cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
ISSN : 18295797     EISSN : 25499475     DOI : 10.21831
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial" : 8 Documents clear
Peran Perempuan dalam Pengentasan Kemiskinan di Desa Wisata Gabugan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Hastuti . .
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.185 KB) | DOI: 10.21831/socia.v11i2.5300

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik perempuan rumah tangga miskin, dan upaya yang dilakukan untuk pengentasan kemiskinandi Desa Wisata Gabugan, Sleman. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan rumah tangga miskin didominasi usia produktif dengan mata pencaharian pokok sebagai petani, rendahnya tingkat pendidikan, dan sempitnya penguasaan lahan. Upaya yang dilakukan perempuan untuk pengentasan kemiskinan dengan melakukan diversifikasi usaha, mensiasati pengeluaran terkait pemenuhan kebutuhan pangan, sandang, dan kepentingan sosial. Pengentasan kemiskinan juga dilakukan dengan mengerahkan seluruh anggota rumah tangga ikut bekerja agar memperoleh pendapatan, berhutang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga miskin, melakukan migrasi untuk mencari sumber pendapatan di wilayah lain, dan memanfaatkan famili untuk pengentasan kemiskinan. Kendala pengentasan kemiskinan adalah keterbatasan dalam akses terhadap kesehatan, pendidikan yang memadai, kesempatan berusaha dan memperoleh sumber pendapatan, sanitasi kurang memadai dan ketidaksetaraan gender juga menjadi kendala di wilayah penelitian. Kata Kunci: perempuan, pengentasan kemiskinan
Dampak Sistem Tanam Paksa terhadap Dinamika Perekonomian Petani Jawa 1830-1870 Hendra Kurniawan *
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.568 KB) | DOI: 10.21831/socia.v11i2.5301

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dampak sistem tanam paksa terhadap Dinamika Perekonomian Petani Jawa Tahun 1830-1870. Metode penelitian menggunakan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasca bubarnya kongsi dagang VOC menimbulkan kebijakan baru di Hindia Belanda. Atas berbagai pertimbangan ekonomi maka pemerintah kolonial Belanda melaksanakan Sistem Tanam Paksa(Cultuurstelsel) dalam kurun waktu hampir 50 tahun. Sistem ini membawa banyak perubahan dalam kehidupan petani di Jawa.Sistem Tanam Paksa telah mengenalkan petani pada sistem tanam yang lebih modern. Kondisi ini membuat ekonomi pangan memiliki pondasi yang semakin mantap. Pada masa ini pula terbuka peluang bagi tumbuhnya ekonomi masyarakat tani. Perekonomian subsisten perlahan bergeser menjadi perekonomian uang. Akan tetapi bagaimanapun penyimpangan dalam pelaksanaan Tanam Paksa pada akhirnyasemakin menambah derita penduduk jajahan. Kata kunci:tanam paksa, perekonomian, petani Jawa
Keefektifan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pkn untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Nasionalisme di SMA Negeri 1 Suela Lombok Timur Ika Tijayanti, Marzuki *
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.914 KB) | DOI: 10.21831/socia.v11i2.5302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode problem solving dalam pembelajaran PKn untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme di SMA Negeri 1 Suela Lombok Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2013 dengan menggunakan analisis MANOVA faktorial dua jalur pada taraf signifikansi 5% (= 0,05). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan metode problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional; 2) sikap nasionalisme siswa yang belajar menggunakan metode problem solving tidak menunjukkan perbedaan rerata yang signifikan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional; 3) kemampuan berpikir kritis siswa tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rerata pada siswa yang tergolong cerdas interpersonal dengan siswa yang tergolong cerdas intrapersonal; 4) sikap nasionalisme siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rerata pada siswa yang tergolong cerdas interpersonal dengan siswa yang tergolong cerdas intrapersonal; 5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan jenis kecerdasan terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa; 6) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan jenis kecerdasan terhadap pengembangan sikap nasionalisme siswa. Kata kunci: problem solving, jenis kecerdasan, berpikir kritis, sikap nasionalisme
Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY Anik Widiastuti, Sugiharyanto, Satriyo W *
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.765 KB) | DOI: 10.21831/socia.v11i2.5294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY yang meliputi 1) tingginya prestasi belajar mahasiswa, 2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jenis kelamin, 3) perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jalur masuk.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian sebanyak 259 mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY  angkatan 2010 sampai dengan 2012. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY termasuk dalam kategori sangat memuaskan; 2) terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jenis kelamin; 3) terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jalur masuk UNY. Kata kunci: prestasi belajar, IPS
Muatan Materi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri Singkawang Utara Kota Singkawang Emusti Rivasintha *
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.863 KB) | DOI: 10.21831/socia.v11i2.5303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan materi pendidikan karakter dalam materi pembelajaran IPS sejarah, kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS sejarah, dan penilaian yang dilakukan guru sejarah dalam pembelajaran IPS sejarah di SMP Negeri Singkawang Utara Kota Singkawang. Penelitian dilakukan  dengan menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus tunggal terpancang.    Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Muatan materi pendidikan karakter seperti nasionalisme, rela berkorban, pantang menyerah, demokrasi, dan cinta tanah air tersirat dalam materi pembelajaran IPS sejarah yang diuraikan pada uraian pokok materi ; (2) Kegiatan pembelajaran IPS sejarah yang memuat pendidikan karakter dilakukan dengan menyisipkan nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran misalnya pada saat diskusi guru menanamkan sikap kerja sama dan tanggungjawab; (3) Penilaian yang dilakukan guru dalam pembelajaran IPS sejarah yang memuat pendidikan karakter baru mengarah pada kognitif. Kata Kunci    :  Materi pendidikan karakter, pembelajaran IPS sejarah, SMP
Posisi IPS, Tantangan Masa Depan, dan Alternatif Baru Sardiman AM *
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.901 KB) | DOI: 10.21831/socia.v11i2.5299

Abstract

Berbicara soal pendidikan IPS di Indonesia memang menarik tetapi kadang juga melelahkan. Perdebatan panjang sejak tahun 1975 sampai sekarang belum mampu merumuskan hakikat pendidikan IPS di sekolah secara memuaskan, baik menyangkut substansi kajian maupun model pembelajarannya. Pada hal IPS di sekolah ini memiliki peran yang strategis dalam mengantarkan peserta didik untuk berlatih berpikir kritis dan kemampuan serta keterampilan untuk ikut berpartisipasi dalam memecahkan masalah sosial kebangsaan. Dengan demikian posisi pendidikan IPS di sekolah ini menjadi semakin strategis untuk masa-masa ke depan.Oleh karena itu, diperlukan pemikiran dan alternatif baru dalam pengembangan substansi kajian atau standar isi IPS di sekolah. Terutama untuk jenjang SMP dan yang sederajat. Kata kunci: hakikat IPS, memecahkan masalah, alternatif baru
Kajian Terhadap Perkawinan antar Orang Berbeda Agama di Wilayah Hukum Kota Yogyakarta Setiati Widihastuti, Sri Hartini, Eny Kusdarini *
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/socia.v11i2.5295

Abstract

Penelitian ini bertujuan   untuk mengidentifikasi kemungkinan dilangsungkannya   perkawinan antar orang  berbeda agama  di wilayah hukum Kota Yogyakarta, dan mengidentifikasi    putusan Hakim Pengadilan Negeri atas  permohonan perkawinan antar orang  berbeda  agama di  Catatan Sipil Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Wawancara  dan dokumentasi dipilih sebagai teknik pengumpulan data. Subyek penelitian  ditentukan dengan teknik   purposive, yakni dua orang Hakim dan dua pejabat dari Bidang Pencatatan Sipil  Kota Yogyakarta. Analisis data dilaksanakan  secara induktif, yang tahapannya terdiri dari reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, display data,  kesimpulan serta verifikasi. Dalam simpulan  kajian ini dapat dikemukakan bahwa: 1) Perlu dispensasi dari Pengadilan Negeri untuk melangsungkan perkawinan beda agama di wilayah hukum kota Yogyakarta. 2) Sikap  Hakim  PN Yogya atas  permohonan  perkawinan berbeda agama: (a) menolak   memberikan   dispensasi, (b)   kemungkinan dapat  mengabulkan permohonan dispensasi, apabila Hakim  berpendapat UU Perkawinan memang tidak mengatur tentang perkawinan beda agama, sehingga  terdapat  kekosongan hukum. Kata kunci:  perkawinan antar orang  berbeda agama, Pengadilan Negeri, Pencatatan Sipil
Aktualisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Desvian Bandarsyah *
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 11, No 2 (2014): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/socia.v11i2.5305

Abstract

Berbagai persoalan serius dan sistemik mengenai kebangkrutan moral, hilangnya rasa tanggungjawab, dan disorientasi kebangsaan yang bersifat multidimensional, terjadi tidak hanya pada level kepemimpinan nasional, tetapi juga pada level lokal, bahkan sampai tingkat generasi mudanya. Hal itu mendorong perlunya pendidikan yang dapat menjawab berbagai perubahan sosial di tengah-tengah perkembangan masyarakat yang menglobal. Persoalan mendasar berkaitan dengan peranan pendidikan adalah bagaimana pendidikan dilakukan dengan memuat nilai-nilai humanis serta membentuk karakter dan perilaku yang sesuai dengan perkembangan dalam dunia yang terus berubah dari waktu ke waktu. Kita harus mampu menyelenggarakan pendidikan yang mengacu ke masa depan. Pendidikan yang  mempersiapkan generasi muda untuk menatap masa depan yang lebih baik, dengan pemaknaan terhadap kehidupan yang dinamis secara positif yang berkaitan dengan upaya pengembangan kualitas dan kemandirian manusia Indonesia.  Sehingga dimungkinkan secara proaktif dapat menjawab tantangan masyarakat dan bangsa, dalam dunia yang kompleks. Dunia keilmuan dan corak pendekatan pendidikan kita dalam tataran teoretis dan praktis harus mampu melepaskan diri dari pengaruh kelimuan warisan Cartesian yang mekanistik positivistik. Desain ilmu-ilmu sosial dalam pendidikan, terutama pendidikan sejarah harus dapat menawarkan kemandirian, melalui pengembangan karakter, kesadaran dan nalar kritis dengan memfungsikan kesadaran etis dan estetika. Ilmu-ilmu sosial dan sejarah merupakan solusi dalam mengatasi krisis kemanusiaan dewasa ini. Terutama pembelajaran sejarah dengan implementasi yang tepat. Kata Kunci: ilmu sosial, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah

Page 1 of 1 | Total Record : 8