cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 19799594     EISSN : 25415492     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2013): September" : 9 Documents clear
KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN PGSD FIP UNY Sujati , dkk
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (822.743 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4798

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek pedagogik dosen pengajardi PGSD FIP UNY dan mendeskripsikan komponen-komponen pedagogik yang harusdibenahi oleh dosen pengajar di PGSD. Responden dosen seluruhnya sebanyak 34 orangdengan mahasiswa 100 orang. Data diperoleh melalui pengamatan di dalam dan di luarkelas, saat dosen merancang pembelajaran (hasil RPP yang telah disusun) dan melakukanpembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Potretpedagogik dosen PGSD FIP UNY berdasarkan aspeknya, yaitu aspek 1 sampai dengan8 termasuk dalam kategori baik, aspek 9 dalam kategori sangat baik. Aspek pedagogikyang harus diperbaiki khususnya untuk dosen yang dinilai kurang adalah aspek 1,2, 3, 4, 6,7 khususnya dalam hal kedisiplinan akademik, misal kehadiran ketepatanwaktu, pengorganisasian penyampaian materi yang kurang baik, pengelolaan kelas,penggunaan strategi metode kurang variatif, referensi sumber belajar yang mutakhir,pemberian tugas variatif menantang, penilaian obyektif, disiplin dan tegas.Kata kunci: kompetensi, kompetensi pedagogik
IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAFINTERNASIONAL DI SMP NEGERI 1 TRENGGALEK Putut Wicaksono
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (796.414 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4793

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui desain pembelajaran, pelaksanaan, evaluasipembelajaran dan cara menyelesaikan kendalan Program Rintisan Sekolah BertarafInternasional di SMP Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian denganmenggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagianguru di SMPN 1 Trenggalek masih belum menyusun desain pembelajaran denganbenar. 2) Pembelajaran sudah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi,3) Pembelajaran sudah menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran yangbervariasi. 4) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran sudah menggunakan instrumen penilaianyang bervariasi. (5) Ada kendala dalam pelaksanaan pembelajaran pada program RSBI,diantaranya: kurangnya penguasaan bahasa Inggris kurangnya penguasaan komputer olehguru, kurangnya kemampuan guru dalam menyusun desain pembelajaran, kurangnyakemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, kurangnyabuku teks berbahasa Inggris dan kurangnya kemampuan mengatur waktu dalammelaksanakan penilaian dengan instrumen yang bervariasi.Kata Kunci: implementasi pembelajaran, sekolah berstandar internasional
ORIENTASI MODAL SOSIAL DAN MODAL KULTURAL DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN U.N.Y. Sumarno; Haryanto; Bambang Saptono
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1435.91 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4799

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, menganalisis, dan memahami, seberapadan bagaimana perhatian Fakultas Ilmu Pendidikan dengan segenap jajaran sivitasakademika, terhadap konsep modal sosial dan modal kultural dalam pendidikan padatataran disiplin keilmuan pendidikan dan pada tataran praksis pendidikan. Pengumpulandata dilakukan dengan survei menggunakan angket yang di dalamnya ada model pairedcomparison, likert scale, dan pertanyaan terbuka. Angket ini disebarkan kepada para dosenFIP. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah: Pertama, perhatian sangatbesar terhadap aspek kecerdasan spiritual, jauh melampaui kecerdasan intelektual,emosional, dan sosial; Kedua, mengenai pendayagunaan dan pengembangan modalkultural, yang dipandang terpenting adalah pendayagunaan modal kultural dalambidang sosialbudaya (“cukup”), sedangkan pendayagunaan modal kultural dalambidang keberagamaan pada posisi “kurang”; Ketiga, mengenai pendayagunaan dan andilterhadap berbagai modal sosial, pada umumnya pada posisi “cukup penting”, terutamaterhadap modal sosial dalam bidang sosialbudaya; sementara itu terhadap modal sosialdalam kehidupan keberagamaan pada posisi “kurang”. Rekomendasi paling mendesakadalah perlunya dialog yang mencerahkan, sehingga ke depan peran FIP-UNY lebihterarah dalam memajukan pendidikan.Kata kunci: modal kultural, modal sosial, fakultas ilmu pendidikan
IDENTIFIKASI HAMBATAN STRUKTURAL DAN KULTURAL MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR Muhammad Nur Wangid dan Sugiyanto
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (867.124 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4794

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yangdialami mahasiswa FIP UNY dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel penelitianada 82 mahasiswa, dengan teknik proporsional random sampling. Data penelitiandikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahanyang dihadapi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi (1) kurang memiliki pengetahuantentang metodologi penulisan skripsi; (2) kebingungan dalam mengembangkan teoripendukung skripsi dan sering mengalami gangguan emosional dalam penyusunanskripsi (3) kurang memiliki kemampuan dalam tulis menulis karya ilmiah (4) kesulitandalam penyusunan pembahasan hasil penelitian (5) kurangnya buku-buku/referensi/literatur yang terkait permasalahan penelitian (6) kesulitan dalam analisis data penelitiandan menginterpretasikannya (7) kurang memiliki motivasi dalam menyusun skripsi(8) kesulitan dalam mencari hasil penelitian yang relevan (9) kesulitan menemukanpermasalahan yang ada (10) dosen terlalu sibuk dengan aktifitas di luar (11) membantuorang tua dan terakhir (12) kesulitan dalam menyusun/memahami kajian pustaka.Permasalahan tersebut lebih dominan disebabkan dari faktor internal dibandingkanfaktor eksternal. Faktor internal yang dominan berupa pengetahuan dan cara menyusunskripsi, sedangkan faktor eksternal melibatkan dosen pembimbing.Kata kunci: permasalahan, skripsi
WEBSITE SEBAGAI MEDIA HUMAS SEKOLAH Rahmania Utari
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.458 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4800

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan latar belakang, pemanfaatan, dan manajemendalam penyelenggaran website sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian studimultikasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan modelanalisis interaktif. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, latar belakangpenyelenggaraan website sekolah adalah kondisi persaingan antar sekolah, kesadaranperlunya menjalin komunikasi dengan pihak eksternal, keberadaan fasilitas dan SDMpendukung, dan pelaksanaan model belajar interaktif, mandiri dan jarak jauh berupae-learning. Kedua, pemanfaatan website sebagai media humas dengan mengemas isi pesandan tampilan dengan memperhatikan karakteristik sekolah untuk membangun imagepositif. Ketiga, manajemen tenaga pengelola website dalam rangka mendukung fungsikegiatan husemas masih diwarnai oleh hambatan SDM dan pendanaan bagi kompensasi,ketiadaan deskripsi tugas yang jelas, dan evaluasi yang belum menyeluruh.Kata kunci: website, humas, manajemen sekolah, dan e-learning
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MODELJIGSAW MAHASISWA S1 PGSD YOGYAKARTA - Murtiningsih
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (909.774 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4795

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis paragraf padamahasiswa S1 PGSD kelas I semester II tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas (PTK). Objek penelitian adalah mahasiswa PGSD semester II kelas I yangberjumlah 30 mahasiswa. Alat pengumpulan data menggunakan test menulis, sedangkanteknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptifkualitatif. Hasil kegiatan dalam penelitian ini dinyatakan bahwa terdapat peningkatkandalam menulis paragraf pada mahasiswa PGSD semester II kelas I seperti berikut: 1)pada siklus I, mahasiswa yang memenuhi nilai KKM ada 43%, 2) masalah-masalah ataukesulitan yang masih dialami oleh para mahasiswa pada siklus I antara lain meliputiunsur kelengkapan, EYD, dan penggunaan kalimat efektif. 3) nilai rata-rata meningkatdari 65 menjadi 68,2. 2) Pada siklus II, mahasiswa yang memenuhi nilai KKM meningkatmenjadi 73%, dan nilai rata-rata meningkat menjadi 72,1. 4) pembelajaran dengan modeljigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif dan tepat, serta dapatmemaksimalkan hasil belajar.Kata kunci: keterampilan menulis paragraf, model jigsaw
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL TERINTEGRASI MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR Farida Hanum dan Setya Raharja
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (909.93 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4796

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran terintegrasi danmodel manajemen sekolah untuk mendukung pembelajaran multikultural. Penelitian inimenggunakan desain Research and Development (R D). Hasil penelitian sebagai berikut.Pertama, model pembelajaran multikultural terpadu menggunakan modul dapat diterimapara guru sebagai model pembelajaran multikultural terintegrasi dengan materi IPS.Kedua, model manajemen pendidikan multikultural berbasis sekolah dapat diterima parakepala sekolah dan komite sekolah untuk mengelola dan menciptakan suasana kondusifuntuk pembelajaran multikultural.Kata kunci: multikultural, pembelajaran multikultural, model pembelajaran
PENGEMBANGAN METODE KODÁLY DALAM PENGENALAN NADA PADA ANAK USIA DINI Rina Wulandari
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1395.06 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4797

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan perlunya pengembangan metode Kodálydalam stimulasi musik pada anak terkait kemudahan dalam pengamatan kemampuanmeniru gerakan pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasilpenelitian sebagai berikut: Pertama, pada umumnya posisi berdiri biasa (tangan disamping)sebagai simbol nada do lebih mudah dalam proses pengamatan dibandingkan denganposisi anak memegang jempol kaki. Kedua, gerakan setelah nada do dalam posisi berdiridengan kedua tangan berada disamping disesuaikan dengan kualitas jarak tangganadamayor. Ketiga, adanya kreasi posisi tubuh sebagai simbol nada.Kata kunci: anak usia dini, metode Kodály.
EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN DALAM PENDIDIKAN NILAI DANKETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR Mujinem & Sekar Purbarini Kawuryan
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2013): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (940.005 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v6i2.4792

Abstract

Penelitian bertujuan menguji keefektifan metode permainan untuk meningkatkanhasil belajar pendidikan nilai dan hasil belajar keterampilan yang terintegrasi dalampembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan metode praeksperimental dengan one group pre test-post design. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: (1) implementasi metode permainan dalam pembelajaran IPS dilakukan dengancara bermain TTS, picture and picture, wordsquare, dan scramble, (2) hasil belajar pendidikannilai (kejujuran, kesabaran, dan ketaatan beribadah) dengan menggunakan metodepermainan untuk kategori sedang 4 orang (13,7%), tinggi 21 orang (73%), dan sangattinggi 3 orang (10,2%), (2) hasil belajar keterampilan sosial kelompok (tanggung jawab,kerjasama, dan toleransi) dengan menggunakan metode permainan dengan kategoritinggi sebanyak 15 orang (53,6%) dan sangat tinggi 13 orang (43%).Kata kunci: metode permainan, pendidikan nilai, keterampilan

Page 1 of 1 | Total Record : 9