Abstrak Model pendidikan karakter yang efektif dan efesien merupakan topik yang menarik untuk diteliti karena pada saat ini banyak fenomena sosial di kalangan pelajar yang mengindikasikan karakter kurang baik. SMA Negeri 1 Sidoarjo merupakan salah satu sekolah yang telah melaksanakan pendidikan karakter dan hasilnya telah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pengakuan tersebut tertuang dalam hasil monitoring dan evaluasi untuk indikator standar kompetensi lulusan yang berkaitan dengan karakter siswa yang tangguh memperoleh nilai maksimal, yaitu 10. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Sidoarjo dan mengetahui hasil dari pendidikan tersebut. Penelitian ini bersifat ex post facto, dengan menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan wawancara. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Sidoarjo menggunakan pendekatan komprehensif, yaitu pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam semua kegiatan di sekolah baik kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Model pendidikan tersebut mampu membangun karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab peserta didik dengan baik. Karakter yang ditanamkan di sekolah masih melekat kuat pada diri peserta didik sampai mereka menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi dan berada di tengah-tengah masyarakat. Pendidikan karakter ternyata juga mampu meningkatan prestasi belajar di bidang akademik. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa ketaatan menjalankan ibadah berpengaruh terhadap kesabaran, sopan santun, kejujuran, kerajinan dan ketekunan, sikap pantang menyerah, kemandirian, serta tanggung jawab. Sikap dan perilaku jujur berpengaruh terhadap kuatnya komitmen seseorang. Sikap menghargai prestasi, mau mengakui dan menghargai keberhasilan orang lain berpengaruh pada kreativitas seseorang. Sikap dan perilaku sabar, sopan santun, dan menghargai orang lain yang berbeda agama berpengaruh terhadap karakter cinta damai dan kepedulian sosial Kata Kunci: model pendidikan karakter, karakter peserta didik, sekolah menengah atas Abstract The effective and efficient model of Character Education is an interesting topic to investigate. Due to the fact that now days, there are so many social phenomenon among students who have bad characters. SMA Negeri 1 Sidoarjo is one of schools that has applied character education. The result of this application has been admitted by the Ministry of Culture and Education. The admission is manifested in monitoring and evaluation result as the basic competence graduate’s indicator related to students’ character who has great effort to get the maximal score, 10. The research is aimed to describe the model of character education in SMA Negeri 1 Sidoarjo and to know the result of it. This research is in the form of ex post facto, by using descriptive quantitative design. The technique of collecting data used are documentation, questionnaire, and interview. Based on data analysis, it can be concluded that the model of character education in SMA 1 Sidoarjo uses Comprehensive Approach Model, Character education that is integrated into all of activities at school both in curricular and extracurricular activities. This model can afford some characters such as: building religious, honest, discipline, tough, creative, self confidence, respective, love peace, social care, and responsible. These characters applied at school will be manifested tightly in the students’ personality until they study in Universities and exist social life as well. In the fact, character education can also increase academic students’ achievement. From the research result, we also find that obedience of doing religious activities influences t the patience, politeness, honesty, diligence, unfrustrated attitude, self-confidence and also responsibility. Honesty influences the strength of one’s commitment. Respective attitude affects one’s creativity. Patience, politeness, tolerance to others’ belief affect the character of students who love peace and social care. Key Words: the model of character education, the students’ character, senior high school.