cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 19784538     EISSN : 2527421X     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1: Juni 2008" : 8 Documents clear
KONEKSI MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Sugiman Sugiman
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Juni 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.106 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i1.687

Abstract

Koneksi matematik merupakan salah satu kemampuan yang menjadi tujuan pembelajaran matematika. Koneksi matematik terjadi antara matematika dengan matematika itu sendiri atau antara matematika dengan di luar matematika. Dengan kemampuan koneksi matematik, selain memahami manfaat matematika, siswa mampu memandang bahwa topik-topik matematika saling berkaitan. Dalam artikel ini dikaji mengenai koneksi matematik yang meliputi pengertian, peran dalam pembelajaran matematika, dan kemampuan koneksi matematik dari siswa kelas 3 sebuah SMP . Kata kunci: Koneksi matematik.
PERMASALAHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA Hasratuddin Hasratuddin
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Juni 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.29 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i1.688

Abstract

Matematika adalah ilmu deduktif yang mengacu pada sistem aksiomatik dan taat azas serta memiliki objek yang abstrak yaitu berupa objek langsung dan objek tak langsung. Matematika merupakan suatu sarana yang dapat menumbuh kembangkan pola pikir logis, sistematis, kritis, objektif, rasional dan taat azas. Secara umum pekerjaan dalam matematika adalah menunjukkan dan membuktikan suatu kebenaran. Dengan keabstrakan objek dalam matematika, maka suatu hal yang wajar apabila dalam memahami suatu konsep dalam matematika akan memerlukan suatu analisis yang lebih dibanding dengan ilmu lain, dan kerap sekali siswa akan menemui kesulitan.Kata kunci : matematika, deduktif, abstrak, pandangan, berguna
PERBANDINGAN MODEL NEURAL NETWORK DAN REGRESI LOGISTIK PADA KASUS MASA STUDI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNY Dhoriva Urwatul Wutsqa; Sri Rezeki
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Juni 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.393 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i1.683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model Neural Network (NN) dengan regresi logistik dalam memodelkan masalah klasifikasi pada kasus masa studi mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang lulus sejak Agustus 2001 hingga November 2005. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 319 orang. Variabel respon (Y) dalam penelitian ini adalah ketepatan masa studi. Variabel penjelasnya yaitu jenis kelamin (X1), IPK tahun pertama (X2) dan program studi (X3). Variabel penjelas dipilih berdasarkan ketersediaan data. Untuk membandingkan kedua model digunakan kriteria ketepatan klasifikasi, yaitu rasio antara banyaknya data yang terprediksi secara tepat, dengan keseluruhan data. Faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ditentukan berdasarkan uji signifikansi terhadap parameter pada model logistik. Hasil perbandingan kedua model tersebut untuk kasus masa studi mahasiswa di UNY menunjukkan bahwa model regresi logistik lebih baik digunakan karena mampu memberikan tingkat ketepatan klasifikasi yang lebih tinggi dibandingkan NN. Diantara faktor-faktor jenis kelamin, IPK pada tahun pertama, dan program studi, IPK pada tahun pertama merupakan faktor yang secara signifikan mempengaruhi masa studi mahasiswa.Kata kunci : Model NN, model regresi logistik, ketepatan klasifikasi, masa studi.
MENGEMBANGKAN NORMA SOSIOMATEMATIK (SOCIOMATHEMATICAL NORMS) DENGAN MEMANFAATKAN POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Kadir Kadir
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Juni 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.04 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i1.689

Abstract

Dalam tulisan ini disajikan mengenai norma sosiomatematik dengan memanfaatkan konsep muatan lokal dalam pembelajaran matematika. Norma sosiomatematik (sociomathematical norms) sangat perlu dikembangkan karena posisi sentral matematika sebagai sarana berpikir logis, kritis, dan kreatif serta memiliki berbagai karakteristik sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dalam berbagai aktivitasnya. Norma sosiomatematik dapat dikembangkan melalui interaksi berbagai komponen di kelas terhadap aktivitas belajar matematika yang disajikan guru. Aktivitas belajar tersebut dikembangkan melalui: (1) pemberian masalah matematika kepada siswa untuk dipecahkan secara kelompok yang dimulai dengan open question; (2) Pembentukan kelompok diskusi berdasarkan keragaman siswa di kelas, baik jenis kelamin, kecerdasan, suku, agama, kebiasaan, strata sosial, dan konsep pertemanan (friendship); (3) Perbedaan persepsi, cara, pola pikir, argumentasi, harapan, dan kewajiban yang ada dalam diskusi dinetralisir melalui negosiasi untuk taken to be shared; dan (4) Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan manajer untuk membimbing siswa untuk menghubungkan nilai-nilai matematika dalam pola pikir mereka. Terdapat berbagai pendekatan pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk mngembangkan norma sosiomatematik dan memanfaatkan potensi lokal, seperti pendekatan pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis masalah, pendidikan matematika realistik, dan model pembelajaran kooperatif.Kata kunci : ethnomathematic, sociomathematics norms (norma sosiomatematik), muatan lokal, karakteristik matematika, pembelajaran matematika
ANALISIS INTERAKSI GENOTIP x LINGKUNGAN MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING I Made Sumertajaya; Ahmad Ansori Matjjik; I Gede Nyoman Mindra Jaya
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Juni 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.75 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i1.684

Abstract

Additive Main Effect and Multiplicative Model (AMMI Model) nowadays is used to asses in plant breeding, especially to asses the Genotype Environment Interaction (GEI) on multi-environment trial. The presence of genotype environment interaction (GEI) creates difficulties in modeling complex trait that involve sequence biological process. Coupling Structural equation modeling with AMMI was developed to analyzed genotype environment interaction (GEI). Structural equation modeling allows us to account for underlying sequential process in plant development by incorporating intermediate variables associated with those processes in the model. With this method we can incorporating genotypic and environmental covariate in the model and explain how those covariates influence grain yield. SEM-AMMI useful when both environments and genotype are fixed and the purpose of the multi-environment trials (MET) is to assess the combined effect genotypic and environmental covariate on yield and yield componentsKeywords : AMMI Model, Structural equation modeling
KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Risnanosanti Risnanosanti
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Juni 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i1.690

Abstract

Istilah prilaku metakognitif digunakan untuk menguraikan pernyataan-pernyataan yang dibuat siswa tentang permasalahan atau proses pemecahan suatu masalah. Pengetahuan tentang kognisi mengacu pada tingkat pemahaman siswa terhadap memori, sistim kognitif, dan cara belajar yang dimilikinya. Sedangkan pengaturan dari kognisi mengacu pada seberapa baik siswa dalam mengatur sistim belajarnya. Kesulitan utama dari studi dalam bidang metakognisi adalah bagaimana mengembangkan dan mengujicobakan teknik yang valid untuk mengukur kemampuan metakognitif siswa terutama yang masih anak-anak. Tulisan ini mencoba untuk menguraikan tentang pengertian metakognitif, bagaimana hal tersebut digunakan dalam pembelajaran dan metode apa yang dapat digunakan serta bagaimana mengukur kemampuan metakognitif yang dimiliki siswa. Kata kunci : metakognitif, pembelajaran matematika.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF GUNA MENGEMBANGKAN SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Kana Hidayati; Elly Arliani; Heri Retnawati; Isnaeni Isnaeni
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Juni 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.707 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i1.685

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika dan mengembangkan sikap ramah lingkungan pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dengan pendekatan kooperatif serta mengetahui respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan siklus I meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kegiatan siklus II merupakan tindak lanjut dan modifikasi dari siklus I. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, soal kuis dan tugas, serta angket respons siswa. Pendekatan kooperatif dalam penelitian ini menggunakan tipe Student Teams-Achievement Divitions (STAD) dan dilakukan pada materi Peluang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dengan pendekatan kooperatif tipe STAD terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Peluang dan dapat mengembangkan sikap ramah lingkungan pada siswa. Kegiatan pembelajaran matematika tersebut dilakukan dengan tahapantahapan sebagai berikut: (1) Class Presentation (Presentasi Kelas), (2) Team Study, (3) Quizzes (Kuis), dan (4) Reward (Penghargaan kelompok). Respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran baik dan siswa merasa semakin peduli dengan lingkungannya dan semakin mengerti bahwa matematika ternyata sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari para siswa.Kata kunci : Pembelajaran kooperatif, berwawasan lingkungan, hasil belajar, sikap ramah lingkungan
PENGHITUNGAN PREMI UNTUK ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN SEJARAH FREKUENSI KLAIM PEMEGANG POLIS MENGGUNAKAN ANALISIS BAYES Aceng Komarudin Mutaqin; Komarudin Komarudin
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Juni 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.459 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i1.686

Abstract

Makalah ini membahas masalah penghitungan premi untuk asuransi kendaraan bermotor berdasarkan sejarah frekuensi klaim pemegang polis menggunakan analisis Bayes. Dilihat dari sudut pandang pemegang polis, premi yang dihasilkan bersifat adil, karena premi yang harus dibayarkan pada saat perpanjangan polis proporsional dengan taksiran frekuensi klaimnya. Sementara itu, dilihat dari sudut pandang perusahaan asuransi, akan menghasilkan keseimbangan finansial. Sebagai bahan aplikasi digunakan data klaim pemegang polis asuransi kendaraan bermotor dari salah satu perusahaan asuransi yang berdomisili di Bandung.Kata kunci : sistem bonus malus, analisis Bayes, asuransi kendaraan bermotor, frekuensi klaim

Page 1 of 1 | Total Record : 8