cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
COPE
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 01: Februari 2002" : 6 Documents clear
OPTIMALISASI PEM BELA'ARAN PENYAN DANG GANGGUAN PENGTIHATAN DENGAN PROGRAM KASET AUDIO Ishartiwi Ishartiwi
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 6, No 01: Februari 2002
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3811.353 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v6i01.5416

Abstract

Hampir sebagian besar penyandang penglihatan (visual handicaped) yang tidak mengalami kelainan ganda pada gangguan umumnya memiliki kecerdasan normal dan kepekaan indra pendengaran yang baik, narnun di sisi lain mereka memiliki kelemahan dalam mengakses informasi. Ha lini karena terbatasnyainformasicetak denganhurufB raille. Mereka sudah terbiasa mengandalkan indra pendengarannya untuk belajar. Penataan kondisi eksternal dengan penyediaan media pembelajaran yang mudah diakses melalui indra pendengaran, sangat mendukung belajarnya. Program kaset audio merupakan salah satu alternatif yang mudah dan murah untuk sumber belajar siswa dengan gangguan penglihatan, khususnya sebagai pengganti informasi (buku bacaan) cetak meskipun upaya pemanfaatan di sekolah (khususnya di Indonesia) masih sangat terbatas. Artikel ini akan membahas fungsi program kaset audio dalam pembelajaran penyandang gangguan penglihatan
PENGARUH PENGUTANGAN DAN INTERFERENSI TERHADAP RETENSI BELA'AR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA SEKOIAH DASAR Tri Murwaningsih
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 6, No 01: Februari 2002
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4388.703 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v6i01.5417

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengulangan (rehearsal dan intederensi terhadap retensi belaiar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa sekolah dasar(SD). Sejumlah 67 siswa kelas 4 SD diberi pelajaran IPA selama 40 menit. Setela itu, siswa tersebut secara acak dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan. Kelompok I, diminta untuk belaiar kembali materi pelajaran tersebut; Kelompok II, diminta untuk belajar sendiri Bahasa Indonesia; Kelompok III, tidak diminta belajar apapun dan dibiarkan bermain, masing-masing perlakuan diberi waktu 40 menit. Kemudian semua siswa diuji hasil belaiarnya untuk menentukan skor retensi belaiar IPA tersebut. Setelah penghitungan skor retensi belajar tersebut secara statistik dengan analisa variansi, hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pengulangan dan interferensi terhada pretensi belajar IPA siswa SD
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAIARAN DI SEKOLAH DASAR Mugirah, Mugirah
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 6, No 01: Februari 2002
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4306.084 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v6i01.5418

Abstract

Peningkatan kualitas pembelaiaran sangatlah diperlukanuntukmewuiudkansiswa yang mandiri dan penuh kreativitas pembelajaran menentukan kualitas hasil belajar di masa yang aka ndatang. Kreativitas pembelajaran menentukan kualitas hasil belajar. dalam pembelajaran kita harus berpedoman pada kurikulum GBPP dan tujuan pendidikan. prinsip-prinsip pembelajaran kita jadikan petunjuk agar kita terhindar dari tindakan-tindakan yang tidak dapat mendukung proses peningkatan belajar. pembelajaran berkualitas akan mencerminkan hasil upaya pendidikan dan komponen-komponen lain yang peduli pada pendidikan
RANCANGAN PEMBEJARAN MEMBACA PERMULAAN YANG EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR Siswanti Ribudini
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 6, No 01: Februari 2002
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5077.401 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v6i01.5419

Abstract

Membaca adalah kegiatan yang dapat dilakukan dalam pembelajaran. Ini salah satu kegiatan yang diarahkan dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang berpikiran cerdas. Dalam kurikulum 1994 Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD mencakup empat kemampuan berbahasa yaitu: menyimak,membaca,berbicara dan menulis, yang tekanannya di kelas I adalah baca dan tulis. PembelajaranBahasa Indonesia khususnya kelas I terdapat pembelajaran membaca kata-kata sederhana dengan menggunakan huruf yang sudah dikenal, kemudian menjadi kata baru yang bermakna. Dalam pembelajaran membaca permulaan sebaiknya menggunakan berbagai macam metode. Dengan penggabungan beberapa metode memungkinkan siswa lebih efektif dan cepat lancar membaca, termasuk di dalamnya sarana BABA. Melalui sarana BABA disusunlah rancangan pembelajaran membaca permulaan dengan lebih memperhatikan aktivitas dan kreativitas siswa
PEMANFAATAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNA RUNGU KELAS I Sarwiasih, Sarwiasih
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 6, No 01: Februari 2002
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4433.742 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v6i01.5414

Abstract

Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi anak tuna rungu wicara perlu dikembangkan sejak dini dengan bimbingan khusus untuk bekal hidup di masyarakat luas. Sesuai karakteristik anak yang pemata maka media visual dalam pengaiaran bahasa sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian minat dan keingintahuan anak terhadap obyek. Dari obyek tersebut dapat diungkap beberapa kosakata sehingga terjadi peningkatan penguasaan kotakata dan bahasa
Membuat Sistem Informasi Geografis (SIG) Sederhana Dyah Respati Suryo Sumunar
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 6, No 01: Februari 2002
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jig cope.v6i01.5415

Abstract

-

Page 1 of 1 | Total Record : 6