cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 19799594     EISSN : 25415492     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 218 Documents
Kondisi insani dan material sekolah menengah negeri "pilihan kedua" di kota Yogyakarta Tatang M. Amirin; Wiwik Wijayanti; Cepi Safruddin Abd. Jabar
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2016): Maret
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1173.434 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i1.10686

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara evaluatif kondisi sumber daya manusia (guru) dan material (fasilitas) di sekolah-sekolah yang termasuk kelompok “pilihan kedua” atau kurang favorit di Yogyakarta, dan apakah guru dan fasilitas sekolah itu menjadi salah satu bahan pertimbangan memilih sekolah. Data dihimpun langsung dari sekolah dan lewat website sekolah, blog siswa, dan informasi terkait di internet. Penelitian menunjukkan bahwa guru dan fasilitas sekolah bukan faktor penting dalam memilih sekolah, bahkan kebanyakan calon murid tidak tahu kondisi sekolah yang sebenarnya. Kefavoritan sekolah  dan NUN menjadi dasar pertimbangan utama. Guru di sekolah-sekolah tersebut sebenarnya sudah hampir seluruhnya memenuhi  kualifikasi akademik dan memiliki sertifikat pendidik. Fasilitas sekolah pun sedikit banyak sudah memadai, hanya saja beberapa dari sekolah-sekolah ini berada di lingkungan padat dan bising dan atau tidak memiliki lahan yang luas. Sebagian sekolah bahkan mempunyai ruang kelas yang seragam berukuran standar 9 x 8 m, yang melebihi ketentuan minimum 2 m2 per siswa dengan maksimum isi kelas 32 orang. Memang di sebagian sekolah ruang kelasnya tidak seragam ukurannya dan ada yang di bawah standar. Penempatan murid pun tidak proporsional dengan luas ruang kelas. Salah satu sekolah, yaitu SMA Negeri 4, mempunyai tatabangunan sekolah yang ideal, yaitu menempatkan arena olah raga di luar (di depan) bangunan sekolah, sementara yang lain, karena lahan yang dimiliki terbatas, menempatkannya di dalam atau di samping bangunan sekolah yang dapat mengganggu ketenangan kelas. Hampir seluruh sekolah ini tidak memanfaatkan website sekolah sebagai wahana modal sosial dengan baik, yang dapat memberikan informasi yang akurat, lengkap, up to date dan “mengundang minat masuk sekolah” dan membentuk opini publik yang menguntungkan sekolah.
Metode TPR (total physical response) sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan tahap awal berbahasa Inggris pada anak Fauzia Fauzia
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2016): Maret
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1090.823 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i1.10687

Abstract

Tujuan pengajaran Bahasa Inggris pada tahap awal adalah memperkenalkan Bahasa Inggris kepada anak dengan cara yang menyenangkan, sehingga metode yang digunakan juga harus disesuaikan. Salah satu metode tersebut adalah TPR.. Penelitian ini menggunakan metode survey lapangan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan model pembelajaran TPR sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan tahap awal berbahasa Inggris pada anak. Hasil penelitian menunjukkan TPR merupakan metode yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Inggris dalam rangka meningkatkan kemampuan tahap awal berbahasa pada anak.
Pengembangan ular tangga modifikasi (ULTAMOD) untuk mengoptimalkan perkembangan anak Muthmainnah Muthmainnah; Ika Budi Maryatun; Nur Hayati
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2016): Maret
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2109.397 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i1.10688

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan dan media Ular Tangga Modifikasi (Ultamod) guna mengoptimalkan perkembangan anak usia dini. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg Gall namun hanya sampai pada tahapan nomor 3 yaitu pengembangan prototipe dengan penilaian validator. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dengan instrumen lembar skala dan analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Data kuantitatif kemudian dikonversikan ke data kualitatif  dengan rumus persentase untuk mengetahui  kualitas produk. Target penelitian ini adalah terciptanya Ultamod dan panduan penggunaannya, yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di PAUD yang dapat mengembangkan keenam aspek perkembangan anak usia dini, yaitu nilai agama moral, fisik motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional dan seni. Berdasarkan hasil uji validator, maka media ular tangga modifikasi dan buku petunjuk penggunaan yang telah dibuat peneliti dinyatakan layak diuji coba lapangan dengan revisi. Hal ini dapat dilihat dari pengujian instrumen oleh validator yang secara keseluruhan uji materi diperoleh hasil 78,57 % (baik) dan uji media diperoleh hasil 80 % (baik).
Analisis buku teks tematik integratif berbasis scientific approach dan authentic assessment pada kurikulum 2013 Degi Alrinda Agustina; Ali Mustadi
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2016): Maret
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.369 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i1.10689

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment pada buku teks Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga buku teks Kurikulum 2013 kelas V Tema I yang diterbitkan oleh Puskurbuk, Non Puskurbuk 1, dan Non Puskurbuk 2 tahun 2014. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Semua buku teks yang dianalisis telah memenuhi sebagian besar muatan tematik integratif, yaitu pada aspek pengalaman bermakna dan student centered learning. Sebagian kecil indikator yang belum terpenuhi adalah pada aspek multidisipliner karena kekurang-telitian dan perbedaan pandangan yang digunakan oleh penulis. (2) Semua buku teks yang dianalisis telah memenuhi semua muatan scientific approach. Kegiatan mengumpulkan informasi merupakan kegiatan yang mendominasi. (3) Semua buku teks yang dianalisis telah memenuhi sebagian besar muatan authentic assessment. Rubrik penilaian pada buku teks berupa contoh format penilaian yang dapat dikembangkan oleh guru.
Peningkatan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas 4 melalui media visual interaktif Erni Dwi Endarwati; Djamilah Bondan Widjajanti
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2016): Maret
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1353.051 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i1.10690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri Paliyan 4 Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunungkidul melalui media visual interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes tulis, angket, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual interaktif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas 4.
Pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif Fauzatul Ma'rufah Rohmanurmeta; Muh. Farozin
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2016): Maret
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1940.241 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i1.10691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif bagi peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest-posttest with nonequivalent groups. Pretest dan Posttest digunakan untuk mengukur motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variasi gaya pengaturan tempat duduk terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SD Muhammadiyah Ponorogo pada tema cita-citaku. Terbukti dari hasil uji-t dengan signifikansi 0,000 pada kelompok eksperimen I dan eksperimen II, artinya variasi gaya pengaturan tempat duduk mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar tema cita-citaku peserta didik SD Muhammadiyah Ponorogo.
Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa SD Negeri 58 Kota Bima Sry Rahmawaty Rahmawaty; Suwarjo Suwarjo
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2016): Maret
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1655.322 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i1.10692

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penggunaan metode bermain peran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 58 Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart. Penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan pada siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bima, pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga tindakan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi dan observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja, dan pedoman observasi, kemudian dianalisis secara  kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada skor rata-rata siswa 78, 61 pada  siklus 1 dengan klasifikasi baik, dan skor rata-rata siswa siklus 2 menjadi 81,04 dengan klasifikasi sangat baik. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dari rata-rata 81,00 pada siklus 1 menjadi 92,00 pada siklus 2 dengan klasifikasi sangat baik. Jadi pelaksanaan tindakan menggunakan metode bermain peran telah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian ini yakni skor perolehan rata-rata keterampilan berbicara siswa  ≥75,00 dan ketuntasan  belajar klassikal mencapai 75%. Peningkatan ini disebabkan karena adanya perubahan prosedur teknik, perubahan materi, dan perubahan anggota kelompok. 
Korelasi persepsi mahasiswa profesi bidan dengan prestasi belajar asuhan kebidanan II program studi DIII kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2014 Eka Fitriyanti
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.894 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12909

Abstract

Ketika mahasiswa kebidanan memiliki persepsi yang baik terhadap profesi bidan, maka mereka akan termotivasi untuk belajar guna membentuk sikap dan perilaku yang baik sehingga menjadi lulusan bidan yang profesional. Secara tidak langsung prestasi belajar juga ikut meningkat. Desain Penelitian adalah penelitian korelasional yang dilakukan di Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 responden. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis pearson product moment dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,560 dengan signifikansi 0,00 lebih kecil dari α=0,05 yang bermakna korelasi antara kedua variabel signifikan dengan arah korelasi positif. Ada korelasi yang signifikan antara persepsi pada profesi dengan prestasi belajar asuhan kebidanan IIKata kunci: Persepsi profesi bidan, prestasi belajar Asuhan Kebidanan II
Perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide pada praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin Hanifa Andisetyana Putri
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.862 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian menggunakan quasi experimental design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 74 siswa TK Negeri Pembina Sragen. Instrumen yang digunakan adalah checklist mencuci tangan. Teknik analisis data menggunakan two way anova. Hasil: 1) Ada perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan, dengan nilai p=0,005; 2) Ada perbedaan pengaruh kelamin laki-laki dan perempuan terhadap praktik mencuci tangan, dengan nilai p=0,000; 3) Tidak ada interaksi antara media pembelajaran terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin, dengan nilai p=0,377. Kesimpulan: Tidak ada interaksi antara media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. 
Pengaruh penerapan metode role play dan gaya belajar terhadap keterampilan konseling mahasiswa tentang adaptasi psikologi pada kehamilan trisemester I (studi eksperimental di prodi DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta) Luluk Khusnul Dwihestie; Bhisma Murti; Nunuk Suryani
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9, No 2 (2016): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.258 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v9i2.12912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode role play dan gaya belajar terhadap keterampilan konseling mahasiswa tentang adaptasi psikologi pada kehamilan trimester I. Desain penelitian yaitu studi eksperimental dengan Randomized Controlled Trial (RCT). Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester II Prodi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 45 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan exhaustive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian yaitu kuesioner dan checklist. Analisis data menggunakan uji regresi linier ganda dengan taraf signifikan 0.05. Hasil analisis regresi linier ganda, metode role play dan gaya belajar secara bersamaan mampu menjelaskan 28% dari variasi keterampilan konseling, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa keterampilan konseling mahasiswa dapat ditingkatkan dengan penerapan metode role play dan identifikasi gaya belajar pada setiap mahasiswa.

Page 1 of 22 | Total Record : 218