cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
eva.susanti@unmuha.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh Jl. Unmuha No. 91 - Bathoh, Kec. Lueng Bata - Kota Banda Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah
ISSN : 20879776     EISSN : 27153134     DOI : 10.37598
Core Subject : Social,
JAM: JURNAL AKUNTANSI Muhammadiyah diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) secara berkala dua Edisi dalam setahun yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH adalah untuk menyebar luaskan informasi hasil karya tulis ilmiah kepada akademisi dan praktisi yang menaruh minat pada bidang akuntansi dan bisnis. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahsa Indonesia atau bahasa Inggris. Penentuan artikel yang dimuat dilakukan melalui proses blind review oleh tim editor dengan mempertimbangkan aspek-aspek antara lain: terpenuhinya persyararatan baku untuk publikasi jurnal ilmiah dan kontribusi artikel terhadap perkembangan profesi, pendidikan akuntansi dan bisnis.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019" : 2 Documents clear
ANALISA TINGKAT KECERDASAN AKUNTAN PADA PEMERINTAH DAERAH KOTA SUKABUMI Gatot Wahyu Nugroho; Ismet Ismatullah
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 9, No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019
Publisher : University Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jam.v9i2.678

Abstract

Human resources are an important factor for the creation of quality financial reports. The success of an entity can be influenced by the intelligence of human resources. This study aims to determine how much influence the intelligence possessed by a person to the quality of financial statements. Indepedent variables used in this study are intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence and physical intelligence and the dependent variable is the quality of financial statements. The sample used was 84 respondents, namely the finance department employees in the Sukabumi City Regional Government. Primary data was obtained by distributing questionnaires and the results were tested using statistical test tools. The results of the study show that (1) intellectual intelligence influences the quality of financial statements significantly; (2) emotional intelligence significantly affects the quality of financial statements; (3) spiritual intelligence influences the quality of financial statements significantly; (4) physical intelligence does not affect the quality of financial statements; and together the level of intelligence accountants affect the quality of financial statements with the value of determination coefficient of 96.5% and the remaining 30.5% influenced by other variables.
PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI PADA PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BANDA ACEH) Zulkhaidir Abdullah; Cut Hamdiah
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 9, No 2 (2019): Edisi Januari - Juni 2019
Publisher : University Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jam.v9i2.895

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Banda Aceh Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang membayar pajak kendaraan bermotor yang berjumlah 567 orang yang diperoleh dari kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisisi dengan menggunakan Persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil pengujian hipotesis secara bersama-samamenunjukkan hasil bahwa Fhitung sebesar 27,654 sedangkan Ftabel pada taraf signifikan ? = 5% adalah sebesar 2,603, maka diduga kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak.Hasil pengujian statistik secara parsial terhadap variabel kesadaran wajib menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 7,347 2,356. Artinya kesadaran wajib pajak berpengaruh secara positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dalam membayar pajak.Hasil analisis statistik secara parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dibuktikan berdasarkan ujit yang menunjukkan hasil bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,854 2,356. Hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,629 yang menunjukkan derajat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat sebesar 62,9%. Artinya variabel kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap variabel kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dalam membayar pajak. AnalisisR squaresebesar 0,396. Artinyabahwakepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak sebesar 39,60% dipengaruhi olehvariabel kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan, sedangkansisanyadipengaruhiolehfaktorlainnya yang dapat memberikan kontribusi terhadap kepatuhan wajib pajak

Page 1 of 1 | Total Record : 2