cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII" : 11 Documents clear
TUMPENG DAh GUNUNGAN : MAKNA SIMBOLPKNYA IPA1,lkM KEHUDMAN MASYARAW JAWA Sutiyono Sutiyono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1517.916 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9041

Abstract

Tumpeng dan gunungan dalam kebudayaan masyarakatJawa mennjadi siinbol dari berbagal fer~uinziia. zr?t-i.i: lain .keselamacan. kedaniaian. kehidupan, dan keseinlbangan ala~n.i'ada rrwalnya, rutitpeng dengarr rnakna simboliknya ieialln~cngnliii kuat pada keb~idayaaii inasyarakat Jawa. Ihlar?~pcrkembangannya, rurlzpeng menjadi niodel dorninan yzrnginewarnai salah satu ciri kebudayaan J a w , seperti : gui?rlngnn,kc~yotzjo, gio, str~pcrm. onurneli, dan istrr~meng arneian. Petunittk rni~nenibuktikan, hahwa iuiizpeizg memberikan deyn ntngi-.slnrpafefisbagi kehidupan masyarakat Jawa.
TELETEKS DAN IMPLIKASINYA DALAM PENUNTASAN PELAKSANAAN PROGRAM WAJIB BELAJAR Sri Waluyanti Sri WaluyantiTELETEKS DAN IMPLIKASINYA DALAM PENUNTASAN PELAKSANAAN PROGRAM WAJIB BELA
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.791 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9032

Abstract

Teleteks merupakan nletode penyampaian informasi yangrelatif baru. melalui sistem penyiaran televisi, dengan caramenyisipkan sinyal informasi dalam bentuk kode digital ke dalamgaris kosong sehingga dicapai penyiaran televisi secara optimal.Informasi dikemas perhala~nan menyerupai rnajalah sehinggamemberi kebebasan bagi petiiirsa untuk niencari infor~nasi yangdiinginkan. Kemasan ini memberi kesempatan bagi pe~nirsab erpikiruntuk tnerespon informasi. Informasi tersedia sela~na pemancartelevisi niengudara sehingga banyak kesempatan bagi penlirsa uniukniemanfaatkan informasi teleteks.Agar pesawat penerima televisi dapat ~l~enampillianinlbrmasi teleteks perlu ditambahkan dekoder pemecal~ saciditeleieks ).ang dipasang antara keluaran detektor video dartraiigkaian video pesawat penerima televisi.Penggunaan teleteks mernberi keuntungan antm lainpraktis, ekonomis karena informasi diperoleh secara cuma-culna,mudah hanya dengan menekan tombol pada kendali jauh. Dengankema~npuannya memanggil dan menampilkan 800 halanian, atau768 000 karakter yang identik dengan 768 halan~an buku ukurankuarto dengan ketikan 1.5 spasi, apabila dimanfaatkan untukinformasi pendidikan ~naka bisa diharapkan dapat meningkatkankualitas pelayanan pendidikan.
BUDAYA POLITlK INDONESIA ( Suatu Kajian Perubahan dari Old Society ke New State ) Cholisin Cholisin
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1493.708 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9038

Abstract

Pe~-ui~alb~u;t~la~yai politik Indonesia ti:~pnt dik,!ji d i ~ r ikehidupar, ~nasyavahatl a~ilaa tau lnasa sebe!r;in itc~ncrdel:~(:I:, ;~ /~socrerv). salnpal ketika nlenjad~ negara ~iicrdekh ( new s~oti, I.Pengliiiatan yang demikian, herarti melilrak pertihahen d ; ~ ~ i~nasyarnkakl awula ( fiodalis~ikk)e masyarakat \varga (crvil.sr)r.rc'ti*i'l'ernyata hudap poiitik pada new sltrtr, ~nasih di\\;rr~l;tisecara doninan olch budaya politik OM soriev. Balikan dapatdinyatzkaa budaya politik kita berjalan ditempat. Dcngari dc~nikcatlpertnasalalian yang tengali dihadapi masyarakat kita dcwasa ini.bagaimana ~nencari model strategi perubaha~l yang dapatnielnpercepai terwujudnya budaya politik demokratis yailgmerupakan karakteristik tlew state.Strategi perubahan budaya politik yang dapat digunaha~i.nlisalnya niencari elenien budaya politik yang dualisnie (fallkontradiktif yang bersifat kohesif, membiarkan proses diaiektisseliingga terjadi antitesis dimatla sintesa lama (feodalistik) clignrltidengan sintesa baru (budaya modernldeniokratis). Keherhasilnnkedua strategi ini, terutama sangat ditentukan peran pemerintahsejauh niana memiliki kemauan politik untuk mew~~judkabtui dayapolitik deinokratis. Strategi perubahan lain, berasal dari masyer:rk;~tyafg dikenal sebagai mediating structures. Stralegi ini.~ne~iilbLuska~pai da keberdayaan masyarakat supaya initlilpumengcounter terhadap hudaya politik feodalistik yang scntralistikdan otoriter --yang secara doniinan mewarnai budayji pr)lililipenguasa dewasa ini --sehingga pada akhirnya dapat ciiw~!iudk;~nmasyarakat yangotono~n(c ivil society).
PENGEMBANGAN PEKERJAAN BAG1 PENYANDANG TUNAGRAIIITA Mumpuniarti Mumpuniarti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1609.865 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9033

Abstract

Pekerjaan merupakan media untuk mendapatkan natkahguna mernenulli berbagai kebutuhan dalam kehidupan individu.Dengan dernikian mempertahankan kehidupan individt~ harus~nenipertahankanp eker.iaannya. Pekerjaan yang ditniliki individuharos dipertahankan dengan rnengernbangkan pekerjaan tersebutdan niengusahakan peker.jaan tersebut tetap eksis dala~nk ehidupanindividu.Penyandang tunagrahita adalah individu yang terbataskemampuannya mengalami kesulitan dalani mendapatkanpekerjaan untuk kehidupanya. Penyandang tunagrahita jug21rnengalami kesulitan untuk nlengetnbangkan pekeriaan yang telalidirniliki supaya pekerjaan tersebut eksis dalam keliidupanmenyandang tunagrahita. Kesulitan penyandang tunagrahita dalammendapatkan peke jaan dan mengernbangkan pekerjaannya. periudiatasi oleh lernbaga penanganan tunagrahita. keluarga daripenyandang tunagrahita, dan lembaga-lembaga sosial dimasyarakat.Untuk rnengatasi kesulitan penyandang tunagrahita dalammendapatkan pekerjaan, perlu diusahakan atau disediakan pekerjaanoleh lernbaga penanganan tunagrahita, keluarga dari penyandangtunagrahita, serta lembaga-lembaga sosial di jaasyarakat. Dala~iipengernbangan pekerjaan penyandang tunagrahita, perlu adapembinaan. perlindungan. dan pengawasan ole11 lembagapenanganati tunagrahita yang bekerja sama dengan keltcarga daripenyandang tunagrahitadan lembaga-lembagasosialdi masyarakat
PEMBELAJARAN SEN[ SUARA JAWA UNTUK ORANG ASING Kusnadi Kusnadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.033 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9031

Abstract

Banyak orang asing yang bclajar budaya Jatra. scpertibahasa dan sastra Jawa, seni pedalangan, seni karawitan, tari, dantembang.Bagi yang rnenipelajari seni suara Jawa (tembang)diperlukan kemainpuan awal tentang(1) Laras Pelogdan Slendro (2)irama (3) teknik vokal (4) wataklsuasana tenibang Di antarakeernpat faktor tersebut, penguasaan Laras Peiog dan Slendro scrtateknik vokal ~nerupakan rnasalah bagi orang asing. Hal inidisebahkan latar belakang tradisi seni ~nusiky ang berbeda.Ada dua lnacaln [netode pembela.jaran yang seringdipergunakan untuk pembelajaran tembatig Jaw yaitu :(I) MetodeMendengarkan-Menirukan yang dipergunakan urituk yangseda~:gb clajar te~nbangti ngkat awal, dan (2) Metode Titi Laras-Cakepan yang dipergunakan untuk peserta belajar tingkat lari.jut.Metode pembelajaran yang baik adalah metodepembelniaran yang sudah terbukti secara nyata men-ibuahkan hasilbela.jar sesuai derigan yang dikehendaki. Di dalam penibela.jaranseni te~nbang Jawa, antara Metode Mendengarkan-Meniri~ka~idengan Metode l'iti laras-Cakepan rnerupakan dua metode yangsaling berkaitan. Oleh karena itu di dalam pelaksanaannya bisadipadukan secara tepat sesuai dengan kondisi yang dihadapi.Sedangkan untuk orang asing, teknik konversi nada dapatdipergunakan untt~kjenibatan ~nengenal laras gamelan Jawa. Akantetapi lnotivasi awal, latar belakang budaya, serta seberapa la~naniereka bela.iar akan ~nenentukan ~netode apa yang sebaiknyaditerapkan.
DARl AGENDA FEMINISME, KEBEIOIASAN, HINGGA EBAK ANAK-ANAK I)ALAM BRIDGE TO TERABITHlA Widyastuti Purbani Widyastuti Purbani
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1197.535 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9037

Abstract

ii;lra pakar sastrz anak ~nengakuib allwa c::riia a!~abp; adsx:rllLillli1ya inasih inenceritaic~itn~j piati kaum deivasa ieii~iidii,:a ct;~ha!iak. dari beiuln melihat anak serta kebutuhanoy;) sepcrti apaseliarusnya. Karenanya, cerita anak cenderung hcrsifat didaktis danrnri~pgurui.B~-re rn Itrnbithi~l adalah contoh novel anak yangbe~.hecia densan ganiharan tersebut di atas Novel ini kccu'tliri~cncel-ir;ikana nak-anak seperti apa adanyn. juga berpihak padakebut~~hru~-kcbt!t~tahnnakn dan remaja. Karya Katherine Patersonyang sernpat ~neraih Newberry Medal ini hnhkan niengkritik knunldeivasa yang secara tidak sadar sering 'men,ja.iah' annk-anak.Terabithia sencliri ~nenyim bolkan suatu tcir-rpaty ang nie11,jadi irnpiananak-anak, jauh dari 'penjajalia~l'kaum dewasa.Yarig juga penting untuk diungkapkan dari cerita iniadalah penokohan Leslie sebagai remaja wanita yang keluar daripola Seminitas tradisional. Leslie digamharkan sebagai gadis lusuhyang cerdas, tranipil dan riiandiri, yang cocok untuk dijadihan rolerllodeldalaln upaya ~nemberdayakan remaja wanita danmcningkatkan sel/-esteem mereka.Tulisan ini mengupas ha1 ikhwal feminisn~c, kebeb;isananak, hak dan kebutuhan-kebutuhan anak dan sedikit tentangpostmodernisme, yangmerupakan kandungan dari novel ini
LAMBANNYA INOVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDXDTKAN JASMANf DI INDONESIA Agus S. Suryobroto Agus S. Suryobroto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1170.579 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9036

Abstract

Pendidiknn jasmani n~crupakan bagiari ii?!egi.,~i tt.:r-ipendidikan dan didelinisikan sebagai peiididikar~ iilc!alui ak;~iit;~sfisik untuk rneningkatkan individu secara organik, ncuron~uskrtlcr.intelektual. dan emosional. Pelaksanaannya di!akukan di sekolalisekolah.mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah,hahkan seharusnya sampai perguruan tinggi, dan diharapkan dapatmernberi kontl.ibusi unluk pcncapaian tujuan pendidikan nasional.Inovasi. pendidikan jasmani yang telah dilakukan diIndonesia belutn mengena pada sasarannya, Iianya sekedar istilahatall nama siia sang diganti. sehingga masih mencari idenlitas diri.l'ulisan ini bertiquan niengungkap permasalahan yang titnbui padainovasi dan kimlitas pendidikan jastnani di Indonesia yang padagilirannya dapat memberikan kontribusi pada tujuan pendidikannasional.lnovasi pendiciikan jasmani di Indonesia dilentukan olehkurikulum. pengambi! kebijakan, dan strategi untuk inovasi.Sedangkan kualitas pendidikan jasmani di Indonesia masih belumsesuai dengan harapan para pakar pendidikan jasmani, karenafaktor-faktor penentu yaitu dana, sarana prasarana, kurikulum.pendidik, peserta didik, lingkungan, dan evaluasi belum sesuaidengan harapan.
JENIS KESALAHAN DARI SEGI UNSUII-ULUSIIR B.AII.AS.4 IXGGRIS LIS.I\U I) A\ TEII I L LIS Bambang Priyanto Bambang Priyanto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9034

Abstract

Makin ~nendesaknya kebut~thari akan putcra-puterabangsa yang dapat diandalkan ~riltuk berkornur~ikasi tlalam bahasaInggris di forum internasional, baik secara I~san maupun tertulis.mernbuat perlunya diketahui lebih dini kesalahan-kesalaliar1 yangmungkin terjadi dalam kegiatan demikian. Sejrrrnlali di antaraberagam kesalahan yang sedapatnya niereka hiridari itu kiranyadapat diidentilikasi jenisnya dari segi unsur-unsur terteutu yangterkandung dalam bahasa itu. Dari segi unsur-unsur yangterkandung dalam baik bahasa Inggris lisan marlpun tertulis. dnla~iikegiatan berbicara dan menulis dalam bahasa itu mungkin terjadikesalahan yang berkaitan dengan tatabahasa dan kosakata. detnikianpula dalaln kegiatan menyinlak bahasa lnggris lisan dan metnbacatulisan berbahasa Inggrrs. Dari segi unsur-unsur yang khususterkandutig dalarn bahasa Iriggris lisan. dalam kegiatan berbicaradalam bahasa Inggris riiungkin terjadi kesalahan yang berkaitandengan unsur segmental. yaitu. konsonan dan vowel, dan unsursupra-segmental. yaitu. tekanan kata dan intonasi, demikiali puladalam kegiatan menyimak bahasa Inggris lisan. Dari segi unsurunsuryang khusus terkandung dalam bahasa Inggris tertulis, dalarnkegiatan menulis dalam bahasa lnggris mungkin terjadi kesalahanyang berkaitan dengan liuruf abjad (misalnya. dalam menggunakanhuruf besar dan dalarn ejaan ). tanda baca (termasuk apostrophe) danformat penulisan. delnikian pula dalam kegiatan niernbaca tulisanberbahasa Inggris.
PERAN KARYA SASTRA SESAGAI SAIZANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK Wiyatmi Wiyatmi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9030

Abstract

Di sarnping kecerdasan intelektual. kccerdasan eniosionnljugs ~nc~iiilipkc~ra nan yang sangat penting bagi keberhasila~lkeh~dupan dan niasa depan seorang anak. Mengingat pentingnyaperanan kccerdasan eniosional bagi kehidupan anak, sejak usia diniseorang anak harus dilatih untuk meningkatkan kecerdasanemosinya. Sebagai model dari kehidupan yang memiliki hubunganlangsung niaupun tak langsung dengan reaiitas dalani dunia nyata,karya sastra dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sarana untukmengenibangkan kecerdasan e~nosain ak.Tulisan ini niembahas peran karya sastra sebagai salahsatu sarana untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak. Denganmembaca knrya sastra, secara tidak langsung seorang anakmendapatkan contoli bagaimana rnanusia dalarn alain nyatamengenali. niengekspresikan. dan mengelola emosinya. sertame~notivasdi iri dalam membinal~ubungand engan orang lain.tlntuk ~iiencapa~p enga.iaran sastra yang lnalnpclmengembangkan kecerdasan emosi anak. ~naka anak dilibatkansecara langsung dalam aktivitas membaca. menghayati.menginterpretasika~~d,a n memahami karya sastra, denganmclibatkan c~nosinyn
KAJIAN INDEKS MUTU HIIJUP DAN mMISKINAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PEROESAAN MENUJU ERA GLOBALISASI Hastuti, Hastuti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9040

Abstract

Pembangunan Iangka penjang tal!np ke iI segcr;,rnc~~izstiklii ma tahur~k edua, keberhasilan leiah banyak dicapniantara lain dengan periingkatan kesqahteraan penduduk teruta~riadiperdesaan bahwa jumlah penduduk miskin di daerah tersebutsemakirt berkurang. lndeks bltltu I-lidup penduduk perdesaati yattgsemakin menirlgkat merupakan pertanda petlingkatan jurnlalipenduduk se.jalitern de~igante rpenuhinya berbagai kebutuhan hidupyang lebih layak. I'enghargaan atas keberhasilan perigentasankerniskinan yang diterima penierintah lndonesia dari UNDP padaSeptember 1997 seniata-rnata karena prestasi pemerintah yangrnalnpu tnenekan ju~iilah penduduk tniskin dari tahun ke tahun,meskipun untuk rnembebaskan kemiskinan di seluruh la~isanpenduduk masih tetap memerlukan perjuangan secaraberkelan.jutan. Peningkatan kesejahteraan penduduk memberikanpeluang bagi langkah pembangunan di segala sektor sehinggaseluruh penduduk dapat menikrnati hasil-hasil pe~nbangunan danmemiliki kcscmpatan turut serta dalatn laju pembangunan.Menghadapi era giobaiisasi yang sernakin dekat seluruhlapisan penduduk di segenap penjuru lndonesia harusdipersiapkan.Tantangan tersebut akan tnenjadi berat apabila masihbanyak di.jurnpai penduduk miskin. Perdesaan yang memilikijurnlah penduduk miskin relatif lebih besar menierlukan perhatianyang lebih serius untuk pengembangan di kawasan tersebut.Pengembangan perdesaan akan lebih tnudah dilaksanakan denganmelibatkan segenap potensi perdesaan oleh karena itu mutukehidupan yang lebih baik danterbebas dari belenggu kemiskinanmerupakan prasyarat untuk kelancaran pengembangandi perdesaan.Keadaan penduduk yang terjamin kesehatan, gizi, pendidikandengan pendapatan yang memadai memungkinkan pendudukmemiliki kesempatan lebih luas untuk berperan aktif dalam setiapaktifitas kehidupan lebil~ niaju yang merupakan satu kondisipertanda era globalisasi. Perdesaan merupakan luas wilayahlndonesia yang mencapai 65 persen sehingga potensi tersebut harusdikernbangkan tnengingat era globalisasi harus dihadapi olehpenduduk di wilayah tersebut

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

1998 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue