cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@uny.ac.id
Phone
+6285292126258
Journal Mail Official
mustofa@uny.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
ISSN : 18298028     EISSN : 26555182     DOI : 10.21831
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2018)" : 5 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS PADA MATERI PEREKONOMIAN TERBUKA Sonny Agustendi
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.998 KB) | DOI: 10.21831/jep.v15i2.22636

Abstract

Abstrak: Pencapaian hasil belajar peserta didik ditentukan oleh banyak faktor. Di antaranya faktor yang sangat penting adalah bagaimana guru mengemas pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan oleh Slavin yaitu Cooperative Learning Tipe STAD. Model tersebut dipandang mampu untuk mendorong sisa belajar aktif dan kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Fase pembelajaran mengacu pada pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Banjar diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perekonomian terbuka. Simpulan ini didasarkan dari peningkatan ketuntasan belajar setelah dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat. Pada siklus I sebesar 17 % dan  pada siklus II menjadi 89%. Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai variasi model pembelajaran, namun harus disesuaikan dengan karakteristik materi yang akan dipelajari seperti pada materi perekonomian terbuka.Abstract: Many factors determine the achievement of student learning outcomes. Among the significant factors is how teachers package learning that refers to active, innovative, creative, practical, fun, joyful and weighty learning. One of the learning models developed by Slavin is Cooperative Learning Type STAD. The model is considered capable of encouraging the rest of active and creative learning. This research is a Classroom Action research. The learning phase refers to STAD Cooperative Learning types. Based on the results of classroom action research conducted in class XI IPS 4 Public Senior High School 2 Banjar, it is known that by using the cooperative learning model STAD type can improve student learning outcomes in the most economical material. This conclusion is based on the increase in learning completeness after the STAD type cooperative learning model, which increased in the first cycle by 17% and in the second cycle to 89%. The teacher can apply the STAD type cooperative learning model to improve student learning outcomes and can be used as a variety of learning models, but must be adapted to the characteristics of the material to be studied as in the open economy material.
PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN, KUALITAS LAYANAN, DAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASYARAKAT MUSLIM MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Rahmawati Deylla Handida; Maimun Sholeh
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.845 KB) | DOI: 10.21831/jep.v15i2.23743

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah baik secara parsial maupun simultan terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim yang menggunakan produk perbankan syariah di DIY. Sampel penelitian berjumlah 100 masyarakat muslim dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan, kualitas layanan, dan tingkat literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat muslim menggunakan produk perbankan syariah di DIY baik secara parsial maupun simultan.Abstract: This research aims to know the impact of knowledge level, service quality, and Islamic financial literacy level partially and simultaneously toward taking decision Muslim community to use Syariah banking product in Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). This study was classified into quantitative research with a causal associative approach. The research population comprised Muslim community who used Syariah banking product in DIY. The sample of this study was a hundred Muslim community, was selected by using a purposive sampling technique. The data were collected by using a questionnaire. The data were analyzed using multiple linear regression analysis. The result of the study shows that the knowledge level, the service quality, and the Islamic financial literacy have significant effects towards taking decision Muslim community to use Syariah banking product in DIY partially and simultaneously. 
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR EKONOMI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X Neni Afriul Karimah; Sunanik Sunanik
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.009 KB) | DOI: 10.21831/jep.v15i2.20949

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar ekonomi terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2017/2018, (2) mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya  terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2017/2018, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar ekonomi dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kampak tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampak yang berjumlah 185 siswa. Sampel diambil 40% dari populasi yaitu sebanyak 74 siswa. Teknik pengambilan sampling dilakukan dengan Proporsional random sampling. Dengan demikian penelitian ini disimpulkan “ada pengaruh signifikan antara motivasi belajar ekonomi dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi”. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk masukan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi.Abstract: This research aims to (1) identify whether or not the influence of Economic learning motivation toward learning results in Economic subject in grade X students in SMAN 1 Kampak 2017/2018 exists, (2) identify whether or not the influence of peer environment toward learning results in Economic subject in grade X students in SMAN 1 Kampak 2017/2018 exists, (3) identify whether or not Economic learning motivation and peer environment toward learning results in Economic subject in grade X students in SMAN 1 Kampak 2017/2018 exist. The population of this research is all grade X students in SMAN 1 Kampak. 185 students become the population of this research. The sample of this research is 40% of the population. 74 students become the sample of this research. Proportional random sampling is used as a sampling technique for this research. Therefore, it can be concluded that there is a significant influence between Economic learning motivation and peer environment toward students’ learning results. The results of this research can then be used as a consideration to advance the students’ learning results in Economic subject.      
PENGARUH REMITAN, JIWA ENTREPRENEURSHIP, KEMAPANAN BEKERJA PASCA MENJADI TKI, TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN TKI PURNA Basrowi Basrowi
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.031 KB) | DOI: 10.21831/jep.v15i2.23407

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh remitan, jiwa entrepreneurship, dan kemapanan bekerja pasca menjadi TKI baik secara parsial maupun simultan terhadap tingkat kesejahteraan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) purna. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengambilan data secara survei. Sampel penelitian berjumlah 240 orang TKI purna. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis univariate, bivariate, dan multivariate. Hasil analisis menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang positif dan signifikan antara jumlah remitan, jiwa kewirausahaan, dan kemapanan bekerja baik secara parsial maupun simultan terhadap tingkat kesejahteraan TKI purna.Abstract: The purpose of this study was to describe the effects of remittance, entrepreneurial spirit, and work stability after becoming migrant workers both partially and simultaneously to the level of welfare of Indonesian Workers (TKI) have returned. The approach used in this study is quantitative research. The process of collecting data uses the survey method. The research sample amounted to 240 TKI who have returned. Data that has been collected is analyzed with univariate, bivariate, and multivariate analysis. The results of the analysis show that: 1) there is a positive and significant influence between the number of remittances, entrepreneurial spirit, and establishment working both partially and simultaneously on the welfare level of TKI who have returned.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI KELOMPOK SOSIAL DALAM UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 2 BANJAR Saeful Hadi
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v15i2.22656

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Examples Non Examples ditinjau dari partisipasi dan hasil belajar peserta didik di SMAN 2 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI. IPS4 SMA Negeri 2 Banjar pada materi Kelompok Sosial pada mata pelajaran Sosiologi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil yang dicapai peserta didik dalam menguasai materi kelompok sosial. Peningkatan partisipasi belajar hasil pengamatan dari pengamatan awal sampai siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 57,69% (siklus 1) menjadi 81,73% (siklus 2), nilai rerata tes ada peningkatan dari siklus 1 yaitu dengan rata-rata nilai 70,45 ke siklus 2 yaitu dengan rerata nilai 78,29 serta jumlah peserta didik yang tuntas dan persentase ketuntasan belajar pun meningkat dari 17 orang atau 54,84 % menjadi 24 orang atau 77,42%  pada siklus 2.Abstract: This study aims to determine the application of learning models Examples Non Examples in terms of participation and learning outcomes of students at SMAN 2 Banjar. This research is a classroom action research using two cycles. In each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. The subjects in this study were students of class XI. IPS4 SMA 2 Banjar on Social Group material on Sociology subjects. Based on the results of the study showed an increase in the results achieved by students in mastering social group material. Increased learning participation observations from the initial observation until the second cycle experienced an increase of 57.69% (cycle 1) to 81.73% (cycle 2), the average score of the test was an increase from cycle one which is an average of 70.45 to cycle 2 is the average value of 78.29 and the number of students who complete and the percentage of mastery learning increases from 17 people or 54.84% to 24 people or 77.42% in cycle 2.

Page 1 of 1 | Total Record : 5