cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
COPE
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 02: November 2011" : 6 Documents clear
PENDEKATAN ANDRAGOGIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI Widayati, Esti
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 15, No 02: November 2011
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8825.55 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v15i02.5514

Abstract

Pendekatan pendidikan lebih menekankan pada hasil untuk menstransfer ilmu pengetahuan dan kemampuan pendidikan fisik, yang diharapkan untuk kehidupan dikelak kemudian hari. Meskipun demikian, pendekatan andragogi lebih menekankan pada bimbingan dan membantu siswa untuk memperoleh pengalaman pengetahuan,kemampuan dan tingkah laku agar dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Beberapa aktivitas pembelajaran yang dapat dikerjakan melalui peranan pembelajaran andragogi Pendidikan fisik, antara lain: bermain peran, percobaan (drill), kerjasama dan komunikasi dengan gerakan-gerakan, dan tugas.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR STRATIFIKASI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEGITIGA SAMA KAKI Lilik Suharmaji
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 15, No 02: November 2011
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7753.596 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v15i02.5515

Abstract

Pembelajaran sosiologi masih didominasi penggunaan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran jenuh, mengantuk, suka berbicara dengan temannya dan tidak sehingga siswa menjadi nyamandi dalamkelas. Untuk menghadapi kendala-kendala itu guru harus merubah paradigma dari hanya sekedar informator menjadi guru yang berfungsi paradigma yang fun dan dinamisator. Siswa harus ditempatkan dalam posisi sebagai subyek belajar sehingga tercipta suasana sebagai fasilitator proses belajar mengajar yang hidup, tidak kering, berkesan, menyenangkan, menghibur dan siswa mudah menyerap pelajaran. Untuk mendukung strategi itu penulis menerapkan penggunaan alat peraga segitiga samakaki dengan tujuan agar meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran stratifikasi sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus meliputi empat langkah yakni perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) penggunaan alat peraga segitiga samakakidapat meningkatkan hasil belajar stratifikasi sosial. Hal ini dibuktikan pada siklus tiga hasil belajar siswa dalam kategori sangat berhasil dengan point 97 dan rata-rata nilai 73,30.(2) penggunaan alat peraga segitiga semakin bisa meningkatkan motivasi, menyenangkan, dan menghibur.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERAfiF TIPE STAD DI SMK MA'ARIF WONOSARI Purwanto Purwanto
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 15, No 02: November 2011
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10750.594 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v15i02.5516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswakelas il MB SMK Ma'arif Wonosari. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Matematika di SMK Ma,arif Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar Matematika melalui komponen utama presentasi kelas olehguru,belajar kelompok, pemberian kuis, maupun skor peningkatan individu dan penghargaan kelompok.
AKTUALISASI DAN APRESIASI NILAI-NILAI SERAT WEDATAMA DALAM PENANAMAN KARAKTER BUDI PEKERTI PADA SISWA SMP Hidratmoko Andritamtomo
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 15, No 02: November 2011
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jig cope.v15i02.5509

Abstract

Apresiasi nilai-nilai Serat Wedatama karya KGPAA Mangkunegoro Ke-IV bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter budi pekerti yang selanjutnya diaaktualisasikan oleh guru pada siswa di bangku SMP Nilai-nilai pendidikan karalcter budi pekerti dalam Serat Wedatama yang berwujud tembang macapat digali dengan diterjemahkan secara bebas agar mudah dipahami oleh pembaca yang selanjutnya diambil bait-bait yang mengandung pendidikan karakter budi pekerti. Aktualisasi nilai-nilai Serat Wedatama yang mengandungbudipekertidapat ditanamkan pada siswa di lingkungan sekolah dengan cara dibiasakan, diterapkan dan dipaksakan atau diwajibakan pada siswa. Perangurusebagai pembimbing dan pengawas keberhasilan penenaman karakter budi pekerti tersebut. Bagi siswa yang melanggar mendapat teguran dan jika berhasil menanamkan nilai-nilai tersebut guru akan memberikan sanjungan pada siswa
PENDAMPINGAN PENGAWAS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN SILABUS Kendarti Setiti
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 15, No 02: November 2011
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6228.876 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v15i02.5510

Abstract

Diberlakukannya KTSP menuntut guru mampu menyusundan mengembangkan silabus secara mandiri. Dengan maksud agar silabus tersebut sesuai dengan kondisi sekolah,karakteristik siswa, dan keadaan masyarakat setempat. Harapannyapembelajaran menjadi lebih interaktif,inspiratif,menyenangkan dan menantang. Kenyataannya masih banyak guru menggunakan silabus yang diadopsi dari internet dan buku-buku mata pelajaran dari berbagai penerbit akibatnya pembelajaran menjadi monoton. Oleh karena itu peran pengawas sekolah sangat diperlukan untuk mendampingi guru dalam menyusun dan mengembangkan silabus yang sesuai dengan prinsip dan acuan operasional KTSP. yang dilakukan pengawas sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun silabus dilakukan melalui pendampingan dan tutor sebaya di sekolah serta melalui workshop pada kegiatan di MGMP. Dengan harapan guru memahami cara menyusun silabus yang sesuai dengan meningkat dan guru mampu menyusun sendiri silabi yang akan digunakan dalam pembelajaran
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN TEKNIK TARI BAMBU Catarina Kurnia Setyawati
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 15, No 02: November 2011
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jig cope.v15i02.5513

Abstract

Anggapan pada sebagian besar siswa terhadap pembelajaran keterampilan membaca adalah sebagai pembelajaran yang membosankan. Siswa cenderung malas dan pasif untuk membaca. Alasan siswa kurang tertarik padapembelajaran keterampilan membaca dikarenakan teks yang panjang dan sulit dipahami. Kondisi tersebut menyebabkan motivasi membaca yang rendah pada diri siswa,yang mengakibatkan kemampuan membacasiswayang rendah pula. Oleh karena itu,harus dilakukan berbagai cara agarsiswamerasamudah, senang, dan mempunyai motiyasi yang tinggi untuk membaca. TeknikTari Bambu sebagai salah satu teknik pembelajaran keterampilan membaca dapat membuat siswa belajar membaca sambil bermain, sehingga siswa terhindar dari rasa bosan untuk membaca. Teknik Tari Bambu dapat membuatasiswa senang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca.

Page 1 of 1 | Total Record : 6