cover
Contact Name
Lukman Cahyadi
Contact Email
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Phone
+6221-5674223
Journal Mail Official
jurnalkomputer.ueu@esaunggul.id
Editorial Address
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
JIK Jurnal Ilmu Komputer
Published by Universitas Esa Unggul
ISSN : 25279653     EISSN : 27978389     DOI : -
Core Subject : Science,
JIK: Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal ilmiah yang memuat tulisan penelitian dan non penelitian dalam bidang ilmu Komputer, yang diterbitkan oleh Pusat Pengelola Jurnal Ilmiah UEU. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Ilmu Komputer sebagai wadah karya ilmiah para dosen dalam memgimplementasikan dan mempublikasikan hasil penelitian (kualitatitif, kuantitatif dan mixing) berdasarkan proses studi literasi, experimental dan yang pendanaan diperoleh secara mandiri, hibah internal maupun eksternal. Publikasi karya ilmiah sebagai salah satu unsur tridharma perguruang tinggi di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul dan sangat terbuka untuk kalangan dosen PTN/PTS di luar komunitas civitas akademika UEU. Jurnal ini melingkupi kajian dengan mencakup bidang antara lain : Data Science/Mining, Internet of Things, Cloud Computing, Human Computer Interaction, Mobile Application and Technology, Internetworking and Security System, Artificial Intellegences, Software Engineering, Big Data, Smart Technology Information, Image Processing and Pattern Recognition, Cryphtography, BioInformatics, Digital Forensic Sciences, Technology Multimedia and Game
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2008)" : 8 Documents clear
Analisis Steganography Terhadap Keamanan Data Juman, Kundang Karsono
JIK: Jurnal Ilmu Komputer Vol 6, No 1 (2008)
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/komp.v6i1.448

Abstract

The computer security system includes security data this time able to issue demand. Steganography is the art of concealing the existence of information within seemingly innocuous carriers. Steganography can be viewed as akin to cryptography. Both have been used throughout recorded history as means to protect information. At times these two technologies seem to converge while the objectives of the two differ. Cryptographic techniques "scramble" messages so if intercepted, the messages cannot be understood. Steganography, in an essence. The Implementation steganography in side data security with: Learning to the concept computer security system, to be understand steganography, and to knows in implementation steganography in the data securityKeywords: The Computer Security, Data Security, Steganography Method Data Security and Media
Simulasi Reed-Solomon Error Correction Code Sebagai Outer Code Pada DVB-T Antonio, Tony; Wijaya, Teddy Surya
JIK: Jurnal Ilmu Komputer Vol 6, No 1 (2008)
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/komp.v6i1.454

Abstract

Penulisan ini difokuskan pada salah satu teknik FEC DVB-T, yaitu Outer Coding (Reed Solomon code) dengan simbol pesan sebanyak 188, code word  204 simbol, dan  errorcorrection  8 simbol. Untuk simulasi digunakan bahasa  Visual Basic 6.0 dengan tampilan pada setiap proses encoding dan decodingnya. Proses simulasi yang dibuat ini menggunakan data input urut 1-188 dan jumlah error yang dapat dikoreksi sampai dengan 8 simbol. Berdasarkan hasil simulasi encoding, 16 simbol yang dihasilkan untuk simbol-simbol parity check untuk data input urut 1-188 adalah 195, 231, 90, 194, 142, 112, 85, 171, 63, 242, 251, 154, 1, 82, 33, 222, dan menurut hasil uji coba program simulasi, untuk jumlah input error 1-8 didapatkan bahwa semakin banyak jumlah input error, maka proses perhitungan Euclidean kiri semakin banyak, serta banyaknya nilai yang dihasilkan dari proses Euclidean kiri sama dengan banyaknya input error.Kata Kunci: Outer Coding, Error Correction, Encoding, Decoding
Evaluasi Manajemen Proyek Pembuatan Piranti Lunak Berbasis Web Pada PT. Media Plus Jakarta Tjahjono, Budi
JIK: Jurnal Ilmu Komputer Vol 6, No 1 (2008)
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/komp.v6i1.449

Abstract

Perkembangan perusahaan software house di Indonesia semakin meningkat dari segi jumlah dan kemampuan. Hal ini menunjukkan persaingan antar perusahaan tersebut juga semakin ketat. Kemampuan yang lebih baik dari sebuah software house dalam mengelola proyek piranti lunak untuk memenuhi kebutuhan user menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Kebutuhan akan aplikasi web bagi perusahaan klien yang ingin memperkenalkan dan/atau mengembangkan usahanya semakin meningkat. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metodologi yang tepat untuk mendukung pengelolaan proyek piranti lunak, khususnya yang berbasis web. Metodologi penelitian yang dipergunakan adalah studi pustaka dengan studi kasus di PT Media plus. Teknis analisis data yang dipakai adalah Critical Path Method (CPM), Staged Delivery dan Joint Application Development (JAD) yang saling mendukung satu sama lain. Ketiga teknik tersebut kemudian dipergunakan sebagai metodologi bagi pengelolaan proyek piranti lunak. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Media plus telah mampu merencanakan aktivitas-aktivitas proyek dengan work breakdown structure dan menggunakan Microsoft Project sebagai tool untuk estimasi jadwal aktivitas proyek. Akan tetapi masih ada pelaksanaan aktivitas-aktivitas yang mengalami kemunduran. Untuk itu, perusahaan dapat mengembangkan metodologi yang lebih baik untuk meningkatkan ketepatan penyelesaian proyek agar perusahaan dapat menunjukkan nilai tambah kepada user atau klien dari segi waktu. Perusahaan disarankan untuk menerapkan Staged Delivery dan JAD serta memanfaatkan CPM untuk mendukung pengelolaan proyek piranti lunak.Kata Kunci: Pengelolaan, Proyek piranti lunak, Web, Staged Delivery, Critical Path Method, Joint Application Development
Penggunaan Spreadsheet Dalam Pengajaran Sistem Pendukung Keputusan Santoso, Lucky E.
JIK: Jurnal Ilmu Komputer Vol 6, No 1 (2008)
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/komp.v6i1.455

Abstract

Orientasi mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam kurikulum Sistem Informasi (SI) tradisional adalah pada survei dan bukan pada penerapan. Dilakukan tinjauan pustaka yang dipusatkan pada percobaan penggunaan spreadsheet dalam pengajaran SPK berorientasi terapan untuk mahasiswa peminatan SI atau ekuivalennya. Tinjauan tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa menganggap bahan yang diberikan dalam pengajaran tersebut menarik dan bermanfaat bagi mereka setelah nantinya lulus. Berdasarkan hal ini, penggunaan spreadsheet dalam pengajaran SPK untuk mahasiswa peminatan SI atau ekuivalennya dianggap layak untuk dipertimbangkan oleh staf pengajar yang selama ini mengajarkan mata kuliah tersebut secara tradisional. Suatu dokumen spreadsheet juga telah dibuat dan diusulkan sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan dalam demonstrasi kelas atau tugas mahasiswa.Kata kunci: Spreadsheet, Pengajaran, Sistem Pendukung Keputusan
Analisis Dan Perancangan Sistem Pelayanan Pengajuan Polis Online Pada PT Asuransi Jiwa Sequislife Dewanto, I. Joko
JIK: Jurnal Ilmu Komputer Vol 6, No 1 (2008)
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/komp.v6i1.450

Abstract

System of service Insurance expend  by online this objective for help PT. Asuransi Jiwa Sequislife apply commit concurrent with member system of marketing service insurance. With any online service system to built present policy insurance even member loyality, to gimmick visitor for going to the member. Methodology to use development system with metode UML. With analysis and design this result perhaps  service system not standar service member the wisdom system for recommended have help maintenance data processing present policy, clain, policy active, policy change attract nasabah and general visitor,  The wisdom to minimum time use member for use present. Keywords: Insurance, UML Diagram, Policy Present, Claim, Policy Active, Policy Change
Analisis Kebutuhan Pengguna Untuk Mendukung Ketepatan Dan Kecepatan Proses Pelayanan Santunan (Studi Kasus PT XYZ) Widayanti, Riya
JIK: Jurnal Ilmu Komputer Vol 6, No 1 (2008)
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/komp.v6i1.451

Abstract

Semua organisasi baik yang berorientasi pada laba maupun nirlaba, dituntut untuk beroperasi secara efisien dan efektif agar dapat terus bertahan, berkembang dan bersaing. Globalisasi juga menyebabkan orientasi organisasi bergeser dari fokus terhadap produk menjadi fokus pada pelanggan, sehingga pelayanan dan kepuasan konsumen menjadi hal yang penting. Pada gilirannya, kualitas produk dan jasa menjadi fokus perhatian manajemen agar dapat bersaing terutama di pasar global. Organisasi perlu terus mengubah proses bisnisnya menjadi lebih efisien untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, dan operasional mereka. PT XYZ (PERSERO) telah menentukan obyektif bisnis untuk masa periode mendatang yang tertuang dalam balance score card perusahaan. Obyek bisnis yang telah diidentifikasi terkait dengan pengembangan peningkatan proses bisnis internal seperti pencapaian keunggulan proses (Proses Excellence), kepemilikan SOP yang baku dan berbasis komputer, dan memiliki kecepatan proses pelayanan dengan target pemenuhan pelayanan adalah 1 hari untuk premi dan 1 hari untuk santunan. Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan perlindungan yang memuaskan kepada masyarakat terutama para korban/ahli waris korban sebagai akibat kecelakaan, maka  ingin diadakan penelitian yang ditujukan pada kebutuhan pengguna untuk ketepatan dan kecepatan dalam proses pelayanan kepada masyarakat serta pengambilan keputusan, berkaitan dengan aplikasi sistem pelayanan. Kebutuhan Pengguna pada Sistem Pelayanan Santunan tanpa menghubungkannya dengan proses bisnis lainnya.Kata Kunci: User requirement, Metodologi QDF, pelayanan, proses bisnis
Analisis Dan Perancangan Data Mart Kredit Pada Bank DKI Munawar, Munawar; Irawan, Alfa Punky
JIK: Jurnal Ilmu Komputer Vol 6, No 1 (2008)
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/komp.v6i1.446

Abstract

Data warehouse/ data mart can support query in decision making.Building data warehouse/ data mart can give companies a strategic advantage over their competition. This advantage can come from several sources: the ability to access enterprise-wide data, the ability to have consistent data, and the ability to perform analysis quickly. Bank DKI intends to build data mart to help them make decision. Bank DKI can use the information in a datamart to spot trends in loan analysis, collection,  and its relationship. Once Bank DKI builds a data mart, chairman of this bank have a consistent surce for enterprise-wide data that allows for fast answers to query. Buidling data mart for loan usually means rearranging the loan data and performing data mining to look for trends that were previously unknown. Data mart help loan analys better understand individual clients and see widespread trends.Keywords: Analysis, Bank DKI, Loan, Data Mart, OLAP, Design
Analisis Keberhasilan Proses Pembelajaran Di Lingkungan Kopertis Iii Di Tinjau Dari Rambatan Rata-Rata IPK Mahasiswa Teknik Informatika Angkatan Tahun 2000 / 2001 Wibisono, Samuel; Ambarwati, Lukita; Hutapea, Sabungan Halomon
JIK: Jurnal Ilmu Komputer Vol 6, No 1 (2008)
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/komp.v6i1.452

Abstract

Quality control is totally needed in Indonesian education process, beside accreditation as main control, quality control of  education grade should be build, with GPA as the indicator by using simple linier regretion method each GPA catagories will be ploted and compared with region ratio. The research done at Kopertis III show that the learning process until eight semester give less differences of GPA, where ideally should be increas every semesterKeywords: Quality of Education, GPA, Ploted of GPA

Page 1 of 1 | Total Record : 8