cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2012)" : 22 Documents clear
Profil Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia LINDI TAUFIQOH, PRIMA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi sistem peredaran darah manusia merupakan materi yang abstrak sehingga dibutuhkan media untuk memvisualisasikan materi tersebut agar lebih terlihat konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Ujicoba terbatas dilakukan kepada 15 siswa SMA Negeri 1 Cerme. Secara keseluruhan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk kelas XI R-SMA-BI telah layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sangat baik (91,70%), dengan rincian berdasarkan aspek format media dikategorikan sangat baik (100%); kesesuaian materi sangat baik (95,90%); dan ketatabahasaan baik (79,20%).
Pengembangan Buku Ajar Berjendela pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk SMP RSBI BARROH, HABIBATUL
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses belajar mengajar pada materi sistem reproduksi manusia untuk SMP RSBI membutuhkan buku yang menarik dan sesuai dengan standar di RSBI. Oleh karena itu, pengembangan buku ajar berjendela pada materi sistem reproduksi manusia dibutuhkan untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam membaca buku ajar serta sesuai dengan standar di RSBI. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar berjendela pada materi sistem reproduksi manusia dan mendeskrispsikan kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Fenrich. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berjendela pada materi sistem reproduksi manusia untuk SMP RSBI yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : buku ajar berjendela, sistem reproduksi manusia, RSBI
Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI SARTIKA AMI, MUCHAROMMAH
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Buku pelajaran yang ada di pasaran memiliki ukuran relatif besar dengan uraian bacaan panjang, dan sebagian besar tampilannya kurang menarik. Beberapa buku pelajaran juga memuat kesalahan konsep pada materi sistem ekskresi manusia. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah mengembangkan sumber informasi baru berupa buku saku yang berukuran relatif kecil, uraian bacaan pendek, tampilannya menarik, dan tidak mengandung kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan buku saku materi sistem ekskresi manusia dan respon siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap: pengembangan dan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan buku saku ini layak dan mendapat respon baik dari siswa. Kata kunci: buku pelajaran, sistem ekskresi manusia, buku saku
PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH PADA MATERI EKOSISTEM DI MAN PAMEKASAN HIDAYATI, DORI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil inventarisasi ditemukan berbagai jenis faktor abiotik dan faktor biotik di taman sekolah, halaman depan dan samping sekolah, serta di lapangan sekolah. Hasil inventarisasi yang dilakukan di lingkungan sekitar sekolah dijadikan sebagai acuan pembuatan LKS. Hasil penelitian menunjukkan LKS sangat layak digunakan dengan melihat skor rata-rata semua aspek penilaian telaah yaitu 3,76; dari penilaian keterbacaan didapat skor rata-rata kelayakan 90,83% dan respon siswa dengan rata-rata kelayakan 77,86% hal ini berarti rata-rata siswa merespon positif terhadap LKS yang dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah.   Kata kunci- pengembangan LKS, lingkungan sekitar sekolah, ekosistem
Profil LKS IPA SMP Berorientasi Active Learning dengan Strategi Belajar Mengajukan Pertanyaan INDAWATI, IIN
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Siswa hanya mendengarkan penjelasan materi dari guru. Selain itu, LKS yang digunakan belum bisa mengaktifkan siswa dalam bertanya dan membuat pertanyaan. Atas dasar itu maka telah dilakukan penelitian pengembangan yang berorientasi pada model 4-D dan bertujuan untuk mendapatkan LKS berorientasi  active learning dengan strategi belajar mengajukan pertanyaan dari aspek struktur penyajian, materi, dan bahasa pada materi Alat Indera Manusia. Sasaran penelitian ini adalah LKS berorientasi  active learning dengan strategi belajar mengajukan pertanyaan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, dengan hasil telaah baik dan layak digunakan (98,5%) sedangkan hasil respon siswa positif (92,96%). Simpulan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan.   Kata kunci: model pengembangan 4-D, active learning dengan strategi belajar mengajukan pertanyaan, Alat Indera Manusia
PROFIL BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA PUSPITASARI, BERTHA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas X SMA pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, yang mengacu pada model pengembangan perangkat 4D. Model ini terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kriteria kelayakan sangat layak pada komponen isi, kebahasaan, penyajian, dan kesesuaian dengan pilar CTL. Kata kunci- pengembangan bahan ajar, CTL
PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) UNTUK SMA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PEBRIANA HARAHAB, DINI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Penelitian pengembangan LKS berorientasi kecakapan hidup pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia menggunakan model 4-D. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berorientasi kecakapan hidup dan mendeskripsikan kelayakan LKS. LKS ditelaah oleh tiga orang penelaah kemudian LKS diujicobakan secara terbatas pada 15 siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Pacet. LKS mendapatkan kategori sangat baik, yaitu LKS 1 memperoleh skor 3,67 dan LKS 2 memperoleh skor 3,7. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, LKS berorientasi kecakapan hidup pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia yang dikembangkan dinyatakan layak.   Kata kunci : LKS, kecakapan hidup, Sistem Peredaran Darah Manusia
Pengembangan LKS Untuk Melatih Kecakapan Hidup Pada Materi Sistem Ekskresi MUSTIKASARI, INDAH
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

LKS pada materi sistem ekskresi umumnya hanya berupa soal-soal yang menanyakan teori sedangkan LKS tentang penyelesaian masalah yang berhubungan dengan kecakapan hidup kurang tersedia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS untuk melatih kecakapan hidup yang memenuhi kriteria kelayakan dan mendeskripsikan kecakapan rasional serta sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Kemp. Ujicoba terbatas dilakukan pada siswa kelas XI IA SMA Negeri 3 Kediri. Metode pengumpulan data diperoleh melalui telaah LKS dan observasi. LKS kecakapan hidup dinilai layak oleh tiga penelaah dengan kriteria baik. Kecakapan rasional dan sosial siswa meningkat, dan respon siswa baik. Kata kunci: pengembangan, LKS, kecakapan hidup, sistem ekskresi
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MUSFIROH, USLIFATUN
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul berorientasi guided discovery pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA, dan mendeskripsikan kelayakannya ditinjau dari aspek isi, penyajian, dan bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan dua tahapan penelitian yaitu tahap validasi teoritik dan validasi empirik. Sumber data diperoleh dari dua dosen Biologi, satu guru Biologi, dan 20 siswa SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan tiga modul yaitu modul 1 tentang komponen sistem peredaran darah, modul 2 tentang alat peredaran darah, dan modul 3 tentang proses dan kelainan/penyakit dalam sistem peredaran darah. Secara validitas teoritik, ketiga modul yang dikembangkan sangat layak, dan berdasarkan validitas empirik ketiga modul direspon baik oleh siswa.   Kata kunci: modul, guided discovery, sistem peredaran darah.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA HAKIM, LUQMAN
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 1 No 2 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan di Indonesia dirasakan belum berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter sehingga perlu kegiatan belajar mengajar yang dapat membangun kecerdasan akademik juga kecerdasan emosional yang dapat membentuk generasi bangsa yang memiliki karakter dan juga nilai akademis yang bagus. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk dapat meningkatkan karakter siswa adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran (Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS)) yang dapat menunjang pembelajaran biologi berbasis karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Kemp, yang bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berkarakter yang layak secara teoritis. Kelayakan perangkat pembelajaran berkarakter dapat dilihat dari hasil telaah perangkat pembelajaran karakter yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran berkarakter pada materi sistem pencernaan  kelas XI SMA meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang layak untuk diujicobakan, dengan skor kelayakan masing-masing 3,50 untuk silabus, 3,59 untuk RPP, dan 3,86 untuk LKS. Kata kunci: perangkat pembelajaran, karakter, sistem pencernaan, model Kemp.

Page 1 of 3 | Total Record : 22