cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan" : 11 Documents clear
IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH POSITIF DI SMA NEGERI 11 SURABAYA ADHASANI, IMMELLATYN
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SURABAYA DWI CANTIKA, NATALIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Abstrak: Pemasaran jasa bidang pendidikan merupakan usaha yang dilakukan sekolah untuk memberikan kepuasan akan kebutuhan murid/siswa, mahasiswa dan juga masyarakat umum. Pemasaran jasa pendidikan akan memberikan pelayanan terhadap konsumen jasa pendidikan, yang dapat menciptakan hubungan timbal balik yang baik antara lembaga dan konsumen jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran sekolah terhadap keputusan siswa memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya, unsur-unsur strategi pemasaran sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat lima variabel yaitu lokasi sekolah (X1), produk sekolah (X2), harga/biaya sekolah (X3), status akreditasi sekolah (X4), dan keputusan siswa memilih sekolah menengah kejuruan negeri 1 Surabaya (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, dari penghitungan diperoleh sampel sebanyak 290 siswa. Berdasarkan hasil analisis data uji t pengaruh secara parsial diperoleh: 1) variabel lokasi sekolah memperoleh nilai signifikan 0,405 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMKN 1 Surabaya; 2) variabel produk memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMKN 1 Surabaya; 3) variabel harga memperoleh nilai signifikan 0,404 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMKN 1 Surabaya; 4) variabel status akreditasi memperoleh nilai signifikan 0,011 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMKN 1 Surabaya.  Hasil dari uji F secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 42.902 > Ftabel 2,403 dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya lokasi,produk,harga, dan status akreditasi secara bersama-sama terhadap keputusan siswa memilih SMK Negeri 1 Surabaya dengan kontribusi sebesar 50,6 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.   Kata kunci : pemasaran jasa pendidikan, keputusan memilih, SMK.   EFFECT OF SCHOOL MARKETING STRATEGY ON STUDENT DECISIONS CHOOSE VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN SMK NEGERI 1 SURABAYA   Abstract Abstract : Marketing services in education sector are efforts that doing by schools to give satisfaction on the needs of pupils/students, and also the general public.  The marketing of educational services will provide services to the costumers, which can create a good reciprocal relationship between educational institutions and costumers education services. This research aims to know the influence of school marketing strategy on the decision of students to choose Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya, the elements of school marketing strategy. This research use quantitative approach, there are five variables that are school location (X1), school product (X2), price/cost of school (X3), accreditation status of school (X4), and decision of student to choose Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya (Y). The sampling technique using proportional random sampling technique, from the calculation obtained a sample of 290 students. Based on the result of T-test data analysis partial influence is obtained: 1) school location variable get significant value 0,405 > 0,05 meaning there is no influence to decision of student choose SMKN 1 Surabaya; 2) product variable get significant value 0,000 < 0,05 meaning there is significant influence to decision of student choose SMKN 1 Surabaya; 3) price variable get significant value 0,404 > 0,05 meaning there is no influence to decision of student choose SMKN 1 Surabaya; 4) accreditation status variable get significant value 0,011 < 0,05 meaning there is significant influence to decision of student choose SMKN 1 Surabaya. The results of the F test obtained simultaneously calculated Fvalue 42 902 > Ftables 2.403 and significance value 0.000 < 0.05 therefore H0  is rejected and H1 accepted, it meaning that the location, products, prices, and accreditation status collectively influence the decision of students to choose SMK Negeri 1 Surabaya with a contribution of 50,6% and the rest is influenced by other variables.   Keywords: education service marketing, decision making, SMK.
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH WILAYAH SURABAYA BARAT IHSAN FUADI, MUHAMMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Abstrak: Pendidikan Kewirausahaan merupakan sebagai usaha yang dilakukan lembaga pendidikan untuk menanamkan pengetahuan, nilai, jiwa dan sikap kewirausahaan kepada peserta didik guna membekali diri menjadi manusia yang mandiri, kreatif dan inovatif. Sedangkan kreativitas suatu proses yang tercermin dalam kelancaran, kelenturan (fleksibilitas) dan orisinalitas berfikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap kreativitas peserta didik SMA Muhammadiyah Wilayah Surabaya Barat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-XI dari SMA Muhammadiyah 4 dan 9 Surabaya sebanyak 213 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini  adalah menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Uji validitas instrumen dengan product moment dari person dan uji reliabilitas intrumen dengan rumus cronbach Alpha, yang dilakukan pada 30 siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Sebelum data penelitian di analisis, dilakukan uji prasayarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji product moment. Penelitian ini menunjukan besarnya sumbangan efektif pendidikan kewirausahaan sebesar 76,4%, sedangkan sisanya 23,6% kreativitas peserta didik di SMA Muhammadiyah Wilayah Surabaya Barat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan uji T. Berdasarkan hasil analisi data uji T pengaruh secara parsial pada variabel pendidikan kewirausahaan memperoleh nilai signifikan 0,000 > 0,05 , maka artinya terdapat pengaruh terhadap kreativitas peserta didik. Nilai signifikan ini lebih kecil dari pada nilai alpha 0,5 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik.     Kata Kunci: pendidikan kewirausahaan, kreativitas peserta didik   THE EFFECT OF EDUCATION ENTREPRENEURSHIP TO CREATIVITY PARTICIPANTS IN THE SENORI HIGH SCHOOL MUHAMMADIYAH REGION WEST SURABAYA   Abstract Abstract : Entrepreneurship Education is an effort made by educational institutions to instill knowledge, values, soul and attitude of entrepreneurship for learners to equip themselves into an independent, creative and innovative human being. While the process of creativity is reflected in fluency, flexibility and originality of thinking. This study aims to determine the effect of entrepreneurship education on the creativity participants in the senior high school Muhammadiyah Region West Surabaya by using a quantitative approach with descriptive research type. The sample in this research was 213 students of X-XI class from SMA Muhammadiyah 4 and 9 Surabaya. The sampling technique in this research is using stratified random sampling technique. Data collection techniques in the form of questionnaire using Likert Scale. Instrument validity test with product moment of person and intrument reliability test with cronbach alpha formula were conducted on 30 students of class XII SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Prior to the research data in the analysis a pre-paid test analysis that includes normality test, linearity test and product moment test was also conducted. This study showed the amount of effective contribution of entrepreneurship education equal to 76,4%, while the rest 23,6 creativity of learners in SMA Muhammadiyah Area of West Surabaya was influenced by other factors. Data analysis technique used was simple regression analysis and t test. Based on the results of t-test data analysis partial influence on entrepreneurship education variables got significant value 0.000 > 0.05, then it means there was influence on the creativity of learners. This significant value is smaller than the alpha value of 0.5 thus H0 is rejected and H1 is accepted. This means that entrepreneurship education affected the creativity of learners.   Keyword: entrepreneurship education, student creativity
PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI TK IT AT-TAQWA SURABAYA Murni Wati, Indah
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Partisipasi orang tua memiliki peran yang sangat besar terhadap keberhasilan pendidikan anak usia dini (PAUD). Untuk mendapatkan hasil prestasi belajar anak yang maksimal, sekolah perlu menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis; 1) Bentuk-bentuk partisipasi orang tua; 2) Faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua; dan 3) Upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua siswa di sekolah TK IT At-taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian di TK IT At-Taqwa Surabaya menunjukkan: (1)  bentuk-bentuk partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, meliputi (a) kegiatan parenting, (b) mengambil raport setiap 2 bulan sekali, (c) mengisi buku penghubung, (d) keaktifan berkomunikasi via grup whatsapp, (e) menghadiri wisuda anak, (d) menghadiri kegiatan karya cipta anak, dan (g) kegiatan orientasi awal tahun; (2) faktor pendukung partisipasi orang tua siswa adalah kesadaran diri orang tua untuk terus aktif mendukung program-program sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar anaknya sebagai bentuk timbal balik untuk sekolah, sedangkan faktor penghambat partisipasi orang tua di sekolah adalah kendala waktu orang tua yang sibuk bekerja, dan antusias orang tua terhadap ilmu parenting kurang; 3) upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam mendukung partisipasi orang tua adalah: (a) sekolah lebih aktif dulu dengan cara sesering mungkin memberikan informasi-informasi tentang perkembangan anak, dan menjaga silaturahim dengan orang tua; (b) melakukan kunjungan home visit ke rumah siswa; dan (c) menjaga komunikasi via grup whatsapp yang dibuat sekolah untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa. Kata Kunci: Partisipasi orang tua, Prestasi belajar, Taman kanak-kanak    PARENT PARTICIPATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT IN TK IT AT-TAQWA SCHOOL SURABAYA Abstract Parent participation has a big role to the successful of early childhood education (PAUD). To get maximum result of learning achievement schools need to establish good cooperation with parents. The purpose of this study are to describe and analyze; 1) Form of parent participations; 2) Supporting and inhibiting factors; and 3) Efforts by school to improve parent participations in TK IT At-taqwa School, Surabaya. This study used a qualitative approach with descriptive methods and case study design. Interviews, observation, and documentary analysis were use as data collection technique. Data were analyzed by performing condensation. The Data validation was done by used credibility, dependability, transferability, and conformability principles. The result of the student’s that: (1) form of parental participation in improving student achievement, include (a) parenting activities, (b) take report cards every 2 months, (c) fill out the liaison book, (d) the activeness of communication via whatsapp group, (e) attending graduation, (f) attending children’s creative activities, and g) orientation activities in the beginning of the year, (2) the supporting factor of parent’s participation is self awareness of parents to actively support school programs in improving student achievement as a reciprocal form for school, meanwhile the inhibiting factor of parent’s participation in school is  time constraints of busy working parents, and the parent’s enthusiasm for parenting is less; (3) the efforts of the school in supporting the parent participation are: (a) school should be active first by way of as often as possible provide information about child development, maintaining relationships with parents ; (b) making home visit to student’s home; and (c) maintaining communication via whatsapp group created by school to communicate with parents.            Keywords: Parent participations, Student achievement, Kindergarten
PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI MI NEGERI NANGGUNGAN KABUPATEN NGANJUK Marga Lena, Leni
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penyelenggaraan pendidikan di sekolah perlu adanya dukungan dari pihak orang tua maupun masyarakat. Dukungan tersebut dapat disalurkan melalui komite sekolah. Dengan adanya komite sekolah akan membantu tercapainya program sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan; (1) Peran komite sekolah dalam memberikan pertimbangan berupa masukan terhadap program; (2) Peran komite sekolah dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan dengan penggalangan dana; (3) Peran komite sekolah sebagai pengontrol; (4) Peran komite sekolah sebagai mediator antara masyarakat dengan sekolah. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan tiga tahap yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, uji tranferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran komite sekolah dalam memberikan pertimbangan berupa masukan terhadap program adalah memberikan masukan serta saran meliputi, bidang sarana prasarana dan pembelajaran, rencana kerja sekolah, penerimaan peserta didik baru, serta melakukan koordinasi dengan mengadakan pertemuan; (2) Peran komite sekolah dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan dengan penggalangan dana yaitu, mendukung sekaligus mengakomodasi program-program dari sekolah, menggalang dana dari wali murid berupa infaq, dan melakukan koordinasi dukungan melalui rapat; (3) Peran komite sekolah sebagai pengontrol yaitu komite sekolah melakukan pengamatan langsung terhadap program sekolah dan mengawasi secara langsung proses pembangunan gedung; (4) Peran komite sekolah sebagai mediator antara masyarakat dan sekolah meliputi, memediasi terkait kebutuhan sekolah dengan wali murid, sosialisasi melalui rapat umum, dan menampung usulan dari wali murid melalui edaran yang dikeluarkan oleh komite.    Kata kunci: peran komite sekolah, penyelenggaraan pendidikan  THE ROLE OF SCHOOL COMMITTEE IN THE IMPLEMENTATION OF EDUCATION AT MI NEGERI NANGGUNGAN NGANJUK DISTRICT Abstract The implementation of education in schools needs support from both students’ parents and the society which can be contributed to the school committee. The school committee is expected to help schools in the implementation of their programmes. Thus, this study aims to find out and explain: (1) the role of school committee in providing suggestions to implementation of school’s programmes; (2) the role of school’s committee in supporting the implementation of education by fundraising; (3) the role of school’s committee as the school’s controller; and (4) the role of school’s committee as mediator between people and the school. The method used in this study is qualitative method with case study as the research design. The data was collected through interviews, observations, and documentations, and it was analysed with three step that is data condensation, data display, and conclusion. Meanwhile, the validity test was carried out through four tests: credibility, transferability, dependability, and confirmability. The result of this study shows that: (1) the role of the school’s in giving suggestions to the school’s programmes is giving recommendations such as in terms of school’s infrastructure and learning process, school’s work plan, new student admission, and the coordination of school’s staffs meeting; (2) the role of the school’s committee in supporting the implementation of education through fundraising is by supporting as well as accommodating school’s programmes, raising funds from students’ parents, and coordinating supports through meetings; (3) the role of the school committee as a controller is directly supervising the school’s programmes implementation and the construction of the school’s building; and (4) the role of the school committee as a mediator between people and school includes mediating the two parties in relation to what the school needs from students’ parents, coordinating socialisation through general meetings, and accommodating recommendations from students’ parents through circular letters issued by the committee. Key words: the role of school committee, implementation of education
MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SISWA PEDULI LINGKUNGAN DI SDN SUMBERREJO 1 KABUPATEN BOJONEGORO Leonita Rahma, Asmi
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Program Adiwiyata diciptakan untuk mengurangi kerusakan lingkungan hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis; Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan program adiwiyata dalam pembentukan karakter siswa peduli lingkungan di SDN Sumberrejo 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus. Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, depanbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian di SDN Sumberrejo 1 yaitu perencanaan kegiatan program adiwiyata, hanya saja program yang akan dijalankan sudah mendapat arahan dari sekolah induk yaitu SMAN Sumberrejo 1, tim program adiwiyata yang bertanggung jawab atas program tersebut menyusun pokok kerja yang akan dijalankan dalam waktu yang sudah ditentukan, anggaran program adiwiyata berasal dari Pemerintah Kota Bojonegoro dan  Badan Lingkungan Hidup, kepala sekolah, koordinator, sekretaris dan empat belas tim pokok kerja; pelaksanaan kegiatan dalam program adiwiyata terdapat empat belas pokok kerja, pengawasan program adiwiyata meliputi Badan Lingkungan Hidup, Puskesmas, dan SMAN Sumberrejo 1. Dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SDN Sumberrejo 1 diharapkan mampu mewujudkan sekolah yang peduli terhadap lingkungan dan mampu menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lain khususnya wilayah Sumberrejo dan sekitarnya. Kata kunci: Manajemen, Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan.     MANAGEMENT OF ADIWIYATA PROGRAM IN THE FORM OF CHARACTER STUDENTS CARE ENVIRONMENT IN SDN SUMBERREJO 1 BOJONEGORO REGENCY  Abstract Head master has an important role to improve the discipline character education of students. Therefore Head Master should create a strategy goal to improve the discipline character education of students. Adiwiyata Program was created to reduce some destruction of the environtment. This research is to describe and analyze; Planning, the organizing, implementation, controling of adiwiyata program to building the character of students about environmental care in SDN Sumberrejo 1. This research uses qualitative approach, and case study research design. This research take by  interview techniques, observation, and documentation. Data analysis take by condensation. To check the validity re-checked by credibility, transferability, forwardability, and confirmability. Result of research at SDN Sumberrejo 1 are planning activity of adiwiyata program, and this program have got direction from SMAN Sumberrejo 1; Team of Adiwiyata program must be responsible about the program and prepare it until the end; The budget of the adiwiyata program comes from the City Government of Bojonegoro and the Environment Organization, of the Principal, the coordinator, the secretary and the fourteen main working teams, the implementation of activities in the adiwiyata program there are fourteen principal works, Controling of adiwiyata program include Environment Organization, Puskesmas and Sumberrejo Senior High School 1. From the activities implemented by SDN Sumberrejo 1, it is expected to be able to realize the school that care for the environment and able to become an example for other schools especially Sumberrejo area and its surroundings. Keywords: Management, Adiwiyata Program, Character Caring Environment
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STUDI KASUS DI MI NU KH MUKMIN SIDOARJO Sayyidatul Husna, Nafi
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Abstrak: Keefektifan manajemen pembelajaran merupakan suatu proses peningkatan keberhasilan yang dapat dicapai dari suatu cara atau usaha tertentu sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan menanamkan pendidikan karakter Penelitian ini akan membahas seputar keefektifan manajemen pembelajaran dengan fokus penelitian keefektifan pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan  penelitian kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi.Teknik Analisis data  dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu: data condensation, data display, dan conclusions drawing/verifying. Hasil Penelitian menunjukan 1) Keefektifan Pembelajaran yang digunakan ialah KTSP 2006 berbasis multiple intellegences. Peningkatan keprofesionalan guru, mempunyai jaminan kualitas pendidikan. 2) Perencanaan pembelajaran berbasis multiple intellegences. 3) Pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intellegences guru akan mengimplementasikan perencanaan pembelajaran ke dalam tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 4) Evaluasi pembelajaran di MI NU KH Mukmin Sidoarjo, yaitu: Evaluasi pembelajaran menggunakan 2 jenis objek evaluasi yaitu aspek manajerial dan aspek substansial. Pada awal masuk tahun ajaran baru MI NU KH Mukmin melakukan tes multiple intellegences research kemudian hasil tes tersebut diserahkan ke edunext untuk mengelompokan siswa sesuai dengan gaya belajar siswa. Penilaian pembelajaran berbasis multiple intellegences di MI NU KH Mukmin menggunakan penilaian autentik dengan menggunakan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.   Kata Kunci: Keefektifan Pembelajaran, Manajemen Pembelajaran      LEARNING MANAGEMENT IN IMPROVING CASE STUDY LEARNING INFLUENCES AT MI NU KH MUKMIN SIDOARJO Abstract Abstract : The effectiveness of learning management is a process of increasing the success that can be achieved from a particular way or business in accordance with the objectives to be achieved. The goal is to improve performance and instill character education. This study aims to describe and analyze about (1) Lesson of an effectiveness at MI NU KH Mukmin Sidoarjo (2) Planning of lesson in improving learning (3) Implementation of lesson in improving learning (4) evaluation of lesson in improving learning. In this study, the writer using qualytitative method. technique that use is a interview, observation,  and documentation.  The analisis data in this study using interactive model. In analyzing data, the technique that is data  condensation, data display and conclusions  drawing/verifying. The results of field research can be explained as follows: 1) Effectiveness of Learning that is using KTSP 2006 based multiple intelligences. Increased professionalism of teachers, have guaranteed the quality of education. 2) Learning planning at learning based multiple intelligences. 3) Implementation of learning based multiple intelligences teachers will implement learning planning into three stages, namely preliminary activities, core activities and closing activities. 4) Evaluation of learning in MI NU KH Mukmin Sidoarjo, namely: Evaluation of learning using 2 types of evaluation objects that are managerial aspects and substantial aspects. At the beginning of the new school year MI NU KH Mukmin conduct multiple intellegences research tests then the results are submitted to the edunext to categorize students in accordance with student learning styles. Intellegences multiple based learning assessment in MI NU KH believer uses authentic assessment using assessment of cognitive, affective and psychomotor. . Key word:  Effectiveness of Learning, Learning Management
STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI PAUD PLUS DARUSSALAM BOJONEGORO LAYLATUL AZIZAH, SITI
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Persaingan dalam berbagai bidang yang semakin hari semakin tinggi dan ketat, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Strategi pemasaran disekolah bertujuan untuk membentuk citra sehingga menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan putera-puterinya disekolah yang memiliki citra baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang; Strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan minat layanan pendidikan di PAUD Plus Darussalam Bojonegoro, meliputi: strategi positioning, differentiation, dan branding.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, strategi positioning dilakukan lembaga dengan membentuk visi misi dan membuktikannya melalui jaminan yang diberikan, yakni perubahan sikap, peningkatan dalam keagamaan, dan akademik. Kedua, strategi defferensiasi, lembaga menciptakan perbedaan dengan menawarkan beberapa program. Program tersebut meliputi program pokok, penunjang, dan jangka panjang. Keseluruhan program dapat berjalan dengan baik karena layanan jam belajar yang panjang (semi full day school). Ketiga, strategi branding, lembaga dengan semua pihak yang terlibat bersinergi untuk melakukan pembentukan identitas. Adapun identitas yang menonjol pada anak adalah keberanian, kemandirian, dan religus, serta pandai dalam akademik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga strategi tersebut berjalan dengan baik di PAUD Plus Darusslam dan memberikan timbal balik berupa peningkatan minat pelanggan dan pencitraan sekolah menjadi baik. Kata kunci: Strategi pemasaran, positioning, defferensiasi, branding.   AN EDUCATIONAL MARKETING SERVICE STRATEGY IN PAUD PLUS DARUSSALAM BOJONEGORO  Abstract Competition in various fields increasingly high and tight, not least in the field of education. Marketing strategy becomes something important to do school. Marketing strategy in school aim to estabilish a good image and of course attract the public to send their sons and daughters in schools that have a good image. This study aims to describe and analyze about: Strategy marketing of education services undertaken in an effort to increase the interest of education services in PAUD Plus Darussalam Bojonegoro, including: positioning, differentiation, and branding strategy. This research uses qualitative approach with case study research design. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. Data analysis is done by condensation data.The results of this study indicate that firstly, positioning strategy is done by institution by forming mission vision and proving it through the guarantee given, ie attitude change, improvement in religious, and academic. Second, differentiation strategies, institutions create a difference by offering several programs. The program includes the main program, support, and long term. The entire program works well because of the long service hours (semi full day school). Third, branding strategy, institutions with all parties involved synergize to establish identity. The prominent identity in children is courage, independence, and religous, and clever in academic. So, it can be concluded that be three strategies as to do well in PAUD Plus Darussalam, so can give feedback in the fotm of increase customer’s interest and image of school to be good.   Keywords: Marketing strategy, positioning, defferensiasi, branding.
BUDAYA LITERASI DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 5 SURABAYA NOVITASARI, DESI
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membangun budaya membaca dan menulis di kalangan pelajar Indonesia. Kesuksesan penyelenggaraan gerakan literasi sekolah tidaklah lepas dari adanya suatu proses manajemen yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan serta pengawasan yang dilakukan dalam rangka membangun budaya literasi di SMA Negeri 5 Surabaya dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian di SMA Negeri 5 Surabaya menunjukkan bahwa (1) perencanaan kegiatan literasi dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu : analisis lingkungan internal dan eksternal, menentukan tujuan, membuat rencana kegiatan, menyusun strategi, menetapkan indikator capaian serta menentukan sumber daya yang dibutuhkan, (2) proses pengorganisasian dilakukan dengan membentuk TIM literasi yang di sah kan melalui SK Kepala Sekolah pada tahun 2013, (3) penggerakan dilakukan dengan memberikan sosialisasi, motivasi serta penghargaan kepada anggota (siswa dan guru), sedangkan (4) proses pengawasan meliputi dua hal utama yaitu monitoring dan evaluasi. Monitoring dilakukan untuk mengawasi pelaksanaan program sedangkan evaluasi digunakan untuk mengukur ketercapaian program. Keempat proses manajemen tersebut telah dapat dilaksanakan secara optimal dalam mendukung ketercapaian program literasi di SMA Negeri 5 Surabaya. Meningkatnya kemauan dan kemampuan membaca siswa di sekolah merupakan salah satu wujud dari ketercapaian itu. Kata Kunci: manajemen, pendidikan, literasi dan budaya    LITERACY CULTURE FROM EDUCATIONAL MANAGEMENT PERSPECTIVE IN SMA NEGERI 5 SURABAYA Abstract School literacy movement is an effort made by the government to build a culture of reading and writing among Indonesian students. Successful implementation of school movement is not separated from the existence of a good management process. The purpose of this study is to explain and analyze the process of planning, organizing, actuating and controlling  to build a literacy culture in SMA Negeri 5 Surabaya with a qualitative approach. Data collection techniques is an interviews, observation and documentation studies. Data analysis techniques use data condensation, data display and conclusion drawing/verification. The result of research in SMA Negeri 5 Surabaya shows that (1) planning of literacy activity is done through several stages : internal and external environment analysis, set goals, making activity plan, strategy compile, establishing indicator of achievement and determining the needed resources, (2) the process of organizing is done by forming the literacy team which is valid through the Principal Decree in 2013, (3) the actuating is done by giving socialization, motivation and awards to the members (students and teachers), while (4) controlling process includes two main things : monitoring and evaluation. Monitoring is done to oversee the implementation of the program while the evaluation is used to measure program achievement. The four management processes have been implemented optimally to support literacy program chievement in SMA Negeri 5 Surabaya. Increasing the willingness and ability to read students in school is one manifestation of that achievement. Keywords: management, education, literacy and culture
STRATEGI IMPLEMENTASI PENCAPAIAN MUTU BERBASIS ISO 9001:2008 (STUDI KASUS DI MAN LAMONGAN) Retno Sari, Yeni
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Abstrak: Madrasah ISO 9001:2008 adalah madrasah yang menerapkan sistem perbaikan mutu berstandart internasional. Dalam implementasi program pencapaian mutu dibutuhkan beberapa strategi. Sebab kebutuhan yang dimiliki oleh setiap madrasah berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan strategi yang digunakan oleh MAN Lamongan untuk implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008, melalui: (1) strategi yang dilakukan madrasah dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008; (2) komitmen kepala madrasah dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008; dan (3) peranan aktor dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif (Miles, et al (2014:33) yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu:  data condensation, data display, dan conclusions drawing/verifying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi yang dilakukan dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008 digunakan MAN Lamongan antara lain yaitu, pengembangan strategi berupa perencanaan strategis, kemudian implementasi strategi, dan yang terakhir yaitu pengeolaan inovasi (2) komitmen kepala madrasah melalui penyusunan visi, misi dan tata nilai organisasi, kemudian adanya akuntabilitas organisasi, serta tanggung jawab sosial (3) keterlibatan aktor dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008 merupakan pengelolaan manajemen sumber daya manusia, kemudian pengetahuan pasar dan pelanggan, serta adanya program penghargaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketiga strategi tersebut bisa mempengaruhi ketercapaian program yang telah direncanakan sehingga dapat memperoleh timbal balik berupa pencapaian implementasi mutu.   Kata Kunci: Strategi, Pencapaian, Madrasah ISO 9001:2008   THE IMPLEMENTATION STRATEGY OF QUALITY ACHIEVEMENT BASED ON 9001:2008 (A CASE STUDY IN MAN LAMONGAN) Abstract Abstract : Madrasah ISO 9001:2008 is a madrasah that applied upgrading quality system with international standart. The implementation of quality achievement program required several strategies. This study aims to describe the strategy used by MAN Lamongan for implementation of ISO 9001: 2008 quality achievement, through: (1) the strategy of madrasah in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008; (2) the headmaster commitment in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008; and (3) the actors’ role in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008. This study employed qualitative with descriptive method supported by case study. The data collection technique were interview, observation and documentation. The data was analyzed using interactive model (Miles, et al (2014:33) which was continuously held until the data was valid. The activity in analysing were data condensation, data display and conclusions drawing/verifying. The result shows that: (1) the strategy of madrasah in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008 strategy development such as strategic planning, implementation strategy and inovation management (2) the headmaster commitment is the structuring of perspective, mission and value-making organization, organization accountability and social responsibility (3) the actors’ role in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008 is human resource management, market and customer knowledge and appreciation program. So, can be concluded that the three strategies give affect the achievement of the program that has been planned to obtain reciprocity in the form of achievement of quality implementation.   Key word:  strategy, accomplishment, madrasah ISO 9001:2008

Page 1 of 2 | Total Record : 11