegasian dari kepala ruang kepada perawat bawahanya.d) Penilaian kinerja sudah cukup baik, unsur-unsur yang akan dinilai sangatterperinci, tetapi kelemahannya hasil penilaian tidak transparan e) Sasaran mutupelayanan belum sesuai sasaran karena fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkanmasih terbatas.

Page 1 of 4 | Total Record : 40