cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI" : 8 Documents clear
MENUMBUHKAN RASA DISIPLIN PEGAWAI Ngadiran Ngadiran
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.196 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7434

Abstract

Suatu kenyataan, bahwa masih ada pegawai yang datang terlambat di tempat kerja, pulang belum jam kantor, sering meninggalkan tempat yang tidak jelas tujuannya, banyak waktu yang tersita untuk membaca sural kabar, dan kurang mentaati peraturan lembaga, merupakan bukti belum adanya rasa disiplin pegawai. Menumbuhkan rasa disiplin pada setiap pegawai adalah penting, sebab dengan menumbuhkan rasa disiplin pegawai, berarti memberi bantuan kepada pegawai itu untuk mengembangkan sikap yang baik terhadap tugas dan kewajibannya.Disiplin mempunyai hubungan yang erat dengan moral atau semangat kerja pegawai, dalam arti apabila disiplin tinggi, semangat kerjanya pun tinggi, dan sebaliknya apabila disiplin rendah, semangat kerjanya pun biasanya rendah. Timbulnya rasa disiplin bergantung pada pimpinan. Oleh karena itu, peranan pemimpin dalam menumbuhkan rasa disiplin pegawai tidak dapat dielakkan lagi. Pemimpin memegang peranan yang sangat penting. Pemimpin yang disiplin tentu akan diikuti oleh bawahannya atau dengan kata lain, tanpa dipaksa pegawai itu akan self-discipline atau disiplin dengan sendirinya.
KELAKUAN BERTELUR PENYU HIJAU (Chelonia nydas) SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAKUAN HEWAN Djohar Djohar
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.339 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7429

Abstract

Kelakuan bertelur penyu hijau yang disajikan merupakan cuplikan data observasi Iapangan di pantai Sukamade (2.1979; 3. 1979). Dimaksudkau sebagai model pemanfaatan sumber belajar untuk kegiatan belajar kelakuan hewan. Beberapa kejadian yang dapal diungkapkan dari hasil observasi tersebut, adalah penyu hidup di laut dan bertelur di darat; lintasan jalan penyu ke darat saat bertelur berbeda dengan jalan kembali ke laut; penyu mempunyai pola tetap dalam membuat sarang dan lubang samaran; penyu mampu memilih tempat bertelur yang memenuhi persyaratan untuk penetasan telur; saat observasi tampak penyu sensitif terhadap cahaya, suara, dan bayangan bergerak; bayi yang baru lahir segera meninggalkan sarang menuju ke laut. Berdasarkan gejala yang tampak, kajian terhadap keIakuan penyu hijau bertelur mempunyai potensi sebagai sumber belajar kelakuan hewan.
MOBILITAS MANUSIA DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN DI INDONESIA Wardoyo, Soemantri
Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.08 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7436

Abstract

Arus perjalanan manusia antar ruang menjadi semakin meningkat jumlahnya sejak abad ke-19. Hal ini erat hubungannya dengan perkembangan teknologi modem. Dari perjalanan manusia yang beragam tujuannya itu satu di antaranya adalah pariwisata. Mobilitas semacam ini jelas mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Objek pariwisata dapat berupa bentang alam seperti pegunungan yang indah, laut dan lain-lain., bentang budi daya seperti hutan wisata, bendungan dan lainlain. Aspek budaya misalnya adat dan upacara sakral, dapat menjadi daya tarik wisatawan. Potensi Objek wisata tersebut masih perIu dikembangkan, dan terkait dengan kepentingan tersebut adalah pengelola pariwisata yang meliputi pengelola fasilitas dan jasa, masyarakat setempat dan Pemda. Pengembangan kepariwisataan di Indonesia, apabila dibandingkan dengan apa yang telah dicapai oleh sejumlah negara Asia yang lain masih perlu mendapatkan penanganan yang serius, demi peningkatan devisa yang saat ini amat diperlukan.
PERLUASAN PENDIDlKAN NON-FORMAL SEBAGAI KEBIJAKAN DALAM PEMBINAAN TENAGA KERJA A. Daliman
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.95 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7423

Abstract

Besarnya angkatan kerja dan terbatasnya daya tampung sekolah formal menempatkan pendidikan non-formal sebagai altematif yang banyak memberi harapan. Kebijakan pendidikan non-formal, terutama program yang memberikan latihan kerja akan menolong para angkatan kerja yang jumlahnya sementara ini masih membengkak meski jika dilihat dari persentasenya telah mulai menurun.
PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADlYAH BUNTALAN, KLATEN: PROFIL PONDOK PESANTREN YANG KHAS Sukirin, Sukirin
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.962 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7439

Abstract

Pada umumnya bayangan atau gambaran orang mengenai pondok pesantren adalah sebagai suatu kompleks yang terdiri dari sekumpulan rumah-rumah kecil yang disebut pondok yang terletak di sekitar sebuah mesjid. Mesjid dan serambinya merupakan tempat para santri belajar mengaji dan ilmu agama lainnya, sedangkan pondok merupakan tempat para santri tinggal dan menginap selama mengikuti pelajaran. Para santri dididik oleh seorang Kiai yang bertindak sekaligus sebagai pimpinan tunggal pesantren, dan merupakan figur ulama yang bukan akademisi. Para santri mempelajari "kitab-kitab kuning" dengan cara sorogan dan atau bandungan dalam bimbingan Kiai. Gambaran serupa itu tidak sepenuhnya berlaku di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Buntalan, Klaten. la mempunyai kekhasan sendiri dibandingkan pesantren-pesantren lainnya, baik dari sudut tempat belajar, bahan pelajaran, proses belajar mengajar, karakteristik santrinya, maupun figur Kiainya sendiri. Buntalan dari pesantren kategori modern lainnya pun, pondok pesantren ini mpunyai karakteristik berbeda.
MENINGKATKAN KETAHANAN NASIONAL DALAM BIDANG SOSIAL-BUDAYA LEWAT JALUR MAHASISWA Wardji Reksohutomo
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.081 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7445

Abstract

Setiap bangsa mempunyai tujnan nasional. Dalam proses mencapai tujuan nasionalnya bangsa tersebut menghadapi hakekat ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam segala bentuk dan manifestasinya baik seeara langsung maupun tidak langsung, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Agar dapat mengatasi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan tersebut, suatu bangsa harus mempunyai Ketahanan Nasional yang kuat. Pembinaan Ketahanan Nasional suatu bangsa mempunyai dua sasaran, yaitu meningkatkan keuletan dan ketangguhan di satu fihak, sedang di lain fihak membina hakekat ancaman, tantangan hambatan dan gangguan. Ketahanan Nasional meliputi segala aspek kehidupan nasional suatu bangsa, antara lain aspek Sosial-Budaya, Pembina dan Peningkatan ketahanan Nasional dalam aspek Sosial-Budaya antara lain dapat ditempuh lewat jalur Mahasiswa, sebagai generasi muda terpilih yang mempunyai ciri khas yang dominan dan menonjolkan dalam berperan serta dalam pembangunan nasional untuk mencapai Tujuan Nasional. Pembinaan tersebut lewat jalur formal dan informal dengan memberikan pengarahan yang tepat dan terus-menerus.
SUMBANGAN PIKIRAN DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN GERAK RENANG FX Sugiyanto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7432

Abstract

Terbatasnya waktu yang ada dalam Kurikulum dan banyaknya ketrampilan pendidikan gerak renang yang hams dikuasai, memerlukan urutan yang dianggap paling efisien untuk menguasai ketrarnpilan tersebut. Adapun urutan Gaya Rimau (The Front Crawl Stroke), Gaya Punggung (The Back Crawl Stroke), Gaya Dolphin (The Dolphin Kick) dan Gaya Dada (The Breast Stroke), dipandang mempunyai transfer yang paling tinggi di antara urutan lainnya dalam mempelajari ketrampilan pendidikan gerak renang.
SENI DAN ILMU: SEBUAH SOROTAN KECIL Sumaryadi Sumaryadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7440

Abstract

Seni dan ilmu -dua di antara cabang-cabang pengetahuan-mempunyai landasan ontologis, epistemologis, dan aksiologis.Seni dan ilmu timbul karena kebutuhan manusia. Peradaban mendatang akan lebih diwarnai oleh ilmu dan teknologi, sehingga manusia akan semakin merasakan kebutuhan akan keindahan. Keindahan itu akan diperolehnya melalui seni. Dalam perkembangannya, seni dan ilmu akan saling berpengaruh. Karya-karya seni memanfaatkan kemajuan teknologi/penemuan-penemuan baru dalam keilmuan, ilmu dengan segala karakleristiknya memberikan sumbangan positif bagi perkembangan seni. Karya-karya seni secara tidak langsuug memperkenalkan hasil teknologi kepada rnasyarakat luas.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

1987 1987


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue