cover
Contact Name
Suci Megawati
Contact Email
sucimegawati@unesa.ac.id
Phone
+6281342706458
Journal Mail Official
publika@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA Kampus Ketintang Jalan Ketintang Gedung I3 Lantai 1 Postal Code: 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Publika
ISSN : -     EISSN : 2354600X     DOI : https://doi.org/10.26740/publika.v9n2
Core Subject : Social,
PUBLIKA is available for free (open access) to all readers. The articles in PUBLIKA include developments and researches in Public Policy, Public Management, and Local Administration (theoretical studies, experiments, and its applications).
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 3 (2021)" : 25 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN PROGRAM REHABILITASI SOSIAL DAERAH KUMUH (RSDK) KOTA SURABAYA Aulia Putri Novianty; Badrudin Kurniawan
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p1-12

Abstract

Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (RSDK) merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Kota Surabaya yang telah diterapkan sejak tahun 2003. Program ini dilaksanakan berdasarkan pada Peraturan Walikota nomor 41 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh Kota Surabaya. Penerapan Program RSDK betujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan sosial ekonomi masyarakat dan lingkungan dengan cara perbaikan rumah dan pemberdayaan masyarakat. Komponen utama dalam Program RSDK ialah 1) penyiapan Unit Pembinaan Keluarga Miskin (UPKM); 2) perbaikan lingkungan dan bangunan rumah tidak layak huni; dan 3) penumbuhan dan/atau pengembangan ketrampilan sosial - ekonomi keluarga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Program RSDK telah berjalan dengan baik sehingga banyak masyarakat yang mendapatkan dampak positif dari adanya program ini. Namun dalam proses pelaksanaannya masih ditemukan beberapa hambatan seperti kurangnya ketertarikan masyarakat terhadap program ini sehingga berpengaruh terhadap rendahnya partisipasi dan pemahaman masyarakat terkait program ini, Unit Pembinaan Keluarga Miskin (UPKM) sebagai tokoh utama dalam pelaksanaan program ini dinilai kurang aktif dalam menggerakkan dan mengajak masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi, jumlah pekerja/sumber daya manusia untuk perbaikan rumah masih belum memadai, serta bantuan dana yang minim menjadi penghambat perbaikan rumah karena kerusakan di setiap bangunan berbeda-beda. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kepustaakan (library research) dengan mengumpulkan sumber data dari literatur-literatur yang telah ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji Penerapan Program RSDK Kota Surabaya. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori implementasi George Edward III dengan mengkaji empat faktor atau variabel kebijakan yaitu struktur birokrasi, sumber daya, komunikasi dan disposisi. Kata Kunci : Implementasi Program, Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (RSDK) The Slum Area Social Rehabilitation Program (RSDK) is one of the policies of the Surabaya City Government that has been implemented since 2003. This program is implemented based on Mayor Regulation number 41 of 2015 concerning General Guidelines for the implementation of the Surabaya City Slum Social Rehabilitation Program. The implementation of the RSDK Program aims to improve the socio-economic standard of life of the community and the environment by means of house improvements and community empowerment. The main components in the RSDK Program are 1) preparation of the Poor Family Development Unit (UPKM); 2) improving the environment and building houses that are not suitable for habitation; and 3) growth and / or development of family socio-economic skills. The results of this study indicate that the implementation of the RSDK Program has gone well so that many people have had a positive impact from this program. However, in the implementation process, several obstacles were still found, such as a lack of public interest in this program which resulted in the low participation and understanding of the community regarding this program, the Poor Family Development Unit (UPKM) as the main figure in the implementation of this program was considered less active in mobilizing and inviting the wider community. To participate, the number of workers / human resources for house repairs is still inadequate, and minimal financial assistance is an obstacle to house repairs because the damage in each building is different. The method used in this research is library research by collecting data sources from existing literatures. The purpose of this study was to determine and assess the implementation of the RSDK Program in Surabaya City. This study was analyzed using George Edward III's theory of implementation by examining four factors or policy variables, namely bureaucratic structure, resources, communication and disposition. Keywords: Program Implementation, Slum Area Social Rehabilitation (RSDK)
MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM PENDIDIKAN DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 2 JOMBANG KABUPATEN JOMBANG Mihmidati Sayyidatul Ummah; Meirinawati Meirinawati
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p13-28

Abstract

Zaman modern ditandai dengan adanya kemajuan dibidang teknologi dan informasi sehingga menciptakan banyaknya media sosial. Akan tetapi banyaknya media sosial menyebabkan masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai- nilai Pancasila dan kebudayaan di Indonesia sehingga dapat menyebabkan ketimpangan dan degradasi moral pada remaja. Mengatasi permasalahan tersebut pemerintah membuat program pendidikan keagamaan salah satunya pendidikan diniyah di SMPN 2 Jombang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen strategi pendidikan diniyah dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 2 Jombang. Dengan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dan SMPN 2 Jombang. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan teori proses manajemen strategi menurut Hunger dan Wheelen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan program pendidikan diniyah adalah adanya kompetensi pembimbing yang sesuai dibidangnya, dan kelemahannya pembimbing belum memenuhi standar sebagai guru pengajar. Sedangkan peluangnya apabila program ini berhasil dalam mengatasi degradasi moral dapat dijadikan referensi bagi kabupaten lain, dan ancamannya perkembangan arus teknologi yang semakin deras dapat berpengaruh terhadap siswa. Dalam perencanaan strategi program diniyah diadakan BIMTEK untuk meningkatkan kualitas yang sesuai dengan standar pembimbing, serta dibentuknya kurikulum khusus selama pembelajaran di masa pandemi. Dalam pelaksanaannya dinilai berjalan cukup baik, akan tetapi evaluasi dari program ini belum berjalan secara maksimal karena keterbatasan pengawasan oleh pembimbing secara menyeluruh kepada peserta didik selama pandemi Covid-19. Sehingga pembimbing diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti memanfaatkan media sosial instagram atau membuat video inspirasi islami dalam pemberian tugas kepada siswa. Kata Kunci : Manajemen Strategi, Pendidikan diniyah, Pembentukan Karakter The modern era is marked by advances in technology and information to create a lot of social media. However, the large number of social media causes the entry of outside cultures that are not following the values of Pancasila and culture in Indonesia so that it can cause inequality and moral degradation in adolescents. Overcoming these problems, the government created a religious education program, one of which is diniyah education at SMPN 2 Jombang. This research aims to describe the management strategy of Diniyah education in building the character of students at SMPN 2 Jombang. With descriptive research methods and qualitative approaches. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation at the Office of Education and Culture of Jombang Regency and SMPN 2 Jombang. Data analysis was performed by collecting data, simplifying data, presenting data, and drawing conclusions. Researchers used the theory of strategic management processes according to Hunger and Wheelen. The results showed that the strengths of the Diniyah education program were the competence of supervisors who were appropriate in their fields, and the weaknesses of the supervisors had not met the standards as teaching teachers. Meanwhile, the chances are that if this program is successful in overcoming moral degradation, it can be used as a reference for other districts, and the threat of the increasingly rapid development of technological flows can affect students. In the strategic planning of the Diniyah program, technical guidance was held to improve the quality according to the supervisory standards, as well as the formation of a special curriculum during learning during the pandemic. In its implementation, it is considered to be running quite well, but the evaluation of this program has not been running optimally due to limited supervision by the supervisor as a whole for students during the Covid-19 pandemic. So that the supervisor is expected to use fun learning methods such as using social media Instagram or making inspirational videos in giving assignments to students. Keywords : Strategic Management, Diniyah Education, Character Building
MANAJEMEN STRATEGI PEGELOLAAN DESA AGROWISATA OLEH BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WATESARI KECAMATAN BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO Nisa Febriana; Meirinawati Meirinawati
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p29-42

Abstract

Desa Agrowisata Watesari merupakan salah satu Desa Wisata yang terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang terjadi pada bulan maret 2020. Kementerian Kesehatan menetapkan keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor hk.01.07/menkes/382/2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 (covid-19) yang mengharuskan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat dalam melakukan kegiatan di tempat umum untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19. Aturan serta kebijakan baru pemerintah dalam upaya penekanan penyebaran virus ini menyebabkan penurunan jumlah wisatawan pada Desa Agrowisata watesari. Adanya pengalihan Dana Desa untuk penanganan Covid-19 menyebabkan kurangnya dana operasional yang dimiliki Desa Agrowisata watesari ini, sehingga hal tersebut menyebabkan terhambatnya pengelolaan wisata. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui manajemen strategi BUMDES “Bina Sejahtrea” dalam mengelola Desa Agrowiasata Watesari pada saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teori manajemen strategis Fred.R.David dengan berfokus pada formulasi strategi, implementasi strategi serta evaluasi strategi. Dengan melihat faktor kekuatan, kelemahan, peluang serta hambatan dari Desa Agrowisata Watesari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara,obsersavi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi yang dilakukan BUMDES “Bina Sejahtera” dalam proses pengelolaan wisata di masa pandemi ini masih belum berjalan maksimal sesuai dengan konsep manajemen strategi menurut Fred.R.David, namun tetap memaksimalkan proses pengelolaan secara umum. Hal ini disebabkan karena masih terhambatnya pengelolaan Desa Agrowisata watesari di masa pandemi saat ini akibat kurangnya dana yang disebabkan oleh pengalihan Dana Desa untuk penanggulangan Covid-19 serta menurunnya jumlah pengunjung, maka dari itu BUMDes Watesari beserta Pemerintah desa watsaeri berupaya memaksimalkan pengelolaan wisata dengan tetap membuka wisata namun dengan penerapan protokol kesehatan serta memaksimalkan segala pengelolaan wisata dengan pengeluaran yang minimal. Kata Kunci: manajemen strategi, desa wisata, agrowisata Watesari agro tourism villages is one of the tourism villages affected by Corona Virus Disease (Covid-19) pandemic that occurred in March 2020. The Ministry of Health stipulates a decree of the Minister of Health of the Republic of Indonesia number hk.01.07 / menkes / 382/2020 concerning health protocols for the community in public places and facilities in the context of preventing and controlling the corona virus disease 2019 (covid-19) which requires the implementation of health protocols by the public in carrying out activities in public places to reduce the rate of spread of the Covid-19 virus. New government regulations and policies in an effort to suppress the spread of this virus have caused a decrease in the number of tourists in Watesari Agro-tourism Village. The transfer of Village Funds for handling Covid-19 resulted in a lack of operational funds owned by the Watesari Agro-tourism Village, so that it hampered tourism management. This study aims to determine the management strategy of the BUMDES "Bina Sejahtrea" in managing Agrowiasata Watesari Village during the Covid-19 pandemic. The research method used is descriptive qualitative. This study uses Fred.R.David's strategic management theory by focusing on strategy formulation, strategy implementation and strategy evaluation. By looking at the strengths, weaknesses, opportunities and obstacles of the Watesari Agro-tourism Village. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The results of the study indicate that the strategic management carried out by BUMDES "Bina Sejahtera" in the tourism management process during this pandemic is still not running optimally according to the concept of strategic management according to Fred.R.David, but still maximizes the general management process. This is because the management of Watesari Agro-tourism Village is still obstructed during the current pandemic due to a lack of funds caused by the transfer of Village Funds for Covid-19 prevention and the decline in the number of visitors, therefore BUMDes Watesari and watsaeri village government seeks to maximize tourism management by keeping tourism open but with the application of health protocols and maximizing all management tourism with minimal expenditure.. Keywords: strategic management, tourism villages, agro-tourism
INOVASI KARTU PETANI MANDIRI (KPM) PLUS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI OLEH DINAS PERTANIAN KABUPATEN BOJONEGORO Nurudin Abdurohim; Meirinawati Meirinawati
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p43-54

Abstract

Kartu Petani Mandiri (KPM) Plus merupakan inovasi baru dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Penerbitan kartu tersebut adalah upaya dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Bojonegoro, sesuai tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2019. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan Inovasi Kartu Petani Mandiri (KPM) Plus dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Petani oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan fokus penelitian manajemen inovasi menurut Utomo, terdapat lima tahap manajemen inovasinya antara lain, 1) Eksplorasi Ide dan Kebutuhan Inovasi dalam penerbitan Kartu ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Petani di Kabupaten Bojonegoro. 2) Inkubasi Inovasi, rencana telah disusun sebelumnya oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam menjalanakan program petani mandiri dimana pendanaan program ini bersumber dari APBD. 3) Diseminasi atau Difusi Inovasi,Penyebaran informasi dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui media online dan cetak. 4) Adopsi/Replikasi/Modifikasi Inovasi, Penerbitan Kartu ini merupakan program yang bagus, terbukti Instansi pemerintah luar kota ingin mengadopsinya. 5) Aktualisasi Inovasi, merupakan sebuah pertanggungjawaban atas terlaksananya program ini, kegiatan monitoring dan evaluasi wajib dilakukan supaya inovasi berjalan baik dan tepat sasaran. Kedepannya diharapkan Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro lebih getol lagi dalam mensosialisasikan program ini, dan bekerjasama dengan perusahaan swasta atau BUMN dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas program ini. Kata Kunci : Inovasi Pertanian, Kartu Petani Mandiri (KPM) Plus, Kesejahteraan Petani Kartu Petani Mandiri (KPM) Plus is an innovation from Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. The issuance of the card is an effort by the Pemerintah Kabupaten Bojonegoro to improve the welfare of farmers in Bojonegoro Regency, as stated in Regent Regulation Number 20 of 2019. This program is intended for farmers who are members of Poktan (farmers). The purpose of this research is to describe the Innovation of Kartu Petani Mandiri (KPM) Plus in to improve the welfare of farmers by the Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Researchers used descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques consisted of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique is done by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. This study uses the focus of innovation management research according to Utomo, there are five stages of innovation management, namely, 1) Exploration of Ideas and Innovation Needs in the issuance of this card is needed by the Farmer community in Bojonegoro Regency. 2) Innovation Incubation, plans have been prepared in advance by the Bojonegoro Regency Government in running the independent farmer program where funding for this program comes from the APBD. 3) Dissemination or Diffusion of Innovation, Information dissemination is carried out by the Bojonegoro Regency Government through online and print media. 4) Adoption / Replication / Innovation Modification, this Card Issuance is a good program, it is proven that government agencies outside the city want to adopt it. 5) Actualization of Innovation, is an accountability for the implementation of this program, monitoring and evaluation activities must be carried out so that innovation runs well and is right on target. In the future, it is hoped that the Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro will be more diligent in socializing this program, and collaborating with private companies or BUMN in order to improve the quality and quantity of this program. Keywords: Agriculture Innovation, Kartu Petani Mandiri (KPM) Plus, Farmer Welfare
INOVASI LAYANAN SURAT PEMBERITAHUAN DAN PERKEMBANGAN HASIL PENYIDIKAN ONLINE DI SATRESKRIM POLRESTA SIDOARJO Rochmatul Ulum; Trenda Aktiva Oktariyanda
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p55-68

Abstract

Dalam rangka terciptanya layanan kepolisian yang cepat, mudah dan transparan, Polisi Resor Kota Sidoarjo mengembangkan beberapa inovasi. Inovasi Layanan Surat Pemberitahuan dan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) online di Satreskrim Polresta adalah salah satu inovasi yang dikembangkan untuk mempercepat koordinasi penyidik dengan pihak pelapor. Inovasi SP2HP online ini merupakan layanan informasi berbasis internet yang memuat tentang sejauh mana perkembangan perkara yang ditangani oleh penyidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan inovasi layanan SP2HP online di Satreskrim Polresta Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah Novelty, Effectiveness, Significance, Transferbility, Sustanbility. Teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi SP2HP online sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Pada kriteria Novelty, inovasi ini memiliki kebaruan dalam hal menyampaikan informasi perkembangan perkara secara online. Pada kriteria Effectiveness, inovasi ini terbilang cukup efektif karena masyarakat tidak perlu mengunjungi kantor Satreskrim. Pada kriteria Significance, inovasi ini memiliki manfaat bagi masyarakat maupun pihak kepolisian karena dapat mempercepat kordinasi antara penyidik dan pelapor. Pada kiteria Transferbility, inovasi ini mampu untuk ditiru atau dicontoh oleh instansi lainnya. Pada kriteria Sustanbility, inovasi ini berpotensi untuk tetap dilaksanakan dan dikembangkan melihat dari manfaat yang didapatkan. Kata Kunci: Pelayanan publik, Inovasi Layanan, SP2HP Online In order to create a police servce that is fast, easy and transparent, the Sidoarjo City Police has developed several innovations. Notification Service Innovation and the Development of Investigation Results (SP2HP) online the Criminal Investigatio Unit of the Police is n of the innovations developed to accelerate the coordination of nvestigators with reporting parties. This olie SP2HP innovation is an internet-based information service that contains the progress of cases handled by investigators. This study aims to identify and describe the implementation of the online SP2HP service innovation at the Satreskrim Polresta Sidoarjo. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The focus of this research is Novelty, Effectiveness, Significance, Trasferbility, and Sustanbility. The qualitative data collection techniques used in this study werw observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used was data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of study indicate that the online SP2HP innovation has run quite well, but there are still some obstacles in its implementation. In the novelty criteria, this innovation is novel in terms of conveying information on case develpoments online. In terms of effectiveness criteria, this innovation is quite effective because people do not need to visit the Satrekrim Office. In terms of significance, this innovation has benefits for both the community and the police because it can speed up coordination betweeb invetigators and reporters. In the transferability criteria, this innovation can be imitated or emulated by other agencies. In the sustanbility criteria, this innovation has the potential to continue to be implemented and developed based on the benefits it gets. Keywords: public services, service innovation, SP2HP Online
EFEKTIVITAS PROGRAM BHAKTI TNI RENOVASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RTLH) DI KOMANDO RAYON MILITER (KORAMIL) 0819/19 PRIGEN Sabrina Amanda Oktaviranti; Trenda Aktiva Oktariyanda
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p69-80

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan sosial suatu kelompok juga pada suatu negara. Rumah Tidak Layak Huni salah satu faktor pendorong masalah kemiskinan, keadaan ini terdapat pula di Provinsi Jawa Timur. Karena itu pemprov Jatim bekerjasama dengan Kodam V/Brawijaya dalam program bhakti TNI Renovasi RTLH, dimana Koramil 0819/19 Prigen menjadi salah satu tim pelaksana program. Kesulitan pencarian calon penerima program menjadi pokok permasalahan pada beberapa tahun terakhir di wilayah Koramil 0819/19 Prigen. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif guna menganalisis dan mendeskripsikan program bhakti TNI renovasi RTLH di Koramil 0819/19 Prigen, fokus penelitian pengukuran efektivitas program dan lokus penelitian wilayah kesatuan Koramil 0819/19 Prigen. Teknik purposive sampling sebagai penentuan subyek, sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan, teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui program bhakti TNI renovasi RTLH di Koramil 0819/19 Prigen ketepatan sasaran program, ditujukan pada penduduk Kecamatan Prigen, dan telah sesuai diketahui melalui arsip Koramil 0819/19 Prigen. Sosialisasi program, pihak Koramil 0819/19 Prigen dalam setiap persiapannya melakukan sosialisasi kepada pihak terkait, untuk memberikan informasi serta sebagai bentuk penggalian informasi calon penerima. Tujuan program, telah sesuai dengan yang ditetapkan, tetapi dengan keadaan penduduk Kecamatan Prigen saat ini tujuan tersebut diniliai tidak sesuai. Pemantauan program, secara tatanan telah sesuai, tetapi kelengkapan data mengenai program ini kurang lengkap. Karena itu, dengan keadaan yang ada sekarang, lebih baik pihak Koramil 0819/19 Prigen mengalokasikan dana program ini kepada program lain yang sesuai dengan kebutuhan penduduk Kecamatan Prigen. Kata Kunci: Efektivitas Program, Bhakti TNI, RTLH. Poverty is a social problem for a group in a country. Unfit for habitation is one of the factors driving the problem of poverty, this situation also exists in East Java Province. Because of that the East Java provincial government collaborated with Kodam V/Brawijaya in the TNI service program to renovate unfit for habitation, in which Koramil 0819/19 Prigen was one of the program implementing teams. The difficulty of finding potential program recipients has become a problem in recent years in the Koramil 0819/19 Prigen area. This type of qualitative research uses a descriptive approach to analyze and describe the TNI service program for renovating unfit for habitation at Koramil 0819/19 Prigen, research focus on measuring program effectiveness and research locus for the area of Koramil 0819/19 Prigen unit. Purposive sampling technique as the determination of subjescts, primary and secondary data sources, interview data collection techniques, observation, documentation, and literature, data analysis techniques data reduction, presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that the TNI service program for renovating unfit for habitation at Koramil 0819/19 Prigen is the accuracy of the program targeting, is aimed at residents of Kecamatan Prigen, and has been accordingly known through the archive of Koramil 0819/19 Prigen. In the socialization of the program, Koramil 0819/19 Prigen in each of its preparations conduct outreach to related parties, to provide information as well as a form of extracting information on potential recipients. The program objectives have been determined, but with the current situation of the residents of Kecamatan Prigen, these goals are judged tobe inappropriate. Program monitoring is structurally appropriate, but the completeness of the data regarding this program is incomplete. Therefore,with the current situation, it would be better for Koramil 0819/19 Prigen to allocate funds for this program to other programs according to the needs of the residents of Kecamatan Prigen. Keywords: Program Effectiveness, Bhakti TNI, RTLH
KUALITAS LAYANAN GO ONLINE SEBAGAI BENTUK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PEMBINAAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI RUMAH BUMN BANK MANDIRI SURABAYA Dea Pralistya Lintang Pambayun; Trenda Aktiva Oktariyanda
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p97-108

Abstract

Go online merupakan level pembinaan dari program Rumah BUMN Bank Mandiri Surabaya. Program ini digagas oleh Kementrian BUMN dan BUMN berkolaborasi dengan Bank Mandiri dalam membentuk digital economy ecosystem yang terfokus pada sektor usaha mikro kecil, menengah(UMKM). UMKM memiliki potensi besar sebagai penyokong perekonomian negara dan telah memberikan kontribusi lebih dari setengah GDP(gross domestic product) Indonesia dengan total UMKM yang terdata mencapai 61 juta(2016-2017). Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan secara mendalam terkait Kualitas Layanan Go Online Sebagai Bentuk Corporate Social Responsibility Pembinaan Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Di Rumah BUMN Bank Mandiri Surabaya. Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini terpusat pada kualitas pelayanan prima diantaranya: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Tehnik pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi.Tehnik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasar pada: 1) Transparansi, pelayanan yang bersifat terbuka, mudah dan dapat diakses dan disediakan secara memadai serta mudah dimengerti. 2) Akuntabilitas, pelayanaan yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 3) Kondisional, pelayanan yang sesuai dengan kondisi kemampuan pemberi dan penerima pelayanan berpegang pada prinsip efisiensi dan efektifitas 4) Partisipatif, pelayanan yang dapat mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan public dengan memperhatikan aspirasi, kebutuhan dan harapan masarakat. 5) Kesamaan hak, pelayanan yang tidak melakukan diskriminasi dihat dari aspek apa pun. 6) Keseimbangan hak dan kewajiban, yaitu pelayanan yang mempertimangkan aspek keadilan antara pemberi dan penerima pelayanan publik. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, CSR, Go online Go online is a level of guidance from the Rumah BUMN Bank Mandiri Surabaya program. This program was initiated by the Ministry of BUMN and BUMN in collaboration with Bank Mandiri in forming a digital economy ecosystem that focuses on the micro, small and medium enterprise (UMKM) sector. UMKMs have great potential to support the country's economy and have contributed more than half of Indonesia's GDP (gross domestic product) with a total recorded UMKMs reaching 61 million (2016-2017). The purpose of this research is to describe in depth the quality of Go Online Services As a Form of Corporate Social Responsibility For The Development Of Small And Medium Business Actors At The Rumah Bumn Of Bank Mandiri Surabaya. This research uses descriptive research with a qualitative approach. Focus of this research is centered on excellent service quality including: transparency, accountability, conditionality, participation, equal rights, and balance of rights and obligations. Techniques of data collection through literature studies, interviews, field observations, and documentation. Analysis of technical data using an interactive analysis model consists of three components, namely data reduction analysis, data presentation and drawing conclusions. The results of the research are based on: 1) Transparency is a service that is open, easy and accessible and provided adequately and easily understood. 2) Accountability is responsible service in accordance with the prevailing laws and regulations. 3) Conditional is the service in accordance with the condition of the ability of the service provider and recipient to adhere to the principles of efficiency and effectiveness. 4) Participatory is a service that can encourage community participation in the delivery of public services by taking into account the aspirations, needs and expectations of the community. 5) Equal rights are services that do not discriminate in the heart from any aspect. 6) Balance of rights and obligations, namely services that consider aspects of justice between providers and recipients of public services. Keywords: Service Quality, CSR, Go online
PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDESA) TIRTO ABADI MELALUI STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA KEBUN BELIMBING DESA NGRINGINREJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO Sefi Faradin; Eva Hany Fanida
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p81-96

Abstract

Pembangunan dalam ekonomi di desa sudah lama di bentuk oleh pemerintah yaitu Badan Usaha Milik Desa yang merupakan lembaga yang menjalankan ekonomi di tingkat desa dan mempunyai tujuan untuk pengelolaan potensi desa setempat serta mensejahterahkan masyarakat. Salah satunya BUMDesa Tirto Abadi di Desa Ngringinrejo yang mengelola Agrowisata Kebun Belimbing yang bergerak pada wisata alam yakni perkebunan belimbing. Melihat adanya permasalahan yang ada adalah pengelolaan area parkir yang kurang luas sehingga harus diarahkan di tanah kosong milik warga setempat dan spot foto wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan BUMDesa dalam strategi mengembangkan desa wisata yakni di Agrowisata Kebun Belimbing Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa menunjukkan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Tirto Abadi melalui Strategi Pengembangan Agrowisata Kebun Belimbing berdasarkan teori Capacitiy Building menurut Grindle (1997) dalam jurnal (Arnold, 2016) sebagai berikut 1) Strategi Pengembangan Sumberdaya Manusia berdasarkan dinilai dari pengetahuan; keterampilan; pengelompokan kerja; tingkah laku, serta motivasi berupa pelatihan pada pengelola Agrowisata, namun dalam hal pengelolaan Agrowisata masih belum maksimal. 2) Strategi Penguatan Organisasi dalam proses pengambilan keputusan ada beberapa forum yang diadakan sesuai dengan kebutuhan di forum itu juga rapat intensif BUMDesa dilakukukan untuk mengevaluasi kinerja dan proses usaha setiap bulanya dalam segi sarana dan prasarana yang belum memadai. 3) Strategi Reformasi Kelembagaan yaitu fokus pada kerjasama dalam upaya mengembangkan Agrowìsata Kebun Belimbing. Maka saran dari peneliti adalah penambahan spot foto sebagai daya tarik wisatawan sehingga berdampak pada penambahan kunjungan wisatawan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan wisata serta adanya pelatihan berbasis pertanian kepada petani agar pengembangan agrowisata lebih maksimal. Kata Kunci : Pengelolaan BUMDesa, Strategi Pengembangan, Agrowisata Kebun Belimbing. Development in the economy in the village has long been in the form of the government, namely the Village Owned Enterprises which is an institution that runs the economy at the village level and has the aim of managing the potential of the local village and welfare of the community. One of them is BUMDesa Tirto Abadi in Ngringinrejo Village which manages Belimbing Garden Agrotourism which is engaged in natural tourism, namely star fruit plantations. Seeing the problem is the management of parking areas that are not wide enough so that it must be directed in vacant land owned by local residents and tourist photo spots. This research aims to describe the management of BUMDesa in the strategy of developing tourism villages, namely in agrotourism Belimbing Garden Ngringinrejo Village District Kalitidu Bojonegoro Regency. The research was conducted using qualitative approach with descriptive method. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation and collection. The results of this study showed the Management of Tirto Abadi Village Owned Enterprises through the Development Strategy of Belimbing Garden Agrotourism based on capacitiy building theory according to Grindle (1997) in the journal (Arnold, 2016) as follows 1) Human Resource Development Strategy based on assessed from knowledge; skills; working grouping; behavior, as well as motivation in the form of training on agrotourism managers, but in terms of agrotourism management is still not maximal. 2) Organizational Strengthening Strategy in the decision-making process there are several forums held in accordance with the needs in the forum as well as intensive meetings BUMDDesa conducted to evaluate the performance and business process every month in terms of inadequate facilities and infrastructure. 3) Institutional Reform Strategy that focuses on cooperation in efforts to develop Agrowìsata Belimbing Garden. So the advice from researchers is the addition of photo spots as tourist attractions so as to have an impact on the addition of tourist visits and foster public awareness related to tourism management and the existence of agricultural-based training to farmers so that agrotourism development is more maximal. Keywords: BUMDesa Management, Development Strategy, Agrotourism Belimbing Garden
EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA SURABAYA Rizla Saradia Agustina; Tjitjik Rahaju
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p109-124

Abstract

Pemerintah melalui Permendiknas RI No.70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa membuktikan komitmennya dalam membagikan hak yang sama kepada ABK melalui pendidikan inklusif. Sistem pendidikan inklusif mengatur siswa dengan berkebutuhan khusus belajar bersama dan mendapatkan kesamaan hak dengan siswa normal dalam satu lingkup yayasan pendidikan. Kota Surabaya menjadi salah satu kota dengan pencapaian keberhasilan penyelenggaraan pendidikan inklusif yang cukup membanggakan dibuktikan dengan diraihnya Inklusi Awards pada tahun 2014. Penyelenggaraan pendidikan inklusif di Surabaya dimulai pada tahun 2009 yang memiliki payung hukum yaitu Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 30 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Provinsi Jawa Timur. Analisis artikel ilmiah yaitu menggunakan teori dari William N. Dunn yang meliputi 6 kriteria yaitu efektifitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas dan ketepatan. Didapatkan hasil pada penelitian yaitu pada penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Surabaya masih terdapat kendala seperti sumber daya manusia yaitu GPK yang belum memadai, aksesibilitas yang belum terpenuhi secara maksimal serta sumber daya pendanaan yang masih dirasa belum dapat memenuhi kebutuhan ABK secara keseluruhan meskipun telah terselenggara sejak tahun 2009. Sehingga pihak-pihak yang terkait terutama Dinas Pendidikan Kota Surabaya sebagai penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Surabaya perlu lebih meningkatkan perhatiannya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan inklusif pada masing-masing sekolah penyelenggara. Kata Kunci : Evaluasi, Penyelenggaraan, Pendidikan, Inklusif Government through Permendiknas RI Number 70 of 2009 on inclusive education for students who have potential intelligence and or special talents proving commitment in giving equal rights to ABK through inclusive education. The inclusive education system regulates students with special needs to study together and get the same rights as normal students within one scope of an educational foundation. Surabaya became one of the cities with the achievement of the successful implementation of inclusive education which is quite proud as evidenced by the achievement of the Inclusion Awards in 2014. The implementation of inclusive education in Surabaya began in 2009 and has legal protection, namely The Governor of East Java Regulation Number 30 of 2018 concerning the Implementation of Inclusive Education in East Java Province. The analysis was conducted using William N. Dunn theory which includes 6 criteria, namely effectiveness, efficiency, adequacy, equality, responsiveness and accuracy. The results of the research were found in the implementation of inclusive education in Surabaya there are still obstacles such as human resources, namely inadequate GPK, accessibility that has not been met to the maximum and funding resources that are still felt to be unable to meet the needs of ABK as a whole even though it has been implemented since 2009. So that the relevant parties, especially the Surabaya Education Office as the implementor of inclusive education in Surabaya need to further increase their attention to meet the needs of inclusive education in each implementor school. Keywords : Evaluation, Implementation, Education, Inclusive
EFEKTIVITAS PROGRAM PUSAT EKONOMI JAMBANGAN HEBAT (PEJABAT) MELALUI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) UMKM PT. PERTAMINA DI KELURAHAN JAMBANGAN KOTA SURABAYA Nur Zalliza Gaus; Meirinawati Meirinawati
Publika Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/publika.v9n3.p125-138

Abstract

Pemerintah menetapkan peraturan corporate social responsibility dalam UU RI No. 40 Tahun 2007 bagi perseroan terbatas yang kegiatannya berkaitan dengan sumber daya alam, seperti PT. Pertamina Tbk. Sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya, PT. Pertamina melalui Marketing Operasional Regional (MOR) V melakukan PKBL program kemitraan untuk UMKM binaan di Kota Surabaya. Salah satu UMKM binaan Pertamina yakni, Pusat Ekonomi Jambangan Hebat (Pejabat) di Jambangan. Untuk mencapai tujuan CSR, Pertamina memberikan pelatihan dasar, bantuan alat-alat usaha, dan pemasaran produk. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan efektivitas program Pejabat melalui CSR Pertamina program UMKM. Fokus penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan menurut Sutrisno, ada lima indikator yang mempengaruhi efektivitas suatu program yaitu Pemahaman Program, Tepat Sasaran, Tepat Waktu, Tercapainya Tujuan, dan Perubahan Nyata. Jenis data yang diambil menggunakan data primer dan data sekunder. Efektivitas program Pejabat dalam indikator pemahaman program, semua anggota Pejabat sudah mengetahui program tersebut melalui sosialisasi dengan baik. Program Pejabat sudah tepat waktu, bagi warga Jambangan dan tim CSR Pertamina, sesuai keadaan lingkungan kampung Pejabat dan kebutuhan mereka. Program Pejabat sudah tepat sasaran, kampung RT 02 RW 01 sebagai sasaran program CSR memiliki potensi yang perlu dikembangkan untuk membantu peningkatan ekonomi kreatif warga meskipun masih ada kekurangan bantuan memasarkan produk UMKM. Tercapainya tujuan, berhasil sebesar 70% dan sisanya, Pertamina bekerjasaama dengan warga Pejabat untuk mengembangkan produktifitas melalui pembinaan lanjutan. Perubahan nyata, dilihat dari peningkatan laba pelaku UMKM Pejabat, setelah adanya bantuan CSR Pertamina. Meskipun belum maksimal, Pertamina sudah menjadikan warga kampung Pejabat sedikit banyak mandiri. Kata Kunci: Efektivitas, Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Kemitraan, UMKM The government sets regulations on corporate social responsibility in the Republic of Indonesia Law No. 40 of 2007 for limited liability companies whose activities are related to natural resources, such as PT. Pertamina Tbk. As a form of corporate responsibility towards the surrounding environment, PT. Pertamina through Regional Operational Marketing (MOR) V conducted a PKBL partnership program for assisted MSMEs in the city of Surabaya. One of the MSMEs assisted by Pertamina is the Great Jambangan Economic Center (Official) in Jambangan. To achieve CSR goals, Pertamina provides basic training, assistance with business tools, and product marketing. The research objective was to describe the effectiveness of the official program through Pertamina's CSR UMKM program. The research focus used a descriptive qualitative approach. The theory used, according to Sutrisno, is that there are five indicators that affect the effectiveness of a program, namely Program Understanding, Right on Target, On Time, Achievement of Goals, and Real Change. Types of data taken using primary data and secondary data. The effectiveness of the official program in the indicators of program understanding, all members of the Official are familiar with the program through good socialization. The Official Program is on time, for the residents of Jambangan and the Pertamina CSR team, according to the conditions of the official village and their needs. The official program has been right on target, the village of RT 02 RW 01 as the target of the CSR program has the potential that needs to be developed to help increase the creative economy of the community even though there is still a lack of assistance in marketing MSME products. Achievement of objectives, succeeded by 70% and the rest, Pertamina collaborated with residents of officials to develop productivity through further coaching. Real change, seen from the increase in profits of MSME officials, after Pertamina's CSR assistance. Even though it has not been maximized, Pertamina has made the residents of Pejabat village more or less independent. Keywords: Effectiveness, Corporate Social Responsibility, Partnership, UMKM

Page 1 of 3 | Total Record : 25