cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PAUD Teratai
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2018)" : 37 Documents clear
PENGEMBANGAN PERMAINAN ENGKLEK DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK USIA DINI AYU PRAMITASARI, DIAN; AGUSTIN NINGRUM, MALLEVI
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan seks bagi anak usia dini sangatlah penting, ini dikarenakan melalui pendidikan seks anak dapat bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Bentuk tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dengan mengetahui anggota tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain seperti mulut, dada, jenis kelamin dan pantat. Akan tetapi diperlukan cara khusus untuk memberikan pendidikan seks bagi anak usia dini yaitu dengan permainan, ini dikarenakan melalui permainan diharapkan anak akan lebih mudah menerima pendidikan seks sesuai dengan usianya. Permainan engklek salah satu permainan yang dapat dikembangkan menjadi permainan yang layak dan efektif dalam memberikan pendidikan seks bagi anak usia dini. Reseach and Development dari Borg dan Gall digunakan sebagai motede penelitian dengan 9 tahapan penelitian yang harus dilewati. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan diuji normalitas dengan uji liliefors,diperoleh data berdistribusi tidak normal, sehingga data dilanjutkan uji wilcoxon. Hasil yang diperoleh dari uji wilcoxon di TK Dharma Wanita Putra Harapan Thitung= 0 dan Ttabel= 4, TK Bhakti Pertiwi Thitung= 0 dan Ttabel= 11, TK Dharma Wanita Sumberarum Thitung = 0 dan Ttabel= 4, TK Tunas Rimba II Thitung= 0 dan Ttabel= 14 dan TK Tunas Harapan II Thitung = 0 dan Ttabel.= 8. Dari hasil pengambilan keputusan Thitung < Ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan engklek layak dan efektif dalam memberikan pendidikan seks bagi anak usia dini. Kata kunci: Permainan engklek, pendidikan seks dan anak usia dini
PENGARUH KEGIATAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK HIDAYATULLAH LIDAH KULON SURABAYA AULADYA ULFA, FIRDA; , MASUDAH
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kuantitatif pre-experimental design dengan menggunakan desain penelitian berupa one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian adalah anak kelompok A di TK Hidayatullah Lidah Kulon Surabaya dengan jumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametik uji jenjang bertanda Wilcoxon Match Pair Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung ? Ttabel (0?35) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan kolase dengan menggunakan bahan alam terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Hidayatullah Lidah Kulon Surabaya. Kata Kunci: Kolase Bahan Alam, Motorik Halus
PENGARUH KEGIATAN MERONCE DENGAN MEDIA SEDOTAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOLK A DI KB/TK ISLAM DARUL FATAH SURABAYA QORIAH, MARIA; SETYOWATI, SRI
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Quasi Eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan meronce dengan media sedotan terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di KB/TK Islam Darul Fatah Surabaya. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di KB/TK Islam Darul Fatah Surabaya berjumlah 40 anak yang dibagi menjadi 20 kelas eksperimen dan 20 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis anailisis data menggunakan Uji SPSS hasilnya kelas eksperimen Asymp. Sig. (2-tailed) .001 berarti < 0,05 yakni .001< 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan meronce dengan media sedotan terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di KB/TK Islam Darul Fatah Surabaya. Kata Kunci : mototrik halus, meronce sedotan
PENGARUH KEGIATAN MELUKIS BERMEDIA CHALK PASTEL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK RADEN PATAH SURABAYA ARISSA PUTRI, FEBRI; , MASUDAH
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pendekatan penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh kegiatan melukis bermedia chalk pastel terhadap motorik halus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi dengan sampel 40 anak dibagi menjadi dua kelas yakni kelas eksperimen A2 dan kelas kontrol A1 dengan item penilaian cara memegang, mengkoordinasi antara mata dan tangan serta bentuk pola yang dihasilkan dalam kegiatan melukis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan melukis bermedia chalk pastel dengan Teknik analisis data menggunakan uji validasi, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan hipotesis (T-test) dan bantuan SPSS versi 25. Hasil perhitungan uji t-test Sg. (2-tailed) diperoleh hasil 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau terdapat perbedaan yang bermakna antara hasil belajar kelas eksperimen A2 dengan kelas kontrol A1artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan melukis bermedia chalk pastel terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Raden Patah Surabaya. x Kata Kunci : Motorik halus, Melukis, Chalk Pastel
PENGARUH SENI KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 SURABAYA KHOLIDAH ZAHWA, ALFY; REZA, MUHAMMAD
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh seni kolase terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data pengujian hipotesis penelitian menggunakan program SPSS 25 dengan teknik Independent Samples Test (Uji T). Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test Sg. (2-tailed) diperoleh hasil 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak artinya terdapat pengaruh seni kolase terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Surabaya. Kata Kunci: Seni kolase, motorik halus
PENGARUH PERMAINAN MAZE MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI II KALIANYAR NGRONGGOT NGANJUK DWI CHARUNIA, ANINGRUM; SETYOWATI, SRI
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakAnak usia dini merupakan masa keemasan (the golden age), namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia. Tujuan dari penelitian ini yakni melihat pengaruh permainan maze modifikasi terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada anak kelompok A TK Pertiwi II Kalianyar Ngronggot Nganjuk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni perkembangan kemampuan bahasa. Bahasa sebagai aspek penting dalam setiap kehidupan manusia. Selain itu teori mengenal huruf vokal dan teori bermain dengan belajar juga digunakan untuk penelitian ini. Sedangkan metode penelitian ini yakni dengan metode kuantitatif dengan Uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini yakni bahwa ada pengaruh antara permainan maze modifikasi terhadap kemampuan mengenal huruf vokal. Dalam hal ini hipotesisnya diterima. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil daripada Ttabel dengan taraf signifikansi 95% jumlah N24=81 dilihat dari tabel harga kritis yang menunjukkan bahwa Thitung< Ttabel (0<81). Dalam penelitian ini taraf kesalahan sebesar 5% dan keberhasilannya 95%. Kata Kunci :Permainan maze modifikasi, Huruf vokal Abstract Early childhood is a golden age, but at the same time a very critical period in the stage of human development. The purpose of this study is to see the effect of modification maze game on the ability to recognize vowels in the group A TK Pertiwi II Kalianyar Ngronggot Nganjuk. The theory used in this study is the development of language skills. Language is an important aspect in every human life. In addition, the theory of recognizing vowels and playing theory with learning is also used for this study. While the method of this research is quantitative method with Wilcoxon Test. The result of this study is that there is an influence between the maze modification game on the ability to recognize vowels. In this case the hypothesis is accepted. The Wilcoxon test results show that Tcount = 0 is smaller than Ttable with a significance level of 95%, the number of N24 = 81 is seen from the critical price table which shows that T count <T table (0 <81). In this study the error rate was 5% and the success was 95%.Keywords : Modification maze game, recognize vowels
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 25 SIDOARJO asgani putri, galuh; KHOTIMAH, NURUL
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Sidoarjo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest. Sampel penelitian yang digunakan anak kelompok B1 yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data menggunakan tabel penolong wilcoxon macth pairs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung<Ttabel yaitu 0<89, dengan demikian hipotesis nol ditolak (H0) dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Sidoarjo.
IMPLEMENTASI TOILET TRAINING PADA ANAK KELOMPOK A DI TK-IT AT-TAQWA SURABAYA FANI TRIANA, WIDYA; REZA, MUHAMMAD
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan toilet training disekolah sangat penting bagi anak usia dini agar anak dapat melakukan proses buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di sekolah secara benar dan mandiri. Toilet training merupakan hal yang sangat rumit bagi anak, maka dari itu perlu motivasi dan dorongan yang tinggi dari guru. Dalam mengajarkan toilet training dibutuhkan metode atau cara yang tepat sehingga mudah dimengerti oleh anak. Penggunaan metode yang tepat akan mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengajarkan konsep toilet training pada anak. Kebiasaan baik dalam melakukan BAK maupun BAB yang dilakukan sejak dini akan dibawa sampai dewasa. Buruknya perilaku orangtua maupun guru dalam menerapkan toilet training terhadap anak tentu akan mempunyai dampak buruk baik secara jasmani maupun rohani. Sebaliknya apabila orangtua dan guru selalu mengajarkan proses toilet training dengan benar maka anak akan berhasil dalam masa pengajaran toilet training. Ini dibuktikan dari hasil penelitian di TK-IT At-Taqwa Surabaya menunjukan bahwa pelaksanaan program toilet training TK-IT At-Taqwa Surabaya sangat optimal dan tidak asal-asalan. Hal ini dapat dilihat dari pedoman toilet training yang digunakan, proses pengajaran toilet training, fasilitas yang digunakan, serta dengan adanya guru thaharah. Pelaksanaan program toilet training di TK-IT At-Taqwa sangat optimal sehingga menghasilkan anak kelompok A atau subyek penelitian memiliki kemampuan toilet training sangat baik. Dari kemampuan toilet training anak kelompok A yang sangat baik mampu membuat anak memiliki motivasi kemandirian yang tinggi. Kata Kunci: Toilet training , Kelompok A
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MELIPAT TEMATIK PADA PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK PGRI 3 TUMPANG, KABUPATEN MALANG CATUR FEBRIANI, RAHMA; RINAKIT ADHE, KARTIKA
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk buku panduan melipat tematik untuk anak kelompok A di TK PGRI 3 Tumpang, Kab. Malang yang layak dan efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate). Model ini terdiri dari lima langkah yaitu : 1) Analisis, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan, 4) Pelaksanaan, 5) Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah kelompok A di TK PGRI 3 Tumpang, Kab. Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara testruktur, dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) buku panduan melipat tematik yang dikembangkan terbukti valid dilihat dari aspek materi maupun media. 2) hasil uji coba yang dilakukan secara perseorangan, kelompok kecil, dan kelompok pemakaian menunjukkan bahwa buku panduan melipat tematik dalam hasil yang sangat baik. Berdasarkan kedua analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa buku panduan melipat tematik yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan melipat untuk pembelajaran motorik halus anak kelompok A. Analisis hasil perhitungan lembar observasi pretest sebanyak 59,6% sedangkan post test memperoleh hasil persentase sebanyak 90,9% dikategorikan sangat efektif dalam pengembangan kemampuan motorik anak dengan menggunakan buku panduan melipat tematik. Berdasarkan hasil perhitungan post test 90,9% > dari pretest 59,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan melipat tematik efektif digunakan dalam pembelajaran motorik halus pada kegiatan melipat. Kata kunci : Pengembangan buku panduan melipat tematik, Motorik Halus Abstract This research had purpose to produce a proper and effective product of manual book of thematic folding for group A children in TK PGRI 3 Tumpang, Malang regency to develop the children?s fine motoric ability. The developing method used was ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implement, And Evaluate). This model consisted of five steps i.e. 1) analysis, 2) planning, 3) developing, 4) implementation, 5) evaluation.This research subject was group A children in TK PGRI 3 Tumpang, Malang regency. The data collection method used was questionnaire and observation. The result of data analysis indicated that 1) the manual book of tematic folding developed was validly proven from either material aspect or media aspect, 2) the result of trial test, which was done individually, in small group, and applying group, indicated that the manual book of thematic folding was in very good result. Based on both analysises it could be concluded that the manual book of thematic folding developed was proper to be used in folding activity for fine motoric learning of group A children. For the data analysis of the children?s ability test result, fine motoric learning to folding activity using the manual book of thematic folding was compared by not using the manual book of thematic folding and the difference was very significant toward the children?s ability in understanding the folding shape steps. This could be proven by obtaining the result analysis of the pre test percentage 59.6% with less effective category in developing the children?s fine motoric ability without using the manual book of thematic folding while post test obtained the percentage result 90.9% was categorized very effective in developing the children?s motoric ability with using the manual book of thematic folding. Based on the counting result of post test 90.9% was greater than pre test 59.6% so it could be concluded that the manual book of thematic folding was effective to be used in fine motoric learning to folding activity. Keywords: Developing the manual book of thematic folding, fine motoric.
DAMPAK BERMAIN SMARTPHONE PADA INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN ROSA MIRANANDA, VENTIN; AGUSTIN NINGRUM, MALLEVI
PAUD Teratai Vol 7, No 3 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan zaman yang terjadi tidak hanya secara fisik tetapi juga pada teknologi. Smartphone benda ajaib yang berisi aneka aplikasi dan program ini telah menjadi sahabat yang dekat bagi anak. Penggunaan smartphone tidak hanya sebagai media komunikasi antara orang tua dan anak, tetapi lebih kepada penyedia media untuk bermain games. selain itu, dalam sehari anak tersebut dapat memainkan smartphone lebih dari sekali. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak bermain smartphone pada interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi terus terang atau tersamar, wawancara pada orang tua dan guru, dokumentasi yaitu foto dan video. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil dari penelitian ini adalah interaksi sosial anak yang tidak dapat berinteraksi dengan baik, dalam kegiatan sehari-hari anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain smartphone dari pada bermain dengan teman, sebaiknya anak usia 5 tahun tidak menggunakan smartphone lebih dari dua jam dalam sehari. Dalam penelitian ini anak menggunakan smartphone lebih dari dua jam dan dalam sehari anak dapat bermain dua hingga tiga jam dalam sekali bermain smartphone, hal ini berdampak negatif pada interaksi sosial anak. Kata kunci: Smartphone, Interaksi Sosial, Anak Usia Dini.

Page 1 of 4 | Total Record : 37