cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 29 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016" : 29 Documents clear
PENGARUH PENAMBAHAN SILICA FUME PADA POROUS CONCRETE BLOCK TERHADAP NILAI KUAT TEKAN DAN PERMEABILITAS FEBRIANTO, EKO
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkurangnya lahan hijau menyebabkan permasalahan lingkungan akibat dari pembangunan yang semakin berkembang pesat.. Banyak lahan yang dulunya berfungsi sebagai penyerap air, saat ini tertutup oleh gedung-gedung dan perkerasan jalan. Paving block adalah salah satu alternatif yang umumnya digunakan, namun masih memiliki kemampuan yang rendah dalam meresapkan air limpasan ke tanah. Oleh karena itu dibuat alternatif lain dengan menggunakan porous concrete block sebagai solusi dalam pengelolaan air. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan silica fume terhadap kuat tekan, permeabilitas dan komposisi yang optimal pada porous concrete block. Penelitian ini bersifat uji laboratorium, artinya dalam setiap tahapan penelitian ini akan dilakukan di laboratorium yang mendukung dalam penelitian ini. Benda uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah paving block dengan panjang 21 cm, lebar 10,5 cm, dan tebal 8cm. Sedangkan untuk mengetahui analisa kecepatan penyerapan air digunakan benda uji silinder dengan diameter 15 cm, dan tinggi 30 cm. Komposisi silica fume yang digunakan 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50% dari berat semen. Faktor air semen yang digunakan penelitian ini adalah 0,3. Parameter yang diujikan adalah kuat tekan dan permeabilitas. Dari pengujian porous concrete block didapatkan komposisi optimum dengan menggunakan silica fume 10%. Dimana diperoleh kuat tekan sebesar 20,40 MPa. Sedangkan untuk nilai perneabilitasnya diperoleh nilai porositas sebesar 15,50 %, analisa kecepatan penyerapan air sebesar 0,29 cm/det, dan persentase lolos airnya sebesar 80,33 %. Dari hasil penelitian ini diperoleh porous concrete block dengan spesifikasi tertinggi untuk area parkir, dimana kuat tekan minimum yang disyaratkan adalah 17 MPa. Kata kunci : porous concrete block , silica fume, kuat tekan, permeabilitas.           The lessening of green area cause environmental problems as a result of the development is growing rapidly. Lands that used to serve as a water absorbent, currently covered by buildings and pavement. Paving block is one alternative that is commonly used, but still have a poor ability to absorb water runoff into the ground. Therefore, another alternative is made by using porous concrete block as a solution in water management. The purpose of this study was to determine the effect of silica fume on compressive strength, permeability and optimal composition of the porous concrete block. This study is a laboratory test, meaning that in each phase of this study will be carried out in laboratories that support this research. Specimens used in this study is paving block with a length of 21 cm, width 10,5 cm, and 8cm thick. As for knowing the speed of water absorption analyzer is used specimen cylinder with a diameter of 15 cm, and 30 cm high. The composition of silica fume used 10%, 20%, 30%, 40%, and 50% by weight of cement. Cement water factor used this study was 0,3. The parameters tested are the compressive strength and permeability. Testing of porous concrete block optimum composition obtained by using silica fume 10%. Where obtained compressive strength of 20,40 MPa. As for the value perneabilitasnya porosity values obtained 15,50%, the analysis of the water absorption speed of 0,29 cm / sec, and the percentage of the water escapes by 80,33%. From these results obtained porous concrete block with the highest specifications for the parking area, where the required minimum compressive strength is 17 MPa. Keywords : porous concrete block , silica fume, compressive strength, permeability.
PEMANFAATAN ABU TERBANG LIMBAH BATU BARA TERHADAP KUAT TEKAN DAN TINGKAT POROSITAS PAVING STONE BERPORI GANDA SAPUTRA, FIRMAN
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jalan dari beton atau aspal memiliki sifat yang kedap air, sehingga di jalan-jalan tersebut air akan menggenang. Seiring dengan bertambahnya kemajuan teknologi, manusia terdorong untuk mengembangkan kreativitas dan salah satunya adalah perkembangan konstruksi jalan dengan menggunakan paving stone/paving block. Pada penelitian ini akan dibuat paving stone berpori dengan penambahan bahan abu terbang limbah batu bara dengan komposisi 10-50% dari berat semen untuk mengetahui nilai permeabilitas serta nilai kuat tekan. Pembuatan benda uji akan menggunakan cetakan paving dengan ukuran 21x10.5x8 cm, dimana tiap komposisi paving stone berpori akan dibuat 12 buah benda uji. Pengujian kuat tekan paving stone berpori dilakukan pada umur 7, 14 dan 28 hari, sedangkan untuk pengujian permeabilitas dilakukan pada umur 28 hari. Berdasarkan hasil penelitian, penambahan abu terbang limbah batu bara (fly ash) akan mempengaruhi nilai dari kuat tekan benda uji, nilai permeabilitas dan nilai porositas. hasil dari benda uji kuat tekan yang paling baik adalah benda uji paving berpori dengan bahan tambah abu terbang (fly ash) 10% yaitu dengan nilai kuat tekan rata-rata 14.44 MPa, untuk nilai porositas yang paling baik adalah benda uji paving berpori dengan bahan tambah abu terbang (fly ash) 40%&50% dengan nilai porositas rata-rata 25.30%. Kata Kunci: Paving stone, paving berpori, abu terbang, kuat tekan, permeabilitas Road made from concrete or asphalt has a waterproof characteristic, so that on the streets of the water will be pooled. Along with advances increasing technological, society has encouraged to develop creativity and one of them is the development of road construction with the use of paving stone/block paving. This study is focus on porous paving stone production with the addition of fly ash of coal with waste composition 10-50% of the cement weight to find out the value of permeability as well as the value of compressive strength. Specimen preparation was using a paving mould with a size of 21 x 10,5 x 8 cm, where each composition of porous paving stone is 12 test objects. Compressive strength test of the porous paving stone performed at the age of 7, 14 and 28 days, while for permeability test was performed at the age of 28 days. Based on the results of the study, the addition of fly ash waste coal will affect the value of compressive strength test object, the value of permeability and porosity values. the result of the the best compressive strength result is the object of test porous paving materials with the added 10% fly ash that is with strong value hit an average of 14,44 MPa, for the most excellent porosity values are objects with porous paving materials test add ash flew 40% and 50% to the value of the average porosity 25,30%. Keywords: Paving stone, paving porous, fly ash, strength, permeability.
PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN ADMIXTURE SIKACIM TERHADAP PENGUATAN KUAT TEKAN DAN PERMEABILITAS PERMEACONCRETE PAVING STONE AINNURDIN, KUKUH
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banjir atau genangan merupakan permasalahan umum yang terjadi di hampir semua kota besar di Indonesia. Salah satu upaya untuk mereduksi jumlah air limpasan adalah dengan memasang porous concrete block yang memiliki efisiensi cukup tinggi dalam meresapkan air limpasan kedalam tanah. Pada penelitian ini porous concrete block didesain dengan mix design campuran yang optimum berdasarkan penelitian sebelumnya dengan mencoba menambahkan admixture sikacim sehingga dapat diketahui nilai kuat tekan tertinggi dan permeabilitas pada pembuatan porous concrete block. Pada penelitian ini dilakukan dari beberapa kegiatan yang prosesnya bisa digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan, dan untuk membuat keputusan tersebut diantaranya melalui proses yang disebut dengan proses pengumpulan data, proses pengolahan data, proses analisa data dan cara pengambilan keputusan secara umum berdasarkan hasil penelitian. Kemudian campuran yang digunakan adalah 1PC: 0,3 Air: 4 agregat untuk paving normal dan 1PC: 0,3 Air: 4 dengan rasio sikacim terhadap berat semen (0,1%, 0,2%, 0,3%, 0,4%, 0,5%). Penambahan sikacim pada permeaconcrete paving stone sebagai admixture jika ditinjau dari nilai porositas dan sifat permeabilitas (kecepatan resap air dan lolos air) diperoleh campuran 0% permeaconcrete paving stone yang optimum untuk mendapatkan nilai porositas sebesar 21,29% dan kecepatan serap air yaitu sebesar 0,427%. Kemudian untuk kuat tekan didapatkan campuran permeaconcrete paving stone 0% yang optimum dengan nilai kuat tekan sebesar 13,82 MPa. Jadi dengan ditambahkannya admixture sikacim membuat nilai kuat tekan dan permeabilitas pada paving menurun dari permeaconcrete paving stone  normal. Kata Kunci: Paving, kuat tekan, permeabilitas, admixture Flooding is a common problem that occurs in almost all major cities in Indonesia. One effort to reduce the amount of water runoff by installing porous concrete block which has a fairly high efficiency in absorbing water runoff into the soil. In this study, porous concrete block is designed with an optimum mix design mix based on previous research by trying to add the admixture sikacim so it can know the value of the highest compressive strength and permeability of the porous concrete block manufacture. In this research, of some of the activities that the process can be used as a basis for making decisions, and to make such decisions including through a process called the process of data collection, data processing, data analysis process and how decisions are generally based on research results. The mixture used is 1PC: 0.3 water: 4 aggregate for paving normal and 1PC: 0.3 water: 4 aggregate with ratio of sikacim against the weight of the cement of (0.1%, 0.2%, 0.3%, 0, 4%, 0.5% repectively). Extra sikacim on permeaconcrete paving stone as admixture in terms of porosity and permeability properties obtained a mixture of 0% permeaconcrete paving stone that is optimum to get the value by 21.29% porosity and water absorption rate that is equal to 0.427%. While the compressive strength of the mixture obtained permeaconcrete paving stone 0% the optimum value of 13.82 MPa compressive strength. Thus the addition of admixture sikacim tend to make the compressive strength and permeability lower than that of permeaconcrete paving stone normal. Keywords: Paving, strength, permeability, admixture
PENGARUH POLA ALIRAN PADA SALURAN PELIMPAH SAMPING AKIBAT DARI PENEMPATAN SPLLWAY DENGAN TIPE MERCU OGEE WADUK WONOREJO HIDAYATUL MARIFAH, BINTI
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Waduk Wonorejo merupakan waduk dengan saluran pelimpah samping yang dibuat tanpa pintu dengan tujuan untuk melimpaskan volume air yang berlebihan pada waduk secara langsung. Tipe mercu yang digunakan pada pelimpah samping adalah jenis mercu Ogee. Air yang melimpas pada mercu menuju spillway mempunyai volume yang berbeda yang menghasilkan perbedaan pada pola alirannya. Hal tersebut terjadi dipengaruhi oleh volume curah hujan dan model mercu yang digunakan. Untuk menhindari naiknya muka air dan bahaya overtopping serta untuk mengetahui jenis pola aliran yang terjadi pada waduk maka dilakukan penelitian dengan membuat suatu alat peraga. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan memodifikasi jenis mercu yang digunakan sebagai alat peraga menjadi tiga model yaitu mercu Ogee, Mercu deret trapesium 1 dan mercu deret trapesium 2. Mercu tersebut dialiri air dengan volume tertentu hingga terjadi limpasan dan kemudian dilakukan pengambilan data yang berupa data limpasan dan data tinggi air di saluran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis perhitungan debit terukur ( ), perhitungan koefisien debit (Cd), Kemiringan dasar saluran (Sc) dan perhitungan jenis aliran yaitu aliran kritis , sub kritis dan super kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Q terukur maksimal terjadi pada mercu modifikasi deret trapezium 1 dan 2 sebesar  0.445918 liter/detik (2). Koefisien debit terbesar terjadi pada mercu trapesium 1 sebesar 0.00268. Hal ini dipengaruhi oleh lebar mercu yang berbeda – beda (3) Kemiringan saluran pada spillway pada ketiga model percobaan adalah steep slope (4) Jenis aliran yang terjadi pada spillway dengan ketiga model mercu adalah sub kritis. Kata Kunci : Mercu, Pola aliran, spillway, Debit Wonorejo reservoir is a reservoir with a side of spillway made without doors with the aim to runoff excessive water volume at the reservoir directly. Beacon mode is used on the side spillway is a kind of beacon Ogee. The runoff water at the lighthouse to the spillway have different volumes that make a difference in the flow pattern. This happens because effect by volume of rainfall and mercu models used. To avoid the rising water level and danger of overtopping as well as to determine the type of flow patterns that occur in reservoirs and then do research to make a props. The research method is to modify the type of beacon is used as props in three models namely the lighthouse Ogee, Mercu trapezoidal series 1 and series mercu trapezoid 2. The Mercu irrigated with a certain volume of runoff to occur and then performed retrieval of data is data runoff and the water level in the data channel. Hypothesis testing is done by the analysis of the measured flow calculation (Q_hb), calculation of discharge coefficient (Cd), Tilt channel basis (Sc) and the calculation of the type of flow that critical flow, sub-critical and super critical. The results showed that: (1) Q measured maximum occurs at the lighthouse modification trapezium series 1 and 2 amounted to 0.445918 liters / sec (2). The discharge coefficient occurs at the lighthouse trapezoid 1 at 0.00268. This is influenced by a wide mercu different - different (3) The slope of the spillway channel on all three experimental models is steep slope (4) The type of flow that occurs in the third spillway with a model lighthouse is sub-critical. Keywords: Mercu , flow patterns , spillway , Debit
ANALISIS HUBUNGAN TEMPERATUR DAN KUAT TEKAN BETON PADA PEKERJAAN BETON MASSA (MASS CONCRETE) DENGAN METODE PORTLAND CEMENT ASSOCIATION (PCA) DAN U.S. BUREAU OF RECLAMATION SAHRAWANI, SANDY
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa dekade terakhir permintaan akan gedung pencakar langit semakin bertambah. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan gedung pencakar langit adalah pemilihan tipe pondasi. Salah satu pondasi yang digunakan adalah raft foundation. Raft foundation merupakan salah satu jenis pekerjaan beton massa. Berdasarkan ACI Commite 207.1R-05, beton massa adalah setiap volume beton dengan ketebalan lebih dari atau sama dengan satu meter, selisih yang diijinkan pada bagian inti, atas dan bawah yaitu 20°C, sehingga diperlukan pengontrolan agar tidak terjadi retak thermal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketebalan beton massa terhadap temperatur beton, mengetahui hubungan suhu udara luar dengan suhu beton massa, mengetahui pengaruh pekerjaan beton massa di raft foundation terhadap kuat tekan beton, dan untuk mengetahui perbandingan temperatur beton di lapangan dengan metode PCA dan U.S. Bureau of Reclamation. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar monitoring suhu dan lembar observasi kuat tekan beton. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa temperatur beton dapat dipengaruhi dari ketebalan pekerjaan beton massa. Temperatur puncak di lapangan terjadi pada zona B dihari ke-2 (jam ke 17-18), pada ketebalan 1,8 meter adalah 68°C dan ketebalan 3,8 meter sebesar 73°C. Hasil kuat tekan beton di lapangan dengan metode hammer test menghasilkan angka yang lebih tinggi dari mutu rencana. Dari hasil pengukuran suhu selama 6 hari, dimana selisih temperatur tidak lebih dari 20°C, maka dapat disimpulkan tidak terjadi retak thermal pada beton. Hasil perhitungan temperatur dengan metode PCA menghasilkan Ti sebesar 30,01°C, sedangkan hasil Ti rata-rata di lapangan sebesar 27,31°C. Untuk perhitungan Tmax menggunakan metode PCA menghasilkan angka 74,48°C, sedangkan hasil yang ada di lapangan yaitu 73,00°C. Berdasarkan metode U.S. Bureau Of Reclamation Tmax dari hari ke-1 sampai hari ke-6 semakin naik. Tmax terjadi pada hari ke-6 yaitu sebesar 63,56°C. Hasil pengukuran di lapangan, Tmax terjadi sampai pada hari ke-2 sebesar 73,00°C. Selanjutnya, temperatur beton mengalami penurunan sampai pada kondisi adiabatik. Kata Kunci: Beton massa, Raft Foundation, Initial Temperature, Temperatur Maksimum, Kuat Tekan. In the last few decades the demand for skyscraper is growing. Things that must be considered in the construction of skyscrapers is the selection of the type of foundation. One of the foundation used in the tall building is raft foundation. Raft foundation is one of kind work of mass concrete. According to ACI Commite 207.1R-05, mass concrete is any volume of concrete with a thickness of more than or equal one meter, the difference that is at the core, top, and bottom is 20°C, necessary in order to avoid thermal cracking. The purpose of this research is to know the impact of thickness mass concrete against the temperature of concrete, to know the relation of the air temperature around the temperature of mass concrete, to know the impact of mass concrete work in raft foundation against strong press of concrete, and to compare the temperature of concrete in the field with the PCA and U.S. Bureau of Reclamation method. The method of this research is kuantitatif descriptive. The data collected by using the method of the interview, observation, and documentation. The instrument of the research is using the monitoring temeprature and the observation strong press of the concrete. The result showed that the concrete can be affected of a thickness of mass concrete work. Temperature of the top in the field in the B zone in second day (hours to 17-18). The temperature at the thickness of 1,8 meters is 68°C and the thickness of 3,8 meters is 73°C. The air temperature around the temperature of mass concrete inclined opposite until the second day. The strong press of concrete in the field used the hammer test method gives the figure is higher than the quality of the plan. From the results of monitoring for 6 days, the temperature not more than 20°C, then it doesn’t happen cracked thermal on the concrete. The results of the temperature with the method of PCA is Ti of 30,01°C, while the intermediate of Ti in the field of 27,31°C. For the calculation of Tmax used the PCA method gives the result in a number 74,48°C, while the result described in the field is 73,00°C. Based on the U.S. Bureau Of Reclamation method, Tmax resulting from the first day  until the sixth day is growing up. Tmax in the sixth day that is equal 63,56°C. The result of measurements on the field, Tmax happen until the second day of 73,00°C. Furthermore,  the temperature of concrete gradually decrease to the adiabatik condition. Keyword: Mass concrete, Raft Foundation, Initial Temperature, Maximum of Temperature, Strong Press.
ANALISA KAPASITAS SALURAN SEBAGAI PENGENDALI BANJIR DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM HEC-RAS PADA DRAINASE SUB DAS GULOMANTUNG KECAMATAN KEBOMAS, KABUPATEN GRESIK RIFKY SAPUTRA, AHMAD
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Drainase sub DAS Gulomantung terletak di Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Drainase sub DAS Gulomantung mempunyai mempunyai 2 saluran sekunder dan 1 saluran primer, yaitu saluran sekunder sekarkurung, saluran sekunder Makam Gulomantung, dan saluran primer Gulomantung. Berdasarkan peta topografi, 2 saluran sekunder mempunyai topografi yang terjal sedangkan pada pertemuan 2 saluran sekunder menuju saluran primer tepatnya di jalan Mayor Jendral Sungkono merupakan daerah yang relatif datar. Pada saat musim hujan, saluran pada daerah sekitar jalan Mayor Jendral Sungkono dan saluran primer Gulomantung mengalami genangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas saluran yang ada dapat menampung debit banjir rancangan. Hasil dari analisa ini yang tidak dapat menampung debit banjir rancangan akan dilakukan normalisasi. Analisa ini dilakukan pada saluran sekunder Sekarkurung, saluran sekunder Makam Gulomantung, dan saluran primer Gulomantung. Dari hasil penelitian menggunakan debit kala ulang 5 tahun yang diinput pada program HEC RAS menunjukan pada saluran sekunder Sekarkurung dan saluran sekunder Makam Gulomantung pada beberapa patok terlihat tidak mampu menampung debit banjir eksisting sehingga perlu untuk dilakukan normalisasi saluran. Hal tersebut juga terjadi pada saluran primer Gulomantung yang menjadi daerah hilir sub DAS. terjadi luapan air pada patok G.46, G.47, G.48, G.49, dan G.50. Upaya penanggulangan lain juga dipersiapkan apabila normalisasi saluran kurang efektif untuk menanggulangi genangan, yaitu dengan pengadaan rumah pompa banjir. Dari hasil analisa kebutuhan pompa menggunakan banjir kala ulang 10 tahun dibutuhkan 2 pompa dengan kapasitas 1,5 m3/dt, 3 pompa dengan kapasitas 1 m3/dt  dan 3 pompa dengan kapasitas 0,5 m3/dt. Kata kunci: banjir, drainase, kapasitas saluran Gulomantung sub drainage basin located in Kebomas, Gresik. Gulomantung sub drainage basin has a 2 secondary channels and 1 primary channel, secondary channels that sekarkurung, Makam Gulomantung secondary channel and Gulomantung primary channel. Based on the topographic map, 2 secondary channel has a rugged topography while at a meeting 2 primary channel to the secondary channel precisely in the way Major General Sungkono area is relatively flat. During the rainy season, the area around the canal road and Mayor Jendral Sungkono primary channel Gulomantung inundation. This study aims to determine the capacity of the existing channels can accommodate the design flood. The results of this analysis that can not accommodate the flood discharge plan will be normalized. This analysis was performed on Sekarkurung secondary channel, Makam Gulomantung secondary channel, and Gulomantung primary channel. From the results of research using debit return period of 5 years which is inputted at HEC RAS ??program shows a secondary channel and secondary channel Tomb Sekarkurung Gulomantung look at some stakes could not accommodate the existing flood that need to be normalized channel. It also happens to be the primary channel Gulomantung the downstream sub-basins. overflow occurs in stakes G.46, G.47, G.48, G.49 and G.50. Other relief efforts are also prepared when normalization is less effective to overcome stagnation, which houses the pump. From the analysis of the needs of the pump using a flood return period of 10 years required two pumps with a capacity of 1.5 m3 / s, 3 pumps with a capacity of 1 m3 / sec and 3 pumps with a capacity of 0.5 m3 / sec. Keywords: flood, drainage, channel capacity
ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA WAKTU PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI WILAYAH SURABAYA ABRAHAM A P, HENDRITA
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proyek mempunyai makna yang berbeda, yaitu ketika dihubungkan dengan: deadline, tanggal mulai, tanggal selesai, jadwal, tugas, sumber daya material maupun manusia, biaya dan urutan kegiatan proyek. Rencana suatu proyek konstruksi mengacu pada perkiraan yang ada pada saat jadwal pembangunan tersebut dibuat. Masalah dapat timbul apabila ada ketidaksesuaian antara rencana yang telah dibuat dengan pelaksanaanya di lapangan. Dampak yang sering terjadi adalah keterlambatan waktu penyelesaian proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor eksternal yang paling mempengaruhi kinerja waktu pelaksanaan proyek konstruksi di Surabaya, serta mengetahui variabel-variabel dominan yang dapat mempengaruhi kinerja waktu pelaksanaan proyek berdasarkan nilai faktor loading dari beberapa faktor yang telah terbentuk. Penelitian ini termasuk penelitian metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua proyek yang masih berjalan di sekitar area Surabaya dengan teknik “area probability sample” atau sampel wilayah. Sampel wilayah adalah teknik sampling yang dilakukan dengan mengambil wakil dari setiap wilayah yang terdapat dalam populasi, sedangkan sampel reponden yang digunakan adalah sejumlah 30 responden dengan masing – masing 6 responden dari 5 sampel proyek yang ada. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis faktor yang diselesaikan dengan program SPSS Statistics 17.0 Berdasarkan analisis faktor terbentuk 4 faktor yang mempengaruhi, pengaruh faktor 1 (Adanya perubahan dalam metode kerja, adanya masalah dalam perencanaan dan penjadwalan, tata letak dan pengelolaan material, pemberian penghargaan pada kepuasan kerja, pemberian insentif, pemberian kerja lembur, pemogokan kerja karena alasan tertentu) sebesar 26,387 %, faktor 2 (Perubahan urutan kerja dalam proyek, manajemen pengawasan tenaga kerja, komunikasi dan hubungan kerja) sebesar 15,207 %, faktor 3 (Kesesuaian penggunaan material dan alat, lingkungan fisik lapangan, operator alat berat di lapangan, keselamatan dan kesehatan kerja di lapangan) sebesar 11,871 %, faktor 4 (Tingkat upah tenaga kerja) sebesar 8,669 %, Berdasarkan analisis faktor variabel dominan yang terbentuk dari masing-masing faktor adalah variabel dominan faktor 1 “pemogokan kerja karena alasan tertentu” dengan faktor loading sebesar 0,895, variabel dominan faktor 2 “perubahan urutan kerja proyek”  dengan faktor loading sebesar 0,904, variabel dominan faktor 3 “kesesuaian penggunaan material dan alat” dengan faktor loading sebesar 0,774, variabel dominan faktor 4 “Tingkat upah tenaga kerja” dengan faktor loading sebesar 0,802,   Kata kunci: Faktor – Faktor eksternal, Analisis Faktor, Variabel dominan The project has a different meaning, namely when associated with: deadlines, start date, end date, schedule, tasks, material and human resources, costs and order of project activities. Plan a construction project refers to the estimates available at the time of the construction schedule was created. Problems can arise if there is a discrepancy between the plans that have been made with the implementation on the ground. The impact that often happens is the delay in the project completion time.  This study aims to analyze the external factors that most influence the performance of the project implementation time of construction in Surabaya, as well as knowing the dominant variables that can affect the performance of the projects were based on the value factor loading of several factors that have been formed. This research was qualitative method of data collection techniques used are literature study, observation, interviews and questionnaires / questionnaire. The population in this study are all projects that are still running around the area of ??Surabaya with the technique of "area-probability sample" or the sample area. Sample the region is a sampling technique that is done by taking a representative from each region contained in the population, while the sample respondents who used a number of 30 respondents in each - each 6 respondents out of five samples of existing projects. Analysis of the data in this study using the validity, reliability, and factor analysis were completed using SPSS Statistics 17.0 Based on factor analysis formed four factors that affect, influence factor 1 (There is a change in working methods, problems in planning and scheduling, layout and materials management, awarding the job satisfaction, incentives, provision of overtime work strikes due to certain reason) amounted to 26.387%, a factor of 2 (Changes the sequence of the project, management of labor inspection, communication and labor relations) of 15.207%, a factor of 3 (suitability of the use of materials and tools the physical environment field, heavy equipment operators in the field, safety and health working in the field) amounted to 11.871%, a factor of 4 (Level of labor costs) amounted to 8.669%, Based on the analysis of variable factors dominant form of each of these factors is the dominant variable factor 1 " provision of overtime work strikes due to certain reason " with a loading factor of 0.895, the dominant variable factor 2 "changes the sequence of the project" with a loading factor of 0.904, the dominant variable factor  3 "suitability of the use of materials and tools" with a loading factor of 0.774, the dominant variable factor  4 "the level of labor costs" with a factor loading of 0.802,. Keywords: External factors, Factor analysis, Dominant variables
PENGARUH PEMILIHAN JARAK PANDANG DALAM MENENTUKAN PANJANG LENGKUNG VERTIKAL CEMBUNG TERHADAP BIAYA PELAKSANAAN JALAN BARU DIAZ MICKAEL DEVISI, ARTHUR
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jarak pandang yang terdiri dari jarak pandang henti (Jh) dan jarak pandang mendahului (Jd) memiliki pengaruh yang sangat signifikan pada volume pekerjaan perkerasan aspal, yang mana pengaplikasian Jh untuk mendesain lengkung vertikal cembung dianggap menghasilkan volume perkerasan aspal yang lebih sedikit daripada pengaplikasian Jd. Anggapan ini harus dibuktikan secara ilmiah dalam perhitungan untuk menentukan panjang lengkung vertikal cembung dengan menggunakan kedua jarak pandang melalui analisis pada gambar potongan memanjang (long section). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya suatu kondisi yang kontradiktif dari anggapan diawal dimana penggunaan Jh menghasilkan volume pekerjaan perkerasan aspal yang lebih banyak daripada penggunaan Jd hingga 4,760 liter untuk lapis resap pengikat; 1,904 liter untuk lapis perekat; 0,671 ton untuk Asphalt Treatment Base (ATB); 0,447 ton untuk Asphalt Concrete (AC). Penggunaan Jh terhadap biaya pekerjaan perkerasan aspal lebih mahal hingga 1.571.349,61 rupiah daripada penggunaan Jd sebagai penentu panjang lengkung vertikal cembung. Kata Kunci: jarak pandang, lengkung vertikal cembung, volume perkerasan aspal, biaya pelaksanaan. The sight distance that is comprising with stopping sight distance (SSD) and passing sight distance (PSD) has the most significant influence to flexible pavement volumes, which the usage of SSD to crest vertical curve design has been reputed by resulting the flexible pavement volumes fewer than usage of PSD. This Opinion should be proven scientifically in the calculations to determine the length of crest vertical curve with using both of the sight distances through the analysis on long section drawings. The results of this research showed there is a contradictive condition with the early opinion where usage of SSD gives the flexible pavement volumes are more than usage of PSD until 4,760 liters to prime coat; 1,904 liters to tack coat; 0,671 tons to Asphalt Treatment Base; 0,447 tons to Asphalt Concrete. The usage of SSD to flexible pavement subject is more expensive until 1.571.349,61 rupiahs than the usage of PSD as the length of crest vertical curve determiner. Keywords: sight distance, crest vertical curve, flexible pavement volume, implementation cost.
PENGEMBANGAN DISTIBUSI AIR BERSIH SUMBER DLUNDUNG DESA TRAWAS KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO ZAINAL ABIDIN, MOCHAMMAD
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

STUDI EKSPERIMENTAL BUKAAN GANDA TERHADAP KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG MESRANTO, MOHAMAD
Rekayasa Teknik Sipil Vol 3, No 3/REKAT/16 (2016): Wisuda ke-87 Periode 3 Tahun 2016
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lubang pada penampang lateral balok beton digunakan untuk melewatkan jaringan utilitas pada bangunan bertingkat tinggi. Semakin banyak jaringan utilitas yang akan dilewatkan, akan semakin besar dimensi bukaan yang dibutuhkan. Balok beton bukaan ganda digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan bukaan yang terlampau besar, sehingga bukaan ganda pada badan balok akan mengubah perilaku mekanik balok, mengakibatkan berkurangnya kekuatan dan kemampu layanan balok. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan balok bukaan ganda terhadap balok utuh terhadap kuat lentur balok beton.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Studi eksperimental  tentang pengaruh bukaan ganda terhadap kapasitas lentur dibuat dua balok beton bertulang yang dibuat dari beton mutu normal dengan f’c = 35 MPa menggunkan acuan Standar Nasional Indonesia (SNI- 2843), sedangkan baja tulangan menggunkan D13 untuk tulangan lentur dan ?8 untuk tulangan geser. Balok beton berukuran 200x 300x 3300 mm sedangkan lubang berukuran 80 mm arah vertikal dan 400 mm arah horizontal. Benda uji balok beton bertulang berjumlah 2 buah meliputi balok utuh (BUL) dan balok berlubang (BBL). Penempatan dua beban titik berada di seperempat bentang dengan bentang bersih sepanjang 2700 mm sedangkan dua lubang ganda ditempatkan 100 mm dari beban yang mengarah ketengah bentang. Rasio pembebanan  a/d = 2,53 menurut Chu-Kia Wang adalah daearah lentur geser, akan tetapi direncanakan retak lentur saja, sehingga di daerah bentang  geser diperkuat dengan tulangan geser (sengkang) dengan jarak 80 cm menjadikan   yang menunjukkan balok kuat terhadap geser agar retak yang terjadi membentuk retak lentur. Hasil pengujian beton diperoleh f’c= 35,52 MPa untuk campuran balok utuh dan  f’c = 35,67 MPa untuk balok Berlubang, sedangkan mutu baja tulangan D13 adalah fy = 385,73 MPa dan mutu baja tulangan ?8 adalah fy = 450 MPa.  Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adannya  dua lubang besar didaerah momen maksimal dengan rasio a/d=2,53 berpengaruh terhadap kuat lentur beton yang mengakibatkan  lendutan balok uji BBL yaitu 26,35 mm lebih besar dibandingkan BUL yaitu 11,60 mm pada saat beban sama-sama 60 kN, sehingga kuat lentur beton BBL mengalami penurunan dibandingkan BUL, akan tetapi lendutan balok uji BBL dibawah lubang lebih kecil dibandingkan dengan ditengah bentang, hal tersebut dikarenakan balok uji BBL didaerah lubang di beri perkuatan tulangan lentur, hal tersebut didukung dengan pola retak balok yang membentuk retak vertikal (retak lentur)  yang dominan ditengah bentang dibandingkan dibawah lubang, sehingga dengan adanya perkuatan tulangan lentur dibawah lubang membantu meminimalisir lendutan dan pola retak dibawah lubang. Kata Kunci: Beton bertulang, Balok berlubang, Kuat lentur.  The opening in the lateral cross section of concrete beam is used to skip the utility networks on high-rise buildings. The more utility that will be missed, the greater the required dimensions of the openings. Multiple openings concrete beams are used to accommodate the needs of the too large openings, so that multiple openings on the body of the beam will change the mechanical behavior of the beam, resulting in reduced strength and beam ability-service. The study aimed to determine the effect of the double openings toward concrete beam flexural strength. Experimental study on the effect of double openings toward flexible capacity was made of two reinforced concrete beams which were made from normal strength concrete with fc= 35 Mpa by using the Indonesian National Standard reference (SNI- 2843), while the reinforcing steel used the D13 to flexible reinforcement  and ?8 for flexural and moved reinforcement. Concrete beams measured 200x 300x 3300 mm while the openings was 80 mm vertically and 400 mm in the horizontal direction. The tested reinforced concrete beams amounted to 2 pieces including the whole beam (BUL) and the hollow beam (BBL). Placement of two load points were located on a quarter-span by clean span throughout 2700 mm while the two double holes were placed 100 mm from the load leading into the middle span. Loading ratio a/d = 2.53 according to Chu-Kia Wang is a moved flexible spot, however it was planned to be flexible cracked only, so that the moved span area was strengthened (stirrups) wioth the distance of 80cm, resulting ∅Vn > Vu showing the beam was strong against movement in order making the shear occurrence forms to be flexible shears only. The concrete test result obtained fc = 35.52 MPa for mixed of whole beam and fc = 35.67 MPa for hollow beam, while for the quality of D13 reinforcement steel was fy= 385.73 MPa and the quality of reinforcement steel ?8 was fy= 450 MPa. The result of the study showed that with two large holes in maximum moment area with ratio a/d = 2.53 affected to the flexibility strength of concrete, resulting the dent of BBL tested beam which was 26.35 mm larger than BUL 11.60 mm during the same load of 60 kN, so that the flexible strength of BBL concrete decreased compared to BUL, but the dent of tested BBL concrete under the openings was smaller than in the middle of span. it was because the tested BBL concrete in the openings area was strengthened by giving flexible reinforcement, it was supported by the concrete crack pattern which formed a vertical crack (flexible shear) which was dominant in the middle span than under the hole, so that with the strengthening of flexible reinforcement below the hole helped to minimize the dent and crack pattern under the hole. Keywords: Reinforced concrete, beam openings, Flexibility strength.

Page 1 of 3 | Total Record : 29