cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2017)" : 22 Documents clear
VALIDITAS DAN EFEKTIVITAS LKS BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA MATERI SISTEM IMUN JAYANTI, PUJI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran aktif berpusat pada siswa. Berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu guru biologi, menunjukkan bahwa pembelajaran materi sistem imun yang dilakukan masih belum sepenuhnya berpusat pada siswa. Salah satu metode pembelajaran yang menunjang pelaksanaan pembelajaran aktif berpusat pada siswa yaitu metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis pembelajaran aktif dengan metode bermain peran yang layak berdasarkan aspek validitas dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun pada penelitian ini tahap penyebaran (Disseminate) tidak dilaksanakan. Uji coba LKS secara terbatas dilaksanakan di salah satu MAN di Jombang pada bulan Juli 2016. Sampel siswa yang digunakan ditentukan dengan purposive sampling dengan 20 siswa kelas XI MIPA yang secara bergantian menjadi pemain dan penonton. Hasil penelitian ini yaitu LKS yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 3,97 dan efektif dengan ketuntasan nilai posttest dan indikator pembelajaran lebih dari 77 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan layak berdasarkan aspek validitas dan efektivitasnya.
KEEFEKTIFAN LKS MATERI DAUR BIOGEOKIMIA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA KELAS X SMA DIWALUTHFI, HAFIZ
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa materi daur biogeokimia yang digunakan di sekolah-sekolah pada umumnya masih berisi ringkasan materi dan pertanyaan-pertanyaan kognitif saja. Pada kenyataannya, proses pembelajaran Kurikulum 2013 diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kurikulum 2013 dalam proses pembelajarannya dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Berdasarkan hal tersebut, dibuat suatu penelitian yaitu penerapan Lembar Kegiatan Siswa berbasis pendekatan ilmiah yang telah dikembangkan oleh Cahyono pada tahun 2014 sebagai upaya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Penelitian ini menerapkan LKS materi daur biogeokimia berbasis pendekatan ilmiah, untuk kemudian ditinjau keefektifannya terhadap kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS materi daur biogeokimia berbasis pendekatan ilmiah terhadap kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian siswa kelas X MAN 2 Gresik terdiri dari 60 siswa. Parameter yang diukur dalam penelitian ini antara lain keterlaksanaan pembelajaran, penguasaan konsep siswa, kemampuan berpikir siswa, dan respon siswa. Data hasil penelitian dianalisis sesuai dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir siswa mencapai tingkatan kemampuan berpikir relasional dan extended abstract sebesar 90%, . Kata Kunci: Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa, pendekatan ilmiah, kemampuan berpikir, materi daur biogeokimia
KEPRAKTISAN DAN EFEKTIVITAS LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI AVITA SARI, NUR
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum 2013 mempunyai harapan yang menuju pada terwujudnya literasi sains. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatihkan literasi sains yaitu model pembelajaran inkuiri. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk menguji kepraktisan dan keefektivan LKS berbasis inkuiri untuk melatihkan literasi sains pada materi sistem pernapasan. Metode penelitian ini yaitu mengujicobakan secara terbatas LKS yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh validator dengan kategori sangat valid pada 16 siswa kelas XII SMAN 1 Menganti, Gresik. Desain penelitian yang digunakan yakni one group pretest-posttest desain. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dinyatakan praktis berdasarkan aktivitas siswa sebesar 91,16%. LKS dinyatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan sikap siswa memperoleh rata-rata skor 3,74 dengan kategori sangat efektif, skor rata-rata posttest 86 dan skor rata-rata analisis peningkatan literasi sains siswa yaitu sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan praktis dan efektif. Kata Kunci: pengembangan LKS, inkuiri, literasi sains, sistem pernapasan.
PENGEMBANGAN LKS PENGAMATAN DAN MEDIA PREPARAT BAKTERI UNTUK SISWA KELAS X SMA PADA MATERI EUBACTERIA RUWAIDA, ULYA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu materi biologi yang dapat disampaikan dengan baik melalui kegiatan pengamatan adalah materi Eubacteria. Kegiatan pengamatan spesimen bakteri pada LKS dapat ditunjang dengan adanya media preparat bakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS pengamatan dan media preparat bakteri, mendeskripsikan validitas LKS dan media berdasarkan hasil validasi ahli, mendeskripsikan efektifitas LKS dan media berdasarkan ketuntasan indikator dan respons siswa, serta mendeskripsikan kepraktisan LKS dan media berdasarkan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Research & Development. Bakteri yang digunakan dalam penelitian ini adalah bakteri asam laktat dari dua larutan fermentasi yang berbeda serta bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Uji coba terbatas dilaksanakan di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo pada bulan Agustus 2016. Hasil validasi LKS dan media memperoleh kelayakan sebesar 94,78% dan 95,24% dengan interpretasi sangat layak. LKS dan media preparat bakteri dinyatakan sangat efektif ditinjau dari ketuntasan hasil belajar sebesar 93,33%, respons siswa sebesar 98,34% dan 98,96%. LKS pengamatan dan media preparat dinyatakan sangat praktis ditinjau dari aktivitas siswa sebesar 98,54%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS materi Eubacteria dan media preparat bakteri layak dari segi validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Media Preparat Bakteri, Validitas, Kepraktisan, dan Keefektifan
VALIDITAS KARTU BIO QUARTET BERORIENTASI JOYFUL LEARNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PEMANTAPAN MATERI EUBACTERIA DI KELAS X SMA PRATIWI, DIANA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Eubacteria merupakan salah satu materi yang memiliki cakupan luas, karena materi ini dapat terbagi menjadi beberapa kategori. Hal ini menyulitkan siswa untuk memahami materi ini secara menyeluruh, sehingga diperlukan sumber belajar yang dapat digunakan untuk memantapkan pemahaman siswa melalui kegiatan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas kartu Bio Quartet berorientasi joyful learning yang telah yang dihasilkan berdasarkan validasi dari para ahli. Penelitian ini dilakukan dengan metode validasi untuk mengetahui tingkat validasi kartu. Penelitian dilaksanakan di jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya, pada bulan Februari - Oktober 2016. Tingkat validitas kartu dinilai oleh seorang ahli pendidikan, materi, dan guru biologi di SMA. Tingkat validitas kartu yang diperoleh yaitu, 96,88%, sehingga kartu dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk pemantapan materi Eubacteria di kelas X SMA. Kata Kunci: Validitas, kartu kuartet, joyful learning, Eubacteria
THE FEASIBILITY OF LEARNING CYCLE 5E STUDENT WORKSHEETS ON ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL USING KENJERAN COASTAL LEARNING RESOURCE FOR TRAINING STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS-BASED ON VALIDITY AND EFFECTIVENESS RACHMANIAH HAYUNINGTYAS, ANISA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KELAYAKAN DAN KEPRAKTISAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN ANGGREK (Orchidaceae) BERBASIS PINNACLE UNTUK SMA AMANDA SARI, DELLA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi bioteknologi khususnya Kultur jaringan biasannya memerlukan persiapan, alat yang canggih serta biaya yang mahal dalam pelaksanaannya, sehingga perlu media pembelajaran yang dapat merangkum pengetahuan mengenai kultur Jaringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan dan kepraktisan media video pembelajaran kultur jaringan anggrek (Orchidaceae). Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah model pengembangan ASSURE (Analyse Learner, State Objective, Select Method, Media, and Mateial, Utilize Materials, Require Learner Participant, and Evaluate and Revise), data analisis secara deskiptif kualitatif. Hasil penelitian ini dari segi kevalidan menunjukkan bahwa media video pembelajaran kultur jaringan anggrek memperoleh persentase sebesar 97% sangat valid, dari segi kepraktisan memperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran kultur jaringan anggrek pada materi bioteknologi valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media video pembelajaran, kultur jaringan anggrek
KEEFEKTIFAN LKS BERORIENTASI GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BERBAGAI TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI FITRIA DAMAYANTI, FRANSISKA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan LKS berorientasi Group Investigation pada materi berbagai tingkat keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA yang efektif berdasarkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa dan respons siswa. Kelebihan dari model pembelajaran Group Investigation diantaranya memberi kebebasan kepada pebelajar untuk berpikir secara kritis, analitis, reflaktif, dan produktif dengan saling bekerjasama dalam kelompok. Materi keanekaragaman hayati mempelajari konsep keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem, serta keanekaragaman flora dan fauna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminite) namun tanpa tahap Desseminite. Pengembangan LKS dilakukan di jurusan di jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya dan uji coba LKS dilakukan pada 20 siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan rancangan one group pretest and posttest design. Data berupa hasil belajar dan respons siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan ketuntasan hasil ketuntasan belajar kognitif siswa, LKS dinyatakan sangat praktis dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 90%. Lembar Kegiatan Siswa juga dinyatakan sangat praktis ditinjau dari respons siswa dengan persentase 99,5% siswa memberikan respons positif terhadap LKS. Dengan demikian, LKS yang dikembagkan sangat efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: LKS, Group Investigation, Materi Keanekaragaman hayati
VALIDITAS DAN EFEKTIVITAS LKS BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS X SUSIANI,
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis literasi sains pada materi tumbuhan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D, yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Namun dalam penelitian ini tahap Dessiminate tidak dilakukan.Kegiatan pengembangan LKS berbasis literasi sains dilaksanakan di kampus Jurusan Biologi FMIPA- Unesapada bulan November s/d Mei 2016.Kegiatan uji coba dilakukan secara terbatas kepada 16 siswa kelas X MAN Kebosari. LKS yang valid ditinjau berdasarkan hasil validasi yang memperoleh nilai sebesar 3,85 dengan kategori sangat valid. LKS yang praktis ditinjau dari keterlaksanaan LKS yang memperoleh nilai sebesar 94,06% dengan kategori sangat praktis. LKS yang efektif ditinjau dari hasil belajar dan respons siswa. Hasil belajar siswa pada aspek sikap memperoleh nilai sebesar 3,7 (sangat efektif), aspek pengetahuan memperoleh persentase ketuntasan 93,75% (sangat efektif) dan aspek ketrampilan memperoleh nilai sebesar 3,75 (sangat baik) serta hasil respon siswa menunjukkan bahwa LKS memperoleh respon positif sebesar 98,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan masuk dalam kategori valid, praktis, dan sangat efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: validitas, efektivitas, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), literasi sains, materi tumbuhan
VALIDITAS MEDIA VIDEO TERINTEGRASI MNEMONIC RHYMES AND SONGS PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP RETENSI SISWA KELAS XI SMA CHOIRUN NISAK, UMI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas media video terintegrasi mnemonic rhymes and songs dan mengetahui pengaruhnya terhadap retensi siswa kelas XI SMA pada materi sistem gerak manusia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D Models) yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Media yang dihasilkan divalidasi dan diujicoba terbatas. Retensi siswa dianalisis menggunakan Uji-t. Sasaran penelitian ini adalah media video terintegrasi mnemonic rhymes and songs pada materi sistem gerak manusia yang diujicoba terbatas pada 15 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas pembanding. Hasil validasi media video menunjukkan bahwa media video sangat valid dengan persentase sebesar 98,33%. Berdasarkan hasil uji tes retensi, persentase siswa yang berhasil mengingat materi pada kelas eksperimen sebesar 47% dan kelas pembanding sebesar 27%. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara daya ingat siswa yang diajar menggunakan media video terintegrasi mnemonic rhymes and songs dengan yang diajar menggunakan media slide power point. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media video terintegrasi mnemonic rhymes and songs pada materi sistem gerak manusia kelas XI SMA sangat valid dan berpengaruh terhadap retensi siswa. Kata Kunci: media video, mnemonic rhymes and songs, retensi, materi sistem gerak manusia

Page 1 of 3 | Total Record : 22