cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII" : 6 Documents clear
KONFLIK DALAM BAHASA JAWA Hardiyanto Hardiyanto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1048.683 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7571

Abstract

Tulisan ini merupakan kajian deskriptif yang didasari adanya perkembangan teori linguistik. Kerangka teori yang dipakai adalah linguistik struktural. Adapun yang dikaji tentang perubahan-perubahan fonem, fungsi, dan arti. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dengan pendekatan deskriptif, menunjukkan hasil sebagai berikut: 1. Masalah morfofonemik dipersyarati oleh: a)bunyi yang ada di lingkungannya. Misalnya N- dapat berubah menjadi m-, n-, ng-, ny-, karena bunyi-bunyi tertentu yang ada pada bentuk dasarnya, b) peraturan fonotaktik yang sudah ada, dan yang akan menguasai kata bentukan itu, c) morfem khas yang merupakan perubahan tidak berpola. 2. Setiap konfliks mempunyai fungsi dan arti
BENTUK MOLEKUL SENYAWA KOVALEN, PROBLEMA DAN PEMECAHANNYA DALAM PENGAJARAN ILMU KIMIA Sukardjo Sukardjo
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1363.485 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7574

Abstract

Bentuk atau struktur molekul merupakan pokok bahasan yang sulit dalam pengajaran ilmu kimia, karena tidak dapat dipelajari secara eksperimen, dan molekul sendiri merupakan partikel yang tidak tampak. Sebenarnya bentuk molekul zat-zat padat dapat ditentukan dengan cara difraksi sinar-X, namun cara ini memerluka alat yang hanya dijumpai di laboratorium yang sangat maju, dan tidak terdapat di laboratorium kimia SMA. Ada tiga teori yang dapat dipakai untuk menjelaskan bentuk molekul senyawa kovalen sederhana dari unsur non transisi, yaitu: (1) teori hibridasi, (2) teori overlap orbital atom, dan (3) teori penolakan pasangan elektron. Teori (1) dan (2) belum dapat diajarkan di SMA karena memerlukan teori atom modern yang berdasarkan kurikulum 1984 belum diberikan di SMA. Tulisan ini bertujuan memberikan cara mengajarkan bentuk molekul senyawa kovalen, berdasarkan teoti penolakan pasangan elektron. Berdasarkan teori ini jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom, baik yang dipakai maupun yang tidak dipakai untuk membentuk ikatan memegang peranan yang penting. Bila di sekitar inti atom terdapat 2, 3, atau 4 pasang elektoron maka bentuk molekulny linear, tigonal planar, atau tetrahedral. bila di sekitar inti atom terpasang 5 atau 6 pasang elektron, maka bentuknya trigonal bipiramidal atau oktahedral. Cara ini dapat diterapkan pada senyawa-senyawa kovalen sederhana dari unsur non-transisi.
PENGEMBANGAN PENGAJARAN BERBANTUKAN KOMPUTER SUATU STRATEGI UNTUK MENCAPAI TUJUAN INSTRUKTIONAL Subardjono Subardjono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1465.893 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7573

Abstract

Komputer sebagai "Teaching Machine" merupakan aplikasi langsung dari konsep yang menyatakan bahwa alat dan materi tidak saja menjanjikan informasi, tetapi lebih dari itu harus ada hubungannya dengan perilaku peserta didik yang meliputi: jawaban, sekuensa yang terkendali, penguatan ("teleinforcement") yang segera dan sering, dan laju belajar individual sehingga "contingencies reinforcement" di dalam kegiatan belajar dapat dikelola dengan baik.Di dalam proses belajar-mengajar inovatif direfleksikan penekanannya pada kegiatan belajar peserta didik dan bukan kegiatan mengajar guru, sehingga guru sebagai penyebar informasi ("transmitter of information") lebih berperan sebagai pembimbing, penasehat, dan pendorong di dalalm proses belajar peserta didik di dalam kelas semakin berkurang. Presentasi belajar seperti ini akan menuntut lahirnya guru-guru canggih ("sophisticated techers") yang denan medium komputer dapat mengembangkan kegiatan belajar madiri, pemanfaatan sumber-sumber belajar, permainan dan simulasi, dan belajar masyarakat lingkungannya.
PENGAJARAN SASTRA DI SEKOLAH: METODE IMERSI Sumaryadi, Sumaryadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1365.553 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7575

Abstract

Sastra merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang sangat penting arti dari manfaatnya bagi generasi penerus bangsa. Siswa sebagai bagaian dari generasi penerus bangsa harus diberi kesempatan untuk mendekati, bergaul langsung, dan berdialog akrab dengan karya sastra. Dengan metode imersi -- terlahir dari pendekatan apresiatif -- didukung oleh teknik Induksi, tujuan pengajaran sastra diharapkan akan membawa hasil seperti yang diharapkan
PENGGUNAAN STUDI NATURALISTIK DALAM PENDIDIKAN Drs. Sukardi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7570

Abstract

Salah satu studi penelitian yang mulai berkembang pada akhir-akhir ini, yaitu kegiatan penelitian yang menggunakan teknik naturalistik. Untuk memperoleh kebenaran studi, teknik ini mendasarkan filosifinya pada "phenomenologism", keaktifan si peneliti dalam mengambil informasi, keterampilan si peneliti dalam melakukan triangulasi, dan "judgment" si peneliti dalam menginterpretasikan informasi. "Judgment" yang bisa dipertanggungjawabkan yaitu "judgment" yang bisa ditelusur dan direplikasikan kembali oleh di peneliti sendiri atau peneliti lainnya.
KARYAWISATA DI DAERAH PRANGTRITIS DAN SEKITARNYA Heru Pramono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7572

Abstract

Metode belajar-mengajar karyawisata mempunyai arti penting bagi anak didik karena beberapa keuntungan dapat diperoleh melaluinya. Dalam rangka hal itu, maka seorang guru pembimbing perlu memahami tentang objek studi yang akan diajarkannya. Daerah Parangtritis dan sekitarnya menyediakan cukup banyak objek studi bagi karyawisata. Tulisan ini bermaksud memberikan deskripsi berbagai objek studi bentuk lahan dalam pengajaran Geografi

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

1988 1988


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue