cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PAUD Teratai
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017" : 8 Documents clear
STUDI KASUS PENGGUNAAN PERMAINAN LOMPAT TALI SEBAGAI STIMULASI MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK HANGTUAH 3 SURABAYA DEVITA EKA SETYANINGSIH, MARIA
PAUD Teratai Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lompat tali. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dengan subyek penelitian anak kelompok B di TK Hang Tuah 3 Surabaya yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama penelitian terlihat bahwa permainan lompat tali dapat meningkatkan motorik kasar anak kelompok B di TK Hang Tuah 3 Surabaya. Sepuluh orang anak (memperoleh 50%) nilai 4 (sangat baik) dan sisanya memperoleh nilai 3 dalam hal melompat dengan satu kaki. Padahal, melompat dengan dua kaki sejumlah 12 anak (memperoleh 60%) memperoleh nilai 4 (sangat baik) dan sisanya cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan melompat anak di Hang Tuah 3 Surabaya terstimulasi dengan baik melalui kegiatan lompat tali. Kata Kunci : Permainan Lompat Tali, Motorik Kasar Anak   Abstract  This study aims to describe how the gross motor skills of children through play jump rope. This study uses qualitative research. The technique of collecting data through observation, interviews, documentation with research subjects in kindergarten children in group B 3 Hang Tuah Surabaya of 20 people. Based on the research and analysis of data during the research shows that the jump rope game can improve gross motor skills in kindergarten children in group B 3 Hang Tuah Surabaya. Ten children (50% gain) value of 4 (very good) and the rest scored 3 in the case of hopping on one foot. Whereas jump with two feet of a total of 12 children (60% gain) obtained a value of 4 (very good) and the rest is pretty good. This suggests that the ability of a child jumping in Hang Tuah 3 Surabaya stimulated with either through jumping rope. Keywords: Games Jump Rope, Rough Motoric Children
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KORAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B SHOLICHAH, MACHMUDATUS
PAUD Teratai Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media wayang koran dalam pembelajaran keterampilan bercerita anak kelompok B di TK Hidayatullah Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 dan B2 TK Hidayatullah Surabaya dengan jumlah masing-masing 18 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus Mann Whitney U-Test. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan analisis data tentang keterampilan bercerita sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media wayang koran diperoleh hasil perbedaan pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% (0,05)= 88, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wayang koran dalam pembelajaran keterampilan bercerita anak kelompok B di TK Hidayatullah Surabaya sangat efektif. Kata Kunci: media wayang koran, pembelajaran keterampilan bercerita   Abstract This quantitative research the purpose of this study is to determine the effectiveness of the use of media paper puppet in the storytelling skills of the children learning children in group B TK Hidayatullah Surabaya Subjects in this study were children in group B1 and B2 TK TK Hidayatullah Surabaya with the amount of each 18 children. Data collection techniques in this study using observation and tests. This research data analysis techniques using non-parametric statistics Mann Whitney U-Test. Based on the results of study, it shows differences in the data analysis of the storytelling skills of the children before and after being treated using newspaper puppets media, the difference results obtained pre-test and post-test. The result showed that the T-count = 0 is smaller than the T-table with a significant level of 5% (0.05) = 88 so that Ha is accepted and H0 is rejected. It can be concluded that the use of newspaper puppets media is in group B TK Hidayatullah Surabaya. Keywords: Puppets newspaper media, storytelling skill
PENGARUH MEDIA KOKORU TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK KHADIJAH II SURABAYA Dwi Sritanti, Santi
PAUD Teratai Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian Quasi Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kokoru terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Khadijah II Surabaya. Populasi penelitian adalah anak kelompok B di TK Khadijah II Surabaya dengan sampel 20 anak kelompok  B1 dan 20 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Mann Whitney U test dengan rumus Uhitung<Utabel (α=0,05). Dari hasil pengolahan data maka diperoleh  U Hitung=22 dan Utabel 114, maka 22<114. Jika harga Uhitung lebih kecil daripada Utabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa media kokoru berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Khadijah II Surabaya. Kata kunci : Kemampuan Motorik Halus, Media Kokoru     Abstract The purpose in This Quasi Experimental Design design research to prove whether kokoru media has an effect on the fine motor skills of group B children in TK Khadijah II Surabaya. The study population  were children B group of TK Khadijah II Surabaya with sample of 20 children in group B1 and 20 children  in group B2. Technique of collecting data using observation and documentation methods. Test data analysis using Mann Whitney U test with the formula Ucount<Utable (α=0,05). From the data processing then obtained Ucount =22 dan Utable 114, so 22<114, if Ucount more small more than Utable it indicated that Ho is rejected and Ha accepted. Based on the above test it can be concluded that kokoru media have an effect on the fine motor skills of group B children in TK Khadijah II Surabaya.  Keywords: Fine motor skills, Kokoru Media
PENGARUH MEDIA TALI PAS (PLAY AND STUDY) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 4-5 TAHUN  DI KB-TK AL-HIKMAH KEBRAON SURABAYA Nabilla Putri, Festy
PAUD Teratai Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian pre eksperimental design ini bertujuan untuk membuktikan apakah media Tali PAS (Play and Study) berpengaruh terhadap kemampuan mengenal kosakata Bahasa Inggris anak usia 4-5 Tahun di KB-TK AL-Hikmah Kebraon Surabaya. Populasi penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan sampel berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon match pair test dibantu dengan software IBM SPSS 20. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai Z yang didapat -4,051 atau 4,051 dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,645. Nilai p value (Asymp. Sig. 2-tailed) signifikansi atau Thitung sebesar 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari batas kritis penelitian 0,05 (p<0,05), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa media Tali PAS (Play and Study) berpengaruh terhadap kemampuan mengenal kosakata Bahasa Inggris anak usia 4-5 Tahun di KB-TK Al-Hikmah Kebraon Surabaya. Kata Kunci : Media Tali PAS, kosakata Bahasa Inggris      Abstract This experimental pre design research aims to prove whether PAS (Play and Study) media has an effect on the ability to recognize the English language vocabulary of children aged 4-5 years in KB-Kindergarten Al-Hikmah Kebraon Surabaya. The study population is children aged 4-5 years with a sample of 21 children. Technique of collecting data using observation and documentation. Technique data analysis used is test wilcoxon match pair test assisted by software of SPSS 20. The result obtained Z value obtained -4,051 or 4,051 with 5% significant level that is 1,645. The value of p value (Asymp Sig. 2-tailed) is significant or Thitung of 0,000 where the value is less than the critical limit of the study 0.05 (p <0.05), it indicates that Ho is rejected and Ha accepted. Based on the above test, it can be concluded that Tali PAS (Play and Study) media have an effect on the ability to recognize the English language vocabulary of 4-5 years old children in KB-TK Al-Hikmah Kebraon Surabaya. Keywords: Media Tali PAS, English vocabulary
PENGARUH BERMAIN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SABILUL HIKMAH SURABAYA Milla, Durrotul
PAUD Teratai Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian Quasi Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain lego terhadap kemampuan mengenal warna anak kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya. Populasi penelitian adalah anak kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya dengan sampel 20 anak kelompok A1 dan 20 anak kelompok A2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Mann Whitney U-Test ( Uji U) dengan rumus Uhitung < Utabel (α=0,05). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Uhitung=34 dan Utabel=114, maka 34<114. Jika harga Uhitung lebih kecil daripada Utabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bermain lego berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya. Kata Kunci: Lego,Kemampuan mengenal warna   Abstract Quasi Experimental Design this study aims to determine the effect of playing lego on the ability to recognize the color of the group A children in Kindergarten Sabilul Hikmah Surabaya. The study population was A group of children in Kindergarten Sabilul Hikmah Surabaya with samples of 20 A1 group children and 20 A2 group children. Data collection techniques used observation and documentation methods. Technique of analyzing this research data using Mann Whitney U-Test (U Test) with formula Ucount <Utable (α = 0,05). Based on the results of data processing obtained Ucount = 34 and Utable = 114, then 34 <114. If the price Ucount smaller than Utable, then Ho is rejected and Ha accepted. So, it can be concluded that playing lego effect on the ability to recognize the color of children in group A in Kindergarten Sabilul Hikmah Surabaya Keywords:. Lego, The ability to recognize color
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK PEMBINA PUTRA SURABAYA AGUSTIN, WINARNI
PAUD Teratai Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan melalui permainan memancing angka pada tahun pelajaran 2016-2017. Subyek penelitian ini adalah 15 anak kelompok B TK Pembina Putra Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari  penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 66,6% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 63,09% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada siklus I tingkat perkembangannya  memperoleh  persentase sebesar 51,09% dan siklus II meningkat menjadi 80,53%. Dari hasil penelitian tersebut maka terbukti bahwa kegiatan memancing angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.   Kata kunci        : lambang bilangan, memancing angka Abstract    This classroom action research aims to describe the increase in cognitive ability to know the epitome of numbers through fishing game figures in the academic year 2016-2017. The subjects of this study were 15 children in group B TK Pembina Putra Surabaya. Data collection technique used observation and documentation while using statistical data analysis techniques deskriptif. Result of this study in the first cycle of teacher activity shows the percentage of 66.6% and then on the second cycle increased to 85.71%. Activities of children in the first cycle increased by 63.09% to 83.33% in the second cycle. The average value of the symbol of the ability to know the numbers in the first cycle of its development level earn a percentage of 51.09% and the second cycle increased to 80.53%. From these results it is evident that the number of fishing activity can improve the cognitive abilities of children.   Keywords: emblem numbers, fishing numbers
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU 16MIFTAHUL ULUM GRESIK Hikmah, Khoirotul
PAUD Teratai Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian  Pre-Eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK Muslimat NU 16 Miftahul Ulum Gresik. Sampel dalam  penelitian ini adalah anak kelompok A TK Muslimat NU 16 Miftahul Ulum Gresik dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data mengnakan opservasi dan  tes. Teknik analisis data menggunakan statistik non  parametrik uji jenjang Wilcoxon (wilcoxon match pairs test). Hasil perhitungan data menunjukkan ada perbedaan pretest dan posttest yang semula 136 menjadi 192. Perhitungan uji jenjang bertanda Wilcoxon bahwa nilai Thitung < Ttabel (0<25) maka Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<25) dan Ho ditolak karena Thitung > Ttabel (0<25), maka pengambilan keputusan yaitu Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<25) dan Ho ditolak karena Thitung>Ttabel (0>25). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri. Kata kunci : Model Pembelajaran Ekspositori, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri     Abstract Pre-Experimental Research aims to determine the influence of Expository model of learning on the ability to recognize geometric shapes in children group A TK Muslimat NU 16 Miftahul Ulum Gresik. The sample in this research is children of group A TK Muslimat NU 16 Miftahul Ulum Gresik with number of 15 children. Technique of collecting data using observation and test. Data analysis techniques use non-parametric statistics Wilcoxon level test (wilcoxon match pairs test). The result of the data calculation shows that there is a difference of pretest and posttest which is 136 to 192. Calculation of Wilcoxon marked level test that the value of Thitung <Ttabel (0 <25) Ha is accepted because T hitung <T table (0 <25) and Ho is rejected because T hitung> T tabel ( 0 <25), then the decision of Ha is accepted because Thitung <Ttabel (0 <25) and Ho is rejected because T hitung> T table (0> 25). Based on the results of the study can be concluded that there is a significant effect after being given treatment in the form of application of expository learning model on the ability to recognize geometric shape Keywords:  Expository Learning Model, To Recognize the Ability of Geometric Shapes
PENGARUH MODEL PEBELAARA INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK A ATHIYAH ALI HIKMAH, DESY
PAUD Teratai Vol 6, No 2 (2017): Vol 6 No 2 Edisi Yudisum Mei 2017
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian Quasi Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Muslimat Al-Husna Cukir Diwek Jombang. Subyek penelitian berjumlah 15 anak untuk kelompok eksperimen (A2) dan 15 anak untuk kelompok kontrol (A4). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test dengan menggunakan bantuan SPSS 20 dengan rumus Uhitung < Utabel dan dilihat dari Asymp Sig 2-tailed < α(0,05).Berdasarkan pengolahan data diperoleh Uhitung (24,5) < Utabel (64) dan Asymp Sig 2-tailed (0,000) < α(0,05), maka H0 ditolah dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulksn bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Muslimat Al-Husna Cukir Diwek Jombang. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan mengenal bentuk geometri. Abstract The purpose in this Quasi Eksperimental Design design research to determine the influence of guided inquiry learning model on the ability to recognize the geometry of A group children in Kindergarten Muslimat Al-Husna Cukir Diwek Jombang. The subjects were 15 children for the experimental group (A2) and 15 children for the control group (A4). Data collection techniques use observation, tests and documentation. The data analysis technique used Mann Whitney U-Test test using SPSS 20 with the formula Uhitung <Utabel and seen from Asymp Sig 2-tailed <α (0,05). Based on data processing, Uhitung (24,5) <Utabel (64 ) And Asymp Sig 2-tailed (0,000) <α (0.05), then H0 is processed and Ha is received. Thus it can be concluded that guided inquiry learning has a significant effect on the ability to recognize the geometry of A group children in Kindergarten Muslimat Al-Husna Cukir Diwek Jombang. Keywords: The guided inquiry learning model, the ability to recognize geometric shapes

Page 1 of 1 | Total Record : 8