cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2015)" : 25 Documents clear
EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PAPAN MAGNETIK KARIOTIPE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XII SETYORINI, ALIFATUS
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas penerapan media papan magnetik kariotipe sebagai media pembelajaran kelas XII berdasarkan keterlaksanaan proses pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I dan II di kelas XII IPA 4 dan XII IPA 5 mendapatkan persentase sebesar 90,9 % dan 100%. Aktivitas siswa pada pertemuan I dan II kelas XII IPA 4 mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 92,67% dan 94,33%, sedangkan pada kelas XII IPA 5 mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 93% dan 96,67%. Hasil belajar pada kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi kognitif dan kompetensi keterampilan pada kelas XII IPA 4 mendapatkan persentase sebesar 98%, 99%, 81,81%, dan 90, sedangkan pada kelas XII IPA 5 mendapatkan persentase sebesar 98%, 99%, 73%, dan 84%. Respons siswa kelas XII IPA 4 dan XII IPA 5 mendapatkan rata-rata persentase sebesar 92% dan 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media papan magnetik kariotipe sebagai media pembelajaran efektif diterapkan sebagai media pembelajaran kelas XII. Kata kunci : efektivitas, media pembelajaran, media papan magnetik kariotipe, mutasi kromosom
VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERINTEGRASI EDMODO PADA SUBMATERI KATABOLISME KARBOHIDRAT YULIANTI RAHMANA, ANINDA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran Blended Learning terintegrasi Edmodo dan mendeskripsikan validitasnya berdasarkan penilaian oleh pakar pendidikan, ahli materi, dan guru biologi menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran model Blended Learning terintegrasi Edmodo pada materi katabolisme karbohidrat untuk siswa kelas XII MIA yang terdiri atas RPP, LKS, dan media Edmodo dinyatakan sangat valid ditinjau dari hasil validasi perangkat pembelajaran oleh para validator dengan RPP memperoleh skor rata-rata 3,97, LKS memperoleh skor 3,83, dan media Edmodo memperoleh skor 3,76. Kata kunci : validitas, perangkat pembelajaran Blended Learning, Edmodo, submateri katabolisme karbohidrat
VALIDITAS LKS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA MATERI KATABOLISME KARBOHIDRAT TIARA EVANDA, ENES
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi katabolisme karbohidrat akan lebih baik jika dalam mempelajarinya siswa memiliki peluang untuk memperoleh dan menemukan konsep melalui pengalamannya sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan LKS penemuan terbimbing yang melibatkan keterampilan proses siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS penemuan terbimbing yang dapat melatihkan keterampilan proses siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKS dengan menggunakan model Research and Development R&D. Parameter yang diukur adalah validitas LKS berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh 2 pakar dan 1 guru biologi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid (96,5%) oleh pakar, LKS dinyatakan benar atau sesuai digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: LKS, Penemuan Terbimbing, Keterampilan Proses, Katabolisme karbohidrat
VALIDITAS LKS BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI EKOSISTEM WAHYU MAULIDIA KM, EVA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas LKS Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Ekosistem. Validitas dilakukan oleh dua orang ahli biologi dan satu guru biologi menggunakan lembar validasi LKS. LKS dikembangkan menggunakan pengembangan dengan menggunakan model 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate tetapi pengembangan yang dilakukan hanya sampai pada tahap develop. Berdasarkan hasil validasi para ahli LKS yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan pemerolehan skor rata-rata 3,81. Kata Kunci : Validitas, LKS Pendekatan Keterampilan Proses, Ekosistem
VALIDITAS BUKU AJAR BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI VIRUS KELAS X IPA ROCHMAH, FAURIZ
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berorientasi pendekatan saintifik yang layak dari segi validitas. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate, akan tetapi penelitian ini hanya sampai tahap develop. Validitas buku ajar ditentukan berdasarkan hasil validasi dari 2 dosen biologi dan 1 guru biologi. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa buku ajar dinyatakan sangat layak dengan rata-rata skor 3,82 sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: buku ajar, pendekatan saintifik, validitas, kelas X
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DENGAN PEMANFAATAN WEBSITE MATERI CNIDARIA UNTUK SISWA SMA KELAS X ULFA KURNIASARI, HABIBAH
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembar kegiatan siswa dengan pemanfaatan website dapat membantu siswa dalam menemukan konsep materi cnidaria secara mandiri dan sebagai pendamping sumber belajar. Idealnya, materi cnidaria dipelajari dengan pengamatan objek secara langsung. Namun, kegiatan pengamatan secara langsung memiliki kendala dalam waktu dan transportasi, maka kegiatan pengamatan dapat dilakukan dengan menggunakan media ICT sebagai alternatif media berupa website. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoretis dan empiris lembar kegiatan siswa dengan pemanfaatan website materi cnidaria. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Four-D (4-D) yang terdiri atas empat tahap, yaitu pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate), namun untuk tahap penyebaran tidak dilakukan. Lembar kegiatan siswa diujicobakan secara terbatas kepada 20 siswa Kelas X SMA Negeri Mojoagung. Kelayakan LKS secara teoretis ditinjau berdasarkan hasil validasi yang diukur menggunakan lembar validasi dan kelayakan LKS secara empiris ditinjau berdasarkan aktivitas siswa yang diukur menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa, ketuntasan indikator yang diukur menggunakan lembar tes untuk siswa, dan respons siswa yang diukur menggunakan lembar respons siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan secara teoretis sangat layak ditinjau dari aspek isi, bahasa, penyajian, dan LKS dengan pemanfaatan website dengan perolehan nilai kelayakan masing-masing 3,56; 3,13; 3,58; dan 3,92. Kelayakan LKS secara empiris ditinjau berdasarkan aktivitas siswa, ketuntasan indikator dan respons siswa dengan persentase masing-masing sebesar 96,15% (sangat baik), 78,57% (sangat baik), dan 92,19% (sangat baik). Kata Kunci: lembar kegiatan siswa, website, materi cnidaria, kelayakan teoretis dan empiris
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA KUSBANDRIA, ISMAUL
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembar kerja Siswa ekosistem bertujuan untuk kurikulum 2013 ini yang dilatihkan berupa keterampilan proses dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi lingkungan sekitar pada materi ekosistem ini melatihkan keterampilan proses dasar berupa mengamati lingkungan sekitar sekolah, mengklasifikasikan pengamatan ke dalam tabel, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian yang dikembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk menghasilkan lembar kerja siswa yang layak secara teoritis dan empiris berdasarkan validitas; hasil keterlaksanaan aktivitas siswa; ketuntasan hasil belajar dan respons siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate namun pada penelitian ini hanya sampai tahap Develop. Lembar Kerja Siswa (LKS) ini menggunakan ujicoba terbatas pada 20 siswa SMA Negeri 1 Krembung-Sidoarjo. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi LKS, lembar aktivitas siswa, lembar ketuntasan hasil belajar,dan angket respons siswa. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas LKS berorientasi lingkungan sekitar pada materi ekosistem berdasarkan kelayakan penyajian, isi, lingkungan sekitar, keterampilan yang dilatihkan dan bahasa secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 95,76%; keterlaksanaan aktivitas siswa mendapatkan masing-masing sebesar 96,67% dan 97,08% dengan interpretasi sangat aktif, ketuntasan hasil belajar sebesar 83,5% dan respons siswa berdasarkan keterbacaan, isi, dan tampilan secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 92% dengan interprestasi sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa LKS berorientasi lingkungan sekitar untuk melatihkan keterampilan proses dasar pada materi ekosistem kelas X SMA. Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Berorientasi Lingkungan, Keterampilan Proses, Materi Ekosistem.
PENGEMBANGAN LKS DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS DI SMA (MATERI SISTEM KOORDINASI) MAWADDAH, MINSYAATUL
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS dengan strategi ARCS yang layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi sistem koordinasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (four D) tanpa disseminate. LKS diuji coba kepada 30 siswa SMA menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian, kelayakan LKS ditinjau dari segi validitas, mendapatkan kategori sangat valid (3.33-4). Hasil belajar siswa 100% meningkat, dengan rata-rata N-gain 0.53. Respon positif siswa sangat baik (94.87%). Simpulan penelitian, LKS dengan strategi ARCS yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran biologi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: penelitian pengembangan, LKS, ARCS, sistem koordinasi
VALIDITAS MEDIA BIOPLASTIK LUMUT DAN LKS PRAKTIKUM BERDASARKAN TEORI MAGHFIRATUL K, NADIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media bioplastik lumut dan LKS praktikum serta mendeskripsikan validitas media dan LKS berdasarkan teori. Pengembangan media bioplastik lumut dan LKS praktikum dilakukan dengan menggunakan model ASSURE. Kegiatan pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya pada Agustus 2014 sampai April 2015. Hasil validasi menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian terhadap penggunaan media, tampilan media, kualitas media dan fungsi, media bioplastik lumut dinyatakan sangat layak (persentase kelayakan 97,22%). Selain itu, berdasarkan hasil validasi terhadap aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan karakteristik pembelajaran dengan pendekatan saintifik, LKS praktikum tumbuhan lumut yang dikembangkan juga dinyatakan sangat layak (persentase sebesar 97,78%). Kata kunci : media bioplastik lumut, lembar kegiatan siswa praktikum, biologi kelas X
ANALISIS KESESUAIAN RPP MATERI FUNGI DI SMA KABUPATEN GRESIK DENGAN KURIKULUM 2013 INDAH WATI, RUNI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 4 No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian kelengkapan komponen dan isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sasaran penelitian yaitu RPP materi fungi yang digunakan di SMA Kabupaten Gresik. Sumber data primer berupa RPP materi fungi dan data sekunder berupa respon pada angket guru. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase kelengkapan komponen RPP sebesar 76,8% termasuk dalam kategori sesuai dengan kurikulum 2013, dan persentase kesesuaian isi RPP sebesar 72,3% termasuk dalam kategori sesuai. Kata kunci : analisis kesesuaian RPP, materi fungi, kurikulum 2013.

Page 1 of 3 | Total Record : 25