cover
Contact Name
Lukman Cahyadi
Contact Email
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalekonomi.ueu@esaunggul.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic
Published by Universitas Esa Unggul
ISSN : 20878133     EISSN : 2528326X     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on Economic and Business manuscripts in the areas: - Marketing - Finance Management - Strategic Management - Operation Management - Human Resource Management - Financial and Accounting - Management Accounting Jurnal Ekonomi accepts articles in any related subjects and any research methodology that meets the standards established for publication in the journal. The primary audiences are academicians, graduate students, practitioners, and others interested in economic research.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi" : 8 Documents clear
STRATEGI BISNIS MENUJU ARAB SAUDI (STUDI KASUS PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA INTERNASIONAL) Natanael, William; Wulandari, Respati
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi
Publisher : Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/jeko.v9i1.2336

Abstract

AbstractThe goal of this research was to produce the best alternative of business strategy for the company in cases to expanding business to Saudi Arabia’s market. Research methods that used are SWOT Analysis combined with PEST analysis. Then, the best business alternative obtained by using SWOT Matrix. Best alternative of business strategy formulated by data processing result of following matrix which generated best alternative strategy. The best alternative strategy for the company is to develop products that match the opportunities that exist through future integration by partnering with local companies.  Keywords: business strategy, goals determination, PEST analysis.  AbstrakTujuan penelitian ini menghasilkan alternatif strategi bisnis terbaik bagi perusahaan dalam rangka memperluas bisnis menuju pasar Arab Saudi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa SWOT dikombinasikan dengan analisa PEST. Kemudian, alternatif strategi bisnis terbaik diperoleh dengan menggunakan Matriks SWOT. Alternatif strategi bisnis terbaik diperoleh melalui hasil pengolahan data matriks tersebut yang akan menghasilkan alternatif strategi bisnis terbaik. Alternatif strategi terbaik bagi perusahaan adalah mengembangkan produk yang sesuai dengan peluang yang ada melalui integrasi ke depan yakni dengan melakukan partnership dengan perusahaan lokal. Kata kunci : strategi bisnis, penentuan tujuan, analisa PEST. 
PENGARUH LIKUIDITAS TERHADAP KEMAMPULABAAN PADA PT. MULYA KERAMIK Wahyoeni, Sri Irviati
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi
Publisher : Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/jeko.v9i1.2331

Abstract

AbstractFinance activities management company related to efforts to get fund (raising of funds) that wanted by company and how use fund (allocation of funds) efficiently and effective. ROI known as profit level (rate of profit). ROI result at a investment in this time or old world, or result that estimated at a future investment. From statistics analysis result is got liquidity correlation coefficient value (X) with profitability (Y) 0,832, mean close connection between liquidity with profitability 83,2%. The determination coefficient value (r2) 0,692, that mean profitability as big as 69,2% determined by liquidity factor and the rest as big as 30,8% influenced by other factors. From data processing result is got value thitung as big as 5,570, while magnitude ttabel with free degree 11 in (0,025) as big as 2,201. Thereby thitung > ttabel, so that clear Ho aversed and Ha accepted. With proved thitung > ttabel, can be declared that found positive influence and significant liquidity towards profitability in PT. Mulya Ceramics.  Keyword: Finance ratio analysis, statistics prerequisite testing, correlation coefficient testing AbstrakKeuangan adalah pengelolaan kegiatan-kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan usaha-usaha untuk mendapatkan dana (raising of funds) yang dibutuhkan oleh perusahaan dan usaha-usaha bagaimana menggunakan dana (allocation of funds) tersebut secara efisien dan efektif. ROI adalah juga dikenal sebagai tingkat laba (rate of profit). ROI adalah hasil di suatu investasi saat ini atau masa lampau, atau hasil yang diperkirakan di suatu investasi masa depan. Dari hasil analisis statistik diperoleh nilai koefisien korelasi Likuiditas (X) dengan Kemampulabaan (Y) adalah 0,832, artinya keeratan hubungan antara likuiditas dengan kemampulabaan adalah 83,2%. Nilai koefisien determinasinya (r2) adalah 0,692, yang berarti kemampulabaan sebesar 69,2% ditentukan oleh faktor likuiditas dan sisanya sebesar 30,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung sebesar 5,570, sedangkan besarnya ttabel dengan derajat bebas 11 pada a (0,025) sebesar 2,201. Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga jelas Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan terbukti thitung > ttabel, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan likuiditas terhadap kemampulabaan pada PT. Keramik Mulya. Kata kunci : Analisis rasio keuangan, pengujian prasyarat statistik, pengujian koefisien korelasi
PERANAN TEST DALAM PERUSAHAAN PADA PT. UNILEVER TBK Sinaga, Lazarus
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi
Publisher : Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/jeko.v9i1.2332

Abstract

Abstract The important internal control for company. For manufacturing business, has character enough important, because this function is profit center that produce income for company and watch over alive continuance companies. Part as source divider (resource allocator), divide fund source a decision making process. here a higher will take part in mengabil where does fund source that will be be distributed to parts from the organization. This fund source covers source shaped money, time, labour supplies and reputation. To achieve efficient finance management. necessary menitik weigh against principal aim companies, that is menyejahtera owner companies with stockholder so that when does value company tall, of course owner welfare company even also can well guaranted.   Keywords: part, test, factor and terms. AbstrakPentingnya pengendalian internal bagi perusahaan. Bagi perusahaan manufaktur, siklus penjualan mempunyai peran yang cukup penting, karena fungsi ini merupakan profit center yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Peranan sebagai pembagi sumber (resource allocator), membagi sumber dana adalah suatu proses pembuatan keputusan. Di sini seorang atasan mengambil peranan dalam mengabil keputusan kemana sumber dana yang akan didistribusikan ke bagian-bagian dari organisasinya. Sumber dana ini meliputi sumber yang berupa uang, waktu, perbekalan tenaga kerja dan reputasi. Untuk mencapai manajemen keuangan yang efisien. Yang perlu dititik beratkan adalah tujuan utama perusahaan, yaitu menyejahterakan pemilik perusahaan serta pemegang saham sehingga apabila nilai perusahaan tinggi, tentunya kesejahteraan pemilik perusahaan pun dapat terjamin. Kata Kunci: peranan, test, faktor dan syarat-syarat 
PENGARUH ISLAMIC STORE ATTRIBUTES TERHADAP PATRONAGE BEHAVIOR MELALUI COSTUMER SATISFACTION PADA ISLAMIC BASED STORE Fariz, Muhammad
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi
Publisher : Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/jeko.v9i1.2333

Abstract

AbstractThis research aims to determine the effect of islamic store attributes (muslim products, islamic store atmosphere, humanistic, halal product sertification, and islamic values) to patronage behavior with customer satisfaction as intervening. The object is Tip Top Supermarket in Rawamangun, East Jakarta, with 100 respondents as sample, using validity test, reliability test, t test, coefficient of determination, and path analysis as research method. The result shows that only islamic values effects directly or indirectly (via customer satisfaction) to patronage behavior, while humanistic and halal product sertification effect only indirectly to patronage behavior via customer satisfaction. Keywords: islamic store attributes, patronage behavior, customer satisfaction AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut toko Islam (produk muslim, suasana toko islami, humanistik, sertifikasi produk halal, dan nilai-nilai islam) untuk perilaku patronase dengan kepuasan pelanggan sebagai intervensi. Objek penelitian adalah Tip Top Supermarket di Rawamangun, Jakarta Timur, dengan 100 responden sebagai sampel, menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t, koefisien determinasi, dan analisis jalur sebagai metode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya nilai-nilai islam yang berpengaruh langsung atau tidak langsung (melalui kepuasan pelanggan) terhadap perilaku patronase, sementara sertifikasi produk humanistik dan halal hanya berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku patronase melalui kepuasan pelanggan. Kata kunci: atribut toko islami, perilaku patronase, kepuasan pelanggan
ANALISA KREATIFITAS PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA RETAIL BUSINESS (BISNIS ECERAN) UNTUK USAHA MINI MARKET KONVENSIONAL DI INDONESIA Heriawan, Teguh
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi
Publisher : Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/jeko.v9i1.2334

Abstract

AbstractThe development of retail business such as Mini Market in Indonesia seems to be increasingly widespread. The phenomenon is seen with the presence of mini market and modern department stores that are so fast like mushrooms that grow in the rainy season. As a result of the bustle of the world of retail business is automatically increase the level of extraordinary competition in finding customers to gain profit margin as big as possible. By itself, each retailer is required to have a truly professional marketing management strategy in that field. If not, he should give up even out of the retail business. Here are the five largest retail market mini retailers in Indonesia: Alfamart, Indomaret, Circle K, 7- Eleven and Alfamidi. For beginner businessmen need to learn retail marketing strategy business mini market business in order to survive and expand its business to reach customers as much as possible. Whether it is by opening a lot of stores in several locations, as well as with marketing strategies in addressing existing competitors. Whether it's a strategy on location determination, product selection, selling price policy, or any marketing-related way. Thus this journal is made in the hope of providing additional knowledge for business beginners retail mini market in Indonesia, so that by competing in a healthy and sophisticated and mastering the marketing strategy of retail mini business business, will certainly bring success and profit in this business. Keywords: strategy, marketing, retail business, mini market AbstrakPerkembangan bisnis eceran seperti Mini Market di Indonesia tampaknya kini semakin marak. Fenomena tersebut terlihat dengan hadirnya mini market dan toko-toko serba modern yang begitu cepat bagaikan jamur yang tumbuh pada musim hujan. Akibat dari ramainya dunia bisnis eceran ini secara otomatis menambah tingkat kompetisi yang luar biasa dalam mencari pelanggan untuk memperoleh profit margin yang sebesar-besarnya. Dengan sendirinya bagi tiap-tiap riteler dituntut memiliki strategi manajemen pemasaran yang benar-benar professional di bidang tersebut, Kalau tidak, dia harus menyerah bahkan gulung tikar dan keluar dari bisnis eceran tersebut.Berikut ini lima pebisnis eceran mini market terbesar di Indonesia yaitu: Alfamart, Indomaret, Circle K, 7- Eleven dan Alfamidi. Bagi pebisnis pemula perlu mempelajari strategi pemasaran ritel bisnis usaha mini market ini agar bisa bertahan dan mengembangkan bisnisnya untuk meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Apakah itu dengan membuka gerai yang banyak di beberapa lokasi, maupun dengan strategi-strategi pemasarannya dalam mengatasi kompetitor yang telah ada. Baik itu strategi mengenai penentuan lokasi, pemilihan produk, kebijakan harga jual, maupun segala cara yang berkaitan dengan pemasaran. Demikian jurnal ini dibuat dengan harapan memberikan tambahan ilmu bagi pebisnis pemula ritel bisnis mini market di Indonesia, sehingga dengan bersaing secara sehat dan kepiwaian dan menguasai strategi pemasaran ritel bisnis mini market, tentunya akan membawa keberhasilan dan keuntungan di bisnis ini. Kata kunci : strategi, pemasaran, bisnis ritel, mini market
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KARAKTER EKSEKUTIF TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK Gartika, Rully; Wijaya, Indra
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi
Publisher : Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/jeko.v9i1.2335

Abstract

AbstractTax advoidance is  a tax savings by making a design exploiting the weaknesses legislation. This study aims to know the influence of  corporate characteristics and executive character against tax advoidance. This study carried out on manufacturing companies listed in BEI in 2011-2015. The amount of samples used in this study were nineteen companies with 95 times the number of observations. The data of analysis used is linear regression multiple. The result of this study showed that the profitability negative effect on tax advoidance. Leverage positive effect on tax advoidance . While the size, sales growth and executive character has no effect on tax advoidance.              Keywords: tax advoidance, corporate characteristics, executive character AbstrakPenghindaran pajak adalah suatu penghematan pajak dengan membuat rancangan yang memanfaatkan kelemahan-kelemahan undang-undang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan dan karakter eksekutif terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 19 perusahaan dengan jumlah observasi 95 kali. Analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak. Leverage berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. Sedangkan ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan karakter eksekutif tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Kata kunci: penghindaran pajak, karakteristik perusahaan, karakter eksekutif
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MEDIASI KEPUASAN KERJA Priyatmo, Cornelius Ludi
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi
Publisher : Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/jeko.v9i1.2330

Abstract

AbstractJob satisfaction factors have a positive effect on the success of the company's performance. Job satisfaction perceived employee with income acceptance or improvement of welfare as well as guaranteed career ladder in company make employee PT. Mitramas always feel calm in working. With job satisfaction felt by PT. Mitramas Anchor Laksana will always perform the job according to standard procedure. This research is quantitative research with descriptive design which aims to know the factors in transformational leadership type that influence the performance and job satisfaction of employee by using Structural Equation Modeling method. The results showed that transformational leadership affect the performance of employees positively either directly or indirectly with mediation mediation of job satisfaction. In addition in this study proved significantly that job satisfaction affects employee performance. Keywords: Transformational leadership, performance, and job satisfaction. AbstrakFaktor Kepuasan kerja  sangat berpengaruh secara positif terhadap penciptaan keberhasilan Kinerja perusahaan. Kepuasan kerja karyawan yang dirasakan dengan penerimaan pendapatan ataupun peningkatan kesejahteraan serta terjaminnya jenjang karir didalam perusahaan membuat karyawan PT. Mitramas selalu merasakan ketenangan dalam bekerja. Dengan kepuasan kerja yang dirasakan karyawan PT. Mitramas Jangkar Laksana akan selalu melaksankan pekerjaan sesuai standart prosedur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain diskriptif yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pada tipe kepemimpinan transformasional yang mempengaruhi kinerja dan kepuasan kerja  karyawan dengan menggunakan metode  Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja karyawan secara positif baik secara langsung maupun tidak langsung dengan perantara mediasi kepuasan kerja. Selain itu dalam penelitian ini terbukti secara signifikan bahwa kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kata kunci : Kepemimpinan transformasional, kinerja, dan kepuasan kerja.
PENGUKURAN KINERJA INTELEKTUAL KAPITAL PADA DOSEN TETAP DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA Septyanto, Dihin; Dewanto, I. Djoko
Jurnal Ekonomi : Journal of Economic Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi
Publisher : Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/jeko.v9i1.2329

Abstract

AbstractUnidentified intellectual capital in universities will have an impact on low competitiveness in the MEA and Global era is a must. So the ability of Higher Education in predicting intellectual capital (IC) is the added value of the desires of intellectual capital model that will be run. This study aims to manage the value of intellectual capital to the performance of lecturers by looking at the relationship and influence in each sub variable intellectual capital. As for some variables that are processed, among others, such as: human capital, structural capital, capital relations, social capital, customer capital, which is run on Higher Education courses. Result t from each of human capital = 0.786, social capital = -0.677, relationship capital = -1.921, customer capital = 0.606 and social capital = 1.905, at t table = 1.7612. This proves that Ho is all accepted except in social capital. While the VIF value of each is human capital = 6.678, social capital = -16.014, relationship capital = 9.322, customer capital = 14.027 and social capital = 7,265, whose value is more than 0.05, this indicates that all the IC variables affect the performance lecturer.By conducting performance development at Esa Unggul University, it is deemed necessary to develop Intellectual Capital with its sub-variables in improving the performance of the University as a whole and hopefully the model can be tried to make IC Model in higher education or region. Keywords: intellectual capital, performance lecturer, tri dharma perguruan tinggi. AbstrakTidak teridentifikasikan modal intelektual di Perguruan Tinggi akan berdampak pada rendahnya kemampuan bersaing di era MEA dan Global adalah merupakan keharusan. Sehingga kemampuan Perguruan Tinggi dalam memprediksi intellectual capital (IC) merupakan nilai tambah dambaan model intellectual capital yang akan dijalankan.Penelitian ini bertujuan mengelola nilai intellectual capital terhadap Kinerja dosen dengan melihat hubungan dan pengaruh dimasing-masing sub variabel intellectual capital. Adapun beberapa variabel yang diolah antara lain, seperti : human capital, struktural capital, relasi capital, social capital, customer capital, yang dijalankan pada program studi Perguruan Tinggi. Hasil t dari masing-masing human capital  = 0.786, social capital = -0.677, relationship capital  = -1.921, customer capital  = 0.606 dan sosial capital  = 1.905, pada t tabel = 1.7612. Ini membuktikan bahwa Ho semua diterima kecuali pada social capital. Sedangkan nilai VIF dari masing-masing adalah human capital  = 6.678, social capital = -16.014, relationship capital  = 9.322, customer capital  = 14.027 dan sosial capital  = 7.265, yang nilainya lebih dari 0.05, ini mengindikasikan bahwa seluruh variabel IC memberi pengaruh terhadap kinerja dosen. Dengan melakukan pengembangan kinerja pada Universitas Esa Unggul disinyalir perlu mengembangkan Intellectual Capital dengan sub variabelnya dalam meningkatkan kinerja Universitas secara keseluruhan dan kiranya diharapkan model tersebut dapat dicoba untuk membuat Model IC pada perguruan tinggi atau wilayah yang lebih luas. Kata kunci : modal intelektual/ic, kinerja dosen, tri dharma perguruan tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8