Abstrak Abstrak: Pemasaran jasa bidang pendidikan merupakan usaha yang dilakukan sekolah untuk memberikan kepuasan akan kebutuhan murid/siswa, mahasiswa dan juga masyarakat umum. Pemasaran jasa pendidikan akan memberikan pelayanan terhadap konsumen jasa pendidikan, yang dapat menciptakan hubungan timbal balik yang baik antara lembaga dan konsumen jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran sekolah terhadap keputusan siswa memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya, unsur-unsur strategi pemasaran sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat lima variabel yaitu lokasi sekolah (X1), produk sekolah (X2), harga/biaya sekolah (X3), status akreditasi sekolah (X4), dan keputusan siswa memilih sekolah menengah kejuruan negeri 1 Surabaya (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, dari penghitungan diperoleh sampel sebanyak 290 siswa. Berdasarkan hasil analisis data uji t pengaruh secara parsial diperoleh: 1) variabel lokasi sekolah memperoleh nilai signifikan 0,405 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMKN 1 Surabaya; 2) variabel produk memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMKN 1 Surabaya; 3) variabel harga memperoleh nilai signifikan 0,404 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMKN 1 Surabaya; 4) variabel status akreditasi memperoleh nilai signifikan 0,011 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMKN 1 Surabaya. Hasil dari uji F secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 42.902 > Ftabel 2,403 dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya lokasi,produk,harga, dan status akreditasi secara bersama-sama terhadap keputusan siswa memilih SMK Negeri 1 Surabaya dengan kontribusi sebesar 50,6 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : pemasaran jasa pendidikan, keputusan memilih, SMK. EFFECT OF SCHOOL MARKETING STRATEGY ON STUDENT DECISIONS CHOOSE VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN SMK NEGERI 1 SURABAYA Abstract Abstract : Marketing services in education sector are efforts that doing by schools to give satisfaction on the needs of pupils/students, and also the general public. The marketing of educational services will provide services to the costumers, which can create a good reciprocal relationship between educational institutions and costumers education services. This research aims to know the influence of school marketing strategy on the decision of students to choose Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya, the elements of school marketing strategy. This research use quantitative approach, there are five variables that are school location (X1), school product (X2), price/cost of school (X3), accreditation status of school (X4), and decision of student to choose Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya (Y). The sampling technique using proportional random sampling technique, from the calculation obtained a sample of 290 students. Based on the result of T-test data analysis partial influence is obtained: 1) school location variable get significant value 0,405 > 0,05 meaning there is no influence to decision of student choose SMKN 1 Surabaya; 2) product variable get significant value 0,000 < 0,05 meaning there is significant influence to decision of student choose SMKN 1 Surabaya; 3) price variable get significant value 0,404 > 0,05 meaning there is no influence to decision of student choose SMKN 1 Surabaya; 4) accreditation status variable get significant value 0,011 < 0,05 meaning there is significant influence to decision of student choose SMKN 1 Surabaya. The results of the F test obtained simultaneously calculated Fvalue 42 902 > Ftables 2.403 and significance value 0.000 < 0.05 therefore H0 is rejected and H1 accepted, it meaning that the location, products, prices, and accreditation status collectively influence the decision of students to choose SMK Negeri 1 Surabaya with a contribution of 50,6% and the rest is influenced by other variables. Keywords: education service marketing, decision making, SMK.